Tentang Alasan Mengapa Saya Menulis di Blog

www.erycorners.com
Hallo, Guys. Jumpa lagi di blog www.erycorners.com. Di Februari ini, jujur saja saya sangat selow dalam ngeblog. Iya, masih sedang menikmati hibernasi yang berkepanjangan, atau mungkin sedang menikmati titik jenuh di stadium yang sudah akut.

Untuk membikin semangat nulis lagi. Purbalingga Blogger United (Babon) mengadakan nulis bareng. Dengan tema Mengapa Nulis di Blog? Sebenarnya tema ini sudah sering saya jelaskan mengapa saya nulis di blog. Dulu juga ketika mengikuti Blogger Perempuan Challenge, ada tema seperti itu. Tetapi, apa salahnya untuk menulis lagi tentang tema itu dan memberikan semangat kepada mereka yang sedang memulai menulis di blog, khususnya Babon.

Alasan Mengapa Menulis di Blog
Alasan yang saya miliki klasik banget awalnya. Ya, karena memang sebelumnya hanya ditujukan untuk menulis curahan hati yang tersayat. Iya, saya dulu juga pernah melewati masa-masa ABG yang kenal dengan cinta monyet atau apalah namanya. Sering galau karena sebuah perasaan, sehingga saya menuangkannya dalam bentuk tulisan. Rasanya itu lega dan plong banget kalau unek-unek di dalam hati sudah tercurahkan.

www.erycorners.com

Seiring perkemangan zaman dan usia saya yang makin berumur. Dan tentu karena sering blog walking ke blog-blog teman, saya jadi banyak inspirasi. Bahwa menulis di blog bukan cuma untuk sekedar curhat atau membuang rasa gundah gulana. Tetapi ada sesuatu hal yang penting juga. Nah, berikut merupakan alasan saya menulis di blog untuk masa kini:

1. Berbagi info yang bermanfaat
Sebagai manusia alangkah baiknya memang berbagi info yang baik dan benar. Syukur-syukur bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi pembacanya. Sehingga ada kebaikan yang tersalurkan dari apa yang kita tulis.

2. Mendapatkan uang
Sudah enggak asing lagi, mengapa menulis di blog ya karena ingin mendapatkan penghasilan. Entah itu dari Google Adsense, Content Placement, Sponsored Post, Job Review, dan atau lainnya. Semakin kita aktif menulis, biasanya memang semakin sering mendapatkan tawaran job.

www.erycorners.com

3. Membuat blog semakin berwarna
Semakin banyak tulisan di dalam blog, tentunya semakin bervariasi bahan bacaan yang ada. Ini bagus untuk pembaca, biar enggak bosan. Semakin senang pembaca, semakin baik pula untuk blog kita. Siapa tahu, bisa mendulang tinggi nilai Domain Authority (DA), yang sekarang ini lagi hits untuk dijadikan acuan syarat mendapatkan job.


Okay, itu tiga alasan dari saya mengapa saat ini masih terus menulis di blog. Sedangkan untuk tema yang saya sukai itu macam-macam. Karena saya menulis di blog ini itu seperti blog gado-gado. Selama konten itu masuk akal, baik, benar, no Hoax dan tidak melanggar peraturan undang-undang yang berlaku; bagi saya, oke-oke saja.

Kalau menurut teman-teman bagaimana? Apa alasan menulis di blog? Atau tema apa yang suka ditulis di dalam blog? Yuk, ceritakan di kolom komentar.

Terima kasih. ^_^

45 comments

  1. Halo, mba Blogger. Daku senang bisa kenal kamu yang menginspirasiku untuk terus menulis 😎😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo juga, Hanat. Oh terima kasih. Aku jadi tersanjung, wkwkkwwk. Padahal dirimu itu lebih hebat dari aku. Semangat terus ya.

      Delete
  2. Entah mengapa, saya menulis blog hanya karena ingin menerbitkan buku. Nyambung gak sih Mbak? Hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyambung, Kakak. Aku juga bercita-cita menulis buku.

      Delete
  3. Aku sih pengin dapat keuntungan uang dari blog, biar bisa memperpanjang domain & hosting. Tapi tetap lebih menyenangkan kalau ngeblog buat berbagi cerita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, nek dirimu pancen jos ya. Aku juga pengen dapat penghasilan, hihihhi.

      Iya, tetap menyenangkan tentu untuk berbagi.

