Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tentang Peraturan Piala Dunia Qatar 2022

Gelaran sepak bola terbesar di dunia sudah hadir mewarnai kita. Piala Dunia Qatar 2022 sudah dimulai. Ya, gelaran tersebut dimulai pada tanggal 20 November hingga 18 Desember 2022.

Piala Dunia Qatar 2022 memang luar biasa. Banyak yang bilang ini penuh kontroversi, tapi bagi saya, apa yang sudah menjadi keputusan pemerintah Qatar tentang peraturan di FIFA World Cup 2022 sangatlah bagus.



Peraturan Piala Dunia Qatar 2022


Peraturan World Cup Qatar 2022

Memang apa saja sih peraturan di Qatar yang dianggap kontroversi di negara-negara barat. Coba simak, yuk. Menyadur dari liputan surabaya.jatimnews.com, berikut peraturan piala dunia Qatar 2022 yang membuat gerah sebagian negara.

1. Dilarang Melakukan Seks Bebas


Qatar merupakan negara Islam yang terletak di Jazirah Arab atau Timur Tengah. Dengan begitu, larangan melakukan seks bebas juga berlaku meskipun World Cup berlangsung. Qatar sudah memutuskan tidak ada cinta satu malam bagi pasangan yang belum dan atau tidak menikah. Jika melanggar peraturan tersebut akan terkena hukuman 7 tahun penjara.

Peraturan ini berlaku bagi siapa saja, termasuk kepada seluruh pemain sepak bola, team, dan juga supporter serta lainnya yang ada tinggal di Qatar.

Dengan adanya peraturan tersebut dunia barat tentunya banyak yang protes. Pasalnya dari pemain-pemain mereka banyak yang belum menikah tapi sudah berhubungan dan bahkan mempunyai anak.

Kalau buat saya pribadi, ini peraturan yang sangat apik untuk dicontoh. Jangan sampai ada cinta satu malam hanya karena ada ajang atau event.

2. Dilarang Bermesraan di Tempat Umum


Selain adanya larangan seks bebas, Qatar juga melarang siapapun bermesraan di tempat umum bagi pasangan yang belum menikah.

3. Tidak Ada Minum Minuman Keras


Qatar juga melarang adanya minum minuman keras di stadion. Jadi, para penonton sepak bola yang suka minum minuman mengandung alcohol, tidak bisa membawa minuman tersebut. Qatar memperbolehkan bagi warganya untuk minum minuman keras hanya kepada penduduk yang sudah mempunyai izin, dan itu pun harus diminum di rumah saja.

4. Larangan LGBT


Mungkin yang paling bikin panas dunia barat ialah Qatar melarang LGBT dalam bentuk apapun termasuk atribut yang digunakan seperti halnya ban kapten.

Qatar melarang adanya perilaku LGBT, kampanye, dan lain sebagainya yang mengarah ke LGBT. Hal ini banyak sekali yang protes, sampai-sampai netizen banyak yang berkomentar di akun instagram @fifaworldcup dengan menuliskan #boicotqatar. Akan tetapi, banyak juga yang mendukung dan setuju dengan peraturan yang berlaku di Qatar.

Salah satu orang yang setuju dengan peraturan tersebut tentu saja saya sendiri, saya sangat-sangat setuju dengan adanya larangan LGBT.

5. Larangan Mengedarkan Narkoba


Setuju! Jangan sampai ajang Piala Dunia yang 4 tahun sekali terselenggara menjadi ajang pengedaran obat-obatan terlarang dan berbahaya. Dan ini berlaku bagi siapa saja di Qatar, yang kedapatan mengedarkan Narkoba akan dihukum mati.

6. Larangan Menggunakan Pakaian Terbuka


Meskipun tidak harus menutup semua anggota badan, Qatar meminta semua pecinta sepak bola menghormati budaya di Qatar. Untuk itu, pria dan wanita diwajibkan menggunakan pakaian yang menutup sampai ke bahu dan lutut mereka.

Ya, ya, saya paham, ajang piala dunia kalau di negara-negara barat, pecinta sepak bola biasanya menggunakan pakaian yang seksi. Apalagi para WAGS (Wife And Girlfriends) pemain sepak bola, tahu kan bagaimana cara berpakaiannya?

Larangan lainnya seperti tidak boleh berjabat tangan selain dengan mahram, dilarang mengacungkan jari tengah, menyebar berita hoax, menghina keluarga kerajaan dan lain sebagainya.

Penutup


Well, menurut saya apa yang dilakukan oleh Qatar sudah sangat baik. Tetap menjadi negara dengan hukum yang sudah berlaku meskipun FIFA World Cup digelar dan banyak orang yang mengecamnya.

Dan ada pelajaran yang bisa kita ambil dari itu semua, jangan sampai mengubah peraturan yang sudah berlaku dengan baik, demi hanya sebuah ajang atau pentas sesuatu.

Semoga ajang Piala Dunia Qatar 2022 menjadi contoh, khususnya bagi negara kita sendiri. Bahwa peraturan tidak boleh dilanggar meskipun untuk ajang internasional dan menggemparkan dunia.

Okay, terima kasih sudah berkunjung ke sini. Terima kasih.

