Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hal yang Penting Diperhatikan Sebelum Modifikasi Velg

Setelah berhasil mendapatkan leasing mobil baru, rasanya ingin segera modifikasi agar terlihat beda dan keren. Biasanya bagian mobil yang cukup sering dimodifikasi adalah velg. Pilihan velg memang menarik dengan jenis yang beragam. Tapi jangan sampai ketika memilih velg yang terlihat keren, ternyata justru memperburuk performa mobil.


Pahami Terlebih Dahulu Tips Memodifikasi Velg 


Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memodifikasi velg

Modifikasi velg memang normal dilakukan, tetapi wajib pintar memilih jenis apa yang tepat untuk mobil yang kita miliki.

Berikut ada beberapa tips modifikasi velg yang bisa dipahami sebelum melakukannya.

1. Lihat Aspek Rasio Ban


Aspek rasio ban dihitung dari section width dengan section high. Section width adalah ukuran antara sisi ban jika diukur dari bagian dalam ban. Sedangkan section height adalah tinggi dari tapak ban ke bagian dasar ban yang mencengkram velg. Semakin kecil angka pada aspek rasionya, maka ban akan semakin tipis. Begitu pula sebaliknya, jika angka di aspek rasio besar, ban pun akan semakin tebal.

2. Lihat Diameter Luar Ban yang Digunakan


Perhatikan diameter luar ban atau outside diameter yang digunakan ketika mengganti velg ke diameter yang lebih besar. Jadi usahakan diameter luar ban tetap sama (tidak berubah) walaupun ukuran velgnya diubah menjadi lebih besar. Jadi sebelum memilih velg, pastikan ukuran bannya agar tidak salah.

3. Perhatikan Lebar Velg


Semakin besar ukuran velg, semakin besar pula lebar dari velg tersebut. Sehingga bidang cengkram pada ban akan semakin besar pula. Efeknya, body roll dan understeer akan meningkat.

Body roll adalah pergerakan badan mobil ke arah luar tikungan. Sedangkan understeer merupakan gejala dimana mobil bergerak lurus padahal setir sudah dibelokkan. Jika ini terjadi, tentu pengalaman menyetir jadi tidak nyaman dan bisa membahayakan.

4. Lihat Perubahan Pada Titik Tumpu Mobil


Saat mobil menggunakan velg yang lebih lebar dan besar, tentu akan menyebabkan titik tumpuan pada roda menjadi bergeser. Tak hanya itu, perubahan titik tumpu roda tersebut juga dapat dipengaruhi dari pemakaian velg dengan offset yang berbeda dari standarnya. Offset velg menandakan seberapa besar titik tengah velg yang menjorok ke luar atau ke dalam.

5. Adanya Risiko Penggantian Ukuran Velg Lebih Besar


Mengganti velg tandanya mengganti kenyamanan standar mobil yang sudah diciptakan. Jika mengganti velg dengan diameter yang terlalu besar, otomatis wajib menggunakan ban dengan angka aspek rasio yang kecil. Kalau ban makin tipis, tentu sangat kecil defleksinya dan berakibat kemampuan ban untuk menyerap getaran jadi berkurang. Tak hanya itu, beban putar sistem kemudi juga jadi lebih berat dan beberapa komponen akan cepat aus.

Jadi sebelum modifikasi velg, pastikan memahami terlebih dahulu apa saja yang harus diperhatikan. Dan terpenting harus nyaman dan aman saat mengendarai mobil.

Saatnya Mencari Leasing Mobil yang Tepat


Leasing mobil yang tepat
Sumber foto: www.seva.id

Setelah paham bagaimana memodifikasi velg yang aman dan nyaman. Saatnya mencari leasing mobil yang tepat agar kita bisa memodifikasi velg sesuai dengan keinginan dan kemauan kita.

Salah satu leasing mobil yang bagus dan mengerti kebutuhan kita ialah SEVA. Lebih detailnya bisa langsung mengunjungi saja website SEVA.

Kelebihan SEVA yang digemari oleh konsumen ialah karena SEVA menawarkan fitur kalkulator pembiayaan yang dapat mensimulasikan pembelian kendaraan sebagai bahan pertimbangan kita untuk di masa depan. Tak hanya itu saja, SEVA juga memiliki Fitur Instant Approval yang dapat membantu calon pembeli untuk memeriksa kondisi finansial sebelum memilih mobil sesuai dengan kemampuan.

Selain itu, SEVA juga menawarkan berbagai keuntungan yang menarik. Seperti pilihan bunga 0% atau DP 15% untuk pembelian beberapa mobil Toyota, cashback Rp 1 juta untuk pembelian mobil dengan pembiayaan kredit, dan gratis asuransi Garda Health Tech hingga Rp 3,2 juta. Tak hanya itu, SEVA juga siap melindungi dengan asuransi Tanggung Jawab Pihak Ketiga senilai 10 juta dan diskon spesial lainnya.

Baca juga:


Beli mobil yang terpercaya, ya di SEVA saja.

Penutup


Okay, sekarang kita bisa memahami dan mengerti apa saja yang harus diperhatikan sebum mengganti velg mobil. Selain hanya untuk bergaya dan terlihat keren, yang penting ialah keamanan dan kenyamanan saat berkandara.

Nah, bagi teman-teman yang tertarik untuk memiliki mobil, bisa mengunjungi SEVA, merupakan leasing mobil yang tepat. Selain itu, juga banyak keuntungan yang bisa didapatkan.

Well, semoga informasi ini bermanfaat buat semuanya, terutama yang sedang mencari kendaraan mobil.


