Kadar Kolesterol Naik? Cek Beberapa Suplemen Baik untuk Menurunkan Kolesterol, Siapa Tahu Cocok

Obat penurun kolesterol

Ada beberapa tipe suplemen yang terbukti bisa menurunkan persentase kolesterol jahat yang ada dalam tubuh. Menjaga kadar kolesterol bisa menurunkan risiko terjadinya kematian karena penyakit jantung. Konsep penyembuhan kolesterol tinggi dengan menjalankan pola hidup sehat; dan kurangi mengkonsumsi makanan banyak mengandung lemak, seperti gorengan serta daging dan sebagai pilihan terakhir gunakanlah obat penurun kolesterol contohnya suplemen penurun kolesterol.

Suplemen penurun kolesterol yang dipasarkan bebas tiada resep dokter bermanfaat untuk pasien dengan peningkatan kolesterol yang mudah, atau menjadi pilihan pengganti obat resep yang banyak menyebabkan efek samping kepada pasien itu sendiri.

Suplemen yang Baik untuk Menurunkan Kolesterol 

Obat penurun kolesterol

Berikut yaitu sejumlah kandungan serta tipe suplemen penurun kolesterol yang telah bisa terbukti efisien dalam manfaatnya untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

Minyak Ikan

Kandungan omega-3, termasuk EPA serta DHA, yang ada pada minyak ikan bisa menurunkan persentase kolesterol jahat (LDL) serta trigliserida. Kajian selanjutnya mengatakan jika konsumsi minyak ikan sejumlah 250 mg/hari bisa turunkan risiko kematian karena penyakit jantung.

Para ahli menyarankan untuk mengkonsumsi omega-3 sejumlah 2-4 gr per hari untuk pasien dengan kadar trigliserida yang tinggi. Tapi, pemakaian suplemen ini sebaiknya jangan diberikan kepada orang dengan histori alergi ikan atau makanan laut. Selain itu, suplemen minyak ikan kadang bisa pula menyebabkan efek berwujud ngilu lambung serta kerap sendawa.

Serat Psyllium

Serat bisa terbukti bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol LDL serta trigliserida, khususnya di pasien diabetes tipe 2. Makanan sebagai sumber serat terbaik adalah buah, sayur, serta gandum. Tapi seandainya kolesterol masih tinggi meskipun pola makan sudah teratur, konsumsi suplemen psyllium bisa membantu itu semua.

Suplemen protein kedelai (soy protein)

Para ahli mengatakan jika mengkonsumsi kacang kedelai atau suplemen protein kedelai bisa menurunkan persentase LDL serta kolesterol keseluruhan pada darah. Hal ini karena kandungan nutrisi dalam kedelai, seperti protein, lemak nabati (sterol), serta serat, bisa membantu mengurangi peresapan lemak pada tubuh penderita.

obat penurun kolesterol


Coenzyme Q10 (CoQ10)

Beberapa kajian menyebutkan bahwa manfaat suplemen coenzyme Q10 sebagai suplemen ini bisa membantu turunkan persentase kolesterol LDL. Beberapa efek samping yang jarang terjadi karena pemakaian suplemen ini yaitu mual, diare, sakit di kepala, serta ruam kulit.

Niasin

Niasin adalah satu diantara tipe vitamin B yang bisa menolong turunkan persentase kolesterol LDL serta tingkatkan kolesterol baik (HDL). Jumlah vitamin B3 yang direkomendasi yaitu 2-3 gr per hari. Efek dari pemakaian suplemen yang ada kandungan niacin yaitu problem pencernaan, nyeri otot, dan ruam di kulit. Suplemen ini tidak direkomendasi untuk orang yang pernah atau sedang menanggung penyakit tukak lambung, penyakit liver yang gawat, serta penyakit asam urat.

Barley

Barley atau jelai adalah salah satu jenis  biji-bijian dari kelompok gandum. Manfaat barley yaitu menurunkan kadar kolesterol secara keseluruhan. Tidak hanya itu saja, barley juga bisa membantu untuk mengontrol kadar  gula darah serta memperhatikan kesehatan saluran pencernaan.

