Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lagu FIFA World Cup yang Bikin Semangat Terus, dari 1998 - 2022. Mana Favoritmu?

Fifa World Cup songs

Halo, pecinta sepak bola. Tak terasa ya, World Cup Qatar 2022 sudah berjalan separuhnya. Dari awal pembukaan World Cup 22 sudah banyak yang heboh. Belum lagi pada saat grand openingnya karena ada pembacaan Ayat Suci Al Quran. Ini luar biasa banget, Qatar memang the best.

Selain itu, lagu Dreamers yang dinyanyikan oleh Jungkook BTS featuring Fahad Al Kubaisi bikin heboh dunia. Lagu itu mengena sekali. Nah, berbicara soal theme song FIFA World Cup, saya sudah merangkum lagu-lagu tersebut dari tahun 1998 hingga 2022.



Deretan Lagu-lagu FIFA World yang Bikin Semangat Terus


1. La Copa de la Vida - Rikcy Martin, Tahun 1998


Tahun 1998 saya belum paham betul apa itu FIFA World Cup. TV saja kayaknya dulu belum ada di rumah saya. Selain itu, saya masih kelas 4 SD seingat saya. Namun, lagu yang dinyanyikan oleh Ricky Martin membuat kita semangat dan turut berseru.

"Go, go, go! Ale, ale, ale..!"

Paham, kan lagu ini? Bahkan sampai sekarang lagu ini tetap ngehits. Dan di tahun 1998 ini gelaran World Cup berlangsung di Prancis, yang mana Prancis juga menyabet juara dunia untuk kali pertama.

2. Boom - Anastacia, Tahun 2002


Empat tahun berselang saya sudah di bangku SMP. World Cup hadir menyapa kita semua yang digelar di Jepang dan Korea Selatan. Momen tak terlupakan saat itu ialah ketika Italia harus kalah dari tuan rumah, Korea Selatan.

Selain pertandingan yang seru, dan mengantarkan Brazil menjadi juara, lagu yang dijadikan theme song World Cup 2022 juga tak kalah menarik. Lagu yang berjudul Boom dan dinyanyikan oleh Anastacia membuat kita turut semangat.

3. Celebrate The Day, Tahun 2006


Tahun 2006 FIFA World Cup berlangsung di Jerman. Ada insiden ketika Zidane menanduk Marco Materazzi yang telah berkomentar kotor/kasar mengenai ibu dan adik perempuan Zizou di pertandingan final Prancis melawan Italia. Zidane pun akhirnya diganjar kartu merah, dan Italia memenangkan juara dunia.

Terlepas dari semua itu, theme song FIFA World Cup sangat menarik, dengan judul lagu Celebrate The Day, bikin yang denger lagu tersebut ikut bersenandung dan bergerak seirama.

4. Waka Waka - Shakira, Tahun 2010


Perhelatan sepak bola terbesar akhirnya berlangsung di Benua Afrika, Afrika Selatan. Lagu yang dinyanyikan oleh Shakira dengan judul Waka Waka membuat kita kian semangat, dan menikmati musiknya. Bahkan hingga sekarang lagu tersebut masih terngiang dan banyak didengar banyak orang.

Selain lagu yang keren, World Cup 2010 juga mengantarkan Spanyol menjadi juara dunia untuk kali pertamanya. Kebahagiaan itu belum sampai di situ, Defender-nya, si Gerard Pique jatuh cinta ke Shakira.

Ah, tahun 2010 itu ya, sweet moment buat La Furia Roja.

5. We Are One (Ole Ola) - Pitbul, Tahun 2014


Saatnya gelaran World Cup terbang ke Amerika Latin, Brazil. Sebagai negara yang paling banyak memenangkan piala dunia, kini menjadi tuan rumah. Diiringi lagu yang berjudul We Are One (Ole Ola) yang dinyanyikan oleh Pitbul, membuat kita yang mendengarkannya langsung jatuh cinta.

