Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tempat Wisata yang Asyik di Purbalingga untuk Liburan

Wisata Purbalingga

Pandemi di Indonesia memasuki babak baru. Meski varian baru Omicron mudah menyebar dan banyak yang terkena juga, tapi Level PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) tidak begitu ketat. Mungkin karena sudah banyak dari kita yang divaksin, bahkan vaksin booster. Sehingga sekarang ini, sejumlah destinasi wisata mulai padat dikunjungi lagi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Berbicara tentang destinasi wisata saat ini juga tidak ada habisnya, banyak sekali tempat wisata yang baru dibuka dan menarik untuk dikunjungi. Selain itu, di sisi lain, orang-orang yang selama ini stay at home sudah merasa bosan dan jenuh tentu saja ingin berlibur untuk healing sejenak atau melepas penat.

Deretan Wisata Purbalingga yang Asyik untuk Liburan


Seperti halnya di Purbalingga, banyak sekali tempat yang bisa dikunjungi untuk berwisata. Baik wisata dengan keindahan alam, maupun wisata buatannya selalu ada hal yang berbeda setiap tahunnya. Nah, buat teman-teman yang sedang di Purbalingga, atau mau liburan di Purbalingga, bisa banget nih untuk mengunjungi wisata-wisata berikut ini.

1️⃣ Golaga (Goa Lawa Purbalingga)


Golaga Purbalingga

Salah satu destinasi wisata yang tertua di Purbalingga, ialah Goa Lawa yang sekarang sudah mengubrah branding menjadi Golaga. Saat ini bukan hanya untuk menikmati keindahan di dalam goa yang terdapat banyak kelelawar, juga bisa menikmati coffee shop yang ada di dalam goa. Belum lagi, di luar goa, banyak sekali pepohan pinus yang mampu memberikan udara sejuk dan asri.

Bahkan saat ini juga terdapat camping ground, rusa yang bisa kita kasih makan dengan wortel, kuliner yang enak dan oleh-oleh khas dari Goa Lawa di Desa Siwarak RT 01 RW 07, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Untuk masuk ke wisata Golaga cukup membayar Rp 25.000/orang (harga sewaktu-waktu berubah, weekend juga berubah).

2️⃣ D’Las Serang

Kawasan Wisata D'Las Serang

Siapa warga Purbalingga yang tidak mengenal D’Las Serang? Sebuah tempat luas dengan spot wisata yang begitu banyak. Ditambah lagi tiket masuk dan parkirnya cukup murah, membuat kita asyik liburan di sini.

Sambil menikmati udara pegunungan, karena Desa Serang ini terletak di bawah Gunung Slamet, kita juga bisa masuk ke kebun strawberry untuk memakan sepuasnya (bayar dulu, ya). Wahana lainnya seperti Dino Land, Kolam Renang, Tempat Jajan, Pinusan, dan lain sebagainya.

Tiket masuknya rata-rata dimulai dari Rp 10.000/orang. Dan ini membuat saya dan suami, dari dulu jadi sering main ke sini.

3️⃣ Owabong Waterpark


Owabong Waterpark

Salah satu kolam renang yang fenomenal di Purbalingga, bahkan di Jawa Tengah ialah Owabong Waterpark. Tempat ini selalu ramai pengunjung, baik hanya untuk berenang atau sekadar menikmati liburan. Banyak pengunjung yang datang dari luar daerah, karena di Owabong ini, selain airnya yang sangat jernih juga banyak wahana yang menantang. Di sini terdapat Coralia 3, tempat di mana kita bisa ‘mencari’ harta karun di dalam kolam. Kemudian ada pemandian air panas, ada juga spot busa. Wahana yang viral lainnya tentu di Kolam Ombak Sagar, di mana tempat ini kita bisa merasakan ombak seperti di pantai.

Bukan hanya itu pula, yang ramai lagi juga ada water boom, papan seluncur yang tinggi, dan tempat jajanan yang asyik khas Purbalingga.