Konsentrat Teh Hijau

Teh yang banyak dikonsumsi di Jepang ini mempunyai risiko untuk menurunkan kadar kolesterol. Tak hanya berbentuk minuman, teh hijau dalam suplemen bisa pula memberinya manfaat yang sama.  Efek yang timbul karena mengkonsumsi suplemen teh hijau yaitu mual, muntah, kembung, atau diare.

Beras Merah Peragian (red yeast rice)

Suplemen dengan bahan beras merah bisa menurunkan persentase LDL serta kolesterol keseluruhan. Hal ini lantaran kandungan beras merah peragian mempunyai trik kerja yang serupa dengan obat menurunkan kolesterol kelompok statin. Disarankan mengkonsumsi beras merah ini untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh anda.

Bawang Putih

Banyak pro dan kontra berkaitan dengan manfaat suplemen bawang putih dalam menurunkan kolesterol. Beberapa para ahli mengatakan jika bawang putih bisa membantu mengurangi kadar kolesterol, tapi ada juga yang mengaitkan kebalikannya, khususnya dalam hal pengurangan kadar LDL dalam tubuh.

Probiotik

Mengkonsumsi probiotik bisa menurunkan kadar persentase kolesterol. Produk ini bisa ditemukan dalam yoghurt, kimchi, serta suplemen probiotik yang dipasarkan bebas. Banyak produk makanan yang mengandung probiotik juga dan banyak tersedia di pasaran. Disarankan untuk melihat terlebih dahulu kandungan gizi yang tertera pada kemasan.

Kesimpulan

Itulah beberapa jenis suplemen dan obat penurun kolesterol yang tersedia di pasaran. Anda bisa menentukan bagaimana solusi tepat dalam memilih suplemen penurun kolesterol. Jangan lupa untuk selalu mengkonsultasikannya dengan dokter atau ahli gizi sehingga dalam mengkonsumsi suplemen diatas bisa tepat dalam penggunaannya.

40 Comments

  1. Sering dengar nama barley. Dan baru tahu teryata bisa juga untuk menurunkan kadar kolesterol ya. Tetap sehat ya mba :)

    ReplyDelete
  2. yeyyy ada teh hijau, kebetulan saya suka minum meski teh hijau aslinya bukan suplemennya heheh.. Makasih sharingnya, kebetulan suamiku sering naik turun kadar kolesterolnya dan ada beberapa alternatif suplemen, tentunya disesuaikan dengan yang ada di dekat rumah :)

    ReplyDelete
  3. Wah makasih loh rekomen untuk menurunkan kolesterol, alhamdulillah kolesterolku masih normal2 semoga seterusnya. BAhan2 penurun kolesterol banyak yang familiar dan mudah di dapatdi sekitar, asalkan ada kemauan untuk mereka yang ingin menurunkan kolesterolnya .

    ReplyDelete
  4. Bisa nih ya nurunin kolesterol pakai bahan alami yang mudah didapat. Tapi lebih baik jaga kesehatan ya, gak pakai yang banyak kolesterolnya

    ReplyDelete
  5. nyokap dan kakakku termasuk yang kolesterolnya tinggi, kalo lagi kambuh katanya gak enak banget deh rasanya, bisa pusing tujuh keliling trus jadi makin emosi

    ReplyDelete
  6. Aku suka konsumsi teh hijau nih untuk menurunkan kolestrol. Kalau obat-obatan atau suplemen masih ragu karena lebih baik dapat resep dari dokter dulu. Dulu juga dokter pernah bilang, obat-obatan itu tidak akan menyembuhkan kolestrol kalau pola makan tidak sehat.

