7 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

Hello guys,

Ternyata sudah di bulan Februari 2017. Hasil ngeblog di bulan Januari pun itu-itu saja. Ya, ceritanya ada sesuatu yang mampu mengalihkan duniaku. :D Ah, sebenernya bukan karena itu, tapi memang sedang mentok banget tidak ada ide. Berbagai lomba pun aku skip. Ya, mudah-mudahan di bulan Februari yang katanya penuh cinta dan warna, aku bisa kembali aktif lagi.

Untuk mengawalinya, kali ini mencoba menulis tentang kesehatan mata. Awalnya si simple banget, aku bertemu dengan seseorang dan beliau itu, berkaca mata sangat tebal (maklumlah lah, sehari-harinya di depan komputer, bahkan hingga dini hari) :P

Singkat cerita, aku saranin buat mengkonsumsi Jus Wortel. But, he dislike, katanya aroma wortel itu tak sedap. Okay, aku maklumi, dan kucarikan makanan pengganti wortel yang bisa membuat mata tetap sehat.

Dan berikut makanan yang mampu menjaga mata tetap sehat :

1. Wortel
Tidak bisa dipungkiri memang Wortel merupakan makanan sempurna untuk mata. Buah yang berwarna orange keemasan ini kaya akan betakaroten yang mampu diubah dalam tubuh menjadi vitamin A yang baik untuk penglihatan.

Rasanya memang agak gimana, tapi, bisa loh, Wortel ini dibuat Jus dan dicampur dengan susu cokelat. Tentunya rasa 'aneh' dari Wortel akan sedikit berkurang. Atau bisa juga Wortel tersebut direbus, dan kita mengkonsumsinya dengan cara ditaburi gula pasir, atau sesuatu yang manis lainnya. (Kalau pakai gulu dan atau susu cokelat tetap kurang manis, tataplah wajahku ketika makan wortel, pasti akan manis). Hihihihi..

2. Pepaya
Ada kabar baik nih, bagi kalian yang tidak mencintai Wortel, karena masih ada Pepaya yang manis untuk dikonsumsi. Buah yang mudah didapatkan ini ternyata kaya akan vitamin A. Bahkan terdapat zat-zat lainnya seperti B, C, Kalsium bahkan hingga Protein dan Kalori terdapat di dalam buah Pepaya.

Baca juga : Manfaat Buah Pisang

Sudah saatnya mengganti jajan Junk Food menjadi buah Pepaya, rasanya manis dan lezat, kok. :)

3. Tomat
Rasanya tidak asing lagi ya, akan buah Tomat ini. Selain kaya akan vitamin C, tomat juga memiliki kandung Vitamin yang bagus untuk kesehatan mata. Tomat juga mampu mencegah terjadinya rabun senja, sehingga buah ini bisa dikomsusi kapan saja dan di mana saja.

Selain bagus untuk mata, Tomat juga sangat cocok untuk wajah. (Ah ini bahas di artikel lain nanti).


4. Strawberry
Ah, siapa yang tidak suka dengan buah yang cantik ini. Selain bentuk yang unik dan merah meriah, Strawberry ternyata banyak manfaatnya loh. Meski kandungan vitamin A tidak sekaya Tomat, Strawberry ini dapat menurunkan resiko degenerasi makula dan katarak, selama kita rajin mengkonsumsi buah ini setiap hari minimal 3 buah per harinya.

5. Alpukat
Hmm, ini buah kesukaanku, sangat nikmat kalau dibuat jus, terlebih dicampur dengan susu cokelat. Rasanya pengen nambah terus. Buah yang sangat baik untuk kesehatan jantung ini, juga baik untuk kesehatan mata loh. Karena Alpukat merupakan sumber lutein karotenoid, yang mampu melindungi terhadap degenerasi makula dan katarak yang berhubungan dengan usia.

6. Brokoli
Sayuran ini, dikenal sebagai sumber kalori dan pencegah tulang keropos. Tetapi, pada kenyataannya, sayuran yang full hijau ini mampu memberikan manfaat baik bagi kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang terdapat dalam brokoli mampu mencegah timbulnya penyakit katarak pada mata.

7. Bayam
Sayuran yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi ini, juga mampu menyehatkan mata. Bayam memiliki kandungan karotenoid, yang merupakan salah satu bentuk antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan mata.