Bukan hanya lagunya yang bikin jatuh cinta, Pemenang World Cup 2014 juga bikin hati kita meleleh. Jerman. Ya, Jerman kala itu memenangkan juara piala dunia serta memenangkan hati penggemarnya. Pasalnya, dalam skuad Jerman saat itu ada Mesut Ozil dan Toni Kroos. Berbeda sekali di tahun 2022, Timnas Jerman bikin emosi, beruntungnya mereka tidak lolos di fase grup.

6.  Ale Ale - Jason Derulo, Tahun 2018


Rusia menjadi tuan rumah FIFA World cup 2018. Dengan segala keindahan negara Rusia, ditambah dengan theme song World cup yang berjudul Ale Ale dan dinyanyikan oleh Jason Derulo, membuat para pecinta bola kian gila bola. Meskipun lagu tersebut bukan lagu resmi dari FIFA, karena lagu resminya Live it Up yang dinyanyikan oleh Nicky Jam, Will Smith, dan Era Istrefi.

Selain itu, yang bikin semangat karena di final ada Kroasia bertemu Prancis, yang pada akhirnya Prancis berhasil menyabet gelar juara dunia untuk kedua kalinya.

7. Dreamers - Jungkook BTS feat Fahad Al Kubaisi, Tahun 2022


FIFA World Cup Qatar 2022 banyak yang bilang penuh kontroversi karena peraturannya. Tapi, banyak yang setuju dengan peraturan negara Qatar yang berani dan tegas terhadap negara-negara barat.


Selain itu, theme song-nya katanya tidak seterkenal lagu-lagu World Cup yang dulu-dulu. Katanya, sebelum pembukaan World Cup Qatar, masih sepi tentang theme song-nya, bahkan seperti tidak dikenal.

Namun, kenyataan berbanding terbalik ketika grand opening FIFA World Cup menyapa kita semua. Lagu Dreamers yang dinyanyikan oleh Jungkook BTS feat Fahad Al Kubaisi bikin pecah sepecah-pecahnya. Langsung booming dan trending di mana-mana. Saya yang sebelumnya belum ngefans dengan BTS, saya jadi suka sama Jungkook gegara lagu Dreamers ini.

Penutup


Well, keren-keren semua ya lagu FIFA World cup. Dengan tema yang berbeda-beda mampu menyatukan para pecinta sepak bola di mana pun berada, di seluruh penjuru dunia.

Bagi saya sendiri, theme song terfavorit tentu saja dari Shakira - Waka Waka, dan Jungkook feat Fahad Al Kubaisi - Dreamers. Boombastis! Kalau teman-teman, adakah yang suka dari theme song FIFA World Cup yang saya tulis? Atau mungkin ada lagu lain sebelum tahun 1998 yang bagus, share di kolom komentar, ya.

Terima kasih.
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

34 comments for "Lagu FIFA World Cup yang Bikin Semangat Terus, dari 1998 - 2022. Mana Favoritmu?"

  1. Dari kelas berapa nontonnya, keliatan umurnya berapa wkw

    Piala dunia pertama yg saya tonton tahun 2002. Tp theme song terbaik kayaknya masih dipegang tahun 2010 milik shakira. Sangat membekas

    ReplyDelete
  2. Kalau yang paling melekat di aku sih, Copa de la Vida. Karena setelah itu ga terlalu ngikuti dunia bola maupun lagunya

    ReplyDelete
  3. Salut sama Mbak Eri. Perhatiannya luar biasa untuk bola, sampai tahu banget lagu-lagunya. Saya malah baru tahu lagu lagu itu dari postingan ini. Huhu...

    ReplyDelete
  4. Aku gak ngikutin piala dunia sih, karena gak paham bola juga tapi suka denger lagu2nya.
    Kayaknya yang paling berkesan sih lagunya Ricky Martin dan Shakira yah, sama lagunya Jungkook yang terakhir dibawain di Qatar juga enak bangeeet

    ReplyDelete
  5. Lagu FIFA World Cup memang enak2 semua. Ga bosan mendengarkannya :D Dreamers yang sekarang ini easy listening menurutku. Penuh semangat meraih kemenangan. Paling seksi memang Ricky Martin hahaha dengan goyangannya yang wow menyanyikan lagunya, ga bakalan lupa deh. Waka2 juga seru!

