Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Belajar Memasak untuk Pemula Melalui Channel YouTube

Tips belajar memasak

Pada dasarnya memasak merupakan suatu keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap orang, terlepas ia pemula atau bukan. Namun, bagi sebagian orang terutama pemula, memasak bisa menjadi sesuatu yang menakutkan dan sulit untuk dipelajari.

Perlu persiapan untuk memasak, entah itu dari peralatan, bahan, atau bahkan mentalnya. Ya, kelihatan hal biasa nguprek dapur, aslinya butuh effort.

Untuk itu, biar mudah memahami dunia masak memasak, perlu belajar. Masak dari yang paling mudah hingga membuat hidangan ala chef profesional.

Kian maju perkembangan teknologi banyak orang yang memilih untuk belajar memasak melalui channel YouTube. Channel YouTube menawarkan banyak sekali video tutorial tentang memasak yang dapat diakses oleh siapa saja, kapan saja, dimana saja, dan menggunakan platform apa saja.



Tips Belajar Memasak Untuk Pemula Melalui Channel YouTube


Tutorial video memasak

Memilih Channel YouTube yang Tepat


Pertama-tama, saat mencari tips memasak untuk pemula melalui channel YouTube, dengan memilih channel yang tepat. Maksudnya ialah, memilih channel yang berisi resep yang mudah untuk dipelajari.

Saat ini bisa dengan cepat mencari channel yang membahas resep-resep mudah dan sederhana yang cocok untuk pemula. Selain itu, pastikan juga untuk memilih channel yang memiliki penjelasan dengan bahasa sederhana agar bisa dimengerti dengan jelas.


Mencari Resep yang Tepat


Saat memilih video tutorial untuk memasak, pastikan untuk memilih resep yang sesuai dengan kemampuan dan bahan yang kita miliki. Jangan terlalu ambisius dengan memilih resep yang sulit karena kita masih pemula. Sebaiknya mulailah dengan resep yang sederhana dan mudah untuk dipelajari. Kita juga bisa mencari resep yang menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan di pasar atau minimarket terdekat.

Kalau perlu masak dari bahan yang seadanya, seperti telur, daging ayam, daun kangkung, tempe, tahu, buncis, dan lainnya. Setidaknya, bahan-bahan tersebut kita sudah paham dan familier.


Menonton Video dengan Seksama


Setelah memilih channel dan resep yang tepat, saatnya menonton video tutorial dengan seksama. Jangan malas untuk menonton video sampai selesai dan pastikan untuk memahami setiap tahapan dalam video tersebut. Jika perlu, ulangi menonton video beberapa kali sampai benar-benar memahami cara memasaknya.

Praktik dan Berlatih


Setelah menonton video tutorial dengan seksama, praktikkan resep tersebut di dapur. Jangan takut untuk melakukan kesalahan atau gagal pada percobaan pertama. Lakukanlah beberapa kali percobaan hingga kita berhasil memasak resep tersebut dengan baik dan enak. Ingatlah bahwa memasak adalah suatu keterampilan yang harus dipraktikkan secara terus-menerus.

Baca juga:


Berbagi dengan Orang Lain


Setelah berhasil memasak, jangan ragu untuk berbagi dengan orang lain. Kita tentu bisa membagikan hasil masakan di media sosial atau dengan keluarga dan teman-teman. Selain mendapatkan apresiasi dari orang lain, berbagi juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dalam memasak.

Memanfaatkan internet IndiHome


Memanfaatkan internet IndiHome

Memanfaatkan internet IndiHome dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mencari tips memasak untuk pemula melalui channel YouTube. Dengan koneksi internet yang cepat dan stabil dari IndiHome, kita dapat menonton video tutorial dengan lancar dan tanpa gangguan.


Selain itu, IndiHome juga menyediakan banyak pilihan channel TV kuliner yang dapat menjadi sumber inspirasi dan tips memasak untuk kita. Dapatkan layanan IndiHome juga menawarkan layanan streaming dan video on demand.

Hal ini memungkinkan kita untuk menonton acara kuliner atau video tutorial memasak kapan saja dan di mana saja tanpa perlu menunggu acara tayang atau waktu tertentu. Kita juga dapat memilih konten yang sesuai dengan minat dan kebutuhan.

