Pengaruh Covid-19 dalam Kehidupan Sehari-hari dan Lingkungan Sekitar

www.erycorners.com
Saat ini kita tahu, bahwa dunia sedang menghadapi pandemi Covid-19, termasuk negara tercinta kita juga terkena wabah tersebut. Dengan begitu, tidak bisa dipungkiri membuat banyak hal yang berubah dan harus dilakukan untuk melawan Covid-19. Berbagai upaya dilakukan agar penyebaran virus segera dihentikan. Meskipun banyak pro dan kontra, karena imbas dari wabah ini mengakibatkan dampak yang tidak main-main. Seperti halnya saya pernah menuliskan sebelumnya 7 Dampak Virus Corona yang Sangat Terasa.

Selain itu, bagi kehidupan saya pribadi dan lingkungan sekitar juga kentara sekali rasanya. Karena banyak hal-hal yang berubah dan dibenahi untuk menanggulangi penyebaran Covid-19 tersebut. Dan berikut merupakan pengaruh dari adanya pandemi Covid-19 bagi saya dan lingkungan sekitar dalam kehidupan sehari-hari.

1. Mudah memiliki sifat parno
Well, tidak bisa dipungkiri dengan adanya virus Corona yang terus menyebar, kami jadi parno. Ada orang yang baru terlihat, langsung deh, ditanya detail banget. Dari daerah mana? Tujuannya datang ke sini untuk apa? 

Kalau orang tersebut jawab datang dari luar kota, sudah pasti orang itu langsung disuruh ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mengecek kondisinya.

Ya, kami separno itu. Hiks hiks :(

2. Jadi rajin bersih-bersih
Meskipun Covid-19 itu mengerikan, ternyata ada hikmah lainnya yang bisa kami rasakan juga. Ya, karena kami saat ini jadi lebih rajin bersih-bersih, baik bersih-bersih rumah maupun membersihkan badan. 

Dan saya berharap, setelah Covid-19 hilang, kebiasaan yang satu ini tetap ada dan berlanjut.

www.erycorners.com

3. Membuat pemuda Karang Taruna kompak
Ini hal yang sangat jarang yang bisa saya temui. Biasanya Karang Taruna itu ramai dan kompak ketika menyambut HUT RI. Namun, dengan adanya Covid-19 ini, mereka kompak untuk melakukan penyemprotan desinfektan ke setiap rumah di desa kami.

4. Membagikan sembako kepada orang yang tidak mampu
Masih dalam keaktifan pemuda Karang Taruna, mereka juga mendata warga yang tidak mampu, seperti janda, anak yatim, fakir dan orang miskin di desa. Yang kemudian diberi bantuan berupa beras. Mungkin terlihat kecil ya, hanya beras. Tetapi ini yang baru bisa kami lakukan. Semoga ada rezeki lebih lagi, agar bisa lebih banyak membantu dan jenisnya juga macam-macam.

5. Jadi rajin olahraga dan berjemur ketika pagi hari
Agar badan sehat dan bugar, serta bisa kuat dan tidak gampang sakit, tentunya kami harus berolahraga. Ditambah lagi berjemur selama sepuluh sampai lima belas menit di jam sembilan hingga jam sepuluh pagi.

www.erycorners.com

6. Rajin mengkonsumsi Vitamin C
Ini saya banget, sampai-sampai saya (suami saya ding yang nyari :D) itu berburu Vitamin C di beberapa swalayan dan apotek. Awalnya masih mudah mencari, makin ke sini makin susah, kebanyakan sudah sold out alias kosong. 

7. Hajatan jadi sangat sederhana
Rencana pernikahan yang sudah jauh-jauh hari dipersiapkan, yang tadinya mau digelar di hotel, jadi dibuat sesederhana mungkin. Itu terjadi oleh keponakan saya yang kemarin tanggal 19 April 2020. Meski biaya hotel dan lainnya sudah terbayar lunas, resepsi pernikahan diundur sampai benar-benar kondusif. Jadi kemarin hanya acara ijab kabul saja. Keluarga juga tidak banyak yang datang, termasuk saya juga tidak datang.

Selain itu teman kerja suami saya juga mengalami hal yang sama. Pas tanggal 10 April 202, menikah hanya dengan akad saja tanpa resepsi. Yang penting sah.

Okay, teman-teman, itulah pengaruh Covid-19 yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan lingkungan.

Dan saya selalu berdoa semoga kita terhindar dari virus tersebut. Semoga juga segera hilang agar kita bisa beraktivitas dengan tenang. 

Jangan lupa jaga kesehatan dan kebersihan ya, semuanya. Terima kasih sudah berkunjung.

Tulisan ini merupakan Day 2 dalam BPN 30 Day Ramadhan Blog Challenge 2020.

1 comment

  1. Sebener nya semenjak ada pandemi ini orang semakin banyak melakukan hal hal positif ya. Mulai dari perbuatan sederhana sampai luar biasa. Dirumah aja sangat berpengaruh untuk melandaikan kurva memang.

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)