Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Manfaat Buah Pisang yang Jarang Kamu Ketahui

Manfaat buah pisang
Pisang adalah salah satu buah yang muda didapatkan dengan harga yang ekonomis. Hampir di seluruh Indonesia, tanaman pisang bisa tumbuh. Buahnya sederhana, rasanya manis dan tentunya banyak manfaatnya untuk kesehatan. Buah ini menyediakan banyak nutrisi penting seperti Vitamin A, Vitamin B6, Vitamin C, Magnesium, dan Kalium, yang dapat membantu mencegah penyakit dan menjaga tubuh tetap sehat. Selain itu, pisang juga kaya kandungan serat dan gula alami, seperti Sukrosa, Fruktosa, dan Glukosa, yang membuatnya menjadi sumber energi.


Berikut adalah beberapa dari manfaat buah Pisang untuk kesehatan :

1. Mencegah alergi
Ternyata pisang sangat berguna bagi mereka yang alergi terhadap makanan tertentu. Tidak seperti makanan protein lainnya yang mengandung asam amino yang beberapa orang tidak bisa mentolerir dan dapat menyebabkan alergi. Pisang mengandung asam amino yang dalam banyak kasus tidak menyebabkan alergi. Bagi yang mempunyai alergi terhadap makanan, cobalah perbanyak konsumsi pisang.

2. Menyembuhkan anemia
Memiliki kandungan zat besi tinggi, buah pisang bermanfaat dalam pengobatan anemia. Pisang membantu merangsang produksi hemoglobin dalam darah.

3. Meningkatkan energi
Fruktosa, Glukosa dan Sukrosa yang terkandung dalam pisang akan memberikan jumlah yang instan dan energi yang berkelanjutan. Ini adalah salah satu alasan mengapa atlet sering makan pisang.

4. Menyembuhkan sembelit dan diare
Pisang merupakan obat yang baik untuk sembelit dan diare karea pisang dapat membantu menormalkan fungsi usus. Pisang juga memiliki kemampuan untuk mengubah bakteri berbahaya dalam usus menjadi basil acidophilic yang menguntungkan.

5. Mengobati disentri
Pisang yang ditumbuk bersama dengan sedikit garam merupakan obat yang baik untuk disentri. Pisang masak uga berguna dalam pengobatan disentri pada anak-anak, tetapi pisangnya harus dihaluskan terlebih dahulu.

6. Mengobati sakit perut/Maag
Campuran susu, pisan dengan madu adalah obat yang baik untuk sakit perut. Pisang menenangkan perut Anda, bersama dengan susu membantu rehydrates sistem anda. Dan madu berfungsi menghibur perut dan mengontrol gula darah dan kadar kalium kembali normal.

Baca juga: Sembuhkan Maag dengan Konsumsi Tempe

7. Membantu untuk berhenti merokok
Naaah... bagi anda yang merupakan perokok dan ingin berhenti, perbanyaklah makan buah pisang. Nutrisi dalam pisang mengandung Vitamin A, B6, B12 Magnesium dan Protassium yang membantu mengeluarkan Nikotin dari tubuh.
Meningkatkan mood/suasana hati.

www.erycorners.com


Kalau yang ini cocok buat ababil (abg labil) yang sedang pada galau. Dan cocok juga buat saya kalau lagi emosi karena lembur sendirian di kantor (curcol dikit ya :D). pisang mengandung Trytophan, asam amino esensial yang bertanggung jawa untuk produksi serotonin. Serotonin adalah hormon yang dikenal untuk mengatasi dan meningkatkan suasana hati.

8. Memperlancar gangguan usus
Pisang digunakan sebagai makanan untuk pencernaan karena mudah dicerna. Ini adalah satu-satunya buah mentah yang dapat dimakan tanpa menyebabkan stress dalam kasus yang kronis. Pisang masak sangat berguna untuk mengobati radang usus besar. Pisang yang lembut, halus dan mudah dicerna, mereka membantu keluar dari gejala akut dan mendudukung penyembuhan.

10. Meningkatkan fungsi otak
Kalium yang ditemukan dalam pisang yang merupakan sumber baik untuk meningkatkan fungsi otak dan menjaga kewasdaan. Jadi, tambahkan pisang pada waktu sarapan sebelum memulai beraktifitas.

Baca juga: Si Muka Kangkung

11. Mengobati gangguan ginjal
Memiliki protein rendah dan garam ditambah kandungan karbohidrat yang tinggi, pisang efektif terhadap gangguan ginjal. Pisang berguna dalam uremia, kondisi racun dari darah, kemacetan ginjal dan disfungsi. Dalam hal tersebut, diet pisang hanya harus diambil selama 3 sampai 4 hari dengan mengkonsumsi 8 sampai 9 pisang sehari. Diet ini cocok untuk semua masalah ginjal termasuk nephritis.

11. Mengurangi resiko stroke
Pisang merupakan sumber yang sangat baik dari protassium yang membantu menjaga keseimbangan elektrolit tubuh dan cairan dalam sel tubuh, serta membantu dalam mengendalikan tekanan darah, sehingga mengurangi resiko serangan jantung dan stroke. Penelitan telah menunjukkan bahwa asupan rutin pisang dapat mengurangi resiko stroke sebesar 40%.

12. Mengobati saluran kencing
Juice dari batang pisang dikenal obat untuk gangguan kemih. Hal ini meningkatkan fungsi ginal dan hati, sehingga mengurangi kondisi ketidaknyamanan dan rasa sakit di dalamnya. Telah ditemukan sangat membantu untuk menghilangkan batu ginjal dan prostat.

Nah itu dia, 12 manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh. Mulai sekarang, yuk, hidup sehat dengan teratur mengkonsumi buah pisang.

Selain itu, pisang juga mudah didapatkan di Indonesia. Dan untuk menjaga tetap enak dimakan, pisang perlu diperlakukan dengan hati-hati, karena lunak. Cara ideal untuk menyimpan pisang adalah menjaga suhu ruangan. Jika menyimpan pisang di lemari es itu akan berubah menjadi hitam, tetapi masih bisa dimakan.
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

2 comments for "12 Manfaat Buah Pisang yang Jarang Kamu Ketahui"

  1. Program diet saya dengan makan pisang sebelum makan nasi mba. Biar berasa kenyang dulu hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow iya, Bang Day. Boleh juga itu. Mengonsumsi pisang sebelum makan bisa untuk diet. Pisang itu mengenyangkan. Saya juga kalau pas lapar belum saatnya makan, saya makan buah pisang dulu. Selain rasanya enak di lidah, juga enak di perut. Enggak bikin sakit perut soalnya.

      Delete