605th Anniversary Of Prague Astronomical Clock

Sebelum ke isi posting, aku mau menyapa kalian semua, Sugeng Enjang, Selamat Pagi, Good Morning, Buenos Días, おはよう, Guten Morgen. Semoga selalu dalam keadaan sehat, di mana pun berada.

Langsung ke topik, pagi ini saya iseng-iseng membuka Google, ada tampilan yang beda pada halamannya. Ada logo Jam Astronomi dan bertuliskan "605th Anniersary Of Prague Astronomical Clock". Lalu, apa itu Prague Astronomical Clock? Berikut penjelasannya dari Blog Merah.

Jika anda membuka laman Google.co.id atau Google.com maka akan menjumpai sebuah gambar animasi yang menvisualisasikan Prague Astronomical Clock atau Jam Astronomi Praha yang dikombinasikan dengan logo Google. Menurut informasi dari laman Google Doodle, pada hari ini Jumat 9 Oktober 2015 adalah hari jadi yang ke-605 Jam Astronomi Praha. Bahkan Google juga menghadirkan Jam Astronomi Praha di situs Google Street View mereka baik itu inside maupun outside.
Sekilas tentang Prague Astronomical Clock

Setiap tahun tepatnya pada tanggal 9 Oktober, ribuan orang berkunjung ke Old Town Square di Praha untuk melihat Jam Astronomi. Prague atau biasa juga disebut dengan Praha, adalah ibukota dari Republik Ceko, sebuah negara di Eropa Timur yang kaya akan sejarah dan budaya Bohemia. Prague Astronomical Clock terletak di dinding selatan Praha Town Hall. Jam astronomi ini sudah berumur sangat tua yaitu dibangun abad ke 14, jam ini dirancang sebagai bentuk sempurna dari sains, teknologi dan seni. Selain itu jam ini disandingkan dengan kalender otomatis lakasana sebuah jam.

Barangkali ini satu-satunya jam dan kalender didunia yang berbasis perhitungan astronomi. Mampu menunjukkan pagi, siang dan malam diseluruh muka bumi. Ini adalah peninggalan tertua yang dibangun pada 1410 oleh seorang pembuat jam lokal dan profesor astronomi.

Menurut legenda, sang pembuat jam dibuat buta setelah berhasil membuat jam Astronomi ini agar tidak bisa membuat jam lain. Jam Astronomi Praha disebut juga Orloj atau jam mekanik kuno yang berfungsi pula sebagai petunjuk bagaimana pergerakan benda langit. Didesain oleh Mikuláš dari Kadaň dengan Jan Šindel, jam kalender ini kemudian ditambahkan hiasan serta ukiran berancang gothik yang cukup detail.

No comments

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)