Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat Selama Berpuasa

Saat berpuasa sudah pasti badan kita di siang hari merasa lemas, lelah, lapar, dan dahaga. Sebagai umat muslim yang sudah dewasa dan sedang tidak ada halangan apa pun, wajib banget hukumnya untuk berpuasa. Meskipun banyak godaan yang datang silih berganti, kita harus tetap menjaga puasa agar lancar.

Salah satu godaan yang jelas nyata adalah ketika berbuka puasa inginnya melahap segala macam hidangan. Dari berbagai rasa, varian, bahan, dan lainnya. Namun, kita harus menyadari, bahwa ada hal-hal yang harus kita jaga agar badan kita tetap sehat selama berpuasa.



Cara Mudah Agar Tubuh Tetap Sehat Selama Berpuasa


Tubuh tetap sehat di saat puasa

Siapa sih yang tidak ingin selalu sehat, apalagi di saat berpuasa. Sudah pasti ingin, dong. Nah, berikut merupakan cara yang mudah agar badan kita tetap sehat dan kuat sepanjang hari selama berpuasa.

1. Mengonsumsi Makanan yang Baik Bagi Badan Pada Saat Berbuka Puasa dan Sahur


Kebutuhan setiap orang berbeda-beda. Diri kita sendiri yang tahu apa saja yang bisa dimakan, dan apa saja yang tidak boleh dimakan. Bagi saya yang menderita asam lambung tentu saja akan memilih makanan yang lebih lembut dan tidak pedas.


Buat yang terbebas dari asam lambung, alangkah baiknya makan-makanan yang penuh gizi. Makan tidak berlebih karena akan berujung perut begah dan sakit.

2. Jangan Lupa untuk Minum Air Putih yang Cukup


Saya cukup sering membahas hal ini, bahwa ketika berpuasa hendaknya minum air putih setidaknya dua gelas. Itu pun diminum dengan jeda waktu, jangan diminum sekaligus. Kemudian setelah salat tarawih dua gelas lagi, dua gelas lagi saat bersantai sebelum tidur, dan dua gelas lagi di waktu sahur. Bahkan mungkin bisa lebih dari dua gelas ketika sahur.

Dengan begitu, ketika siang hari, asupan air di dalam tubuh kita cukup, dan tidak menimbulkan dehidrasi.


3. Istirahat yang Cukup


Begadang jangan begadang, kalau tidak ada artinya. Sebaiknya kita mendengarkan nasehat dari Bang Rhoma Irama ini. Di bulan puasa ini tidur yang cukup akan membuat kita siap menghadapi segala tantangan di siang hari. Harus diakui jam tidur kita sedikit berkurang, dan yang tidak biasa tidur dengan waktu singkat, tentu saja akan menjadi masalah.


Untuk itu, diusahakan tidur maksimal jam 10 malam, dan bangun di jam setengah 4 pagi. Nah, sahurnya gimana nih, apakah cukup bangun di jam setengah 4 pagi? Kalau saya biasanya menyiapkannya terlebih dahulu di malam hari. Sehingga pas bangun tidak begitu repot. Kadang malah tinggal menghangatkan saja. Masak di waktu sahur cukup yang simple dan praktis tapi tetap bergizi.

4. Lakukan Olahraga Ringan


Meskipun berpuasa, please ya, jangan skip untuk berolahraga. Cukup olahraga yang ringan-ringan saja. Seperti jalan kaki, yoga, fitness ringan, dan lainnya. Waktu yang diambil pada saat olahraga bisa diambil setelah salat subuh dan mendekati waktu berbuka puasa.Enggak usah lama-lama, cukup 15 sampai 20 menit saja sehari itu sudah cukup.