Nah, itu dia, guys, makanan yang mampu memberikan pengaruh baik terhadap kesehatan mata. Yuk, rajin-rajin mengkonsumsi buah dan sayuran tersebut.

22 Comments

  1. wortel dan tomat, ini hebring adikku rutin minum jus wortel dan tomat hasilnay min kacamatanya berkurang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. Emang bagus untuk mata, lanjutkan terus.. Agar mata tetap sehat :)

      Delete
  2. wortel tuh yang paling nempel banget diingatan kalau tentang kesehatan mata :)

    ReplyDelete
  3. Saya doyan banget bikin jus wortel mentah pakek nutrisari. Langu wortelnya nggak kerasa loh mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sarana mbak bisa nih dipakai, biar langunya ilang hehehe

      Delete
  4. Aku sering makan makanan diatas mba, tapi tetep mata minus karena terus-terusan kerja didepan komputer & kena radiasinya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mbak, karena radiasi dan sering di depan komputer, mata kita jadi sering lelah

      Delete
  5. Baca post ini jadi teringatkan untuk rajin lagi ngejus wortel biar mata selalu sehat.

    Wortel dari luar yang ukurannya lebih besar daripada ukuran wortel lokal juga bagus untuk campuran ramuan mengobati kanker, kak.
    Caranya

    ReplyDelete
  6. Di sini alpukat mahal mba... padahal anak-anak pada doyan. Apalagi kalo ternyata baik untuk mata

    ReplyDelete
  7. Saya suka semua kecuali brokoli. Kapok deh bersih-bersih brokoli terus ulatnya pada bermunculan 😢 akhirnya sampai sekarang tuh mau dikata brokoli sehat buat ini itu, tetep belum berani. Cari alternatif lain selain brokoli juga masih banyak. Hehe..

    ReplyDelete
  8. Sayangnya pisang ga termasuk ya, hiks. Padahal pisang itu buah favoritku soalnya lumayan... murah, hahaha. Tapi kalo ga ada pisang, aku suka juga kok konsumsi pepaya. Dua duanya enak dimakan langsung.

    Btw, orang sunda sama jawa sering ribut masalah pepaya sama pisang. Soalnya kalo di sunda pepaya itu gedang. tapi di jawa, gedang itu pisang. Bingung kan.

    ReplyDelete
  9. Wahhh semuanya favorit aku banget sih, kadang ibu sering banget mengkolaborasikan bahan-bahan tersebut jadi makanan yang enak banget..

    ReplyDelete
  10. Wahh banyak sekali ya pilihan sumber gizi untuk menjaga kesehatan mata, alhamdulillah semua list di sini saya suka kecuali pepaya.

    ReplyDelete
  11. saya akhir-akhir ini sering minum jus wortel sih, mata sekarang cepat lelah. soalnya mata kita perlu nutrisi khusus juga kan buat memperkuat dan menyehatkannya. kalau kita ga merawat mata kita takutnya nanti sakit dan berabe kan

    ReplyDelete
  12. Kecuali tomat anak-anak doyan semua mba alhamdulilah apalagi bayam sama brokoli bahhh sampe digadoin mamak hepi banget dah kalau masak ini :p

    ReplyDelete
  13. Makasih Mbak Heri sudah memberikan rekomendasi aku pikir yang menyehatkan mata itu pasti yang berwarna Green ternyata brokoli dan bayam juga bisa ya buat menyehatkan mata

    ReplyDelete
  14. waawwww... dan itu ada di sekitar kita sema. segampang itu kita dapetinnya ya. Kudu pinter-pinter ngolah dan padu padan juga btw spaya nutrisinya optimal tetap ada dan juga bisa diserap tubuh dengan baik

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah, semuanya jenis makanan favorit nih.
    Hampir setiap hari makan salah satunya dan nggak pake nolak.
    Mau tanpa nasi ya ayo (tomat dan wortel misalnya).
    Semangat sehat kita semuaaa..

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah sayu dan buah2in anakku suka semua. Apalagi brokoli. Emang beberapa sayur anakku gag suka... Kaya kangkung dan daun2an yg rasanya aneh menurutnya... Makannya seneng kalau ternyata broki bisa untuk kesehatan mata... Karena itu favorit anakku bgt

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)