Tanda-tanda Moms Tidak Cocok Menggunakan Skincare Tertentu

Tanda-tanda tidak cocok menggunakan skincare
Tanda-tanda Moms Tidak Cocok Menggunakan Skincare Tertentu

Memilih produk skincare yang tepat memang tidak mudah karena setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda. Skincare yang cocok dipakai oleh teman, saudara, dan beauty influencer favorit Anda pun belum tentu cocok dan bekerja dengan baik di kulit Anda. Oleh karena itu, kebutuhan kulit wajah setiap orang pun berbeda pula. 

Jika Anda sedang mencoba skincare baru dan tidak yakin produk tersebut bekerja dengan baik di kulit Anda, simak beberapa tanda Anda menggunakan produk skincare tertentu.

5 Tanda Moms Tak Cocok Pakai Skincare Tertentu

1. Timbul kemerahan pada kulit
Kemerahan pada kulit adalah salah satu tanda umum yang paling mudah dikenali ketika terjadi iritasi pada wajah Anda. Tanda ini biasanya dibarengi dengan sensasi gatal-gatal, panas, dan terasa menyengat pada sebagian orang. 

Jika hal ini terjadi pada Anda, sebaiknya hentikan penggunaan skincare sementara. Hal ini mungkin terjadi ketika Anda menambahkan beberapa produk baru ke dalam rangkaian skincare Anda secara bersamaan. Ketika Anda kembali mencoba produk tersebut saat kondisi wajah sudah kembali normal namun mendapatkan reaksi yang sama, sebaiknya hentikan penggunaan produk tersebut karena itu berarti ada kandungan dalam produk tersebut yang tidak cocok dengan kulit Anda.

2. Timbul beruntusan dan jerawat
Penggunaan skincare memang membutuhkan waktu dan hasilnya tidak dapat dirasakan secara instan. Umumnya, skincare butuh beradaptasi dengan kulit selama beberapa minggu. Mengalami purging di fase awal pemakaian sebuah produk merupakan hal yang wajar. Akan tetapi, Anda harus waspada ketika terjadi breakout pada kulit wajah Anda. 

Apa itu purging? Purging merupakan reaksi yang terjadi jika terdapat bahan aktif di dalam produk yang Anda gunakan. Dalam hal ini, biasanya terjadi proses pembersihan yang ditandai dengan beruntusan, jerawat, whiteheads, dan blackheads yang berangsur-angsur akan hilang.


Sementara breakout adalah reaksi ketidakcocokan terhadap bahan tertentu dalam suatu produk yang nantinya justru akan memicu iritasi. Mengutip laman Momslyfe, beruntusan kecil dan jerawat yang timbul satu sampai tiga di tempat kulit wajah Anda biasa berjerawat merupakan reaksi yang wajar terjadi ketika Anda mengalami purging. Jika lebih dari dua minggu jerawat yang muncul malah semakin parah, inilah tanda kulit Anda mengalami breakout dan tidak cocok dengan produk yang Anda gunakan.

3. Kulit wajah terasa seperti tertarik
Bagi sebagian orang, efek kulit wajah terasa seperti tertarik lebih disukai karena dianggap membersihkan kotoran di wajah secara menyeluruh. Anda mungkin menyukai efek kulit wajah kesat dan kencang yang bersifat sementara. Namun, hal ini bisa jadi salah satu tanda bahwa skincare yang Anda gunakan tidak cocok.

Kulit Anda bisa saja malah kekurangan minyak alami yang dibutuhkan oleh wajah dan menyebabkan elastisitasnya berkurang. Untuk mengatasi hal ini, pilihlah produk dengan pH yang ideal agar keseimbangan kulit wajah Anda tetap terjaga.

4. Dehidrasi pada kulit wajah
Jika setelah pemakaian produk baru Anda justru merasa wajah mengeluarkan minyak berlebih atau malah menghasilkan kulit bersisik dan pecah-pecah, bisa jadi kulit wajah Anda mengalami dehidrasi. Pilihlah produk dengan kandungan yang lembut karena mungkin saja produk yang Anda pilih memiliki kandungan yang terlalu keras untuk kulit Anda. Selain itu, batasi penggunaan produk dengan kandungan eksfoliator agar tidak berlebihan.

5. Tidak terjadi perubahan yang signifikan
Kulit wajah akan beregenerasi setiap 14 hingga 28 hari sekali. Ketika sudah rutin menggunakan produk dalam jangka waktu lebih dari sebulan dan tidak terjadi perubahan yang signifikan pada kulit wajah Anda, sudah saatnya Anda mengganti produk tersebut. Meskipun tidak menimbulkan reaksi negatif, hal ini menandakan kandungan di dalam skincare yang Anda pakai tidak bekerja dengan baik di kulit Anda.


Itu tadi beberapa tanda yang terjadi jika moms tidak cocok menggunakan skincare tertentu. Yang perlu diingat kembali, skincare tidak bekerja secara instan dan membutuhkan waktu untuk beradaptasi di kulit setiap orang. Namun, jika Moms mengalami beberapa tanda di atas dan berlangsung secara berkelanjutan, segera hentikan pemakaian agar tidak terjadi iritasi yang semakin parah.

