Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Manfaat Kesehatan dari Susu Kambing etawarich

Susu kambing etawa

Jelang usia 35 tahun, tubuh mulai memberikan sinyal-sinyal yang tak seperti biasa. Ditambah cuaca yang tidak menentu, dan mengonsumsi makanan yang asal mengenyangkan. Sungguh, ini membuat badan cepat ngedrop dan rasa pegal-pegal sering menghampirinya.

Bahkan dulu pada saat musim pandemi, saking seringnya saya merasakan nyeri sendi ketika kena dingin, saya berpikiran yang enggak-enggak lho. Takut banget terkena pengapuran tulang, padahal usia masih 30-an. Kan, malu, kasihan anak yang masih kecil kalau emaknya susah bergerak.

Saat itu saya ngobrol-ngobrol dengan bidan yang menangani saya dari hamil sampai melahirkan. Disarankan minum susu untuk kesehatan saja dulu. Karena manfaat susu kesehatan kan banyak banget gitu, salah satunya untuk menjaga tulang dan sendi biar enggak mudah nyeri.

Susu nyeri sendi



Berhubung saya kurang doyan minum susu, akhirnya sekarang nih mulai merasakan yang lebih daripada yang dulu. Sudahlah udara di daerah saya dingin banget, ditambah mulai musim penghujan, berangkat dan pulang kerja naik motor (meskipun pakai mantel), tentu saja bikin badan rasanya remuk, tahu.

Tak jarang saya sering minta dipijat sama suami. Padahal dia juga capek, tapi kalau saya ngeluh ya mau bagaimana lagi, hihihi. Kalau terus-terusan begini juga kasihan suami, akhirnya saya bertekad untuk mengusir rasa nyeri pada sendi dengan minum susu etawarich yang banyak manfaatnya.



Susu Etawa Sudah Terbukti Khasiatnya


Manfaat susu etawa etawarich
Sumber foto: etawarich.id

Minum susu kambing itu seperti sekali mendayung dua pulau terlampaui. Jadi begini, susu etawarich ini selain memiliki fungsi untuk mempertahankan kepadatan tulang, juga berfungsi untuk melancarkan pencernaan.

Berikut merupakan khasiat susu kambing etawarich bagi kesehatan tubuh.

1. Membuat Tulang Menjadi Sehat


Manfaat paling utama dari susu kambing etawa adalah menyehatkan tulang. Hal ini karena terdapat kandungan fosfor di dalamnya. Bahkan bukan hanya tulang saja, melainkan juga untuk menjaga kesehatan gigi. Yang sedang mulai merasakan pengapuran tulang, sebaiknya mencoba minum susu etawa ini.

2. Membantu Melancarkan Pencernaan


Ya, seperti yang saya sebutkan tadi, bahwa bisa melancarkan pencernaan, sehingga cocok buat saya penderita gangguan pencernaan. Karena susu etawa ini mengandung prebiotik yang berfungsi menyehatkan sistem pencernaan dalam tubuh kita. Minuman ini memang dirancang sebagai susu untuk kesehatan, termasuk bagi yang mengalami gangguan asam lambung.

3. Menjaga Kesehatan Jantung


Jantung adalah organ vital dalam tubuh kita yang harus dijaga kesehatannya. Pada susu kambing etawa ini, memiliki fungsi yang luar biasa yakni bisa menguatkan organ jantung pada tubuh kita. Sehingga sangat cocok dikonsumsi secara rutin.

4. Menjaga Imun Tubuh


Memang pantas disebut sebagai susu untuk kesehatan karena di dalamnya juga terdapat mineral atau zat besi yang membantu untuk menjaga daya tahan tubuh dan menjaga imunitas tubuh.

5. Membantu Mencegah Pengeroposan Tulang dan Anemia


Untuk tetap bergerak aktif kita perlu tulang yang kuat dan sehat, serta tidak terkena anemia. Untuk itu, perlu banget minum susu untuk pengeroposan tulang. Karena susu etawa mengandung kalsium dan vitamin. Untuk itu, dianjurkan minum rutin susu tulang keropos ini.

6. Mampu Mengatasi Masalah pada Sistem Pernapasan


Susu kambing etawa terdapat fluorin dan betakasein yang baik untuk mengatasi masalah yang terjadi pada sistem pernapasan.

Rupanya khasiat susu kambing etawarich ini banyak sekali. Bahkan bisa diminum rutin setiap hari dan tidak menimbulkan ketergantungan maupun efek samping

Hal tersebut karena susu kambing etawa ini mengandung bahan alami dan tidak ada bahan pengawet.