Salam olahraga.
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

17 comments for "Tentang Peraturan Piala Dunia Qatar 2022"

  1. Qatar Wordl Cup ini adalah yang terbaik menurutku sepanjang mengikuti piala dunia hehehe. Senang banget melihat peraturan islam berlaku di negara islam. selama ini kan kita juga berusaha mengikuti peraturan negara barat saat berkunjung ke negara mereka. sekarang melihat aturan yang diterapkan Qatar aku kok bahagia banget hahaha

    ReplyDelete
  2. Bagi umat muslim, peraturan piala dunia Qatar ini tentu baik sekali. Memang sih banyak yang protes, tetapi kan ini demi kelencaran acara serta menghormati tuan rumah yang boleh menentukan apa-apa saja yang boleh dan tidak. Semoga piala dunia kali ini sukses dan berbagai pihak merasa aman dan bahagia.

    ReplyDelete
  3. ya ampun ini ya negara Qatar masyaallah banget ya, jadi pengen ubah kewarganegaraan hehehe.. dan aku suka sama official song piala dunia kali ini

    ReplyDelete
  4. MasyaAllah Piala Dunia yang memperkenalkan islam secara mendunia dan modern banget ya. Bener-bener amaze sama negara satu ini. Suara adzan pun boleh dikumandangkan bahkan pembukaannya pun pake pembacaan ayat suci ya mba

    ReplyDelete
  5. Masyaa Allah... Salut sama ketegasan Qatar. Emang ya, kalau ekonomisnya kuat, negara jadi punya wibawa lebih.

    ReplyDelete
  6. Toss, Mak ... saya juga setuju dengan aturan-aturan yang dibuat Qatar. Semoga saja tidak ada yang melanggar ya .. atau kalaupun ada yang melanggar bisa dikenai sanksi. Btw, sanksinya apa ya?

    ReplyDelete
  7. Menurut saya nggak ada yang salah dengan peraturan ini
    Sebagai tuan rumah, Qatar berhak untuk mengeluarkan peraturan pada tamu tamunya

    ReplyDelete
  8. Qatar adalah salah satu negara paling sejahtera di dunia, rakyatnya gak ada yang miskin. Dan bisa jadi, karena mereka punya aturan / prinsip hidup yang baik yang diterapkan sehari-hari. Tak apa dikecam, asal prinsip tetap dipegang. Aku setuju semua dengan aturan dan sanksi yang dibuat oleh Qatar selama penyelenggaraan FIFA World Cup 2022!

    ReplyDelete
  9. Nah iya tuh peraturan yang aku setuju terutama LGBT, eh ada yang nyolong-nyolong tuh reporter dari BBC kayaknya pakai ban lengan simbol pelangi. Keren loh Qatar dengan keberaniannya yang pasti banyak yang tidak suka

    ReplyDelete
  10. Merindiiing...
    Qatar vibes ini memang luar biasa.

    MashaAllah~
    Semoga banyak yang semakin terbuka dengan hukum Islam dan menjadi lebih akrab.

    Pantesan ya.. LGBT sejak pembukaan FIFA World Cup 2022 jadi trending teruuss..
    Ternyata buntut dari peraturan ini.

    Ayo, hidup sehat dengan hukum Islam.

    ReplyDelete
  11. Memang panas ya mak bagi negara barat soal peraturan FIFA di Piala Dunia Qatar 2022 ini. Tapi aku angkat topi deh buat si tuan rumah yang sudah kokoh memegang prinsipnya & nggak menggadaikan prinsipnya selama piala dunia berlangsung. Bahkan dengan adanya aturan ini, sekaligus bisa jadi ajang buat berdakwah. Keren!

    ReplyDelete
  12. Setuju...harusnya juga ga boleh protes. "Di Mana Bumi Dipijak, di Situ Langit Dijunjung" semua menghormati tuan rumah dengan aturan sesuai negara Islam yang diterapkan. Kalau negara lain yang berkonsep bebas jadi tuan rumah punya aturan sendiri ya silakan

    ReplyDelete
  13. Kalau saya pribadi sebagai seorang muslim tentu sangat setuju dengan aturan Qatar. Tetapi, selain pernyataan tentang setuju atau enggak, harus punya respek. Orang lain bebas aja mau gak setuju dg aturan Qatar. Tetapi, tetap harus patuh dg aturan tersebut kalau mau nonton langsung. Ibarat peribahasa "di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung".

    ReplyDelete
  14. Betul2 harus sadar kalau penyelenggaran piala dunia kali ini di negara muslim, jadi yang datang di acara ini mau enggak mau harus mengikuti peraturan2nya, ya.

    ReplyDelete
  15. ah, salut banget deh bisa tegas dengan peraturan seperti itu. bisa mempertahankan budaya bangsanya dan memang seharusnya sih tamu yang mengikuti tuan rumah. mantap yaa

    ReplyDelete
  16. Peraturannya bagus kok, kan tiap negara bebas menerapkan aturan yang berlaku di negaranya sendiri. Apalagi kan memang negara Islam ya, aturan yang ditetapkan juga harus dihormati oleh pendatang, termasuk para peserta piala dunia. Ntar klo udah balik negaranya sendiri ya udah kan bebas aja hehehee...

    ReplyDelete
  17. memang penuh kontroversi ya piala dunia tahun ini. tapi sebagai muslim tentunya saya bangga Qatar bisa memberlakukan peraturan sesuai dengan syariat agama kita

    ReplyDelete