Tak Kalah dengan Jahe Putih, Ternyata Ini Khasiat Jahe Merah untuk Kesehatan

Khasiat Jahe Merah

Jahe sudah dikenal sejak dulu sebagai rimpang yang penuh akan khasiat. Rimpang dengan aroma khas yang satu ini bisa secara mudah Anda jumpai di pasaran. Bahkan jika dilihat dari segi jenisnya sendiri memang tak hanya satu, melainkan ada 2, diantaranya adalah jahe putih dan juga jahe merah. Lalu apa yang membedakan antara keduanya? Selain dari segi warna, jahe merah ini memang memiliki rasa yang cenderung lebih pedas, sehingga khasiat jahe merah ini diklaim juga lebih besar dibandingkan dengan jahe putih. Biasanya harganya juga relatif lebih mahal, karena cukup jarang yang membudidayakannya.

Jahe merah ini memang tidak sembarangan digunakan sebagai bumbu masakan, melainkan ia lebih banyak dipakai sebagai bahan untuk obat herbal. Tentunya Anda sendiri sudah tidak asing dengan hal ini bukan. Jahe merah kerap kali dijadikan sebagai campuran untuk racikan obat herbal. Hal ini dikarenakan memang kandungan senyawa layaknya gingerol, flavonoid sampai dengan agen antibakteri dan juga anti peradangan sangat tinggi. Bagus untuk mengatasi beragam jenis masalah kesehatan.


Khasiat Jahe Merah yang Penting untuk Diketahui

1. Dapat mencegah masalah pencernaan
Manfaat pertama yang bisa dirasakan dari konsumsi jahe merah ini adalah dapat mengatasi beragam jenis gangguan pencernaan yang mungkin sering Anda rasakan. Karena memang ekstra dari minyak jahe ini bermanfaat di dalam melindungi sistem pencernaan Anda dari beragam jenis bakteri. Sehingga masalah layaknya perut kembung juga mampu untuk diatasinya. Bahkan jika seandainya ditambahkan dalam makanan, ia berperan sebagai pengawet alami dan mencegah terjadinya keracunan yang disebabkan oleh bakteri tentunya.

2. Mengurangi rasa nyeri otot dan juga sendi
Tanaman herbal yang satu ini ternyata juga sangat bagus di dalam mengurangi kondisi rasa nyeri pada bagian otot maupun sendi, hal tersebut bisa terjadi efek dari peradangan. Banyak penelitian yang nyatanya sudah mendukung khasiat tersebut. Ia lebih efektif di dalam mengurangi peradangan yang terjadi pada tubuh, jika dibandingkan dengan obat antiinflamasi non steroid. Bahan yang satu ini juga mampu untuk melawan terjadinya peradangan akut, karena memang komponen aktif yang terdapat didalamnya mampu untuk menurunkan laukotrien dan juga postaglandin.

3. Mampu meningkatkan kesuburan pria
Beragam faktor yang bisa memicu pria mengalami masalah dengan kesuburan mereka, namun jangan khawatir, karena ternyata jahe merah ini dapat dipakai untuk mengatasi gangguan seksual yang dialami oleh pria. Minyak atsiri yang terkandung di dalam jahe ini memiliki efek afrodisiak yang dapat digunakan untuk merangsang daya seksual. Juga mampu untuk melancarkan aliran darah dalam tubuh.

4. Menurunkan asam urat
Sejalan dengan pertambahan usia umumnya penyakit asam urat ini memang rentan sekali menyerang. Namun ternyata dengan konsumsi jahe merah ini efektif membantu dalam menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Jahe merah ini mampu untuk mengurangi terjadinya peradangan pada sendi, juga membantu mengeluarkan senyawa asam urat yang menumpuk dalam tubuh. Sehingga nantinya kadar asam urat juga bisa berangsur-angsur turun.

Tak heran jika seandainya banyak yang mengonsumsinya, karena memang khasiat jahe merah ini sangatlah besar untuk kesehatan. Sekarang ini sudah tersedia produk jahe merah yang lebih praktis untuk digunakan, karena sudah dibuat dalam bentuk bubuk dan 100 persen terbuat dari ekstrak jahe merah, diantaranya bisa Anda dapatkan dari Herbana, bisa Anda dapatkan secara mudah baik langsung maupun online.

25 Comments

  1. Wah mantap jiwa nih jahe merah ya ternyata manfaatnya. Tapiii aku kok kurang bersahabat sama jahe merah, katanya kan buat mengatasi lambung ya, tapi aku malah kumat kayaknya tuh tiap konsumsi jahe merah. Tapi boleh nih nyari di herbana buat suami, xixixi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang belum terbiasa dengan jahe merah, memang akan kaget perutnya. Karena rasa jahe merah lebih cetar dari jahe putih.

      Delete
  2. Ternyataa banyak banget manfaat jahe merah
    Kapan2 aku mau beli dan rutin konsumsi, ahh
    kadang2 masalah pencernaan ni lhooo.