Kandungan yang Terdapat pada Susu etawarich


Kandungan yang terdapat pada susu etawa
Sumber: etawarich.id

Dari atas saya sudah menyebutkan susu etawarich, sebenarnya itu apa sih?

Susu kambing etawarich merupakan 98% susu kambing etawa yang rendah gula dan lemak, tidak mengandung bahan pengawet, dan terbuat dari bahan-bahan alami yang sangat berkhasiat bagi kesehatan, seperti: susu kambing, kayu manis, gamat, bee pollen, dan daun sirsak.

Berikut kandungan yang terdapat dalam susu kambing etawarich.

1. Susu Kambing


Sebagai bahan utama susu kambing memiliki kandungan susu etawa sangat berkhasiat bagi tubuh, seperti fosfor, sodium, dan florin, sehingga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.

2. Kayu Manis


Selain rasanya enak, kayu manis juga berfungsi untuk menurunkan kadar gula sehingga bisa membantu menurunkan resiko diabetes. Rasa manis yang terdapat pada susu tulang keropos ini bersumber dari gula stevia yang aman bagi penderita diabetes.

3. Gamat


Memiliki banyak kandungan kolagen, protein, glukosamin, dan lainnya, sehingga turut membantu untuk pembentukan tulang rawan pada tubuh.

4. Bee Pollen


Kandungan susu etawa juga terdapat bee pollen yang bisa menangkal radikal bebas, memelihara kesehatan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

5. Daun Sirsak


Membantu mencegah asam urat karena mengandung flavonoid.

Khasiat susu kambing etawarich

Setelah menelisik lebih jauh seperti ini, saya semakin mengerti bahwa manfaat susu etawa etawarich tidak sembarangan. Dari kesehatan tulang hingga kesehatan jantung.

Siapa saja cocok minum susu untuk pengeroposan tulang ini, termasuk untuk ibu hamil, menyusui, lansia, dan anak-anak.

Susu tulang keropos dari etawarich ini bisa diminum dua sampai tiga sachet per hari. Tidak akan membuat panas di badan, karena susu etawarich protein dan kandungan gizi lainnya mudah diserap oleh tubuh. Hal menarik lainnya adalah meskipun susu ini terbuat dari susu kambing, tapi tidak bau prengus. Secara ya, saya juga kurang suka kalau ada aroma prengusnya.

Nah, setelah tahu manfaat dan bahan-bahan yang terdapat pada susu etawarich, rasanya tidak ingin lagi melewatkannya. Untuk itu, pembelian bisa dilakukan dari mana saja karena sudah tersedia di akun etawarich official store di e-commerce kesayangan kita, Shopee dan Tokopedia. Pastikan membeli produk susu kambing etawarich ini di distributor resmi seperti halnya di akun officialnya di eCommerce, jangan sampai membeli produk ini ngasal, kita perlu hati-hati terhadap produk palsu/tiruan yang mengatasnamakan produk etawarich.

Kesimpulan


Ketika tubuh memberikan alarm atau tanda-tanda seperti pegal, nyeri sendi atau susah untuk bergerak, sebaiknya kita segera cepat tanggap. Mengantisipasi jangan sampai terlanjur parah. Untuk itu perlu sekali mengonsumsi susu nyeri sendi dari etawarich.

Karena manfaat susu etawa etawarich sangat baik bagi kesehatan terutama untuk tulang. So, jangan biarkan rasa nyeri sendi itu membatasi gerak kita. Yuk, kita bebas aktif bergerak dengan tetap menjaga kesehatan dengan minum susu nyeri sendi.
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

39 comments for "6 Manfaat Kesehatan dari Susu Kambing etawarich"

  1. Benarr susu etawa bagus bangett khasiatnya. Dulu papaku sering banget minum susu-susu seperti etawa ini. Manfaatnya memang bagus buat kesehatan dimulai dari kesehatan tulang hingga imun tubuh kita.

    ReplyDelete
  2. Susu kambing etawa sudah enak bergizi pula. Mau beli ahh biar tambah sehat. Bisa diminum juga bareng anakku biar dia cepat tinggi.

    ReplyDelete
  3. soal nyeri sendi memang tidak boleh disepelekan ya, Mbak. Jangan smapai radang sendi. Makanya harus dicari pencegahnnya. Salah satunya dengan minum susu etawa yang banyak khasiatnya. Apalagi terbuat dari 98% susu ambing murni dan tidak bau prengus.

