Tuesday, September 27, 2016

Hidup Sederhana untuk Jantung Tetap Sehat

Jantung, setiap orang tentunya mengenal dan memilikinya. Sebuah organ tubuh yang sangat vital pada diri manusia. Kerjanya pun berat karena harus memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Bisa dibayangkan bukan, ketika jantung berhenti berdetak? Kematian. Itulah sebabnya mengapa jantung harus dijaga agar tetap sehat.

Sebagai masyarakat modern yang sering menikmati junk food dan tidak bisa menghindar dari asap rokok, resiko penyakit jantung semakin tinggi. Tidak mungkin kita menghindari terus asap rokok terlebih di tempat umum yang kebanyakan perokok dengan seenaknya menghembus-hembuskan asapnya.

Sedangkan makanan, seringkali kesibukan yang melanda menuntut serba cepat. Alhasil makanan cepat saji atau bahkan memakan mie instan menjadi alternatif pengganjal perut. Untuk sesaaat memang baik karena bisa menahan lapar dan tidak bisa ditunda lagi. Lalu, bagaimana jika hal tersebut dilakukan setiap hari? Bukankah berbahaya, salah satunya menggangu kinerja jantung.

Sumber : seranganjantung.com

Agar jantung tetap sehat, kita perlu menjaganya. Langkah yang mudah dan sederhana pun bisa ditempuh. Karena sejatinya, pola hidup sederhana mampu untuk mencegah penyakit jantung. Dan berikut merupakan pola hidup sederhana tapi jantung tetap sehat dan eksis.

Petama, minum air putih hangat setiap pagi. Air putih ini mampu berfungsi sebagai detox alami pada tubuh. Sehingga semua racun yang ada di tubuh mampu dikeluarkan pada saat membuang urin.

Sumber : manfaat.co.id

Kedua, olah raga ringan yang teratur. Olah raga memang sangat diperlukan untuk tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Hal itu tentunya sangat baik terhadap tubuh, tetap fit dan eksis kapan saja dan di mana saja. Selain itu, olah raga juga bisa membentuk tubuh yang ideal yang kita idam-idamkan. Dan, yang terepenting, olah raga secara teratur dan ringan juga mampu mencegah timbulnya penyakit jantung.

Sumber : gudangkesehatan.com

Caranya pun cukup mudah. Lari kecil selama tiga puluh menit setiap pagi. Sebelum berhenti berlari, berjalanlah pelan terlebih dahulu agar detak jantung dan pernapasan teratur. Kemudian istirahat. Lari kecil ini bisa dilakukan oleh siapa saja di waktu pagi agar udara masih sejuk dan sinar matahari masih baik untuk kesehatan.

Ketiga, konsumsi buah-buahan yang mengandung fitonutrien. Merupakan senyawa yang bisa membuat jantung tetap sehat dan eksis kapan saja. Kandungan tersebut bisa dijumpai pada makanan kacang merah, anggur, apel, dan buah beri. Selain rasanya yang nikmat, manfaat dari buah-buahan tersebut juga sangat baik bagi kesehatan jantung.
Sumber : sitkes.com

Keempat, konsumsi sayuran yang menjadikan jantung kuat. Dan sayuran tersebut adalah kubis. Pada sayuran ini, bukan hanya terdapat fitonutrien yang dapat menyehatkan jantung, melainkan juga mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin K, kalsium, potasium, dan zat besi. Selain rasanya yang enak, kubis juga mudah didapatkan.

Sumber : informasiherbal.com

Kelima, istirahat yang cukup. Untuk hal ini rasanya seperti tamparan bagi diri sendiri. Iya, begadang merupakan kebiasaan saya yang dilakukan ketika mengejar dead line. Padahal, sesungguhnya itu tidak baik untuk kesehatan, termasuk jantung.

Sumber : freeimages.com

Istirahat atau tidur di malam hari sangatlah penting agar jantung sehat dan kuat. Karena ketika mata dan otak masih bekerja, jantung pun aku berpacu dengan keras untuk memompa darah ke otak dan bagian tubuh kita, padahal tubuh harus istirahat. Otak juga harus rileks, mata juga harus terpejam untuk tidur. Alangkah baiknya kita mengurangi waktu untuk terjaga hingga larut malam demi jantung yang sehat.

Nah, mudah dan sangat sederhana bukan? Dari kalangan usia berapapun, lima pola hidup sederhana tersebut bisa kita aplikasikan dengan mudah.

Jaga jantungmu, sebelum ia lelah memompa darah.

--
Demikian tulisan ini dibuat untuk mengikuti Kompetisi Blog 'Dari Hidup Sehat untuk Jantung Sehat, Raih Jutaan Rupiah'.


14 comments:

  1. kalo pagi aku mesti air putih dulu yang diminum, tapi gak hangat, air dengan suhu ruang aja, masaah gak ya? nah yang lainnya insyaaAllah sudah mengikuti

    ReplyDelete
  2. Sebenarnya sederhana ya mbak..
    cuma kadang lupa n males.. tp mulai sekarang kayaknya harus lebih giat lagi supaya tetap sehat dan terjaga :-)
    berdo'a juga yg utama..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,seringnya kita malas,apalagi kalau olah raga, huuu.. susahhh dahhh

      Delete
  3. Bangun pagi air putih, harus deh ini.. tiap pagi mbaaa ^^ aku olah raga nya belum mulai lagi nih mba.. good luck yaa mba ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, air putih sangat bermanfaat. Olah raga emang rada-rada gimana, apalagi kalau kesiangan, xixixi

      Delete
  4. Olahraga teratur dan makan makanan bergizi ya agar jantung tetap sehat ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mbak Rach, biar kita tetap eksis ke mana-mana kalau jantung sehat :)

      Delete
  5. Kalau saya mah paling sering minum air putih dan olahraga pagi mbak dan memang tubuh terasa lebih bugar dan aktivitas pun bisa dijalankan dengan lancar.

    ReplyDelete
  6. Nice tips, suka ama tulisan artikel ini. Berasa baca portal-portal ternama tentang female atau lifestyle. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhahha Mbak Wuri bisa aja nih, jadi geer saya :D, makasih ya :)

      Delete
  7. makasih tipsnya. akan berusaha dicoba, apalagi yg olhrganya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sama-sama. hmm, rata-rata yang olah raga susah ngejalanin :D

      Delete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)