Lucy Maud Montgomery Birthday

10:22:00 AM 2 Comments A+ a-


Hari ini, www.google.com kembali memperingati peristiwa penting, 30 November, secara spesial menghadirkan sebuah doodle di halaman mukanya sebagai peringatan ulang tahun ke-141 tahun Lucy Maud Montgomery, seorang novelis kenamaan asal Kanada. Novelis yang dikenal dengan inisial L.M. Montgomery ini telah menerbitkan lebih dari 20 buku dan ratusan cerita pendek serta puisi, termasuk di dalamnya karya monumental berjudul Anne of Green Gables.



Buku Anne of Green Gables sendiri hingga kini masih menjadi salah satu buku cerita anak-anak terpopuler di dunia. Diterbitkan pertama kali di tahun 1908, buku ini mengisahkan tentang seorang anak perempuan usia 11 tahun yang diadopsi oleh pasangan kakak-adik Matthew dan Marilla Cuthbert. Pasangan kakak dan adik yang tinggal di desa Green Gables tersebut tadinya berniat mengadopsi anak laki-laki agar dapat membantu mengurus tanah pertanian mereka. Meskipun begitu, kehadiran Anne lambat laun berhasil menarik hati Matthew dan warga Green Gables.



Kehadiran Anne membawa suasana baru di Green Gables, membuatnya kian hidup dan berwarna. Anne memiliki keperibadian yang menyenangkan, ramah pada setiap orang, dan penuh daya imajinasi. Banyak hal-hal menarik yang ditemuinya diberikan nama unik seperti Kanopi Kekasih, Permadani Violet, dan lain-lain. Namun jangan pernah menyebut Anne sebagai wortel, karena hal tersebut dapat membuatnya marah dan bahkan menjadikannya musuh.



Walaupun disukai oleh banyak orang dan memiliki banyak kawan, namun ternyata kehadiran Anne masih kurang disukai oleh Marilla. Menurutnya, Anne adalah anak perempuan yang bersikap di luar kewajaran anak-anak perempuan di masanya. Oleh karena itu, Marilla merasa perlu untuk mengajarinya sopan santun dan tata krama. Lama kelamaan, sikap polos dan bersahabat yang ditunjukkan oleh Anne membuat hati Anne luluh dan tidak tega untuk melanjutkan niatannya mengembalikan si gadis kecial periang tersebut ke panti asuhan.



Naskah Anne of Green Gables sempat ditolak oleh empat penerbit sebelum akhirnya diterima oleh sebuah penerbit di Kota Boston, Massachusetts, Amerika Serikat (AS, pada tahun 1908. Sejak itu, Lucy menjalin kerja sama yang erat dengan penerbit tersebut dalam menerbitkan ratusan karya apiknya. Meskipun selalu diterbitkan di AS, namun sebagian besar karya Lucy dikerjakan di kampung halamannya di Prince Edward Island, Kanada, yang kini menjadi landmark bagi ranah kesusastraan negeri Kanada.

2 comments

Write comments
Anisa Ae
AUTHOR
December 1, 2015 at 7:37 AM delete

Buku karya Lucy kebanyakan tentang anak-anak, ya?

Reply
avatar

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)