5. Jangan Lupa untuk Mengonsumsi Makanan Penambah Energi


Makanan penambah energi ini penting agar tubuh tetap sehat selama berpuasa. Makanan ini tidak harus mahal karena bisa bersumber dari buah dan sayuran seperti kurma, pisang, kacang-kacangan dan sayur bayam. Selain itu juga bisa dari lauk seperti telur dan daging ayam. Bahkan kita dapat mengonsumi oatmeal untuk menambah energi.


6. Memperhatikan Kesehatan Gigi dan Mulut


Selama berpuasa produksi air liur kita berkurang. Tak jarang bisa menimbulkan bau mulut yang tidak sedap. Untuk itu, selama berpuasa, wajib juga menjaga kesehatan gigi dan mulut. Selain agar tidak bau mulut, juga biar gigi kita sehat. Kalau puasa terus giginya sakit, kan aduhai sekali rasanya. Sungguh tidak mengenakan.


7. Bila Perlu Minum Vitamin atau Suplemen


Vitamin atau suplemen ini banyak jenis, bahkan bisa minum susu steril di waktu sahur. Sehingga kondisi badan akan tetap terjaga kesehatannya.

Penutup


Menjaga kesehatan badan di saat puasa sangatlah penting. Untuk itu, kita tidak boleh abai begitu saja. Dari 7 tips di atas, apakah teman-teman ada tambahan lagi? Biar kita sama-sama saling menjaga kesehatan badan selama berpuasa dan seterusnya.

Share di kolom komentar, ya. Terima kasih.

Tulisan ini diikutsertakan di BPN Ramadan Blog Challenge 2024.
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

21 comments for "Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat Selama Berpuasa"

  1. Beneeer Kak Ery, kudu pilih2 makanan ya terutama buat buka puasa, biar perutnya gak kaget. Pernah 2 minggu lalu aku buka makan es campur yg ada nanasnya ehh malah gak kuat, jadi aslamnya kumat.

    ReplyDelete
  2. Nuhun ka Ery.
    Aku uda 10 hari terakhir kaya gini, mashaAllaa..bersyukur banget karena kumpul ama anak-anak lagiii ((anakku yang di pesantren, pulang)) dan iya, kudu di boost menggunakan vitamin. Karena pulang-pulang kemarin dalam kondisi kurang fit yang sampai bikin dia gak bisa shaum.

    Penting banget memerhatikan asupan makanan serta tetap bergerak.

    ReplyDelete
  3. Wah iya saya kurang minum air putih biasanya kak, cuma setengah botol aja haha sebaiknya bisa lebih dari itu biar ga dehidrasi. Apalagi kadang begadang :”) tapi pas sambil minum madu waktu sahur lumayan agak seger badannya

    ReplyDelete
  4. Naaah bener mba. Workout itu jangan skip sih. Krn sbnrnya paling ngaruh menurutku. Sejak suka workout, aku malah ngerasa ga enak kalo kelamaan skip. Krn udah terbiasa tadi. Makanya puasa pun angkat beban dan lainnya aku ttp lakuin. Tapiiii jamnya aku kurangi. Kalo biasanya 45 menit - 1 jam, saat puasa biasanya 30 menit aja. Atau tergantung kekuatan tubuh sih. Tentunya diimbangi sahur yg bagus yaa. Biar energi ttp ada

    ReplyDelete
  5. Saat puasa aku paling tidak pernah berolah raga, takut haus hehehe. Padahal olah raga kan ngga harus yang berat-berat ya. Mungkin nanti kalau puasa sunah aja aku akan belajar berolah raga saat puasa...

    ReplyDelete
  6. Kemarin ini pas puasa Ramadan, terasa banget kurang minum air putih. Walaupun engga kerasa haus, karena kebeneran masih musim hujan, jadi engga panas. Tapi efek kurang minum tuh jadi susah BAB. Jadi kalau sahur paksain minum smp 3 gelas deh...

