Pentingkah Berfoya-foya di Malam Tahun Baru?

3:15:00 PM 4 Comments A+ a-

Hello guys, bentar lagi malam tahun baru 2017 yang hanya tinggal hitungan jam saja. Apakah kalian sudah mempunyai rencana atau resolusi untuk diwujudukan di tahun 2017? Atau rencana untuk menghabiskan malam tahun baru dengan siapa, di mana dan acara apa?

Well, di dunia ini, kebanyakan orang di malam tahun baru menghabiskan waktu di suatu tempat dengan orang terdekat. Mereka mengadakan berbagai pesta. Baik kembang api, lampion, makanan atau lainnya. Semua itu menjadi hal umum dan lumrah di zaman sekarang. Yang penting tidak merusak lingkungan, diri sendiri (jangan sampai terjerumus ke pesta obat terlarang dan pergaulan bebas ya, guys) dan kegaduhan.



Dan kali ini saya akan membahas sedikit tentang malam tahun baru. Tetapi bukan boleh atau tidaknya merayakan pesta pergantiam tahun. Karena semua itu memiliki pandangan yang berbeda dari setiap individu. Namun, di kesempatan jelang malam tahun baru yang hanya tinggal hitungan jam saja, saya coba beranikan untuk memberikan opini terkait penting atau tidaknya berfoya-foya di Malam Tahun baru.

Jawaban saya : Tidak penting.

Well, itu pendapat pribadi yang didasari dari beberapa hal berikut :

1. Dari pada berpesta lebih baik interopeksi diri
Setahun ini, kita sudah melakukan apa saja? Berapa banyak pencapaian dan prestasi? Atau malah kesalahan dan dosa-dosa yang bertambah?

Di malam akhir tahun, bagi saya juga cocok untuk merenung. Agar di tahun yang baru bisa memperbaiki dan berbenah diri. Menjadi pribadi yang lebih baik. Memaafkan mereka yang pernah berbuat salah. Mengubur dendam yang bisa merusak hati. Dan melupakan kegagalan yang pernah terlewati. Biarkanlah itu menjadi pelajaran, agar kita semakin dewasa dan tahan banting di setiap cobaan yang Tuhan berikan. Sudah saatnya melangkah untuk mengukir prestasi dan menghapus dosa.


2. Lebih baik beramal dari pada berfoya-foya
Okay, saya akui, saya memang bukan orang yang dermawan yang bisa membantu siapa saja. Tetapi alangkah baiknya, dari pada menghambur-hamburkan uang untuk berpesta di malam pergantian tahun, lebih baik untuk beramal. Masih banyak saudara-saudara kita membutuhkan uluran tangan dari kita. Tidak perlu jauh-jauh untuk mencari mereka yang perlu bantuan. Lihat saja di sekitar kita, masih ada anak-anak yang rela terjemur di bawah terik matahari atau terguyur derasnya hujan. Mereka menyusuri jalan, ada yang berjualan, menjadi tukang semir, atau mengamen. Lihat pula mereka yang hidup di pinggiran kota, tergusur dari tuan tanah, mereka hanya mampu tinggal di gubuk reot yang nyaris roboh. Atau, lihatlah mereka yang tekena bencana. Harta dan benda hilang, terbawa arus bajir, terkubur tanah longsor, atau hangus terbakar. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang kehilangan anggota keluarga.

Masih mau berpesta di malam tahun baru?

Kalau bisa kasih saran, lebih baik pesta malam tahun baru diganti dengan menyambangi mereka yang tidak mampu. Berbagi dengan mereka. Memang tidak menghilangkan semua beban mereka, tapi setidaknya ikut merasakan apa yang mereka rasa.


3. Hanya buang waktu-waktu
Bagiku, waktu itu sangat berharga. Sudah seharusnya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Dan rasanya terbuang sia-sia hanya untuk berpesta dan melihat kembang api menyala-nyala di angkasa. Alangkah baiknya digunakan untuk hal lain seperti merampungkan sebuah karya atau untuk beristirahat, atau bisa juga untuk berdoa.

4. Merusak kesehatan
Ini nih yang paling bahaya kalau berpesta di malam tahun baru. Alasannya simple, malam tahun baru tentunya pasti begadang bahkan ada yang rela tidak tidur. Jelas-jelas ini tidak baik bagi kesehatan. Tubuh kita juga perlu istirahat.


Nah, keempat hal tersebut merupakan hal-hal yang mendasari mengapa pesta akhir tahun tidak penting.

Namun, ada beberapa hal yang menjadi penting ketika melewatkan malam tahun baru dengan cara tertentu, seperti :

1. Me time dengan keluarga
Tahun baru pasti banyak yang libur. Nah, bagi yang berjauhan dengan keluarga, moment malam tahun baru itu sangat spesial. Karena bisa mengadakan pesta kecil bersama orang-orang tercinta dan tersayang.

2. Temu kangen bersama teman-teman
Bagi teman-teman yang sehari-harinya dipadati dengan jadwal kesibukan, tentunya cukup sulit untuk bertemu dengan para sahabat. Sehingga malam tahun baru menjadi waktu yang tepat untuk menghabiskan waktu dengan para sahabat. Untuk tempat sebaiknya di rumah salah seorang teman.

Okay, itu semua tentang penting dan tidaknya pesta di akhir tahun menurut saya. Mungkin ada pendapat lain dari teman-teman. ^_^


And, Happy New Year 2017. Wishes the best and be better from last.

4 comments

Write comments
January 10, 2017 at 9:15 PM delete

Jujur aku nggak pernah ikut dalam perayaan tahun baru. Bagiku malam tahun baru itu sama saja dengan malam lainnya mbak.

Reply
avatar
Eri Udiyawati
AUTHOR
January 11, 2017 at 9:57 AM delete

iya,malam-malamku pun sama, hahaha.. dan memang gak perlu berfoya-foya

Reply
avatar
January 12, 2017 at 9:18 AM delete

Komenku kok ilang ya? Setuju dengan poin nya mbak. Lebih baik introspeksi diri,berusaha untuk lebih baik tahun ini. Salam kenal mbak

Reply
avatar
Eri Udiyawati
AUTHOR
January 12, 2017 at 9:34 AM delete

mungkin koneksi pas lagi kurang bagus.. heehehee iya.. kita memang harus lebih banyak intropeksi diri :)

Reply
avatar

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)