Serulingmas BIZ, Wisata di Kota Banjarnegara yang Nyaman untuk Keluarga

7:31:00 PM 2 Comments A+ a-

Sumber foto : www.serulingmas.com
Hari Sabtu pagi, setelah mandi dan sarapan di Hotel D`Qiano kami melanjutkan perjalanan untuk menuju Kota Banjarnegara. Dengan bus biru-bukan Tayo, yang masih setia menemani kami ke mana saja, saatnya turun gunung. Menyusuri jalan yang berkelok, naik-turun memibikin mata jadi segar. 

Namun, rasa capek menghampiri kami semua. Tampak jelas lelah dan  ngantuk di wajah-wajah kami. Pun termasuk saya yang mulai menyendarkan kepala di kursi bus.

Makin lama makin saya rasakan ada sesuatu yang aneh di badan saya. Suhu badan mulai meningkat. Kepala pusing, jeng jeng.. saya sudah tidak tahan lagi, akhirnya saya, ya gitu deh... isi perut keluar. Langsung badan lemes. Tisu satu box kecil habis. Tapi selepas itu, saya langsung lega, plong, terus bisa tidur bentar di bus.

Dan akhirnya jam 11 an kami sampai di Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara. Dan ada Mushola di sini. Saya masuk ke Mushola untuk istirahat, tidur sejenak, eh, baru mau ngleyep, seorang teman manggil saya, "Mba, itu udah pada masuk ke Serulingmas, Mba mau di sini atau ikut?"

Tanpa pikir panjang ya saya jawab, "Iya, ikut," 

Dengan badan yang lemas dan rasa kantuk yang semakin mendalam, saya paksakan untuk ke Serulingmas. Sebagai informasi ya, Serulingmas ini salah satu wisata yang terletak di Kota Banjarnegara, lokasinya dekat banget dengan Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara, jadi kami hanya tinggal beberapa langkah saja.

www.eryconers.com
Okay kita naik kereta mini alias odong-odong untuk keliling Serulingmas.
Foto from : ndayeng.wordpress.com

Sampai di depan pintu gerbang, kami ternyata rada ngedrop, ditawari mau naik kereta odong-odong untuk keliling atau jalan kaki? Ya jelas naik kereta odong-odong. Okay, jadi keliling kebun binatang tanpa rasa capek. Kami melihat beranekaragam hewan dari unggas, harimau, singa, monyet, bahkan ada orang utan. Dan akhirnya pun saya bahagia meskipun ngedrop, tetap semangat untuk mengunjungi tempat yang luas dan edukatif ini.

Sejarah Singkat Serulingmas
Serulingmas Banjarnegara Interactive Zoo atau yang dikenal dengan Serulingmas BIZ ini disahkan pada tahun 1997 oleh Menteri Koordinator Politik dan Keamanan dengan nama Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas yang telah dikenal oleh hampir seluruh lapisan masyarakat. Dan saat ini merupakan satu-satunya tempat wisata edukasi yang berbentuk kebun binatang yang ada di daerah Karesidenan Banyumas.

Jumlah Satwa
Hingga saat ini terdapat 41 jenis koleksi satwa yang terdiri dari 18 jenis mamalia, 18 jenis aves dan 5 jenis dari reptile. Dengan banyaknya jumlah satwa yang ada, pengunjung akan takjub melihat binatang-binatang yang ada di dalam Serulingmas BIZ. Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, bahwa ada Harimau, Singat, Orang Utan, terus ada burung Kakaktua Jambul Kuning atau Merak, dan Iguana.

Burung Kakak Tua Jambul Kuning. Sumber foto : www.serulingmas.com

Untuk nama-nama binatang juga unik. Meski hewan, mereka memiliki nama juga loh. Harimau ada yang bernama Aji dan Upik. Kemudian Singa ada yang bernama Raja dan Dwi, yang satunya saya enggak denger (duh oneng sekali saya ini). Lalu Orang Utan yang induk (maksudnya yang sudah dewasa) mereka bernama Parno dan Tuti, sedangkan yang anakan bernama April, Noval, Martin dan Strala (kok aku jadi inget lagu ya). Hehehehe….

www.erycorners.com
Ini dia Orang Utan-nya. Foto from : ndayeng.wordpress.com

Selain berinteraksi dengan binatang-binatang tersebut, di sini juga bisa masuk ke Rumah Edukasi yang mana kita bisa belajar tentang satwa-satwa yang ada di di dalamnya. Selain itu juga ada Oemah Terwelu, yang mana pengunjung bisa berinteraksi secara langsung untuk memberikan makan kepada Terwelu. Kemudian ada Kolam Renang, Kereta Mini, Playground For Kids, Flying Fox, Sepeda Melayang dan Panahan.

Pengunjung berinteraksi dengan kelinci. Foto form : ndayeng.wordpress.com

Jadi di sini merupakan tempat wisata keluarga karena bisa mengajak anak-anak untuk mengenal dunia luar. Selain banyak tempat yang santai untuk berteduh di sini juga tempatnya luas. Sehingga pengunjung bisa nyaman. 

Setelah beberapa saat teman-teman bercengkerama dengan binatang, tiba-tiba ada pengumuman untuk segera merapat ke bus lagi. 

Sebenarnya kami belum lama untuk menjelajah kebun binatang ini, namun apa daya, kami harus segera meluncur ke The Pikas (Pinggir Kali Serayu) untuk Rafting. Jadi kami segera meninggalkan Serulingmas BIZ, semoga besok ada kesempatan lagi, karena saya pengen nyobain wahana-wahana lainnya dengan puas.

Oh ya, sebagai informasi juga, di sini juga sering diadakan event-event seperti Musik Minggu Pagi, Event Bulanan yang menyesuaikan tema-tema tertentu, Pekan Lebaran dan Festival Serulingmas. Bagaimana? Akhir pekan ini ke Serulingmas BIZ, ya...

Harga Tiket :
Senin – Jumat : Rp 10.000
Hari Weekend /libur nasional : Rp 15.000
Wahana Permainan  : Rp 10.000
Wahana lainnya : mulai Rp 5.000 
Foto bersama satwa : Rp 20.000/foto

Alamat :
Jl. Selamanik No. 35 RT 003 RW 004 Kutabanjarnegara, Banjarnegara, Jawa Tengah 53415.
Email : info.serulingmas@gmail.com
Telepon : 0286 – 591933
Facebook : Serulingmas Banjarnegara
Instagram : @serulingmas_zoo

Contact Person :
Event Organizer : 0857 2609 1155 (Alvan Jamal)
Tenant/Open Booth : 0857 8620 5096 (Nur Rohmah)
Reservasi Tempat : 0857 1399 3744 (Adi Widodo)
Edukasi : 0899 6661 180 (Dwi Ardella)
Rombongan : 0857 4714 7704 (Fida Nabila)

2 comments

Write comments
December 9, 2018 at 8:02 PM delete

Bisa jadi sarana belajar buah hati ya, untuk memperkenalkan hewan ya mbak

Reply
avatar
Eri Udiyawati
AUTHOR
December 16, 2018 at 10:47 AM delete

Iya.. Jadi anak-anak akan mengerti tentang satwa-satwa yg ada...

Reply
avatar

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)