Nyatanya Chat IRC Never Dies

by - 1:27:00 PM

nyatanya chat irc never dies
Zaman boleh berubah, saat ini juga bisa dikatakan zaman modern. Beberapa macam kebutuhan bisa terepenuhi dengan fasilitas online. Pendukung dunia digital pun semakin lengkap. Dari segi kecepatan koneksi internet, berbagai provider pun melakukan inovasi dan berlomba-lomba untuk memberikan yang terbaik. Yang paling parah, gadget-gadget dari berbagai merk bermunculan. Dulunya hanya beberapa merk yang memang tenar. Namun saaat ini, kian berserakan smartphone dan bisa dipakai oleh siapa saja.


Seiring berjalannya ponsel pintar dan murah menyebar. Tentunya aplikasi berbagai media sosial ikut menjamur. Baik hanya untuk sekedar chating atau update status. Banyak orang-orang yang sudah meninggalkan model chating zaman dulu, bahkan anak-anak zaman now, jarang sekali yang mengerti tentang aplikasi chating masa lampau itu.

Chating Masa Lampau? Apa itu?
Dunia internet zaman dulu, bisa dikatakan tergolong sederhana. Yang mana chating paling banyak digunakan hanya di YM (Yahoo Messenger) dan chat IRC (Internet Relay Chat). Kalau chat di YM pasti tahu, itu produk dari Yahoo, bisa video call juga. Namun mendaftarnya kalian harus buat akun di Yahoo dulu. Sedangkan chat IRC, merupakan chat paling sederhana. Hanya benar-benar sebatas ngobrol melalui ketikan. Tanpa ada suara, tanpa ada gambar atau video. Kala itu chat IRC sangat digandrungi sebagian orang, termasuk pentolan-pentolan yang bisa dikatakan Hacker. Naasnya, banyak juga yang menggunakan chat IRC sebagai kejahatan, baik itu untuk chat s*xs maupun hal negatih lainnya.

Chating di IRC sempat mengalami kemunduran juga, di mana saat itu pangsa pasar Android dan IOS kian banjir di berbagai belahan dunia. Sebagaian besar user meninggalkan chating yang dianggap 'kuno' itu dan beralih menggunakan layanan chat modern seperti BBM, WA, Line, dll.

Demi menghidupkan kembali asyiknya main di sebuah network IRC, beberapa event diselenggarakan. Seperti halnya UnoCup, Smule dan lainnya. Untuk UnoCup sendiri memang banyak yang menyukai, selain hanya memainkan game di sebuah chanel, peserta yang mendapat juara bakalan dapat hadiah. Enggak tanggung-tanggung, kami pernah megngelar hingga 5 season Unocup.
nyatanya chat di irc never dies
Salah game Uno yang jadi favorit user. Ini satu chanel, masih banyak chanel dan network yang ngadain game semacam ini.

Event-event yang terus bergulir, menjadikan polemik tersendiri, karena sebagian besar membawa dampak ke user, dengan mindset 'Join Kalau Ada Hadiah'. Yaa, semacam sesuatu yang harus didapatkan ketika kita join di sebuah network tertentu. Dan pada saat sepi event, network pun sepi akan user. Hanya beberapa segelintir orang yang masih join. Yang mana mereka kebanyakan para pelaku, pemikir dan pembuat event.

Tak heran, beberapa network pernah mengalami mati suri karena saking sepinya user. Berangsur-angsur mencoba mengembalikan kejayaan itu memang tidaklah mudah, apalagi zaman now saingannya sangat canggih dan keren. Dengan semua itu, semangat pecinta IRC tidaklah surut, baik di dunia nyata maupun maya, mereka tetap saling berkomunikasi untuk kembali meramaikan beberapa network. Dan nyatanya, sampai sekarang, IRC tetap ada.

Meski dirasa telah usang, namun IRC tak pernah mati. Betapapun perubahan besar di dunia digital, IRC server juga mampu mengimbanginya. Sudah banyak juga aplikasi-aplikasi chating IRC yang bisa didapatkan melalui Google dan Apple Store.

Itulah seklumit tentang chating di IRC. Ini adalah jawaban untuk teman-temanku yang masih menanyakan kenapa sampai detik ini aku tetap online di network IRC. Bukan apa-apa aku join, bukan ada yang special juga, namun kadang pertemanan juga timbul karena keakraban. Apalagi ini tahun 2018, sudah saatnya untuk membuka pertemanan yang baik di mana pun, baik di dunia nyata, maupun di dunia maya. Kalau kalian mau coba chating di IRC juga bisa. Ada beberapa network yang kalian bisa join. Salah duanya yakni : irc.allnetwork.org:667 dan irc.chating.id:6667.


Nice day and happy chating, temukan teman terbaikmu. ☺

You May Also Like

11 comments

  1. ini zaman kapan ya mba Er IRC wkwkwk salut yah demi menjaga masih adain event walau setelahnya abis event uda sepi lagi, aku pernah ga yah?kalau YM mah iya dari zaman kenalan sama akang suami sampe nikah tahun pertama nikah hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwwkwk iya, ntah zaman kapan, tapi sekarang ya masih eksis, meski udah enggak seramai zaman dulu :D

      ciee cieee yang dulu YM an sama si akang, wwwkwkwkwkwk.. kalau YM emang asyik, ada emoticonnya juga, terus bisa video call

      Delete
  2. Saya taunya YM doang pas jamannya friendster, hahah... Temen chat-nya anak2 kuliahan Philipine dan jadi temenan juga di FS. Enak sih, selain ngelatih skill English conv, jadi banyak tau sistem kuliah mereka juga di Manila. Adanya WA dll, area chat pun jadi pada pindah ya, hahah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaha iya, Mba Nita..

      Hmmm asyik juga ya, punya temen chat dari mancanegara. Ya benar itu, itung-itung buat ngelatih English, hihihi

      Delete
  3. Saya anak tahun 2000 an sih mba, jadi gapernah pakai dan sebelumnya gatau apa itu IRC hehe

    Tapi, menurutku sih aplikasi chatting yang paling asyik zaman now itu whatsapp :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehhe iya, kalau anak zaman now kurang tahu apa itu IRC. Yah, memang benar, saat ini paling asyik yang pakai WA. Hihihi

      Delete
  4. wah ini zaman saya masih SMA kelas 1 :D
    zaman dulu seneng banget main mIRC di lab komputer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,aku juga dulu pas kelas 1 SMK. Suka main di lab komputer juga.. Hahaha dari itu sampai sekarang tetep aja main irc

      Delete
  5. Manusia memang senang sekali bernostalgia ya? Hahaha. Aku generasi yang masa remajanya dibesarkan oleh mIRC dan Yahoo! Email pertama di Yahoo! tapi isinya lebih banyak spam. Tiap malam Minggu ke warnet buat chat. Kadang dapet teman ngobrol asyik dan jadi sahabat pena (jaman dulu belum ada hapeeeee :D), tapi lebih sering salah orang. Tapi iya seneng banget internetan jaman itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tooossa, Kang Eko.. Dulu aku juga sering ke warnet, pulang sekolah mampir ke warnet, eeh kebablas nyampai sekarang tetep aja main IRC hihihi

      Delete
  6. duluuu jaman sma masih seneng main mirc. meski udah ada friendster hihihi

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)

Labels

Teman-teman Blogger

Member Of

Member Of