      Delete
  4. Tema blogku masih gado-gado belum bisa nulis dengan Niche tertentu. Sama sih alasanku ngeblog, tiga hal diatas termasuk tujuanku ngeblog intinya dengan ngeblog membuat aku bisa berbagi baik pengalaman, cerita dan ilmu yang saya miliki.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap karena apa yg di dalam otak ini beragam, gak semacam ajah. maunya pakai niche tertentu tai pasti jd kudu punya banyak blog ya

      Delete
  5. Sama mba. Awalnya sekedar memindahkan catatan kuliah ke blog dan ternyata bisa jadi uang heheehe

    ReplyDelete
  6. Kurang lebihnya sih alasan kita sama, Mbak. pingin aja mencurahkan hati yang pura-pura sedang gundah. Haduh, apa sih.

    ya intinya begitulah. Hehehe

    ReplyDelete
  7. Poin 1 dan 2 saya banget tuh. Alhamdulillah melalui blog, sedikit demi sedikit bisa buat beli paket internet

    ReplyDelete
  8. Kalau saya untuk kenang-kenangan. Makanya isi blog saya kebanyakan ya tentang cerita pribadi. Soalnya kalau cuma disimpan di ingatan bisa cepat lupa

    ReplyDelete
  9. Niat aku menulis untuk berbagi aja mba. Eh ternyata baru awal menulis udah dapet tawaran kerja sama. Akhirnya aku anggap job itu sebagai bonus karena kita suka berbagi. Walau begitu, tetap aku berusaha tulisan organiknya harus lebih banyak dari tulisan job.

    ReplyDelete
  10. Alasannya samaaaaa dah :)
    Memang asik kok nulis di blog itu, ya
    Alhamdulillah sambil menyalurkan hobi berceloteh dalam tulisan, juga bisa nambah rezeki :)

    ReplyDelete
  11. Aku suka nulis di blog karena ada duitnya, lebih mudah nulisnya dan bisa nambah skill baru juga teman2 baru

    ReplyDelete
  12. Nah aku pun karena suka menulis dan teryata menghasilkan uang, duh senang banget. Hahhaha. Alhamdulillah ya mbaa

    ReplyDelete
  13. Pada dasarnya sih sama mba, aku juga dulu menulis blog bukan untuk pekerjaan, tapi dokumentasi perjalanan aja, tp seiring dgn wkt ternyata bisa nambah penghasilan, asik juga ya :) keterusan deh sampai sekarang. Malah jd pekerjaan aku utama ini :)

    ReplyDelete
  14. Aku dulu ya niatnya buat curhat aja. Sekarang lebih banyak hal yang dibahas. Salah satu blogku ya ngulas film sama drama

    ReplyDelete
  15. Blogku juga gado-gado tapi lebih ke literasi sih temanya, blogger Semarang Gandjel Rel juga sedang memulai arisan blog nih semoga lancar dan semangat lagi ngeblognya, semangat ya Mbak Ery dan blogger Purbalingga!

    ReplyDelete
  16. Salah satu yg bikin betah nulis blog adalah karena nulisnya pendek-pendek, beda dengan nulis buku. Sekali duduk bisa langsung publish. Jadi sambil nulis buku, sambil ngeblog. Nunggu buku publish lama, tetep terhibur krn di blog bisa kapanpun publish. Haha

    ReplyDelete
  17. Kalau aku nulis blog ya karena pengen nulis. Pengen dikenal orang sebagai penulis meskipun buku yang diterbitkan belum ada yang baru ehehe. Jadi ya ngelesnya dengan bilang "sekarang nulisnya di blog,"

    Selebihnya mah sama kita :D

    ReplyDelete
  18. Kurang lebih sama seperti itu. Tapi awalnya dulu ngeblog, aku cuma curhat. Seneng aja bisa ngungkapin banyak hal ke dalam tulisan. Aku yang dulu punya banyak temen curhat, setelah banyak anak, rada susah buat curhat. Jadinya ya nulis di blog. :D

    ReplyDelete
  19. Dulu saya awal ngeblog ya karena seneng aja nulis, iseng =- iseng. Pas kenal komunitas baru deh ternyata banyak hal lain yang bisa saya dapatkan dari ngeblog.

    ReplyDelete
  20. Sama Mbak, awalnya buat blog itu sekedar curhat agar nggak sesak jika ada masalah dan agar hidup tidak monoton. Eh tapi makin ke sini ternyata ngeblog itu makin mengasyikkan.

    ReplyDelete
  21. Alasannya kurang lebih sama, Mbak. Ingin berbagi pengalaman atau pengetahuan yang pernah saya dapat. Kalau soal tema, saya lebih senang membahas tentang keluarga atau traveling dan kulineran

    ReplyDelete
  22. Alasan nomer 2 yang ga bisa ngehentiin aku di blog makkkk 😭😭😭demi dapur ngebul *curhat

    ReplyDelete
  23. Lebih nyaman curhat di blog
    Seperti diary, sewaktu waktu mampir ke postingan tertentu jadi nostalgia hehheee
    Dapatin uangnya sebagai bonus dari konsistensi nulis ya

    ReplyDelete
  24. Saya nulis blog pertama kali tahun 2008/2009 an, gara-garanya habis baca Kambing Jantan-nya Raditya Dika yang berawal dari blog.

