Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tempe Kriuk yang Gurih Menu Andalan Buka Puasa yang Praktis

Hal yang selalu ditunggu-tunggu ketika bulan puasa ialah bedug Magrib. Saatnya menyantap hidangan yang telah disajikan. Berbagai menu buka puasa biasanya mewarnai meja makan kami. Belum lagi makanan pembuka seperti kolak, es campur, kurma dan lainnya.

Kalau waktu mepet tentu saja perlu menu makanan yang cepat tapi bukan junk food ataupun makanan instan. Di keluarga kami, biasanya cukup menggoreng tempe ketika waktu memasak sudah mepet dengan berbuka puasa. Dan tempe ini bahan dasar makanan yang selalu menjadi andalan.


Alasan Memilih Tempe Menjadi Bahan Makanan Andalan


30 Hari Menu Ispirasi Ramadan

Tak perlu diragukan lagi rasa tempe itu enak, ditambah lagi mengandung protein nabati yang bisa dikonsumi oleh semua orang, termasuk orang yang vegetarian. Sehingga tempe selalu menjadi andalan keluarga kami sebagai lauk makanan.

Harga tempe yang murah meriah dan merakyat juga menjadi alasan kami untuk makan tempe, dan mudah didapatkan. Di penjual sayur tempe selalu ada. Di warung-warung dekat rumah kami tempe juga ada. Tidak pusing mau membeli di mana.

Alasan lainnya ialah mendorong UMKM para pengusaha tempe. Kalau bukan kita yang beli, siapa lagi? Toh tempe ini merupakan produk lokal yang harus disupport agar roda perekonomian daerah lancar dengan UMKMnya.

Dan terpenting buat saya ialah masak tempe itu tidak perlu memakan waktu lama. Baik mau ditumis atau digoreng, tempe selalu enak. Apalagi kalau digoreng terus tepungnya kriuk-kriuk. Nikmatnya.


Resep Tempe Kriuk dengan Tepung Bumbu KOBE


Tempe kriuk ala Kobe

Teman-teman sudah pasti tahu ya, tepung bumbu KOBE, membuat sajian tempe goreng kita makin nikmat dan gurih. Biasanya kami hanya menggoreng tempe tanpa tepung atau dibuat mendoan. Namun, kalau setiap hari begitu tentu saja bosan, perlu variasi yang lebih 'nendang' di lidah.

Sehingga ketika masak untuk berbuka puasa, tidak perlu panik lagi. Selain ada Kobe, juga terdapat 30 Hari Menu Inspirasi Ramadan dari Kobe. Kita bisa recook masakan dari resep tersebut.

Salah satu resep favorit ialah tempe kriuk yang super nikmat dan gurih karena ada tepung bumbu KOBE. Mau tahu bagaimana caranya? Yuk, intip resepnya di bawah ini.

Bahan-bahan:


  • 2 Lembar papan tempe
  • 1 Bungkus tepung bumbu KOBE 200 gram
  • 450 Ml air
  • 1 Batang daun bawang
  • 500 Ml minyak goreng
  • Sedikit garam


Cara membuat:

Campurkan air dan tepung bumbu KOBE di dalam wadah/panci, kemudian tambahkan sedikit garam. Iris tipis daun bawang, kemudian masukan ke dalam adonan tepung bumbu Kobe. Tak lupa pula tempe diiris tipis sesuai selera. Kemudian panaskan minyak goreng di wajan dengan api sedang. Sambil menunggu minyak panas, celupkan tempe yang sudah diiris tipis ke dalam adonan tepung bumbu KOBE.

Setelah minyak panas, masukan satu per satu tempe yang sudah dilumuri adonan tepung bumbu KOBE ke dalam wajan. Goreng hingga matang, berwarna kecokelatan. Setelah matang, tinggal angkat, kemudian tiriskan.

Tempe kriuk ala Kobe
Tempe Kriuk hasil recook dari Kobe siap disantap.


Setelah tempe kriuknya ditiriskan, tinggal dihidangkan. Cocok dimakan buat camilan juga buat lauk untuk buka puasa yang praktis dan simple.

Penutup


Nah, mudah kan membuat tempe kriuk dengan tepung bumbu KOBE? Simple banget bikinnya dan tidak memakan waktu lama. Buka puasa mepet pun no worry. So, jangan lupa selalu sediakan tepung bumbu KOBE di rumah. Banyak sekali variannya lho. Ada tempe kriuk, jamur crispy, ayam goreng kentucky, sup jamur dan lainnya.


Okay, terima kasih sudah mampir di blog ini. Next time masak apa lagi ya? Mungkin teman-teman bisa kasih saran di kolom komentar. 

