Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Dia Hal-hal yang Harus Dilakukan Sebelum 'Publish' Tulisan di Blog

Tips blogging
Hallo, kawan-kawan.. Mudah-mudahan artikel yang saya tulis ini bisa bermanfaat ya. Sebenernya bukan untuk mengajari apalagi menggurui, wong saya blogger yang apalah-apalah (baca : masih super NewBie). Ini untuk kita semua belajar, itu saja.

Agak enggak PD sih sebenernya nulis artikel tentang blog, karena diri ini pun masih banyak kekurangan. Tapi, enggak apalah, buat mengingatkan diri sendiri juga sebelum lupa karena saya mudah lupa alias pelupa. Nah, kesempatan ini, mari kita belajar tentang blogpost. Setelah kita memiliki ide dan mampu mengembangkannya, hal selanjutnya pasti post pada blog. Tapi alangkah baiknya, sebelum publish blog, perlu diperhatikan hal-hal berikut ini :

1. Tulisan Rapi dan Isi Harus Menarik
Kalau punya ide, sudah dikembangkan dan menjadi tulisan, jangan buru-buru dipublish, tapi teliti lagi. Mana tahu ada typo atau diksi yang kurang cocok. Ya, kita jadi editor ceritanya lah, biar tulisan enak dibaca.

2. Insert Foto yang Kece

Foto yang bagus pasti banyak yang melirik

Kalau ini saya akui masih belum bisa :( Sedih kan? Padahal, visual pada blog itu bisa jadi daya tarik pengunjung loh. Kita itu bisa tertarik akan artikel dari sebuah gambarnya yang bagus, keren, eye cathing deh pokoknya. Untuk itu, saya sedang belajar, sebelum mempublish postingan blog, harus masukan foto atau video yang bagus agar menarik.


3. Pilih Judul yang Cetar
Untuk memilih judul itu memang sulit. Beneran deh, teman-teman, bagi saya ini, masih lebih baik mengembangkan ide dari pada memutar otak untuk menentukan judul tulisan. Tapi, yang namanya postingan, apalagi di blog, ya harus ada judulnya. Jadi, setelah kita merapikan tulisan dan memahami isinya, selanjutnya buatlah judul semenarik mungkin.


4. Labeling Artikel

Setelah selesai, klik 'Done'

Okay, setelah artikel udah beres, foto udah masuk, judul udah ada, langkah selanjutnya tentunya melabeling artikel. Artikel yang kita tulis ini mau masuk kategori yang mana? Kita ketik label pada kolom 'Labels'. Jika masuk kategori lebih dari dua label, gunakan tanda

5. Permalink / Link URL

Kita pilih menu custom permalink ya, biar bisa edit link :D

Selanjutnya kita buat link untuk blog. Dari awal ngeblog, saya enggak terlalu perhatikan untuk hal ini. Pokoknya link blog ya tergantung judul gitu. Tetapi, setelah ikut 'nimbrung' jadi kontributor di Kabare Bralink, saya dikasih tahu. Kalau nulis artikel blog, judulnya panjang, pasti kepotong pas muncul linknya. Nah, bener itu. Saya sering buat judul blog panjang-panjang, ada beberapa link yang kepotong karena enggak muat. :D

Ternyata, hal itu ada caranya biar judul yang panjang bisa masuk ke link secara keseluruhan. Kita pilih link custom. kita ketik aja di situ, mau seperti apa link yang diingkan.


6. Isi Search Description / Keyword Pencarian

Jangan lupa tulis search description-nya

Kalau yang satu ini, jujur, saya sering lupa. Padahal, kalau kelewat, terus terlanjut ke posting, pasti deh, pas kita share postingan, akan muncul 'xxxx' kan enggak bagus banget. Jadi, jangan lupa masukkan keyword, yang berhubungan dengan artikel. Tujuannya juga agar mudah terindex oleh google juga. :) Oh ya, keyword yang dimasukkan juga salah satu katanya mirip sama judul ya.


Sebenernya cukup simple juga ya memperhatikan tulisan dan lainnya sebelum mempublish di blog. Intinya, kita harus teliti, sabar dan jeli juga agar dapat yang maksimal. Segitu dulu ya, temen-temen, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. :)
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

14 comments for "Ini Dia Hal-hal yang Harus Dilakukan Sebelum 'Publish' Tulisan di Blog"

  1. mba kok qu ga ada y yang keyword pencarian itu nambahinnya dimana?mohon info y mba jika berkenan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh itu, di setting dulu.. pilih menu search preference.. yg search description diaktifkan.. agar muncul pas mau nulis artikel

      Delete
    2. Tulisan enable seacrh description pilih "yes"

      Delete
    3. Langsung tokcer sarannya mba hahaha nuhun mba :)

      Delete
    4. ya, sama2, Mbak :) heheh syukurlah kalau udah jadi :)

      Delete
  2. bikin judul itu susah ya, pingin bisa penedek atpi kena di hati

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mbak Tira.. susah itu.. apalagi aku, sudah terbiasa buat cerpen dengan judul yang panjang.. :(

      Delete
  3. Ini gaya saya banget, hahaha... Saya selalu fokus ke isinya dulu baru judulnya. Paling saya bikin permalink dulu biar ngga lupa sebelum nulis isi ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe,, iya itu sering kelewat.. asal publish kalau udah selesai nulis :D

      Delete
  4. Bikin judul yang cetar memang jadi peer banget deh mba. Aku suka tulis-hapus-tulis pas di bagian itu. Berasa suka kurang pas. Insert foto kece itu setuju banget. Biasanya itu jadi salah satu daya tarik postingan. Kalo fotonya keren, betah mandangnya :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. betul betul.. saya juga belum bisa itu kalau nyari foto yang kece.. -_-"

      Delete
  5. Mb nanya klo label itu taggingnys ke banyak label ato cukup 1 di 1 artikel?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya ada yg satu, ada yg 3. Tergantung itu masuk artikel kategori yg mana... itu kalau saya, Mbak :)

      Delete