    ReplyDelete
  25. Aku dulu bikin blog karena untuk jurnal harian keluarga dan juga catatan portofolio anak-anak. Soalnya anakku homeschooling mbak

    ReplyDelete
  26. Kalau saya awalnya buat blog itu karena ikut kelas novel, Mbak Ery. Jadi tugasnya diposting di blog. Jadi blog saya dibuatkan adik saya hahaha. Akhirnya saya pakai buat menampung tulisan saja, berbagi cerita. Dan Alhamdulillah sudah ada sedikit penghasilan dari blog. Terus semangat ngeblog, Mbak Ery.

    ReplyDelete
  27. Aq nulis di blog buat melepas stres sih awalnya, lama2 kok jadi banyak keuntungan, bisa ketemu dengan teman2 blogger yang seru juga. Jadi makin seneng deh

    ReplyDelete
  28. Hihi betul ketiga tersebut juga menjadi alasanku kak, tapi aku juga suka nulis buat relaxing gitu biar pikian nggak penuh, makanya beberapa postingan isinya curhatan reflektif hahah

    ReplyDelete
  29. Sama dong, malah dulu nulis blog gak mikir buat nyari duit, eh kesininya malah tertarik hehehe. Tapi membuat blog menghasilkan uang juga butuh proses ya mbak, semangaaattt!!

    ReplyDelete
  30. Sampai udah lupa alasan untuk ngeblog mba. Pokoknya ada yang kuraaang gitu kalau enggak nulis ya. Kayak banyak yang ngganjel di dalam hati kalau tidak dituangkan dalam bentuk tulisan di blog.

    ReplyDelete
  31. Wah...nomor 1 malah berbagi info yang bermanfaat ya kak...malah mendapatkan uang ditempatkan diurutan ke 2... intinya berbagi dulu... mengenai uang akan nyusul kemudian

    ReplyDelete
  32. Alasan ngeblog sih aku, karena senang menulis yang baik-baik aja. Syukur kalau bermanfaat bagi yg baca. Perkara monetize, alhamdulillah. Semakin sering share, malah semakin dilirik...

    ReplyDelete
  33. Buatku menulis itu adalah me time. Melepaskan segala penat setelah beraktifitas.

    Kalau dapat uang itu adalah bonus.

    ReplyDelete
  34. Kalau saya, nulis di blog itu buat mengeluarkan energi negatif dalam diri.
    Entah itu tulisan berbayar atau curhatan. Hahaha

    Rasanya lega aja klo ada opini yg masih nyangkut di hati. Jd harus dikeluarin lewat tulisan. Dan blog tempat yang nyaman utk semua itu.

    ReplyDelete
  35. Aku juga dulu pas awal ngeblog tujuannya curhat, mbak. Hihi. Alhamdulillah ya sekarang ngeblog malah bisa mendatangkan penghasilan juga

    ReplyDelete
  36. Aku ketagihan nulis blog karena suak ada yang komen kalau butuh revirew di suatu tempat sebelum berkunnjung, dan kebetulan sudah kutulis dan mereka bisa terbantu saat di tempat itu.

    ReplyDelete
  37. Kalau saya dulu karena nyari kesibukan selepas resign dari kantor. Terus karena suka cerita juga, pelanpiasannya ke nulis..

    ReplyDelete
  38. Beberapa poin di atas juga jadi alasan saya buat nulis blog sih Mak. Karena dengan nulis, kita bisa ngeluarin semua uneg-uneg dan lebih eksis di online presence :D

    ReplyDelete
  39. awal nulis blog dulu buat belajar bikin cerpen, tapi makin ke sini seringnya buat diary online dan sekarang bisa untuk berbagi informasi baik pengalaman saya maupun pos paid

    ReplyDelete
  40. Aku pertama ngeblog buat tugas kuliah. Saat itu jaman masih pake komputer pentium 3, internetnya lambat poll tapi sabar makenya. Hahahaha. Trus blognya masih bertaburan bintang-bintang. πŸ˜‚

    ReplyDelete
  41. Kalo aku nulis karena buat therapy Mba. Blog aku itu terlahir paska aku kena angin puting beliung depresi paska lahir. Ngefek? Alhamdulillah bangettt. Sepertinya passion yang ga kusadari 25 tahun ini adalah menulis.

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)