    ReplyDelete
  3. Iya jahe merah ini emang harganya lebih mahal di banding jahe putih, dan nggak setiap penjual rempah memilikinya. Jadi agak susah juga nyarinya. Untung kini sudah ada yang memproduksinya dalam bentuk serbuk ya mbak, jadi praktis dan tinggal sendok aja kalau mau menggunakan

    ReplyDelete
  4. jadi inget minuman jahe merah pas nonton drakor wkwkwk tapi jujur minuman jahe itu paling ga aku suka mba Er hehehe tapi akhirnya jadi rutin sejak aku positif covid dibikinin minuman jahe dkk untung lidahnya ga berasa :D

    ReplyDelete
  5. Waktu awal pandemik rajin konsumsi jahe merah nih mba. Tapi berupa bubuk gitu dari jogja. Enak ke badan rasanya juga.
    Banyak manfaatnya banget ya 😍 jahe merah. Buat asam urat jg ternyata bisa yaa

    ReplyDelete
  6. enak banget jahe merah direbus sama sereh dan gula aren, trus hangat-hangat diminum, bisa buat jaga daya tahan tubuh serta pencernaan jadi lebih lancar

    ReplyDelete
  7. Wah banya ya ternyata khasiat jahe merah untuk kesehatan. Apalagi sekarang ini sudah tersedia produk jahe merah yang praktis dalam bentuk bubuk dalam kemasan. Tinggal kita manfaatkan aja untuk kesehatan

    ReplyDelete
  8. Saya tahu soal jahe merah itu dari ortu mbak, memang kaya manfaat sih hanya saja disini agak susah nyari nya. Kalaupun ada, harganya lumayan mahal ehehhe

    ReplyDelete
  9. aku suka minuman jahe baik yg instan maupun bikin sendiri (kalau lagi rajin ^_^). Kalau lagi males, emang berguna bangeeet produk2 instan, yg berkualitas tentunya :)
    Btw Jahe merah ini lebih pedes drpd jahe putih ya kan.

    ReplyDelete
  10. Jahe Merah itu lebih pedas, lebih mahal dan lebih banyak khasiat. Di rumah ada. Pas panen, asyik banget buat wedang dan masak-masak. Mantap banget lah

    ReplyDelete
  11. Saya selalu pakai jahe merah kalau badan dirasa lagi kurang enak. Berasa pegel-pegel gitu. Rebusan gula merah dengan jahe merah tuh enak banget

    ReplyDelete
  12. aku suka banget dengan semua jenis jahe, apalagi sejak pandemi jadi sedia terus di rumah mba.

    ReplyDelete
  13. ah iya mbak, jahe merah emang punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh ya
    saya sekarang juga rutin konsumsi jahe merah

    ReplyDelete
  14. Ternyata bedanya jahe merah lebih pedas dan besar ukurannya ya, sering untuk herbal juga

    ReplyDelete
  15. Khasiat jahe merah ini sangat banyak ya sebelumnya apalagi dengan adanya pandemi seperti ini dan bisa meningkatkan imun juga sangat bagus

    ReplyDelete
  16. Ini mamahku rajin banget bikin jahe merah sendiri di rumah loh, aku cuma kebagian beli jahenya doang. Kalau kata mamaku biar badannya lebih enakan gak gampang pegel-pegel.

    ReplyDelete
  17. Suamiku yang suka beli jahe merah trus diolah sendiri mbak. Aku suka malas buatnya hihihi tapi enak kalau sudah ada yang bentuknya bubuk ya lebih praktis & tinggal diseduh aja

    ReplyDelete
  18. Jarang nemu jahe merah kalau di pasar dekat sini, kyknya lbh sering nemu jahe merah di supermarket apa ya?
    Ternyata manfaatnya buat kesehatan banyak banget ya?
    Aku biasanya pakai jahe buat bumbu dan minuman gtu mbak :D

    ReplyDelete
  19. Meski masih belum terasa apa-apa, ada baiknya kita rutin konsumsi minuman herbal nan sehat seperti jahe merah ini yaa...
    Menambah semangat ketika diminum dalam keadaan hangat.

    ReplyDelete
  20. Paling enak jahe merah ini diminum kalo cuacanya lg dingin. Hanget banget di perut. Dulu waktu kena magh jg tiap pagi sll minum jahe merah

    ReplyDelete
  21. Wow, jahe merah ternyata manfaatnya tak kalah dari jahe putih. Beberapa kali pernah minum jahe jenis ini dan saya suka ��

    ReplyDelete
  22. Sejak pandemi melanda jahe merah paling banyak dibburu ya Kak. Di daerahku nggak ada jahe merah, jadi makenya jahe putih yang biasa. Khasiatnya emang banyak ya mba

    ReplyDelete
  23. Kebetulan aku nyetok jahe merah bubuk di rumah mbk. Kadang kalo sahur bikin wedang jahe merah, enak banget rasanya di badan

    ReplyDelete
  24. Banyak sekali ya khasiat dari jahe merah ini, tapi saya masih jarang konsumsi jahe merah, kebanyakan konsumsinya jahe putih.

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)