Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

41 Tahun Penemuan LUCY

Hari ini, Selasa, 24 November 2015, Google merayakan hari spesial lagi, yaitu merayakan 41 Tahun Penemuan Lucy. Apakah itu Penemuan Lucy?

Australopithecus Afarensis (Lucy) adalah seekor hominid punah yang hidup sekitar 3,9 dan 2,9 juta tahun yang lalu. Tak jauh berbeda dengan Australopithecus Africanus, Australopithecus afarensis memiliki tubuh yang ramping. Para ilmuwan mempercayai bahwa Australopithecus afarensis adalah nenek moyang dari Homo, yang juga berarti nenek moyang dari manusia modern, Homo sapiens.

Sampai saat ini, fosil-fosil Australopithecus afarensis hanya ditemukan di wilayah Timur Afrika. Wilayah yang paling terkenal sebagai tempat penemuan fosil ini adalah Hadar, Ethiopia. Di sanalah fosil "Lucy", seekor Australopithecus afarensis betina, ditemukan. Tempat lain di mana fosil Australopithecus afarensis ditemukan adalah di Omo, Maka, Fejej, dan Belohdelie di Ethiopia, dan Koobi Fora dan Lothagam di Kenya.

Lucy meninggalkan ketergantungan dari pohon dan memulai gaya kehidupan berbasis di tanah. Fosil baru menegaskan anggota spesies Lucy sudah bisa membuat jejak kaki sebelum 3.6 juta tahun lalu yang ditemukan dalam abu vulkanik yang mengeras di Laetoli, Tanzania. Australopithecus afarensis dianggap merupakan peralihan primata bipedal.

Di awal tahun 2007, Lucy pernah dipamerkan di Amerika Serikat selama enam tahun, namun setelah itu dikembalikan ke pemerintah Ethiopia pada tanggal 1 Mei 2013.

Lalu siapa Lucy si Australopithecus ini? Lucy adalah nama umum dari AL 288-1, representasi 40 persen tulang spesimen Australopithecus afarensis yang ditemukan pada tahun 1974 di Hadar, Lembah Awash, Depresi Afar, Ethiopia.

Karena hari ini adalah bersejerah dan penting, maka Google.com pun ikut merayakan atau mengingat kembali tentang sejarah masa lampau. Semoga bermanfaat untuk nilai sejarahnya. :)

Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

Post a Comment for "41 Tahun Penemuan LUCY"