    ReplyDelete
  6. Masih tetep suka sama lagunya Shakira. Dibawa joget-joget atau nemenin kerja pagi-pagi kayaknya masih enak aja gitu, ga kemakan waktu.

    ReplyDelete
  7. Kalau versi ku, Dreamers, Waka Waka, sama La Copa de la Vida yang meski sudah lama, tapi selalu teringat. Asyik menghentak-hentak gitu lagunya

    ReplyDelete
  8. Kalau versi ku, Dreamers, Waka Waka, sama La Copa de la Vida yang meski sudah lama, tapi selalu teringat. Asyik menghentak-hentak gitu lagunya

    ReplyDelete
  9. Walaupun aku bukan penggemar sejati FIFA World Cup tetapi untuk lagunya aha suka banget. La Copa de la Vida - Rikcy Martin,Waka Waka - Shakira dan Ale Ale - Jason Derulo. Ini semua favoritku dan asik dipakai untuk berjoget

    ReplyDelete
  10. dari semuanya paling suka 3 lagu aja, yang dinyanyiin Ricky Martin, Shakira dan JK ah yang JK paling lembut sampe terngiang2 terus wkwk

    ReplyDelete
  11. Dari kesemua lagunya paling hits menurutku itu waka waka, yang terbaru ini ya karena waktunya sekarang jadi lumayan hits apalagi yang nyanyi member BTS ya

    ReplyDelete
  12. Kak Ery, aku berharap disematkan videonya, hehhe..
    Biar jadi artikel yang bisa nyanyi.
    Tapi aku kagum banget sama penulis lyric dan aransemen musik lagu-lagu piala dunia tuh. Selain liriknya yang penuh motivasi (meski gak tau bahasanya) tapi menikmati iramanya yang riang, seakan ikut "SEMANGAT".

    ReplyDelete
  13. Mbaa, lagunya Ricky Martin lama banget tapi masih keingat. Ama waka waka keeeekeee 😃🤣. Lalu yang tahun ini juga aku sukaa

    ReplyDelete
  14. Aduh baru tahu itu yang nyanyinya BTS , sering denger kalao nonton siaran bola di sctv atau moji , kirain bukan bts . Enak-enak lagu fifa world cup

    ReplyDelete
  15. Aku paling demen Shakiraaa
    Lagunya tuh kyk terngiang melulu di kuping.
    Bikin semangaatttt jugak

    ReplyDelete
  16. la copa de la vida, waka waka sama dreameerrss. vibesnya piala dunia banget kalau dengerin lagunya. aku beberapa malah gak kenal, wkwkwk. karena gak terlalu ngikutin bola, huee

    ReplyDelete
  17. Paling legend emang lagu yang dinyanyikan sama Ricky Martin sih. Masing terngiang-ngiang sampai sekarang tahu. Sama punya Shakira. Waka-waka.

    ReplyDelete
  18. Aku sih paling suka sama dua lagu milih Ricky Martin sama Shakira. Kayaknya legend banget. Terngiang-ngiang sampai sekarang.

    ReplyDelete
  19. lagu world cup tahun ini paling the best, baru denger sekali langsung terngiang-ngiang di telinga dan auto hafal hahahaha mana yang nyanyi Jungkook pulak

    ReplyDelete
  20. Akuuu sukaa shakira sampai sekarang masih suka dengerin...musiknya bikin semangat gitu..

