Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ternyata, Menangis Punya Banyak Manfaatnya


Manfaat-menangis

Dari segi medis, kegiatan mengundang dan mencurahkan air mata ini memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, khususnya mata. 

Manfaat Menangis yang Dikutip dari Beliefnet


1. Membantu penglihatan


Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur.

Baca juga: Drama Akibat Menggunakan Kacamata Minus

2. Membunuh bakteri


Air mata berfungsi sebagai antibakteri alami. Tanpa obat tetes mata, sebenarnya mata sudah mempunyai proteksi sendiri. Di dalam air mata terkandung cairan yang disebut dengan lisozom yang dapat membunuh sekitar 90-95 % bakteri yang tertinggal hanya dalam 5 menit. Misalnya, bakteri yang terserap dari keyboard komputer, pegangan tangga, bersin, serta tempat-tempat yang mengandung bakteri.

3. Mengeluarkan racun 


William Frey, seorang ahli biokimia yang telah melakukan beberapa studi tentang air mata menyatakan bahwa air mata yang keluar saat menangis karena faktor emosional ternyata mengandung racun. Jadi, keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa racun dari dalam tubuh terbawa dan dikeluarkan melalui mata.

Baca juga: 7 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

4. Membantu melawan penyakit 


Selain menurunkan level stres, air mata juga membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi. Bagaimanapun, perasaan tertekan dan tersakiti bisa membuat seseorang stres. Endapan stres yang terpendam dengan menahan tangisan inilah yang sering menimbulkan gejala tekanan darah tinggi dan penyakit lainnya yang dipicu oleh stres.

Baca juga: Cara Mudah Diet Pasca Lebaran

Menangis tak selalu identik dengan sosok perempuan. Setiap raga yang memiliki jiwa pasti pernah menangis, setidaknya menangis dalam hati, menangis ketika masih bayi, dan menangis di hadapan Tuhan. Tangisan tidak selalu berarti kerapuhan, kecengengan atau kelemahan seseorang. Jika tangisan bisa melemahkan seseorang, tangisan pun bisa menguatkan ketegaran seseorang untuk berjuang.
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

11 comments for "Ternyata, Menangis Punya Banyak Manfaatnya"

  1. Menangis bisa buat akting biar dikasihani mba hahaha..belok dari manfaat medis :p

    ReplyDelete
  2. Menangis,dalam hati
    jika teringat kasih nya
    kasih (mantan) kekasih

    ReplyDelete
  3. jadi pengen nangis, sdh lama stress ini ditumpuk, dgn nangis memang beban terasa ringan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo kita nangis ramai-ramai, abis nangis kita ketawa bareng, hahaha

      Delete
  4. Ternyata menangis juga ada manfaatnya ya mbak, menangis adalah ekspresi seseorang untuk mengungkapkan suasana hati yang sedang sedih ya mbak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ada manfaatnya.. tapi jangan berlebihan ya kalau menangis :)

      Delete
  5. Aku sedih lihat ibu2 pada bilang habis ngeprank anaknya ikut2an Gigi yg bilang Raffatar bukan anaknya smp nangis keras banget. Sejak kapan anak kecil nangis itu selalu lucu? Bisa saja karena takut, takut kalau beneran bukan anaknnya. Bisa trauma smp dewasa lo krn teman sekalolahku kayak gitu smp tua.

    ReplyDelete
  6. Saya sempat mengalami mata perih. Ternyata hanya kurang berkedip aja kata teman dokter. Dengan berkedip maka mata otomatis akan mengeluarkan cairan.
    Apalagi kalo bisa menangis yah. Tapi malu nti diliat anak-anak hehehe

    ReplyDelete
  7. Wahhh ternyata dengan menangis memiliki manfaat yang banyak yaaa, nnti sering sering nangis deh wuehehe :D

    ReplyDelete