    ReplyDelete
  7. kiat-kiat diatas sangat direkomendasikan bagi yang berpuasa ataupun tidak. sebab menjaga tubuh agar tetap sehat adalah kunci hidup yang berkualitas

    ReplyDelete
  8. Air putih suka kurang memang selama puasa. Suka twrgoda dengan minunam manis warna warni yg banyak di jual selama ramadhan

    ReplyDelete
  9. Saat berpuasa, kuncinya memang badan harus sehat. Makanya harus mengkonsumsi makanan sehat juga dan pastinya istirahat yang cukup. Terus memang diusahakan air putih yang cukup juga. Jangan pas buka kebanyakan minum es

    ReplyDelete
  10. Sebenarnya puasa memang menyehatkan jika dijalankan dengan benar. Kesalahan kita pas buka langsung semua masuk, akhrnya lambung jadi kaget. Ga ad istirahat juga,sehingga terus-terusan bekerja

    ReplyDelete
  11. Kalau puasa biasanya jadi lupa minum air putih yang cukup. Padahal konsumsi air putih penting banget biar ngga dehidrasi. Cara menjaga kebugaran tubuh saat puasa juga bisa dilakukan dengan olahraga ringan. Biar ngga lemes aja sih seharian.

    ReplyDelete
  12. Orang-orang sering salah nih. Karena puasa dan khawatir haus, maka enggan buat olahraga. Padahal mah olahraga saja. Tapi yang ringan biar nggak terasa sampai dahaga. Gitu kan ya kak?

    ReplyDelete
  13. Walau bulan puasa udah lewat, tapi tipsnya semua bisa banget dilanjut pelaksanaannya buat tetap sehat

    ReplyDelete
  14. Konsumsi makanan yang tepat pas puasa pengaruhnya memang berasa ya kak. Apalagi komsumsinya itu buah, bikin adem perut dan pas siangnya gak terasa lapar

    ReplyDelete
  15. Betul ka Ery aku selalu menerapkan pola makan sehat dan minum air putih yang banyak saat puasa. Jadi ngurangin juga gorengan atau yang terlalu berlemak.

    ReplyDelete
  16. Air putih itu jangan sampai terlewat deh pokoknya. Mau puasa atau enggak, asupan air putih jangan sampai kurang kalau enggak bisa dehidrasi dan kondisi badan bisa perlahan kurang fit hingga ngedrop

    ReplyDelete
  17. betul, kalau lagi puasa godannya adalah ingin makan segala waktu berbuka. ini dibeli, ini dibikin tapi yang dimakan cuman segitu gitu aja, gak habis. godaan lain, minum minuman manis. padahal ini juga kurang baik ya. tapi diimbangi dengan tetep minum air putih 2 liter

    ReplyDelete
  18. betul, kalau lagi puasa godannya adalah ingin makan segala waktu berbuka. ini dibeli, ini dibikin tapi yang dimakan cuman segitu gitu aja, gak habis. godaan lain, minum minuman manis. padahal ini juga kurang baik ya. tapi diimbangi dengan tetep minum air putih 2 liter

    ReplyDelete
  19. Selama ramadan, aktivitas paling nasik yang aku lakukan adalah membiasakan konsumsi air mineral pas buka. Soalnya kebanyakan kan minum manis dulu. Jadi biar gak bergantung sama gula heheh

    ReplyDelete
  20. Minum air putih sih yang paling penting. Soalnya kalo minum manis, siangnya pasti lemas krn air bergula akan memicu kita gampang kencing. Imbasnya ya tubuh jadi lemes.

    Yg aku blm berani ya minum es. Kmrn minum es, eh langsung batuk2 dan tubuh jadi lemes bgt. Mgkn krn cuacanya lagi ga baik dan tubuh lagi ga enak badan sih. Lbh enak ya pake air putih/air putih hangat.

    ReplyDelete
  21. Selama berpuasa jangan lupa perbanyak minum air putih biar tidak dehidrasi, kurangi makan dan minuman manis biar gak lemes selama menjalani puasa. Wajib untuk selalu gerak yaa biar tetap semangat!

    ReplyDelete