    ReplyDelete
  7. selama ini kolesterol jahat harus diwaspadai banget ya, apalagi aku kan hobinya makan gorengan huhu. Makanan yang serba digoreng tuh hobi banget dah. Info dari postinganmu ini sangat membantu deh, supaya bisa menurunkan LDL pada tubuh. JAdi kolesterol baik aja yang ada di dalam tubuh, Aamiin.

    ReplyDelete
  8. Sering dengar yang nyaranin bawang putih untuk menurunkan kolesterol, tapi memang amannya harus konsultasi ke dokter supaya lebih tepat penanganannya ya. Thank you for sharing ya, ini bisa aku teruskan infonya ke Sodaraku :)

    ReplyDelete
  9. asupan untuk menurunkan kadar kolestreol tuh penting banget deh buat yang sudah mulai memasuki usia cantik kayak saya. maklumlah udah warning tubuh utk kolesterol yang tinggi, bahaya apalagi buat yg kurang gerak.

    ReplyDelete
  10. Wah banyak pilihan ternyata ya... Kayaknya yang paling mudah didapat tuh yang probiotik ya...rasanya juga masih enak di mulut..

    ReplyDelete
  11. Kolesterol ini bukan sesuatu yang bisa dianggap remeh, ya. Harus diperhatikan asupan makannya. Supaya kita tetap sehat

    ReplyDelete
  12. Ternyata minyak ikan bisa ya. Selama ini anak2 saja yang konsumsi. Siaplah, dicatat info ini. Makasih ya, Mbak.

    ReplyDelete
  13. Suamiku punya masalah dengan kolesterol tinggi . Memang suplemen bisa bantu turunkan kadarnya. Dan perlu pertimbangan untuk solusi tepat dalam memilih suplemen penurun kolesterol. Selalu mengkonsultasikannya dengan dokter atau ahli gizi sehingga dalam mengkonsumsi suplemen diatas bisa tepat dalam penggunaannya juga penting adanya

    ReplyDelete
  14. beras merah, bawang putih itu tuh simple tapi it works ya! kayaknya enggak cuma kolesterol, deh. Kekebalan tubuh pun bisa lebih baik dengan konsumsi makanan tersebut.

    ReplyDelete
  15. Kalau aku tahunya Teh Hijau ampuh mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh ternyata banyak bahan lainnya ya Mbak Ery

    ReplyDelete
  16. Makasih banyak share nya yah mbaaak,
    Aku juga udah berada di usia yang harus jaga kolesterol nih mbaak
    Ternyata bawang putih bermanfaat juga untuk menurunkan kadar kolesterol yaah, kalo masak selalu pake sih hehe

    ReplyDelete
  17. Kakakku dua tahun yang lalu kolesterolnya tinggi. Terus ngejalanin diet sama konsumsi bawang putih, sehari sekali satu biji gitu. Alhamdulillah sekarang kolesterol normal

    ReplyDelete
  18. Ibuk mertua aku ngalamin kolesterol yg tinggi dan memang rutin konsumsi bawang putih lebih banyak hehe. Memang harus balance sih ya, aku jg jadi tau beberapa suplemen untuk kurangi kelesterol

    ReplyDelete
  19. Kolesterol tidak bisa dibiarkan begitu saja
    Harus dikontrol dengan baik
    Jika terasa meninggi, bisa mengkonsumsi suplemen
    Terima kasih masukannya soal suplemen kolesterol ya Mbak

    ReplyDelete
  20. Ada teman yang memiliki kolesterol tinggi ini dan sekarang sedang diet juga. Pilihan makanan juga terbatas ya

    ReplyDelete
  21. wah banyak juga ya mbak suplemen yang bisa menurunkan kadar kolesterol
    ini bisa aq share ke ibu mertuaku, kolesterol beliau cukup tinggi soalnya

    ReplyDelete
  22. Saya biasanya pakai teh hijau mbak, tanpa gula pastinya. Saya minum saat hangat dan lumayan bisa keringetan. Sehari segelas sih, berusaha agar penyakit ini gak kambuh lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sama mbak, saya juga rutin konsumsi teh hijau di pagi hari sebelum makan
      teh hijau banyak manfaatnya ya

      Delete
  23. Kakakku juga sering banget makan bawang putih bakar dan minum teh hijau untuk menurunkan kolestrol. Barley ini gimana sih bentuknya? aku penasaran deh.