    ReplyDelete
  21. Iya, piala dunia identik dengan lagu-lagunya ya mbak
    Apalagi tahun ini, ada Jungkook
    Tapi aku sih paling suka sama Ricky Martin, lagunya bikin semangat banget

    ReplyDelete
  22. Hayya Hayya enggak masuk ya bukannya yang resmi tahun 2022 ini?, enak juga ini..bersanding dengan Dreamers
    Kalau yang edisi lama saya suka yang Ricky Martin

    ReplyDelete
  23. Beneer, lagu lagu itu semua udah jadi legend saat piala dunia. Aku suka Waka Waka, Ale Ale, dan La Copa Del La Vida. Seru kalo udah denger lagu itu dinyanyikan satu stadium

    ReplyDelete
  24. kalau aku yang paling branding FIFA world cup tuh yg shakira haha dan suka banget sama lagu FWC yang tahun 2022 ini oleh Jungkok, keren banget

    ReplyDelete
  25. Iya loh, keren-keren semua theme song FIFA World Cup. Yang Ricky Martin itu legenda bangeeett... keinget dulu seneng banget nyanyiinnya karena memang hits pol di jamannya. Yang Shakira aku juga seneng ndengerinnya.

    ReplyDelete
  26. Lagu Dreamer aku pun awalnya juga belum paham. Tapi begitu grand opening, bener yang Eri bilang, petjaahh banget. Tapi aku tetep deh belum hapal, baru dua kali dengerin juga. Kayaknya memang harus diputar berulang-ulang biar hapal seperti yang Ole Ola, atau Waka. Aku suka sih dengan penampilan Jungkook BTS featuring Fahad Al Kubaisi ini

    ReplyDelete
  27. Ahh, lagu FIFA yg melekat banget sih itu tahun 2010 yang Shakira Mbak. Soalnya beberapa pertandingan sempat nonton juga sih

    Cuman kalau lagu FIFA yg pertama kali itu juga pernah dengar dulu tapi ga tau klo itu lagu Fifa utk th 1998 loh

    Btw yg Th 2022 ini enak juga kok fresh gitu

    ReplyDelete
  28. Ricky Martin dan Shakira. Dua lagu itu menurutku selalu bisa masuk ke semua generasi. Ada lagi sebetulnya, Waving Flag-nya Knaan. Sayangnya itu side song dan ada musik coca colanya. Wkwkwkwk. Biasanya side song justru yang disukai penonton yaaaa.

    ReplyDelete
  29. Lagu FIFA World Cup favorit Saya yang tahun 98 dari Ricky Martin karena The Cup Of Life berasa banget semangat bertandingnya, meriah dan Extravaganza! Kalau denger lagi itu auto semangat deh jadinya

    ReplyDelete
  30. Yang sebagian liriknya apal luar kepala ya yang nomor 1 dan 4.

    Sanmina mina e e, waka waka ee.

    Eh, lanjutannya cuma begeremeng sendiri :-)) Tapi kalo misal selewat ndenger, auto keinget kalo dua lagu ini lagu 'kebangsaannya' Piala Dunia.

    Sudah lama gak jadi penikmat pildun, jadi suka gak notice juga dengan 'OST'nya.

    ReplyDelete
  31. Lagu-lagunya emang mengenang banget ya, kalau didenger-denger satu persatu juga jadi tau itu lagu FIFA world tahun berapa.. Gak kerasa FIFA sekarang udah mau final aja dan bakal terlihat juara dunianya tahun ini..

    ReplyDelete
  32. Aku paling suka sih Waka-waka. Hehehe, beat-nya bikin semangat ya. Tapi Ale-ale juga suka. Soalnya punya kenangan manis sekaligus bikin malu. Hehehehe, zaman aku ospek kuliah dulu sama teman-teman, nyanyi lagu itu di depan senior. Aaaah maluuu!

    ReplyDelete
  33. Lagunya itu bikin joget kalau saya bilang. Meski aku tahu liriknya sampai sekarang tapi dengernya tetap enak kalau diputer

    ReplyDelete
  34. Ternyataaaa gaungnya ale ale ale masih saja terngiang di telingaku, otomatis saat baca di atas, langsung muncul nostalgia lagu itu..

    ReplyDelete