Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Bali Wajib Dibeli!

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Bali merupakan destinasi wisata favorit bagi para wisatawan lokal hingga mancanegara. Pernahkah kamu berkunjung ke daerah dengan segudang objek wisata yang satu ini? Bali selalu ramai dikunjungi oleh para pengunjung yang datang dari berbagai daerah.

Tak hanya para wisatawan domestik saja, Bali juga selalu menjadi pilihan favorit para wisatawan yang berasal dari berbagai negara. Tak heran, karena Bali memiliki daya tarik utama pada keberagaman objek wisatanya. Mulai dari wisata alam berupa pantai-pantai terkenal seperti Pantai Kuta, wisata religi, wisata sejarah hingga wisata kuliner yang wajib untuk kamu coba.

Kalau kamu tertarik untuk ke Bali, jangan lupa cari tiket pesawat murah ke Bali melalui Traveloka. Traveloka akan membantumu untuk mempersiapkan segala akomodasi liburan secara online dengan cara yang praktis dan mudah.




Rekomendasi Oleh-oleh dari Bali


Oleh-oleh khas Bali

Ketika kamu pergi liburan ke suatu tempat, tentunya kamu wajib untuk membawa oleh-oleh khas dari daerah tersebut. Tak lengkap rasanya jika kamu melewati berburu oleh-oleh disana. Nah, oleh-oleh tersebut nantinya bisa kamu bagikan kepada keluarga ataupun kerabat dekat kamu.

Selain itu, oleh-oleh juga bisa dijadikan kenangan untuk mengingatkan momen-momen ketika liburan disana. Di Bali, terdapat berbagai macam oleh-oleh yang bisa kamu beli untuk dibagikan.

Mulai dari oleh-oleh souvenir khas objek wisata, makanan khas, aksesoris, kerajinan khas, dan masih banyak lagi. Kamu tertarik untuk liburan ke Bali dan mencoba berkunjung ke berbagai tempat wisatanya? Tentunya kamu tidak boleh lupa untuk membeli oleh-oleh khas dari Bali.

Berikut ini merupakan berbagai oleh-oleh dari Bali yang bisa kamu beli untuk dibagikan kepada keluarga dan kerabat dekat di rumah. Penasaran apa saja? Simak ulasan selengkapnya.

1. Pie Susu


Pie Susu sudah menjadi oleh-oleh yang sangat identik dengan Bali sebagai daerah asalnya. Rasanya tidak akan lengkap jika kamu tidak membawa pulang beberapa kotak yang berisi pie susu. Pie susu memiliki rasa manis dan renyah yang membuat semua orang akan ketagihan ketika mencobanya.

Makanan khas Bali satu ini cocok untuk dijadikan cemilan dengan minuman pelengkap seperti kopi ataupun teh. Pie susu ini bentuknya bulat dan terdapat pinggiran kue pie sehingga membentuk mangkuk kecil. Pinggiran kue pie tersebut yang memberikan rasa renyah pada pie susu.


Di Bali, terdapat berbagai toko pie susu yang terkenal. Seperti misalnya Pie Susu Enaaak, Pie Susu Dhian, dan masih banyak lagi. Beberapa pie susu dari pabrik tertentu seringkali mudah diburu pelanggan hingga habis sehingga kamu harus memesannya terlebih dahulu.

2. Pia Legong


Mendengar kata Pia kamu pasti membayangkan salah satu oleh-oleh yang berasal dari Yogyakarta. Ternyata, bukan hanya itu saja. Di Bali ada juga oleh-oleh yang disebut sebagai Pia Legong. Soal rasanya, tentu Pia Legong ini juga tak kalah enaknya.

Pia Legong yang berasal dari Bali ini memiliki isian yang beragam. Mulai dari isian coklat, keju, dan kacang hijau. Selain Pie Susu, Pia Legong ini juga menjadi oleh-oleh khas Bali yang seringkali mudah habis terjual karena selalu menjadi favorit para pengunjung yang akan membelinya untuk dijadikan oleh-oleh.

3. Kacang Disko


Setelah membahas soal oleh-oleh khas Bali yang rasanya cenderung manis, kini cobalah beralih untuk mencoba oleh-oleh khas Bali yang rasanya gurih. Kacang Disko merupakan oleh-oleh khas Bali yang populer dan selalu diburu oleh para wisatawan. Kacang Disko ini memiliki rasa yang gurih dan renyah.

Camilan yang satu ini bisa kamu nikmati sebagai camilan penunda lapar atau bahkan untuk pendamping makanan bersama lauk lainnya. Ada berbagai varian rasa dari kacang disko yang bisa kamu coba, seperti rasa barbeque, ekstra pedas dan masih banyak lagi.

4. Batik khas Bali


Selain makanan, kamu juga bisa membawa kerajinan khas Bali untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Salah satu kerajinan khas Bali adalah Batik Bali. Biasanya, batik memang dikenal cukup populer di Pulau Jawa, seperti misalnya di Pekalongan dan Solo.