Namun, sebelum memanfaatkan layanan internet IndiHome untuk mencari tips memasak, pastikan bahwa koneksi internet sudah terhubung dengan baik dan stabil. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati saat menggunakan internet dan jangan mudah terpengaruh dengan informasi yang tidak jelas atau kurang akurat.

Mencari tips belajar memasak untuk pemula melalui channel YouTube dapat menjadi pilihan yang tepat untuk belajar memasak dengan mudah dan praktis, hal ini senada dengan yang diutarakan oleh salah satu artikel dari media teknologi.

Menggunakan layanan internet IndiHome dari Telkom Indonesia bisa menjadi solusi yang tepat untuk memudahkan aktivitas memasak. Dengan koneksi internet yang cepat dan stabil, kita dapat mencari dan mengakses berbagai konten kuliner dan memasak dengan mudah dan praktis.

Namun, sebagai pengguna internet, kita juga harus berhati-hati dan bijak dalam menggunakannya. Jangan mudah terpengaruh dengan informasi yang tidak jelas atau kurang akurat dan pastikan untuk selalu menjaga keamanan dan privasi saat menggunakan internet.
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

47 comments for "Tips Belajar Memasak untuk Pemula Melalui Channel YouTube"

  1. Bermanfaat banget internet cepat dan stabilnya IndiHome bagiku. Karena aku memanfaatkan internet IndiHome untuk mencari tips memasak, sebagai pemula melalui channel YouTube aku banyak belajar

    ReplyDelete
  2. Saya lebih suka belajar masak dengan membaca resep. Tapi, ada beberapa resep memang biasanya suka agak sulit dibayangkan. Nah, biasanya kalau kayak gitu, saya lihat ke YouTube untuk melihat proses memasaknya

    ReplyDelete
  3. Aku bisa masak pas nikah karena inetan nih mba hehe. Selain dari mamah aku tapi kan kalau dunia maya sejuta resep kreasi tinggal gugling atau youtube gitu kan. Sampai sekarang kalau mau ke pasar nyusun menu aku pasti guglingšŸ˜

    ReplyDelete
  4. Aku juga lumayan sering cari resep di channel YouTube. Nyari masakan yang gampang dan bisa langsung praktik. Semua akan lancar kalau ada internet

    ReplyDelete
  5. Aha aku banget nih, belajar masak itu dari youtube. Karena aku lebih suka masakan tradisional lebih enak dan mudah cari bahan bumbu dapurnya. Asek memang daripada belajar dari buku memasak

    ReplyDelete
  6. dengan perkembangan internet, kini bisa banget belajar memasak sendiri dengan nonton channel masak di YT, masak-masak jadi makin mudah soalnya caranya langsung dipraktekkan di video

    ReplyDelete
  7. aku tim belajar masak lewat YouTube, hahaha. Sekarang kan banyak yah resep-resep tapi sebelum mencoba aku suka baca komentarnya dulu. Kalau banyak yang bilang berhasil, okelah ku coba. Alhamdulillah internet cepat jadi mudah belajar lewat video gini.

    ReplyDelete
  8. Saya merasakan sekali manfaat memiliki sedikit bisa masak, Mbak. Jadi saat merantau sendiri di jakarta, teman lain habis gajian ke tempat makan, saya ke warung sayuran hahaha. Dan itu membuat pengeluaran saya lebih hemat plus sehat dengan makanan buatan sendiri.
    Nah, sekarang, mau belajar masak sudah dimudahkan dengan kehadiran Youtube. Mau belajar masakan apa saja ada.

    ReplyDelete
  9. Cocok buat yang gabisa masak, memang harus belajar dari channel youtube memasak. Kalo internet cepat dan stabil kayka IndiHome memang mendukung banget. Bisa jadi chef profesional haha

    ReplyDelete
  10. Betul banget ya Mba Erry yang terpenting setelah punya resep adalah praktik. Cari Chanel yang cocok terus langsung deh masak. Seringnya saya itu ngumpulin resep tapi praktiknya belum. Jangan dicontoh aja sih begini

    ReplyDelete
  11. YouTube ini platform favoritku untuk belajar masak dulu. Memang tipe pembelajar audio-visual sepertiku sangat cocok menggunakan YouTube untuk media belajar.

    ReplyDelete
  12. Tutorial di Youtube itu memang membantu banget dan juga sangat beragam.

