Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahaya Jika Sel Darah Putih Terlalu Banyak dalam Tubuh

Kembali kita dalam masalah kesehatan, karena sehat merupakan aset awal yang sangat penting untuk kelangsungan hidup kita. Dalam kesempatan ini, ada beberapa pengetahuan yang cukup menarik tentang bahayanya jika kita kelebihan sel darah putih.

Menurut info kesehatan, sel darah putih atau yang diistilahkan dengan leukosit, keberadaannya sangat penting bagi tubuh. Selain berperan menjaga sistem imunn pada tubuh manusia, ia juga berfungsi melindungi tubuh dari serangan berbagai macam bakteri, jamur ataupun virus. Meskipun begitu, kadar leukosit yang mengalami peningkatan dan melebihi batas wajar bisa jadi berbahaya.

Perlu diketahui, jumlah leukosit normal dalam tubuh yaitu berkisar antara 4500-10.000 sel/mikroliter. Di mana sel-sel tersebut hanya sebesar 1% berdasarkan total volume pada darah. Nah, Jika kadar leukosit melebihi dari batas normal tesebut akan muncul banyak indikasi penyakit seperti, gangguan stres, campak, infeksi, dan bisa juga memicu terjadinya kanker darah atau leukemia. Hal ini tentunya juga didukung oleh parameter lainnya yang mengindikasikan suatu penyakit tertentu.


Penyebab Leukosit Tinggi

Umumnya Leukosit meningkat dibarengi dengan adanya peningkatan produksi sel-sel dalam tubuh ketika melawan infeksi, atau ketika ada gangguan pada sistem imun tubuh. Bisa juga reaksi dari obat-obatan yang bisa memicu peningkatan produksi darah putih dalam tubuh.

Selain itu, penyebab-penyebab meningkatnya leukosit dalam tubuh lainnya bisa juga dipicu akibat adanya gangguan-gangguan lainnya seperti: akibat adanya penyakit sumsum tulang belakang, Penyakit campak, Leukimia, limfositik kronis, Reaksi terhadap alergi, Stres secara emosional maupun fisik, Kehamilan, Peradangan pada usus, Infeksi kandung kemih atau usus, Anemia hemolitik, Akibat obat-obatan tertentu (seperti epinefrin dan kortikosteroid), Peradangan yang disebabkan luka bakar, kerusakan jaringan, hingga ruam kulit, Merokok, Infeksi yang disebabkan bakteri, Infeksi yang disebabkan virus, Myelofibrosis, dan Rheumatoid arthritis

Pada dasar peningkatnya kadar darah putih dalam tubuh secara pasti bisa diketahui dengan melakukan pengecekan darah di laboratorium, namun sebagai deteksi awal , secara personal kita bisa mengidentifikasi adanya peningkatan darah putih ini ketika terjadi tanda-tanda seperti : wajah yang pucat, merasa cepat lelah, timbulnya darah di sekitar urin, demam yang tinggi, kencing terasa panas, nyeri dan sakit.

Jika tanda-tanda tersebut kita jumpai pada tubuh kita, segera berkonsultasi ke dokter spesialis untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Sebab masalah peningkatan sel darah putih ini biasanya butuh pemeriksaan dan tindakan lebih lanjut.
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

Post a Comment for "Bahaya Jika Sel Darah Putih Terlalu Banyak dalam Tubuh"