Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Selamat Ulang Tahun GOOGLE DOODLE

Selamat pagi menjelang siang. Hari ini, aku membuka laman google.com untuk mencari sesuatu informasi untuk membuat riset. Eh, tapi saat masuk ke laman tersebut, fokusku tergantikan karena tampilan Google yang berbeda. Muncul seperti rumus-rumus matematika, sehingga aku masuk ke Wikipedia untuk mencari tahu informasinya. Ternyata hari ini, 02 November 2015, merupakan hari ulang tahun George Boole yang ke 200.

Google Doodle, hari ini, Selasa 2 November 2015 adalah tepat 200 tahun, dia lahir pada 2 November 1815 di Lincoln, Lincolnshire, Inggris dan wafat pada 8 Desember 1864 di usia 49 tahun di Ballintemple, Country Cork, Irlandia.


Sesuai dengan sumber terkait, George Boole berasal dari keluarga miskin yang telah tercium kepandaiannya sejak usia 12 tahun. Di usia muda dia mampu menerjemahkan syair dari bahasa latin yang dikirim ke surat kabar setempat. Banyak orang yang tidak percaya pada waktu itu jika syair yang diterjemahkan tersebut berupakan hasil tranlasi seorang bocah berusia belasan tahun.


Ketertarikan George Boole akan Matematika dipantik oleh sang ayah. Sebab, sang bapak adalah orang yang sangat fanatik akan Matematika. George Boole berkerja sambilan menjadi asisten guru pada usia 16 tahun guna membantu ekonomi keluarganya yang sedang kesukaran.

The Mathematical Analysis Of Logic adalah karya pertama George Boole yang berhubungan dengan Matematika. Buku ini diterbitkan pada tahun 1847 dan pada tahun 1854 ia menerbitkan kembali buku tentang Matematika logika yakni An Investigation Of Thought. Hasil pemikirannya kelak kemudian dikenal dengan istilah Aljabar Boolean.

George Boole diganjar penghargaan dari Universitas Dublin serta Oxford dan beliau adalah anggota kehormatan di Royal Irish Academy dan Royal Society of London. Bagaimana dengan Aljabar Boolean sendiri? Ilmu tersebut menjadi ide dasar dalam perancangan sirkuit komputer dan bermanfaat dalam perancangan jalur telepon.


Sumbangsihnya dalam ilmu Matematika modern kemudian sangat bermanfaat di masa kini dalam ide aljabar biner yang banyak dipakai untuk desain sirkuit komputer serta desain sakelar on off. Selamat ulang tahun George Boole yang ke 200 di Google Doodle hari ini.
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

Post a Comment for "Selamat Ulang Tahun GOOGLE DOODLE"