Penantian Panjang Akhirnya Tercapai Sudah, Purbalingga Kini Memiliki Bandara JB Soedirman

JB Soedirman Airport
Penantian Panjang Akhirnya Tercapai Sudah, Purbalingga Kini Memiliki Bandara JB Soedirman
Sumber foto: www.instagram.com/jbsoedirmanairport

Hari Selasa tanggal 01 Juni 2021 merupakan hari bersejarah bagi Purbalingga. Pasalnya Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman, Wirasaba, Purbalingga diresmikan dan bisa beroperasi. Mulai tanggal 03 Juni 2021, Bandara JB Soedirman sudah bisa terbang secara komersial dengan melayani 2 rute penerbangan. Yaitu dari Purbalingga ke Halim Perdana Kusuma, Jakarta atau sebaliknya, dan dari Purbalingga ke Surabaya atau sebaliknya.

Pada hari itu, terlihat juga Bapak Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyaksikan penerbangan komersial perdana di JB Soedirman. Yang juga menyampaikan, hal-hal apa saja yang harus dilakukan agar lalu lintas penerbangan dari maupun menuju Purbalingga semakin ramai. Entah itu dari sektor pariwisata, bersepeda, produk UMKM atau lainnya. Sehingga bisa menarik kunjungan untuk datang ke Purbalingga.


Penantian 15 Tahun Akhirnya Tercapai

Menanti adanya transportasi udara yang bisa mempersingkat waktu jarak tempuh sudah diimpikan sejak 15 tahun silam. Dengan proses pembangunan yang terus berlanjut, berkoordinasi antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat, akhirnya pada tahun 2018 tepatnya tanggal 23 April 2018, saat itu Presiden Joko Widodo datang langsung ke lokasi Lanud Wirasaba, mencanangkan bahwa pembangunan bandara terus berlanjut dan menyematkan nama Jenderal Besar Soedirman sebagai nama bandara.

Bandara JB Soedirman Purbalingga
Sumber foto: www.instagram.com/jbsoedirmanairport

Tak hanya sekali Presiden Joko Widodo berkunjung ke Purbalingga. Hari Jumat, 11 Juni 2021, Pak Presiden dan menteri Perhubungan meninjau secara langsung Bandara JB Soedirman yang sudah beroperasi tersebut.

Bandara tersebut yang memiliki luas hingga 115 hektar continue dibangun hingga beberapa tahap. Hingga sampai Juni 2021 bandara resmi dibuka. Saya yang asli warga Purbalingga turut berbahagia dan bangga, "Akhirnya kita punya landasan udara, Gengs!" Tidak perlu memakan waktu tempuh lama lagi kalau mau ke Jakarta. Sebaliknya, teman-teman dari Jakarta yang mau liburan ke Purbalingga, hanya memakan waktu kurang lebih 1 jam. Selain itu, jarak dari bandara ke Braling Grand Hotel by Azana, hotel bintang 4 satu-satunya di Purbalingga, cukup dekat. Sehingga wisatawan yang datang bisa langsung check in untuk beristirahat, yang kemudian akan melanjutkan petualangan di beberapa destinasi wisata Purbalingga.


Penerbangan Komersial Menggunakan Pesawat Citilink

Pesawat komersial yang terbang dari atau menuju Purbalingga menggunakan Citilink, jenis Pesawat ATR 72-600. Untuk harga tiket pesawat dibanderol Rp 500 ribuan sekali terbang.

Oh ya, beberapa media juga menyebutkan bahwa akhir Juni 2021, Lion Air akan menambah rute penerbangan yaitu menuju dan dari Purbalingga.

Manfaat Adanya JB Soedirman Airport

JB Soedirman Airport
Sumber foto: www.isntagram.com/jbsoedirmanairport

Saya rasa akan banyak sekali manfaat yang didapatkan untuk kita semua dengan adanya bandara ini. Di antaranya ialah sebagai berikut:

1. Memangkas waktu tempuh bepergian
Ketika melakukan perjalanan darat memakan waktu berjam-jam, bahkan sampai 10 jam untuk sampai di Jakarta. Saat ini hanya dalam kurun waktu 1 jam. Hal ini akan memudahkan para pebisnis yang akan datang ke Purbalingga. Ya, kita tahu bahwa Purbalingga merupakan industri bulu mata dan rambut palsu terbesar di Indonesia. Dengan adanya bandara, rute perjalanan mereka semakin singkat dan mudah untuk berkunjung ke pabrik.