Namun, Bali juga memiliki ciri khas tersendiri dalam memproduksi kerajinan batiknya. Batik khas Bali memiliki corak unik tersendiri yang khas, dinamakan dengan Batik Galuh Batubulan. Biasanya, batik khas Bali dapat ditemukan dalam bentuk berbagai item pakaian, seperti kemeja, rok, tas, dan masih banyak lagi.


Nah, itu dia beberapa rekomendasi mengenai oleh-oleh khas Bali yang wajib untuk kamu bawa pulang ke rumah. Sudahkah kamu merencanakan liburan ke Bali? Jangan lupa mengajak orang-orang terdekat kamu untuk menikmati liburan seru dan santai di Bali.

Untuk mempersiapkan segala akomodasi liburan kamu, tentunya kamu bisa memanfaatkan platform online Traveloka. Segera download aplikasi Traveloka sekarang juga dan realisasikan rencana liburan kamu!
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

15 comments for "4 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Bali Wajib Dibeli!"

  1. setujuuu pie susu is a must!! terus biasanya ex mamer jg minta dress bali yg enak ituu,, jadi buat aktivitas tuh nyaman adem. kalau kacang, aku sukanya yg telor, enak bgt kacang telor bali tuh. brem juga yumm.. skrg anak2 suka minta oleh2 bigul jg karena yg khas sana enak kata mereka (ini non halal btw)

    ReplyDelete
  2. Yang disebutin semua aku suka. Terutama pie susu dan kacang diskonya Bali. Kalau sudah menikmati ini, lupakan dulu urusan diet

    ReplyDelete
  3. PIe susu enak banget, sempet di kasih oleh-oleh pie susu dari tetanggaku yang kebetulan pulang dari Bali. Jadi pingin ke Bali, padahal mudik tahun 2022 lalu sudah nyampe di Banyuwangi tapi belum rezeki mau nyebrang ke Bali...mudah-mudahan tahun depan.

    ReplyDelete
  4. Bali emang membawa kenangan nih, aku ikutan acara Munas FLP di Bali seru banget deh, aku belum sempat jalan-jalan banyak tapinya huhu... sedih pengen ke Bali lagi deh.

    ReplyDelete
  5. Biasanya kalau ada yang ke bali oleh-oleh wajib itu pie susunya yang memang enak banget. Aku sendiri belum pernah ke bali semoga nanti Bis ke bali sama keluarga

    ReplyDelete
  6. Pie susu ini yang biasa saya borong kalau pas ada tugas ke Bali mbak. Berbagai merk dan rasa biar komplit. Selain itu pastinya kaos bergambar destinasi wisata di Bali

    ReplyDelete
  7. Jadi pengen ke Bali lagi karena yakin sekarang pasti jauh lebih berbeda. Untuk oleh-oleh, catet dulu ya. Aku sih biasanya beli barang dan beberapa makanan. Siap-siap budgetnya aja nih

    ReplyDelete
  8. Pie Susu dan Kacang Disko khas Bali itu enak banget. Walau gak ke Bali kadang aku beli online.

    ReplyDelete
  9. Dulu pas honey moon ke Bali kesampaian ke toko oleh-oleh gede di Bali itu. Ngeborong pie susu, kacang disko, sama kaos, haha. Pie susunya enak sih. Beda sama pie susu kebanyakan di luar Bali.
    Kalau batik malah belum pernah beli. Beli kain pantai itu doang. Moga-moga nanti kapan bisa main ke Bali lagi dan bisa beli batik khas Bali buat oleh-oleh.

    ReplyDelete
  10. Iyaa...
    Aku ke Bali always jatuh cinta sama kain Bali siih.. Motifnya unik dan warnanya juga mencreng banget.. Pilih warna netral kayak item pun masih canci syekaliii dan keliatan kalo motif Bali dari kainnya yang adeemm.

    ReplyDelete
  11. Wishlistku banget nih pengen ke Bali ajak anak-anak dan suami suka banget pia Legong dan pie susu

    ReplyDelete
  12. Kacang Disko juga ada di Makassar
    Apakah karena sama sama di Indonesia bagian tengah ya
    Kalau kacang Bali sih memang ada khusus dan itu enak

    ReplyDelete
  13. oleh-oleh andalan khas Bali itu Pia susu. Nah merk Pia Legong ini kayaknya yang memang happening ya mak.

    ReplyDelete
  14. Setuju banget deh, pie susu selalu harus ada di kantong belanjaan oleh oleh, kacang disko yang ada di Bali emang se enak itu menurutku, aduh jajanan di Bali emang enak enak semua, selalu berhasil bikin kangen Bali dan seisi nya huhu.

    ReplyDelete
  15. Tiap kali ke Bali, aku ga mungkin ga beli pie susu, kacang disko, baju Bali yg adem dan bahannya enakeeuuun itu, dan bawa ayam betutu langganan. 😄. Selalu itu aja mba..kalo pia legong aku ga terlalu suka, mungkin Krn coklat . Ga terlalu suka coklat.

    Kangeeen kan jadinya pengen ke Bali. 😁. Salah satu OTA yg aku pake juga Traveloka kok. Semuanya sih aku bandingin, ntr mana yg lebih bagus harganya, itu yg aku pilih

    ReplyDelete