Pria Selalu Modis dengan Jam Tangan

2:13:00 PM 6 Comments A+ a-

Pria, siapa bilang dia tidak memiliki gaya dan mode dalam penampilan. Malah, justru pria lebih sering pemilih dan sangat memperhatikan penampilannya. Dari baju, celana, dan sepatu, mereka selalu ingin tampil sempurna di mata semua orang. Bahkan, banyak yang tidak tangung-tanggung rela merogoh kocek hanya demi sebuah penampilan. Tetapi, masih merasa kurang bagi dirinya. Iya, seorang pria belum sempurna dalam penampilan ketika tidak mengenakan jam tangan.

Selain sebagai penunjuk waktu, jam tangan merupakan penunjang penampilan seorang pria. Dengan berbagai desain dan model, jam tangan yang dikenakan bisa disesuaikan pada situasi dan acara. Pada saat kerja atau di suasana formal, pria akan sangat cocok memakai jam tangan model formal. Sedangkan pada saat bersantai atau liburan, sangat cocok menggunakan jam tangan type sport.


Namun, kebanyakan pria malas untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Alasannya sudah pasti, karena kaum adam tidak ada waktu untuk pergi ke toko arloji dan memilih mana yang cocok untuk dirinya. Bisa dimaklumi, karena mereka sibuk dengan pekerjaan, ketika jam kerja usai tentunya ingin menghabiskan waktu dengan keluarganya.


Belum lagi mereka enggan menghabiskan waktu di toko. Baginya hal itu sudah menghambat pekerjaannya. Meskipun mereka sangat memerlukan jam tangan yang pas dengan gayanya. Ditambah ketika keliling beberapa toko ternyata tidak mendapatkan apa yang diinginkannya. Sungguh itu sangat merugikan bagi kaum pria.

Untuk memenuhi kebutuhan kaum adam tersebut, kini belanja jam tangan keren bisa dilakukan secara online. Saat ini banyak yang jual jam tangan memanfaatkan media internet. Caranya sangat mudah bisa melalui aplikasi di smartphone, pun bisa browsing di komputer atau laptop. Dengan kemudahan tersebut, akan mudah bagi mereka untuk memilih model jam tangan yang keren dan cocok baginya. Terlebih tersedia berbagai varian model, type dan harga yamg pas.

Selain mudah, pilihan itu juga mempersingkat waktu bagi mereka-mereka yang selalu sibuk. Tidak perlu repot-repot mengantri seperti wanita yang sering menghabiskan waktu di Mall atau Swalayan. Jadi, buat para pria, sekarang ini tidak akan dipusingkan lagi untuk memilih jam tangan yang sesuai dengan style-nya.


Dan, bagi wanita, bisa memilih jam tangan yang akan dijadikan sebagai kado terindah untuk pasangannya. Jadi, masih bingung mencari jam tangan keren? Bukan saatnya lagi, karena sekarang bisa memilihnya kapan dan di manapun.

Hidup Sederhana untuk Jantung Tetap Sehat

2:10:00 PM 16 Comments A+ a-

Jantung, setiap orang tentunya mengenal dan memilikinya. Sebuah organ tubuh yang sangat vital pada diri manusia. Kerjanya pun berat karena harus memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Bisa dibayangkan bukan, ketika jantung berhenti berdetak? Kematian. Itulah sebabnya mengapa jantung harus dijaga agar tetap sehat.

Sebagai masyarakat modern yang sering menikmati junk food dan tidak bisa menghindar dari asap rokok, resiko penyakit jantung semakin tinggi. Tidak mungkin kita menghindari terus asap rokok terlebih di tempat umum yang kebanyakan perokok dengan seenaknya menghembus-hembuskan asapnya.

Sedangkan makanan, seringkali kesibukan yang melanda menuntut serba cepat. Alhasil makanan cepat saji atau bahkan memakan mie instan menjadi alternatif pengganjal perut. Untuk sesaaat memang baik karena bisa menahan lapar dan tidak bisa ditunda lagi. Lalu, bagaimana jika hal tersebut dilakukan setiap hari? Bukankah berbahaya, salah satunya menggangu kinerja jantung.