Terima kasih.
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

21 comments for "Hal yang Penting Diperhatikan Sebelum Modifikasi Velg"

  1. Jujur aku tuh nggak terlalu ngerti otomatif, makanya nggak pernah berani buat modifikasi. Kalau soal kendaraan itu biasanya suami yang agak detail, jadi banyak tanya. Leasing SEVA ini banyak kasih kemudahan buat beli kendaraan ya. Ada gratis asuransi juga

    ReplyDelete
  2. baru kepikiran kemarin mau ganti ban cuma masih maju mundur sih mau skalian ganti velg ga sekalian, pas banget baca informasi di sini. Makasih kak informasinya

    ReplyDelete
  3. Ganti velg mobil ternyata banyak juga faktor yang harus diperhatikan yah mbak, makasih sharingnya, cateeet biar gak salah pulih velg mobil nih

    ReplyDelete
  4. Kalau velg dimodifikasi pasti tambah jeren nanti. Wah SEVA memudahkan rencana leasing ya karena menawarkan fitur kalkulator pembiayaan yang dapat mensimulasikan pembelian kendaraan sebagai bahan pertimbangan kita.

    ReplyDelete
  5. Wah iya, kalau mau memodifikasi velg emang g bisa langsung dan sembarangan ya mbak
    Ada hal hal yang harus diperhatikan
    Oke, aku share ke suami ah artikel ini

    ReplyDelete
  6. Ini kayak adik iparku, karena memang demen utak-atik mobil jadi dia juga demen modifikasi velg. Kayak mau jalan ke luar kota atau dalam kota menyesuaikan dia pakainya.

    ReplyDelete
  7. Wallaa...gak gampang ya mau maen ganti2 aja VELG. Ternyata gak semudah itu. Harus memiliki ilmu yg lain juga yg berhubungan dengan penggantian Velg ini agar nantinya setelah modifilasi dilakukan datanglah penyesalan.

    ReplyDelete
  8. banyak juga yang harus diperhatikan ya mba sebelum kita memodifikais velg. Selama ini biasanya suami yg urus hehehe

    ReplyDelete
  9. Beberapa leasing hanya bekerja sama dengan brand mobil tertentu. Kalau Seva bisa dengan semua brand?

    ReplyDelete
  10. Keluarga saya juga punya pengalaman tentang modifikasi velg mobil. Suami ingin velgnya dibuat kayak mobil touring gitu, diganti dengan yang besar, eh malah kurang nyaman. Jadi nyesel deh!
    Heuheuheu...

    ReplyDelete
  11. Mbak Ery, Seva bisa untuk mobil second apa hanya mobil baru? kebetulan saya cari info leasing untuk mobil second.

    ReplyDelete
  12. Velg tu kayanya sepele tapi bisa bikin tampilan mobil jd lebih kece ya mbak. Asikku tuh suka banget gonta ganti velg ntar aku share postingan ini ya mbak

    ReplyDelete
  13. Bener banget ini.. Harus memperhatikan beberapa sisi ya sebelum memodifikasi kendaraan. Jangan sampai karena ingin tampilan mobilnya keren lupa memikirkan faktor keamanan kendaraan saat digunakan

    ReplyDelete
  14. Jadi sebelum modifikasi Velg harus lihat dulu ya apa aja yang sesuai, gak bisa main ganti aja itu semua juga demi keselematan juga.
    Kalau gak ngerti bisa tanya-tanya dengan ahlinya ya, termasuk ke SEVA sebagai leasing mobil yg mengerti kebutuhan kita

    ReplyDelete
  15. Aku tuh kalau urusan mobil atau motor tuh percaya aja sama Bapak, Adik atau Kakak. Mereka yang lebih ngerti kan. Paling nanya sih ini baiknya gimana, oke atau gak

    ReplyDelete
  16. Pernah lihat velg mobil sedan trepes sekali, sampai posisinya dekat sekali dengan body mobil.

    Saya hanya membatin apa nyaman trs kalau ketemu polisi tidur harus super hati hati.

    Baru tau kredit leasing Seva, semoga berkembang dengan lebih baik ya (gusti yeni)

    ReplyDelete
  17. Kayaknya kalau urusan permobilan biarkan saya serhkan pada yg ahli 😂😂

    ReplyDelete
  18. Baru tahu tipsnya kalau mau ganti velg. Tenrnyata SEVA banyak keuntungannya dengan pilihan bunga 0% atau DP 15% untuk pembelian beberapa mobil Toyota,
    bisa dapat cashback Rp 1 juta untuk pembelian mobil dengan kredit, dan free asuransi Garda Health Tech hingga Rp 3,2 juta. Enak juga ya kalau pilih Seva

    ReplyDelete
  19. Cukup rumit juga ya untuk memodifikasi velg. harus jelas perhitungan ukuran velg yang akan dimodifikasi tersebut dengan spec mobilnya.

    ReplyDelete
  20. Aku kudet banget sama masalah dan istilah permobilan, Teh, makasih ya infonya bikin tambah wawasan nih, hehehe.

    ReplyDelete
  21. Dulu aku termasuk yg selalu kepengin ganti velg tiap kali ganti mobil mba. Tapi untung ada suami yg ngelarang Krn buat dia ganti velg ga bisa sembarangan, ga cuma sekedar liat modelnya gagah, keren dll. Makanya dia selalu LBH suka pakai velg asli bawaan

    Tapi kalo skr, aku udh ga terlalu kepengin lagi sih ganti2 velg. Apalagi pas kemarin ganti mobil ke Toyota lagi, velg nya udah cakep 😁. Jadi ga ada alasan buat ganti. Mending pake yg asli bawaan

    ReplyDelete