    ReplyDelete
  4. Kandungan susu Etawa ini banyak ya, ada bee polen juga, penasaran dengan rasanya juga, katanya manfaat susu kambing ini lebih bagus dibandingkan susu sapi sih

    ReplyDelete
  5. Kasian juga ya mbak kalau lama² minta pijit suami terus, meski enak juga sih haha. Untungnya ada susu kambing Etawa yaa yg bisa bantu jaga persendian tulang. Jadi nggak gampang berasa lagi sendi kalau rajin konsumsi susu Etawa.

    ReplyDelete
  6. Khasiat yang banyak dari susu etawarich ini jadi pengen nyoba. Apalagi katanya bisa mengobati nyeri sendi, cocok buat aku yang udah mulai beranjak "dewasa"

    ReplyDelete
  7. Daku ada anemia juga, berarti bisa nih ya konsumsi ini? Apalagi kalau melihat manfaat lainnya juga bagus ya buat sendi, sehingga urusan osteoporosis bisa dicegah ya

    ReplyDelete
  8. Yashhh aku juga sepakaatt bahwa susu kambing buanyaakk faedahnya.
    anakku jg demen mbaaa. lebih bergizi dan OK bgt utk daya tahan bodi yh.

    ReplyDelete
  9. Iya nih, udah kepala 3 rasanya badan butuh asupan susu etawa nih, khususnya Etawaruch yah yg punya banyak manfaat buat kesehatan tubuh.

    ReplyDelete
  10. Baru kepala 3 tuh rasanya badan udah kek jompo, wkwk.. Butuh asupan susu kambing Etawarich nih biar makin sehat karena memang manfaatnya banyak banget.

    ReplyDelete
  11. kesehatan tulang memang harus kita jaga ya Mbak, apalagi kita perempuan yang tentunya pengen banget bisa membersamai anak hingga tua nanti, bonus banget dong ya kalau nantinya masih bisa jalan-jalan bareng anak tanpa kita ngeluh masalah tulang dan sendi, makanya dari sekarang kudu rutin minum susu etawarich juga nih ya :)

    ReplyDelete
  12. Wah iya nih mba ibuku yang mulai sering nyeri sendi. Bisa aku rekomendasikan susu ini untuk dikonsumsi

    ReplyDelete
  13. Pas banget nih kasus covid merebak lagi. Pasti imun lagi yg akan diserang. Untungnya susu kambing etawarich ini bakal meningkatkan kekebalan imun kita. Jd manfaatnya bnyk bgt ya stlh minum susu kambing etawa ini. Smg kita selalu sehat ya kak.

    ReplyDelete
  14. ternyata manfaatnya banyak sekali ya kak. Oh ya, beberapa bulan ini kakek nenek sering ngalamin nyeri sendi sih, semoga setelah beli susu etawa bisa sehat kembali, aamiin

    ReplyDelete
  15. Dengan kualitas terbaik, susu kambing Etawa Etawarich menjadi pilihan terbaik untuk mendapatkan kalsium tinggi untuk kesehatan tulang dan sendi.

    ReplyDelete

  16. usia 35 tahun ke atas emang usia rawan yaaa dan mulai banyak terasa masalah tulang dan sendi. i feel it banget mba. konsumsi susu etawa bisa banget nih bantu mengatasi masalah ini, auto CO etawarich nih di marketplace

    ReplyDelete
  17. usia 35 tahun ke atas emang usia rawan yaaa dan mulai banyak terasa masalah tulang dan sendi. i feel it banget mba. konsumsi susu etawa bisa banget nih bantu mengatasi masalah ini, auto CO etawarich nih di marketplace

    ReplyDelete
  18. Gak nyangka ya susu kambing bisa sebagus ini. Rasanya juga enak ya

    ReplyDelete
  19. Pantes banget banyak yang minum susu kambing etawa
    Ternyata banyak khasiatnya ya mbak

    ReplyDelete
  20. Banyak yang bilang sehat dan bisa mwngobati banyak penyakit tapi aku masih belum bisa masuk kalau minum susu ini. Selalu muntah

    ReplyDelete
  21. Buat aku yang ngga suka susu, apalagi susu kambing, kayaknya ini cocok deh. Liat bahan2 sama kandungannya tuh kayak "ohh pantes aja ngga bau prengus", gituu. hehehe cobain ah

    ReplyDelete
  22. Sekarang uda mulai deh.. virus kembali menyerang daya tahan tubuh manusia.
    Aku gak bilang varian apa, tapi yang pasti, perkuat imun dengan susu etawa etawarich ini adalah jalan yang bijak yaa.. banyak manfaat dan kebaikannya untuk tubuh sehat.

    ReplyDelete
  23. Susu kambing itu apakah aromanya sama kayak susu sapi mbak Eri? Soalnya saya itu gak suka susu sapi, wkwk... jadi kebanyakan minum yogurt daripada susu, mungkin bisa nanti jadi alternatif susu tambahan selain susu sapi ya..