Sumber : seranganjantung.com

Agar jantung tetap sehat, kita perlu menjaganya. Langkah yang mudah dan sederhana pun bisa ditempuh. Karena sejatinya, pola hidup sederhana mampu untuk mencegah penyakit jantung. Dan berikut merupakan pola hidup sederhana tapi jantung tetap sehat dan eksis.

Petama, minum air putih hangat setiap pagi. Air putih ini mampu berfungsi sebagai detox alami pada tubuh. Sehingga semua racun yang ada di tubuh mampu dikeluarkan pada saat membuang urin.

Sumber : manfaat.co.id

Kedua, olah raga ringan yang teratur. Olah raga memang sangat diperlukan untuk tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Hal itu tentunya sangat baik terhadap tubuh, tetap fit dan eksis kapan saja dan di mana saja. Selain itu, olah raga juga bisa membentuk tubuh yang ideal yang kita idam-idamkan. Dan, yang terepenting, olah raga secara teratur dan ringan juga mampu mencegah timbulnya penyakit jantung.

Sumber : gudangkesehatan.com

Caranya pun cukup mudah. Lari kecil selama tiga puluh menit setiap pagi. Sebelum berhenti berlari, berjalanlah pelan terlebih dahulu agar detak jantung dan pernapasan teratur. Kemudian istirahat. Lari kecil ini bisa dilakukan oleh siapa saja di waktu pagi agar udara masih sejuk dan sinar matahari masih baik untuk kesehatan.

Ketiga, konsumsi buah-buahan yang mengandung fitonutrien. Merupakan senyawa yang bisa membuat jantung tetap sehat dan eksis kapan saja. Kandungan tersebut bisa dijumpai pada makanan kacang merah, anggur, apel, dan buah beri. Selain rasanya yang nikmat, manfaat dari buah-buahan tersebut juga sangat baik bagi kesehatan jantung.
Sumber : sitkes.com

Keempat, konsumsi sayuran yang menjadikan jantung kuat. Dan sayuran tersebut adalah kubis. Pada sayuran ini, bukan hanya terdapat fitonutrien yang dapat menyehatkan jantung, melainkan juga mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin K, kalsium, potasium, dan zat besi. Selain rasanya yang enak, kubis juga mudah didapatkan.

Sumber : informasiherbal.com

Kelima, istirahat yang cukup. Untuk hal ini rasanya seperti tamparan bagi diri sendiri. Iya, begadang merupakan kebiasaan saya yang dilakukan ketika mengejar dead line. Padahal, sesungguhnya itu tidak baik untuk kesehatan, termasuk jantung.

Sumber : freeimages.com

Istirahat atau tidur di malam hari sangatlah penting agar jantung sehat dan kuat. Karena ketika mata dan otak masih bekerja, jantung pun aku berpacu dengan keras untuk memompa darah ke otak dan bagian tubuh kita, padahal tubuh harus istirahat. Otak juga harus rileks, mata juga harus terpejam untuk tidur. Alangkah baiknya kita mengurangi waktu untuk terjaga hingga larut malam demi jantung yang sehat.

Nah, mudah dan sangat sederhana bukan? Dari kalangan usia berapapun, lima pola hidup sederhana tersebut bisa kita aplikasikan dengan mudah.

Jaga jantungmu, sebelum ia lelah memompa darah.

--
Demikian tulisan ini dibuat untuk mengikuti Kompetisi Blog 'Dari Hidup Sehat untuk Jantung Sehat, Raih Jutaan Rupiah'.


Kedai Kebun, Tempat Berkumpulnya Orang-orang Penuh Kreativitas. Nongkrongnya Kita bukan Sekedar Nongkrong

2:31:00 PM 22 Comments A+ a-

Kedai Kebun, atau yang sering dikenal dengan Kekeb atau KK, merupakan tempat makan baru di Purbalingga. Usianya pun tergolong sangat muda. Ibarat bayi yang baru mau merangkak. Akan tetapi, inovasi yang diberikan itu luar biasa. Bisa dilihat dari menu makanan yang tersedia, seperti Rujak Ayam, Rujak Lele, dan Rujak Belut. Makanan seperti itu, belum pernah saya temui sebelumnya. Yang ada kan Ayam goreng, pecel lele atau pecel belut.

Tapi, kali ini saya tidak akan membahas tentang makanannya, karena pernah saya ulas.