    ReplyDelete
  13. Aku termasuk suka melihat tutorial memasak di youtube. Apalagi pas nyari resep yang aku suka dan nemu cara memasak yang mudah dan bahan yang digunakan juga gampang ditemui

    ReplyDelete
  14. Ini sih molly banget mbak. Belajar masak pake yutub, terus juga berbagi lewat channel yutub. Senangnya ada indihome juga yg internetnya cepat

    ReplyDelete
  15. Aku pernah ini lihat tutorial masak dari channel Youtube, waktu itu channelnya Jammie Oliver karena pengen masak beberapa masakannya. Enaknya tuh kalau lihat dari Youtube tau step by stepnya lebih detail dan bisa diulang.

    ReplyDelete
  16. Saya selalu menggunakan chanel YouTube untuk mencari resep
    Berhububg saya juga pakai IndiHome, maka pencarian resep di YouTube jadi sat set

    ReplyDelete
  17. Memasak bukan lagi momo kalau internet lancar ya, tinggal tonton akun memasak di youtube yang recommended. Gak bakal salah takaran saat memasak deh.

    ReplyDelete
  18. Indihome memang layak.di.pertahankan karena pelayanan bagus, fitur2 mereka sekarang up todate

    ReplyDelete
  19. iya sih, emang enakan belajar masak lewat youtube yaa, karena langsung praktik. pernah baca resep aja, eh ternyata gagal wkwkwk mungkin karena kita ga tahu takaran sebenarnya kan. ya gitu deh haha

    ReplyDelete
  20. Selama puasa sering banget cek YouTube juga buat cari resep masakan buat buka puasa seringnya kwwkkw
    Beruntung dimudahkan dengan adanya internet cepat

    ReplyDelete
  21. Belajar memasak bisa kita lakukan secara online di mana saja, termasuk di Youtube yang memang banyak sekali saluran yang bisa kita pilih untuk belajar. Next, kita bisa menjadi chef di dapur sendiri dan berkreasi dengan bahan-bahan masakan yang ada

    ReplyDelete
  22. Belajar masak di youtube tuh memang sesuatu banget pokoknya. Aku suja karena tinggal masuk masukin juga. Soalnya kalau ada internet lebih belajar masak aja.

    ReplyDelete
  23. Aku juga tim yutub kalau mau mencoba resep2. Soalnya kalau baca aja kan kyk kurang paham segimana takaran dan gmn bentuknya kalau mateng.
    Adanya internet lancar di rumah sangat menunjjang aktivitas memasak ini yaa.

    ReplyDelete
  24. Akutu gak tau kapan masaknya, kak Ery.. Seneng aja kalo liat alat-alat canggih di dapur.
    Hehhe, jadi ngumpulin alatnya, masaknya mah sebisa-bisanya. Tapi seneng kalau berhasil dan keluarga suka.

    ReplyDelete
  25. nah ini... channel masak memasak itu penting banget
    aku seringnya masih mantengin youtube sih, karena belum nemu kanal yang aku suka

    ReplyDelete
  26. Lebih enak nonton drpd mmbaca, karna dgn ntn kita langsung praktek sesuai tahapan nya.

    ReplyDelete
  27. sayapun sama kalau misalkan mau masak apa, terus bingung bahannya dan cara buatnnya bagaimana, pasti akan langsung lari ke Youtube, dan internet cepat di rumah membantu sekali saya dalam hal belajar masak memasak

    ReplyDelete
  28. Sekarang kehadiran internet ini bisa menjadi penolong banget ya Kak. Bagi pemula macem aku juga bisa bereksperimen masak dengan mudah dengan melihat tutorial di youtube yaa. heuheu. Dan untungnya lagi IndiHome setia menemani :D

    ReplyDelete
  29. Seneng banget banyak channel masak yang bagus-bagus di YouTube. Aku suka nonton Chef Davina. Yang bukan chef pro juga ada yang bagus, kok..

    ReplyDelete
  30. Belajar masak lewat video lebih mudah ketimbang baca resep. Kadang suka salah baca, atau sananya salah ketik jadi gagal deh masakannya.

    ReplyDelete
  31. Aku banget iniiii. Suka nonton channel masak-memasak. Kalau cocok dan kira-kira gampang, aku save dan praktekkan. Tapi pernah juga siii, yg terlihat gampang, ternyata rumit. Haha...
    Tapi ga masalah, cari lagi aja streaming yg lebih gampang cara masaknya. Kan ada IndiHome...