Terima kasih.
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

21 comments for "Tempe Kriuk yang Gurih Menu Andalan Buka Puasa yang Praktis"

  1. Replies
    1. Yoii... tempe kriuk dengan tepung bumbu kobe memang the best deh.

      Delete
  2. Sebagai pecinta tepung bumbu Kobe, ini saya aminkan bangeeeet resepnya. Udah pernah coba bikin tempe kriuk dengan tepung bumbu kobe yang tempe kriuk. Ih anak-anak sukaa banget! Suka bumbu-bumbu yang ada di dalam tepung itu, bikin citarasanya makin enak saat disantap.

    ReplyDelete
  3. biasanya mamah suka masak tempe kriuk buat menu sahur biar makan jadi lebih enak gitu katanya

    ReplyDelete
  4. aku juga pakai tepung ini mba, dan kriuk memang ya
    tempe kriuk nggak nolak, bisa buat takjil atau juga lauk. Biasanya 22nya nih di rumah aku mah. Anak buka pakai tempe kriuk dan dijadiin lauk tambahan. Semangat jadinya makannya kriuk2 hihi

    ReplyDelete
  5. Waahh, samaaa!
    Tempe kriuk juga andalan aku banget
    apalagi kalo lagi buka puasa, enakkk pas habis adzan maghrib, auto maem tempe kriuk enih
    nurul https://bukanbocahbiasa(dot)com/

    ReplyDelete
  6. Aku itu dulu ga suma tempe mba. Tapi sejak ngerasain tempe kriuk jadi suka juga ama tempe hihihi 😂. Tapi aku belum pernah nih bikin tempe kriuk pakai tepung bumbu kobe. Jadi pengen nyomot tempenya. Jadi pengen nyoba 😂

    ReplyDelete
  7. Makan tempe kriuk saat berbuka memang cocok sekali ya, Mbak. Terbayang rasanya yang gurih dan renyah. Hari ini saya juga mau buka dengan tempe kriuk ah ...

    ReplyDelete
  8. Tempe adalah fav keluarga kamii, apalagi yang kriuk kriuk duhhh sukaa banget. Tepung Kobe juga andalan saya sejak SMA pertama kali mengenal KObe

    ReplyDelete
  9. adonan bumbu KOBE-nya hanya adonan basah? atau bisa juga setelah dicelup ke adonan basah, celup ke aadonan kering.

    ReplyDelete
  10. Saya pun begitu mbak, sehari nggak makan tempe tuh rasanya ada yang kurang. Makanya di kulkas selalu ada persediaan tempe. Menggorengnya juga pakai tepung bumbu dari Kobe.

    ReplyDelete
  11. Tempe kriuk dengan tepung Kobe praktis dengan rasa yang pas. Saya pun sering bikin bahkan gak hanya untuk tempe, tapi juga bakwan, goreng pisang, tepung bumbu putih, dan masih banyak lagi
    Iya saya memang nyetok banyak juga nih tepung bumbu Kobe ini

    ReplyDelete
  12. Aku Juga sering banget membuat tempe kriuk dengan tepung bumbu KOBE, karena Simple banget bikinnya.. buat bukaanya Aku buat Dan selalu stock d rumah

    ReplyDelete
  13. Ah iya, buka puasa nggak lengkap tanpa hidangan tempe kriuk yang gurih seperti ini ya mbak
    Tepung bumbu Kobe emang recommended

    ReplyDelete
  14. Kobe asli andalan banget kok ya mba, aku juga selalu sedia di rumah nih kobe
    biar kalau pengen tinggal sreng

    ReplyDelete
  15. Masak tempe di goreng tepung dengan kobe itu favorit keluarga ku mba. Udah comfort food lah pokoknya. Ga ada lauk tapi ada tempe goreng tepung pokoknya aman.

    ReplyDelete
  16. Kalo ada tepung begini jadi mudah juga bikin macem macem padahal cuma pakai tepunng kobe ya mak. Aku sendiri sering menyenangkan anak biar selalu hepi lewat makanan

    ReplyDelete
  17. Kalo kriuk2 enaknya jadi menu sahur, biar mata yg ngantuk jadi semangat pas denger mulut krauk2. Aku suka Kobe ini gak terlalu kuat msg nya jadi gak eneg dia

    ReplyDelete
  18. Tempe mendosn itu juga favoritku mba Ery, di rumahku tiada hari tanpa tempe loh. Hihi. Tempe tuh makanan bergizi yg murah meriah

    ReplyDelete
  19. beneer, tempe ini mudah banget didapatkan dan menjadi menu favorit meskipun harga minyak selangit ya, beeb. hahaha. aku suka yang kriuk gini, nih. bikin nagiih.

    ReplyDelete
  20. Jangan kan aku, suamiku suka bange tempe kriuk, anak-anak juga. Kalau bikin sendiri begini, bisa langsung ludes mba, dicocol saos mantul

    ReplyDelete