Lalu, kalau bukan makanan apa yang mau dibahas? Emang ada yang lain? Ada dong, bahkan banyak, banyak banget.

Dimulainya berdiri warung makan ini, dibarengi tempat berbagi untuk orang-orang yang kurang mampu. Dibukanya warung ikhlas yang hadir pada setiap Senin, Rabu, dan Jumat pada pukul 11.00 - selesai. Menu yang dihidangkan juga bukan menu sembarangan, bahkan NoMSG.

Selain itu, banyak hal-hal yang menarik dan mencuat di Kedai Kebun. Banyak orang-orang yang kreatif nongkrong di sini. Tidak percaya? Mari kita lihat event dan apa saja yang bisa dilakukan di Kedai Kebun.

1. Purbalingga Edu Week
Sebuah acara dengan tema Purbalingga Education Week, yang diselenggarkan dengan kerjasama KNPI Purbalingga. Acara yang berisi tentang materi kepenulisan, bazar buku, info tentang beasiswa di beberapa universitas, bahkan jumpa dengan penulis muda berbakat dari Purbalingga. Acara yang digelar pada 15 - 22 Mei 2016 ini juga sukses menyedot warga untuk menambahkan minat baca. Hal itu terbukti dengan banyaknya yang membeli buku di bazar buku.


2. Purbalingga Sketch Battle
Dalam rangka memperingati HUT RI ke 71, di bulan Agustus 2016, Kedai Kebun menyelenggarakan Sketch Battle dengan tema Patriotisme. Adanya event ini, membuka para pecinta Art, Grafiti, dan Doodle, bermunculan. Mereka berani menampakkan diri untuk berkreasi dan menuangkan imajinasi dalam sebuah gambar. Tentunya ini sangat membanggakan, karena di Purbalingga masih jarang yang menonjol untuk seni-seni semacam ini. Hal ini juga bisa menjadi wadah bagi mereka agar tidak mencorat-coret dinding atau jembatan.

3. Bincang Pintar atau Talk Shaw
Pemuda kekinian harus sadar Pendidikan
Ini gak tanggung-tanggung lho, dari dinas datang ke Kedai Kebun untuk memberikan informasi terkini tentang Pemuda Kekinian sadar akan Pendidikan. Selain itu, juga dijelaskan mengenai kesehatan yang menyangkut bahayanya penyakit HIV & AIDS dan penyakit lainnya.

4. Wadah Bagi Rapper, Beat Box dan Jazz
Aksi rapper yang keren
Rasanya tempat makan itu kurang komplit ketika tidak ada iringin musiknya. Untuk menjadikan Kedai Kebun semakin ngehitz di Purbalingga, musik Rapp, Beat Box dan Jazz pun ditampung. Dan hasilnya sungguh luar biasa, banyak yang berkunjung dan sangat antusias untuk menyaksikan penampilan musik tersebut.
Penampilan Jazzy Coustic yang menarik

5. Audisi Standup Comedy
Ini yang pecah guys, event ini baru berlangsung belum lama. Audisi yang diselnggarakan pada tanggal 15 – 16 September 2016 diikuti sebanyak 34 peserta dari Purbalingga dan sekitarnya. Dan tidak disangka-sangka ternyata banyak yang antusias, mereka juga berhasil menampilkan pancelan-pancelan yang membuat penonton tertawa. Pokoknya grrrr nya pecah berantakan.

6. Tempat Pelatihan Tentang Pertanian

Kedai Kebun juga memberikan ruang bagi petani. Terbukti pas hari Selasa, 20 September 2016, mengadakan pelatihan perawatan alat dan mesin bagi petani. Yang melatih juga bukan orang biasa, mereka datang dari PT Yanmar dan Quick, sebuah perusahaan yang sangat terkenal dengan kualitas mesin yang andal sebagai sahabat petani.

Tujuan dari diadakannya pelatihan ini tentu agar petani di Purbalingga mampu mengoperasikan mesin dan alat-alat pertanian dengan baik dan benar. Sehingga hasil panen akan melimpah dan petani makmur.

7. Tempat Berkumpulnya Orang-orang yang Penuh Bakat dan Kreatif
Ah masa sih? Tempat ini kan baru? Belum setahun juga loh. Tapi memang bener adanya sih, masih gak percaya?