2. Wisatawan semakin meningkat
Selain para pebisnis yang dimudahkan, para pelancong yang akan menikmati keindahan dan kelezatan kuliner khas di Purbalingga juga semakin mudah dan cepat untuk datang karena perjalanannya ditempuh dengan sangat singkat.
 

Baca juga:  Menikmati Suasana Damainya Sanggar Darimu, Bokol yang Penuh Karya Seni Lokal

3. Semakin banyak lokasi strategis di Purbalingga
Lokasi strategis untuk meningkatkan perekonomian daerah itu sangat penting. Selama ini, letak lokasi strategis hanya didominasi di dekat jalan raya daerah perkotaan. Namun, dengan adanya bandara, lokasi strategis bisa bertambah. Otomatis daerah Wirasaba menjadi tempat yang bisa membuka kesempatan usaha baru di dekat bandara.

Well, dengan adanya bandara di Purbalingga, diharapkan semua lalu lintas semakin mudah dan perekonomian semakin lancar. Dan sebagai orang Purbalingga semoga besok atau lusa saya juga bisa bepergian ke Jakarta bisa naik pesawat. Serta bagi teman-teman yang tinggal di Jakarta, ayo liburan ke Purbalingga.

31 Comments

  1. Wahhh kereen nih, makin terintegrasi nih ya, ada penerbangan juga dari Halim ya direct ke Purbalingga, jadi gak hanya dari Soetta. Kereen!

    ReplyDelete
  2. Saya juga turut seneng dapat info Purbalingga punya bandara. Nama bandara juga memakai nama Jenderal yg berasal dari sana. Pengen cepet-cepet naik pesawat turun di Bandara JB Soedirman.

    ReplyDelete
  3. Semoga bisa lancar n makin banyak penerbangan ke dan dari purbalingga, biar bisa menggantikan bandara wijaya kusuma juga

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah makin merata pembangunan di tiap kota Indonesia. Harapannya dengan ada bandara di purbalingga, kebutuhan dan distribusi makin lancar.

    ReplyDelete
  5. Luar biasa sekali, 15 tahun lamanyaaaa.. Pak Jokowi memang kayaknya sedang fokus ke pembangunan infrastruktur dan ini keren banget sih, kita sebagai masyarakat jadi lebih gampang kalau mau kemana mana, mudah dan efisien hehehe.. Selamat Untuk bandara barunya ya, Purbalingga ... ^^

    ReplyDelete
  6. Selamat untuk Purbalingga yang sudah punya bandara sendiri. Semoga semakin maju dan berkembang menjadi kota yang hebat. Jadi pengin naik Pesawat ke purbalingga. Ini pesawatnya kalau dari jakarta via Cengkareng atau halim ya.

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah ya Mb, selamat semoga bikin geliat ekonomi juga bergerak maju pesat

    ReplyDelete
  8. Senang sekali..
    Dengan adanya bandara baru, semoga Purbalingga bisa menjadi destinasi wisata yang sangat disukai baik dari wisatawan lokal ataupun manca negara.

    Selamat dan sukses, Kota Purbalingga.

    ReplyDelete
  9. Bahagia banget nih warga Purbalingga dan sekitarnya bisa punya bandara jadi singkat banget ya waktu perjalanannya dari 10 jam jadi hanya 1 jam saja...

    ReplyDelete
  10. Selamat ya buat Purbalingga yang sudah punya Bandara JB Soedirman. Asyik dong yang dari Jakarta sekarang bisa cuss naik pesawat kalau mau ke Purbalingga, atau sebaliknya. Tiket pesawat Citilink-nya juga terjangkau. Semoga makin bertambah destinasi penerbangannya.

    ReplyDelete
  11. Wah bisa nih membangkitkan geliat ekonomi daerah kalau bandaranya sudah berfungsi dengan baik

    ReplyDelete
  12. waaa purbalingga punya bandara mudahin mau kemana-mana
    ekonomi di purbalingga juga udaah bagus mak perputaran ekonominya bagus
    selamat warga purbalingga!