19 Comments

  1. Bikin kesel kalo ternyata pakai skincare trus gak cocok ya mbak, soalnya penyembuhannya itu lho yang lama dan kadang membekas

    ReplyDelete
  2. Bagus sekali ini tipsnya, Mbak. Teman-teman jadi warning saat pakai skin care, lalu ada tanda-tanda di atas harus berhenti memakai. Bagusnya memang cari yang pas dan sesuai dengan jenis kulit wajah, ya.

    ReplyDelete
  3. Udah dipakai lama secara rutin tapi malah nggak ada hasil yang signifikan perlu juga di evaluasi ya bahwa kemungkinan tidak cocok dengan kulit.

    ReplyDelete
  4. APa yang dipake orang lain belum tentu cocok dipake ama kita ya kak, kalau sudah ngga bisa jangan dipaksain deh daripada wajahnya tambah berantakan

    ReplyDelete
  5. Pernah juga nih bagian kulit wajah seperti tertarik, haha... duh udah kaya apa aja sih, mungkin maksudnya mau ngencengin tapi kok kaya kaku amat. Mau senyum aja susah.

    Kesini-sininya udah lebih bisa pilih2 skincare yang cocok sih alhamdulillah diterusin aja.

    ReplyDelete
  6. Aku pernah nih bentol-bentol gara-gara engga cocok pembersih wajah. Salah aku juga sih, gonta-ganti merek.
    Terapinya pake gel lidah buaya 6 bulan non stop dan engga pakai skin care apapun...Hiks...pengalaman banget...

    ReplyDelete
  7. Kulit wajah seperti tertarik itu pernah kualami waktu pakai masker wajah merek X. Abis pakai masker itu jadinya mesti pakai pelembap lagi. Kalo nggak gitu, kulit jadi kering.

    ReplyDelete
  8. Kalau istri kemarin sempat ga enak tuh Mbak, pakai sabun wajah eh malah jerawatan. Muncul bintik kecil gitu padahal itu sabun antijerawat. Setelah dihentikan, alhamdulillah hilang. Memang kudu selektif sih pilih skincare, terutama buat wajah. Jangan sampai membahayakan diri sendri.

    ReplyDelete
  9. wah iya benar ya mbak
    pilih skincare harus bijak ya
    harus benar benar sesuai dgn jenis kulit kita
    aku alhamdulillah masih cocok sama skincare ku yg sekarang ini

    ReplyDelete
  10. Kulitku sensitif mb. Gegara dulu kurang terawat. Keluar cuma polosan doang. Baru usia 30 an mulai care. Sekarang jadi pilih2 skin care. Gak bisa sembarangan deh

    ReplyDelete
  11. Aku biasanya cocok-cocok aja, tapi pernah tuh sekali timbul beruntusan gitu akhirnya distop Alhamdulillah langsung hilang. Oh ternyata kalau gak ada perubahan meskipun ga ada gak ada iritasi dan lainnya tetap harus diganti ya

    ReplyDelete
  12. Pasti efeknya sama kek ibu kalo gak cocok mukanya ada bercak merah dan jerawat jadi kusam lagi bearti produk menyesuaikan kulit wajah kita

    ReplyDelete
  13. Aku termasuk yang suka nggak ngeh kalau habis oerawatan lalu timbuo jerawat, aku diamkan aja. Padahal itu termasuk tanda nggak cocok ya dengan skincare. Hmm.. Harus lebih aware nih dengan kondisi kulit wajah. Nice info kak

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah selama ini belum pernah alergi pada penggunaan skin care yang kupilih, kecuali produk make up tuh, kadang setelah beberapa jam rasanya kayak gatel-gatel di wajah. Tapi, poin ke 5 aku baru tahu mba, kalau lebih dari sebulan tak ada perubahan berarti tak cocok ya. Noted

    ReplyDelete
  15. Aku banget ini
    Makanya suka maju mundur sama skincare sebelum betul betul membaca dengan saksama ingredient-nya

    ReplyDelete
  16. Ternyata ada banyak tanda ya kalau kita nggak cocok dengan skincare tertentu. Dana masalah ketemu dengan skincare yang cocok juga susah2 gampang sih ini.

    ReplyDelete
  17. Ternyata pake skincare pun ga bisa sembarangan ya Bund. Mesti cocoklogi dan riset yang banyak. Kalau aku pertimbangannya nomor 1 mesti aman dan terdaftar di BPOM, jangan sampe deh ilegal apalagi mengandung bahan berbahaya. Thx 4 sharing mba Ery <3

    ReplyDelete
  18. Bagi kulit yang tidak sensitif, menggunakan skincare produk apapun tidak masalah. yang susah seperti kulit saya yang suka gatal jika dia menolak. selamat malam, Mbak

    ReplyDelete
  19. Harus hati-hati sekali dalam memilih skincare ya apalagi skincare untuk kulit sensitif ya, terima kasih buat tipsnya mbak Ery

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)