    ReplyDelete
  32. Di Youtube tuh semua ada. Mau masak makanan yang simple sampai rumit pun ada. Pingin masak dengan bahan ala kadarnya juga ada tutorialnya. Lengkap deh. Tinggal kitanya mau belajar atau nggak. Hehehe

    ReplyDelete
  33. Video belajar memasak dari Youtube memang seru buat ditonton ya Mbak. Apalagi kalau internetnya cepat wuss wuss wuss gitu, makin lantjar djaya deh praktik memasaknya.

    ReplyDelete
  34. Kalau mau cari resep masak daku lebih cenderung pilih channel yg dalam persiapan bahan²nya gak ribet dan mudah dicari. Jadi bukan yang populer sih memang channelnya

    ReplyDelete
  35. Aku pun banyak belajar memasak dari youtube maupun platform lainnya yang kesemuanya butuh jaringan internet cepat nan stabil sih. Apalagi masak kan skill hidup ya.

    ReplyDelete
  36. Aku lumayan bisa foodprep sama masak dari YouTube juga nih. Praktis dan bermanfaat, bisa diulang lagi

    ReplyDelete
  37. Alhamdulillah sudah praktekin semua tipsnya. Tambah satu lagi ya kak. Diulang lagi kalau belum ngerti. Aku banget nih. Kalau cuman satu kali nonton, lom paham banget buk. Harus berkali kali sampai paham. Baru praktek. Hehe

    ReplyDelete
  38. Kebetulan ibuku dapat pemberian kepiting dari paman, tp sama sekali belum pernah masaknya sendiri, untung sudah ada internet jadi bisa lihat video tutorial cara memasak kepiting di youtube.

    Jadi jaman sekarang gak perlu khawatir kalau-kalau dapat istri yg gak pandai masak, soalnya bisa sama-sama belajar meskipun hanya dari internet

    ReplyDelete
  39. saya pun juga masih terus belajar memasak
    setuju banget tuh, jadi poinnya kalau mau belajar masak ya sesuaikan juga dengan kemampuan, dari bahan apa yang ada, resep yang simpel dan mudah dimengerti akan jadi pilihan utama :D

    ReplyDelete
  40. aku juga suka belajar masak atau apa aja lah lewat youtube hehe.. senangnya sekarang ada internet yang cepat dan stabil jadi urusan browsing gini jadi lebih lancar ya

    ReplyDelete
  41. anak-anak abegeku di rumah nih selalu buka yutub kalau mau masak2. apalagi kalau mau bikin kue atau desert gitu. andalannya yutub.

    ReplyDelete
  42. Udah lama langganan IndiHome tapi baru tahu klo IndiHome punya banyak channel TV kuliner lho. Harus mulai dieksplore nih

    ReplyDelete
  43. biasanya kalo saya cari2 resep di youtube, lebih memilih yg ada tulisan resep di deskripsinya kak, biar gampang untuk catet bahan-bahannya,

    ReplyDelete
  44. Enak nih pake IndiHome bisa lebih mudah nyari inspirasi menu baru, recook resep2 biar ga bosen buat santap sahur atau berbuka. Lewat YouTube mah bisa langsung sekalian praktek.

    ReplyDelete
  45. Iya sebenarnya enak belajar masak lewat video Yutub ya tapi aku lebih suka lewat Cookpad karena banyak langkah memasak resep yang sederhana dan mudah ditiru

    ReplyDelete
  46. Setuju banget karena resep juga biasanya beda2 ya sesuai selera jd penting bgt buat tau resep yg cocok buat kita. Biasanya aku tanya ke mmh/nenek dl sih. Kalau mau buat sesuatu yg 'baru' lanjut buka youtube

    ReplyDelete
  47. Sekarang semua2 bisa kita dapatkan dengan klik2 di hape maupun komputer yaaa.. Koneksi internet yang stabil memudahkan kita menemukan berbagai informasi yang kita cari, termasuk panduan memasak. Apalagi konten memasak di medsos tuh bagus2, daya tarik tersendiri untuk melihatnya dan mengikuti cara memasak yang ditunjukkan di video tersebut.

    ReplyDelete