    ReplyDelete
  13. wah saya sangat bangga di purbalingga akhirnya sudah memiliki bandara JB Soedirman, pasti rasanya bangga langsung mencoba ingin pergi ke suatu daerah dengan cepat dan terbang hehe

    ReplyDelete
  14. Wah baru tau aku, sudah resmi dibuka kan ya mba, bisa buat pulkam ke purwokerto nih, bisa ke wonosobo juga ke dieng dulu soalnya kan purbalingga itu biasanya buat transit doang dari purwokerto ke wonosobo huhu... kereeeeen

    ReplyDelete
  15. wah keren di masa pemerintahan pak jokowi kini banyak bandara baru ya kak, kami di sambas juga menanti pembangunan bandara yang beberapa waktu yang lalu baru di tahap penandatangan kesepakatan bersama, semoga segera ada perkembangan pembangunannya

    ReplyDelete
  16. Senang nya pakai banget dengan kehadiran Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman. Jadi makin asik ke Purbalingga karena waktu tempuh yang cepat

    ReplyDelete
  17. Selamat ya. Dengan adanya bandara memang membantu sekali bagi para pelaku usaha mau pun pebisnis. Mereka nggak akan lagi bisa mengeluh lama dalam perjalanan. Karena nyatanya, dengan pesawat waktu tempuhnya jadi terpangkas hingga menjadi 1 jam saja.

    ReplyDelete
  18. Baca artikelnya Mbak Ery ini saya jadi dapat informasi kl Purbalingga itu penghasil bulu mata dan rambut palsu terbesar di Indonesia ya. Selamat dan sukses buat Purbalingga yang sekarang telah memiliki bandara kebanggaan, cuma 1 jam sudah sampai di Jakarta naik Citilink yaa

    ReplyDelete
  19. Alhamdulillah, kota kelahiranku punya bandara hehehe...
    Pas mudik 2 tahun lalu aku sempat lewat wirasaba tapi kayaknya progres pembangunan belum terlalu kelihatan..

    Walaupun sekarang masih belum selesai terminal, jadwal penerbangan pun masih belum banyak, semoga ke depan semakin berkembang dan membawa dampak ekonomi bagi daerah sekitarnya...

    ReplyDelete
  20. Dari dan ke Bandung mah nggak ada ya : D Btw, semoga adanya bandara ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Purbalingga ya.

    ReplyDelete
  21. Waaa senangnya! Enak banget kalau ada di kota yang transportasinya macam-macam. Tinggal pilih mau lewat darat, laut, udara juga capcus. Daku hanya sabar karena kudu ke kota lain dulu buat rasain

    ReplyDelete
  22. Akhirnya 15 tahun menanti yaaa. Alhamdulillah selamat yaaa warga kota Purbalingga turut berbahagia:)

    ReplyDelete
  23. Membuka peluang untuk peningkatan pendapatan di berbagai sektor ya mba klo sudah ada banda udaranya gini. Aku jd penasaran sama wisata di purbalingga. Siapa tau setelah pandemi bisa ke sana.

    ReplyDelete
  24. wah Selamat buat kota Purbalingga
    Semoga dengan adanya bandara ini, parisiwata dan bisnis di purbalingga makin berkembang

    ReplyDelete
  25. Baru tahu di Purbalingga ada bandaranya. Aku belum pernah ke Purbalingga, cuma dulu punya teman dari sana waktu SMP. Semoga kapan2 bisa main ke sana, mungkin bisa sekalian memanfaatkan fasilitas bandaranya

    ReplyDelete
  26. dengan adanya bandara tentu akses transportasi akan lebih cepat dan akan lebih mudah berkembang juga perekonomiannya

    ReplyDelete
  27. Akhirnya, setelah penantian panjang. Pembukaan bandara tentunya membuka banyak peluang dan kesempatan baru untuk masyarakat. Penting bagi kepala daerah untuk mendorong warganya berbisnis dan membuka kran-kran baru perekonomian Purbalingga.

    ReplyDelete
  28. Barokallah ya Mba, pencapaian luar biasa loh ini. Purbalingga ada bandaranya, ikutan hepi sebagai warga Jawa Tengah.

    ReplyDelete
  29. Kapan kapan bisa dicoba melakukan penerbangan lewat bandara ini
    Artinya siap-siap traveling dengan kondisi newnormal
    Semoga saja ada kesempatan jalan-jalan
    Congrats buat Purbalingga

    ReplyDelete
  30. 15 tahun bukan penantian yang sebentar ya tapi akhirnya Purbalingga kini juga punya bandara. Keren euuyy auto langsung ingat juga kamoung halaman saya yang entah kapan wacana pembangunan bandaranya bisa terealisasi kayak bandara JB Soedirman ini

    ReplyDelete
  31. Wah, selamat buat Purbalingga. Semoga dengan hadirnya bandara ini, perekonomian jadi semakin meningkat juga. Sebagai warga Jawa Tengah aku ikut hepi mendengarnya... kapan2 mau juga ah naik pesawat ke sini. Ada nggak ya rute Semarang - Purbalingga..

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)