    ReplyDelete
  24. Khasiat minyak ikan banyak memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh, tapi harus diimbangi juga dengan pola hidup sehat agar kolesterol tidak meningkat

    ReplyDelete
  25. Wah banyak juga yaa, tinggal pilih aja mana yang cocok. Intinya suplemen ini selain untuk menurunkan kolesterol tapi memang menjadi vitamin penting yang dibutuhkan oleh tubuh ya.

    ReplyDelete
  26. Saya kenal dengan salah satu produk suplemen hasil ekstraksi bawang putih dan mengklaim bermanfaat untuk atasi kolesterol. Ternyata penelitiannya masih menjadi pro dan kontra ya.

    ReplyDelete
  27. Lalap bawang putih ini efektif menurunkan kolesterol, aku pernah lihat paman kalau makan pake llp bawang putih hehe

    ReplyDelete
  28. Jadi ingat ayahku dulu juga sering konsumsi bawang putih kalo udah kambuh kolesterolnya.. Terimakasih infonya mbak ^^

    ReplyDelete
  29. Banyak yang berambisi untuk bisa menjalankan pola hidup sehat, namun di tengah jalan malah tergoda untuk mengonsumsi makanan gorengan, cepat saji dan lainnya. Saking gak tahannya untuk makan makanan tersebut, hehehe...

    Paling mudah sepertinya mengonsumsi beras merah ya, apalagi saat ini sepertinya beras merah lebih mudah dijumpai, meski harganya lebih mahal...

    ReplyDelete
  30. ah ternyata minyak ikan bagus untuk kolesterol ya mbak.. aku mesti infoin mamaku nih, makasi infonya mbaaa

    ReplyDelete
  31. BAnyak suplemen dan obat penurun kolesterol yang tersedia di pasaran. Jadi mudah untuk di dapatkan ya kak. JIka sewaktu-waktu kambuh, tinggal meluncur ke apotik terdekat.

    ReplyDelete
  32. Nah iya aku sekarang rajin tanya2 ke dokter, meski suplemen bukan obat tapi karena lagi hamil jadi ngga berani asal konsumsi ini itu. Biar lebih yakin aja, apalagi kaitannya dengan kolesterol.

    ReplyDelete
  33. Kalau konsentrat teh hijau sepertinya aku percaya banget nih soalnya kebiasaan di kampung dulu kami minum teh tawar terus dan jarang yang kena kolesterol.

    ReplyDelete
  34. Beberapa istilah nama di atas aku baru pertama kali mendengarnya, ini jadi selain makanan tertentu yang dapat nurunin kolesterol, ada juga suplemen yang bisa membantu menurunkan kolesterol ya

    ReplyDelete
  35. Terkadang pola makan kita gak terkontrol, akibatnya kolesterol jahat pun naik. Kalau saya biasanya rutin untuk mengkonsumsi minyak ikan, sekalian buat anak saya juga sih.

    ReplyDelete
  36. Memang harus selektif juga ya kalau mau memilih suplemen untuk penurun kolestrol. Bagusnya pilih yang cocok sih

    ReplyDelete
  37. Eh,minyak ikan juga bisa buat obat kolesterol? Kirian cuma bisa untuk penambah nafsu makan anak aja hehehe

    ReplyDelete
  38. aku juga ini termasuk yang rentan sama kolesterol. apalagi ini pasti sangat bahaya buat ke depannya. ternyata bawang putih bisa ya

    ReplyDelete
  39. Banyak pilihan suplemen buat nurunin kolesterol ternyata. Biar aman memang baiknya konsultasi dulu yg kira2 cocok yg mana dg dokter ya... Supaya meminimalisir resiko efek samping yang mungkin terjadi

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)