'Om Telolet Om' Mendunia, Dari Pemegang Ballon d'Or hingga Juara MotoGP Ikut Meramaikannya

Indonesia, sepertinya menjadi tempat yang cocok untuk memviralkan segala sesuatu. Pasalnya netizen di negeri ini begitu cepat untuk menyebarluaskan berita. Baik politik, agama, konflik di luar negeri pun cepat menyebar di nusantara. Berbagai media dan jejaring sosial terus beselancar untuk menarik perhatian masyarakat, termasuk
hal-hal kecil.


Diawali dengan sebuah bunyi klakson pada kendaraan bus-bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) atau Bus Pariwisata yang melintas, bisa membuat tawa dan ceria anak-anak. Pasalnya bus-bus tersebut menggunakan klakson khas dan unik yang berbunyi ‘telolet’. Anak-anak yang tinggal di pantura tentunya tahu dan sering mendengarnya, bahkan mereka dengan sengaja untuk dibunyikan klakson tersebut.

“Om, telolet, om,” itu kalimat yang sering mereka lontarkan di pinggir jalan kepada bus-bus raksasa itu.

Lalu, kenapa viral? Toh hanya ucapan seperti itu. Di Pantura mah sudah biasa, tiap hari seperti itu.

Slogan ‘Om telolet om’ viral di media sosial lantaran pada saat pertandingan Piala AFF Vietnam vs Indonesia, yang saat itu bus pemain Indonesia mendapat serangan dari suporter Vietnam. Alasan sesungguhnya memang jelas, karena Vietnam kalah, otomatis para pendukungnya ngamuk. Kalau itu, saya enggak kaget juga, liga di Indonesia pun sering ngamuk begitu. Lalu, apa yang buat ‘Om telolet om’?

Ststus BBM temen-temenku ramai om telolet om
Nah, setelah itu, banyak meme maupun komik di Indonesia yang memplesetkan atau membuat lucu insiden penyerangan terhadap bus pemain Indonesia.

Meme terebut bertuliskan :

Pak Menteri : Kenapa bus kita (pemain Indonesia) diserang, apa salah kita?

Pak Sopir Bus : Itu, Pak. Tadi banyak anak-anak Vietnam minta ‘telolet-telolet’, pada teriak-teriak ‘Om telolet Om’, tidak saya kasih. Mereka pada nangis, jadi bus kita diserang.

Kalimat yang sangat sederhana menjadi viral saat ini. Menutupi trending topiknya Agnez Mo, Anggun, bahkan pecahan uang Indonesia yang terbaru pun kalah dengan ‘Om telolet om’.
Di twitter ramai banget, sampai mancanegara ikut merayakan :))

Dan, tidak sampai di ditu saja, seleb dunia pun ikut-ikutan mengupdate status ‘Om telolet om’ di Twitter. Ada yang sudah mengerti maksudnya, ada juga yang belum tahu. Namun, di jejaring sosial terebut mereka terkena demam dan wabah ‘Om telolet om’. 

Bahkan Cristiano Ronaldo, yang baru-baru ini mendapatkan penghargaan Ballon d’Or, terkena wabah tersebut. Di halaman resmi Real Madrid C.F, dishare foto CR7 yang sedang memegang dua piala dengan Caption, “🇮🇩 Hello Indonesia 🚌 Om Telolet Om”

Hahay, makasih, Abang 😂😂

Tak ketinggalan juga, Juara Dunia MotoGP 2016, Marc Marquez pun terkena demamnya. Di akun twitternya dia menuliskan, “OM TELOLET OM 🚌🎧😂 #indonesia”
Kamu juga, aku padamu 😁😄😄

Rasanya enggak percaya sih, sampai mendunia begitu. Tapi, ya itulah kita, terutama mereka anak-anak yang sebenarnya bahagia dengan hal-hal sederhana. Bahkan sangat sederhana. Dan untuk diriku sendiri juga menghibur banget, karena seharian bahkan sampai pagi hari gini, timelineku adem. Enggak ada debat politik, agama, uang dan lainnya (*eehh khusus untuk uang, buat yang enggak suka dengan model barunya, kasih ke saya ya. Dengan sangat ikhlas saya terima kok). Pas buka sosmed gitu jadi pengen ketawa.

Nah, temen-temen kan pada update status gitu, aku enggak cuma baca-baca dan ketawa. Eh, sekalinya nulis ‘Om telolet om’ ke inbox temen, dan dibalas aku kayak abg saja. Wkwkwkwkkw ngakak sumpah.
Ya salam, niat hati mau meramaikan malah dikata mirip abg, hihihihi 😂😂

Btw, terima kasih ya ‘Om telolet om’ kamu telah berhasil mengademkan timelinku. Kamu udah berhasil membuat orang-orang pada ketawa. 

Salam,
Om telolet om.

9 comments

  1. Semoga gak ada kejadian yang membahayakan gara-gara memburu telolet, soalnya anak anak di pinggir jalan tanpa pengawasan ortu itu sangat membahayakan sekali..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, semoga mereka masih bisa kontrol dalam berlari mengejar bus untuk membunyikan klakson.

      Delete
  2. haha iya tuh semua DJ di dunia pada ngepst om teloet om wkkwkw ngakak

    ReplyDelete
  3. Hihihi, fenomena yang lucu, sederhana, namun bikin bahagia. Anak-anak jadi pada Minta main ke Jalan deh. Trus katanya mau gituan juga sambil divideokan. Wkwkwkwk...

    ReplyDelete
  4. Ahahahah sumpah ya, ini hiburan banget. Tapi itu yang Real Madrid aku heran deh mbak, kok yang komen cuma orang Indonesia. Apakah status itu cuma enable untuk user yang di indonesia kah?

    ReplyDelete
  5. Pokoknya Om Telolet Om ini hiburan banget di TL, intermezo dari segala status nyinyir, trus enak juga yang nyinyir bisa dijawab aja pake telolet :D

    ReplyDelete
  6. Oooooooooooooomm....
    Telooooooooooleeeeeeeeeetttt
    Ommmmmmmmm....

    ReplyDelete
  7. Bahagia anak anak itu sederhana saja. Nggak nyangka beneran Kalo "om telolet Om" bisa mendunia. Hahahaha

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)