Harga tiket Owabong Rp 25.000/orang pada hari Senin - Jumat. Sedangkan hari Sabtu, Minggu, dan libur nasional tiket masuk Owabong Rp 35.000/orang.

Di kawasan owabong juga terdapat hotel, yakni Owabong Cottage, jadi ini cocok banget buat teman-teman yang khususnya di luar Purbalingga, ingin menikmati full di Owabong, bisa menginap di hotelnya. Free masuk ke Owabong bagi pengunjung yang menginap di hotel, lho. Asyik, kan?

4️⃣ Taman Wisata Pendidikan Purbasari di Purbayasa



Taman Wisata Pendidikan Purbasari atau yang sering kita kenal dengan Purbasaya, awalnya ini tempat wisata dengan ciri khas aquarium raksasa dengan terdapat ikan raksasa pula. Seiring perkembangan zaman dan padatnya wisatawan, Purbayasa kini meluaskan lahannya dengan menambah spot-spot wisatanya. Bukan hanya River World, juga terdapat aneka unggas yang ada di sini. Ada juga kolam renang, tempat kuliner bahkan aula untuk pertemuan.

Di sini juga sering diadakan sebagai tempat lomba anak-anak tingkat TK hingga SD.

Harga tiket masuk Taman Purbayasa ini sebesar Rp 23.000/orang.

5️⃣ Green Sabin Cipaku


Green Sabin Cipaku
Sumber: IG @greensabincipaku

Tempat wisata terbaru di Purbalingga yang cukup terkenal ialah Green Sabin di Desa Cipaku. Dengan mengusung konsep pedesaan, karena lokasinya terletak di tengah-tengah sawah, Green Sabin bisa menjadi pilihan tempat liburan keluarga.

Harga tiket masuk Green Sabin sebesar Rp 20.000/orang.

View makin cantik dan menarik ketika menjelang senja, pemandangan ke ufuk barat dengan deretan lampu-lampu yang temaram, terdapat Gunung Slamet yang jelas kentara. Ya, kalau cuaca sedang cerah, sungguh indah nuansa di sini.

Kesimpulan


Itulah, tempat wisata di Purbalingga yang asyik untuk dikunjungi saat liburan. Lima tempat tersebut merupakan rekomendasi dari saya. Sebetulnya banyak banget, lho tempat lainnya. Mungkin teman-teman yang pernah mengunjungi tempat wisata Purbalingga selain di atas, bisa tambahkan di kolom komentar, ya.

Terima kasih sudah mampir di blog saya. Jangan lupa yuk, liburan di Purbalingga.
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

6 comments for "5 Tempat Wisata yang Asyik di Purbalingga untuk Liburan"

  1. Tetep eksis walaupun kehajar pandemi ya mbak. Aku pengen banget ke Jurrasic Parknya Pbg..

    ReplyDelete
  2. Wahhh asiknyaaa walaupun pandemi gini tempat wisatanya gak ada yang tutup dan bisa menikmati secara langsung huhu. Disini masih pada tutup semua karena ada beberapa kasus yang bikin naik. jadi sementara beberapa bulan kedepan gak bisa dkunjungin huuhu

    ReplyDelete
  3. Kapan ya bisa kunjungan ke sini? Apalagi kalau bisa main di Water Park/
    Ntar deh, tunggu pandemi benar-benar berlalu.

    ReplyDelete
  4. Sangat beragam wisatanya di Purbalingga ini. Harga tiket masuknya juga rerata terjangkau semua. Semoga ada kesempatan main ke Purbalingga dan menjajal tempat wisatanya.

    ReplyDelete
  5. Jadi pengen berkunjung ke sana, pariwisatanya berkembang pesat ya. Penasaran ama sensasi ngopi di dalam goa dan wisata petik strawberry. BTW tiket Owabong terjangkau banget. Ery suka renang di sana tiap minggu?

    ReplyDelete
  6. Wahh lumayan banyak pilihan tempat wisata di purbalingga yaa, Mba. Setiap orang tinggal pilih mau ke mana aja. Namun tetap harus prokes karena sekarang sedang pandemi

    ReplyDelete