    ReplyDelete
  24. Jadi etawarich ini nggak cuma mengandung susu murni saja ya, tapi ada tambahan bahan lain yang khasiatnya sudah dikenal luas baik untuk tubuh. Semoga nyeri-nyeri tulangnya segera hilang dengan rajin konsumsi etawarich ya mbak

    ReplyDelete
  25. Wah, kebetulan banget nih aku sedang gugelan susu kambing untuk menjaga ketahanan tulang dan sendiku :D Enaknya zaman now susu kambing sudah dikemas pabrikan begini ya, jadi ga glek langsung kayak dulu heheh. Kandungan dan manfaat mengonsumsi ini baik sekali. Bisa diminum oleh segala usia pula. TFS.

    ReplyDelete
  26. Lha emang yaa umur segini udah ngga bisa dibohongin. Badan makin pegel aja wkwkwkwk. Iya sejak pandemi dan kena covid rasanya imun gampang drop deh. Tapi emang susu etawa ini cocok banget buat ningkatin imun dan mengatasi nyeri tulang dan sendi.

    ReplyDelete
  27. Bagus banget ya kandungan dan manfaat dari susu kambing etawarich... Tapi saya mah jangankan susu kambing, susu sapi aja engga suka, huhu...

    ReplyDelete
  28. Aku tuh pernah datang ke pameran pangan, terus ditawari untuk coba susu kambing tapi gak mau karena belum pernah dan takut rasanya aneh. Eh setelah itu aku dapat project motret susu kambing, akhirnya nyobain juga ternyata gak seaneh yang aku bayangankan, enak malahan.

    ReplyDelete
  29. Susu Kambing etawarich ini bagus untuk dewasa dan anak-anak yaa..
    Anakku tuh suka banget sama susu kambing. Tapi waktu itu belum kenal brand Susu Kambing etawarich. Jadi pingin cobain.. Rasanya perlu stock untuk jaga imun tubuh keluarga.

    ReplyDelete
  30. Kupikir susu kaya gini manfaatnya untuk kesehatan dan tulang. Ternyata bisa buat kesehatan jantung dan pernapasan ya. Kandungan susu kambing etawarich juga macam-macam yang tentu saja akan sangat bermanfaat buat tubuh

    ReplyDelete
  31. Saya udah mulai nih mbak berasa kayak nyeri2 sendi gitu, kebetulan memang udah lama tidak minum susu. Bisa jadi ini tanda2 tubuh kekurangan kalsium juga yaaa... Etawarich bisa jadi alternatif solusinya nih.

    ReplyDelete
  32. Waaah etawarich ini sepertinya cocok untuk saya dan ayah saya yang kadang-kadang nyeri sendi. Mengingat gak bau prengus dan kandungan bahannya organik dan bagus2

    ReplyDelete
  33. suplemen tidak hanya dari vitamin ya, bisa juga dari susu kambing etawarich, kandungan kalsiumnya lebih tinggi. bumil busui bagus nih, butuh kalsium tinggi untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya

    ReplyDelete
  34. Banyak sekali manfaatnya mba.. alhamdulillah keluagakupun suka susu kambing cuma memang tidak terlalu sering juga meminimalkan karena susah juga didapatkannya yaa. Etapi sekarang mudah yaa tinggal beli online pun bisaa

    ReplyDelete
  35. Seberkasiat itu susunyaa.. Bisa nih kurekomenin sama orang tuaku yang suka pegal-pegal mungin emang karena tulangnya udah berkurang kekuatannya ya mbak..

    ReplyDelete
  36. Kok saya juga mulai merasakan sinyal sinyal yang sama di usai sekarang. Terutama bagian tulang. Alhamdulillah baca artikel ini, saya jadi tahu manfaat susu kambing. Bisa dicoba, nih!

    ReplyDelete
  37. Susu kambing Etawa memang banyak banget manfaatnya ya Mak... Oh ya Mak, kalau anak2 boleh mengkonsumsi juga enggak sih?

    ReplyDelete
  38. Bulan lalu saya batuk gak berhenti meski dah ganti dokter dua kali. Akhirnya minum susu kambing etawa ini. Alhamdulilah jadi sembuh. Katanya susu kambing bagus untuk batuk

    ReplyDelete
  39. Nah yang sering dikhawatirkan dari susu kambing itu emang bau prengusnya ya, kuatir bikin mual gitu... tapi Etawarich tentunya enggak yaa, bahkan nggak cuma buat orang tua, buat anak-anak pun bisa dan justru bagus nih.

    ReplyDelete