Jadi begini, Kedai Kebun itu, selain tempatnya yang instagramable, juga memberikan tempat yang nyaman untuk berbagi kreativitas atau sharing akan hal-hal yang positif (berbagi ilmu lah). Tempat ini sering dijadikan tongkrongan para Photographer, Penggiat Wisata, Writer, Blogger dan mereka-mereka yang akan menyelenggarakan event.

Dengan bertemu orang-orang yang memiliki bakat dan krativitas masing-masing, tentunya kita saling mensupport dan berbagi ilmu, sharing tentang pengalaman dan memotivasi agar kita menjadi lebih baik. Bahkan untuk membicarakan event-event besar di Purbalingga pun kita membahasnya di Kedai Kebun loh.

Tak jarang juga kita sering menghabiskan waktu hanya untuk membaca buku atau hanya sekedar browsing (karena free wifi). Namun, kita tetap mengobrol dan saling menghormati ketika teman-teman hadir untuk menyapa. Dari obrolan santai hingga ke serius pun terselesaikan. Yang mau berbagi masalah juga boleh sharing di sini. Dalam bahasa jawanya, kita bisa gendu-gendu rasa lah.

Jadi, tongkrongan di Kedai Kebun itu bukan hanya sekedar nongkrong dan mengenyangkan perut, tapi otak juga perlu diisi ilmu. Yang lebih menariknya, di Kedai Kebun akan terus mengadakan event yang positif untuk Purbalingga lebih maju.
Yang artistic gambar-gambar di belakang saya ya, :D

Oh ya, kelupaan nih, sekarang Kedai Kebun tambah Artistic loh, dindingnya ditambah dengan lukisan dan karya seni lokal. Selain itu, foto-foto makanan dan minumanya keren karena didukung juga oleh Notomoto Photography.

Mengintip Tapak Tilas Budaya di Solo yang Menawan

12:01:00 PM 3 Comments A+ a-

Jika seseorang mengucapkan kata 'Jawa', apa yang umumnya ada dalam bayangan? Yogya? Solo? Ya. Kedua kota itu memang identik dengan suku Jawa dan budayanya. Pengaruhnya sangat besar. Solo yang masih konservatif ini sering menjadi tujuan kedua setelah Yogyakarta. Terutama bagi Anda yang ingin mengeksplorasi keindahan budaya kerajaan Jawa.

  sumber foto: surakarta.go.id

Meski konservatif, Solo sudah tersentuh oleh modernisasi di beberapa segi. Tak heran, akan banyak pusat perbelanjaan yang bisa dijangkau oleh wisatawan yang menginap di hotel. Sebut saja hotel Alila Solo. Anda cukup berjalan 5 menit untuk menjangkau Solo Square dan 5 menit berkendara untuk sampai ke Solo Grand Mall.

Dengan dominasi pemandangan pemukiman yang masih asri yang mempertahankan bangunan keraton yang elegan termasuk pasar tradisionalnya, Solo adalah salah satu kota wisata sejarah yang sayang jika dilewatkan. Ada banyak museum yang bisa Anda kunjungi seperti Museum Radya Pustaka yang memiliki koleksi berbagai macam arca, pusaka adat, wayang kulit, dan buku-buku kuno di antaranya Wulang Reh karangan Pakubuwono IV.

Bergeser ke wilayah utara, Anda akan menemukan museum manusia purba yang cukup terkenal yakni Museum Sangiran yang bisa dijangkau dengan berkendara selama 45 menit. Karena Museum Purba Sangiran merupakan museum manusia purba paling lengkap di Asia maka tak heran jika banyak benda purba yang tersimpan dan terjaga dengan baik. Tidak hanya anatoni-anatomi manusia purba lho, Anda juga bisa melihat segala perkakas yang digunakan manusia purba untuk bertahan hidup.

Nah, jika Anda pecinta batik, maka Anda tidak akan melewatkan museum yang satu ini. Ya, Museum Danar Hadi. Selama ini Anda mungkin telah mengetahui beberapa jenis batik, namun di Museum Danar Hadi Anda bisa melihat lebih banyak lagi jenisnya yang berasal dari berbagai daerah bahkan luar Indonesia. Negara lain juga ada yang memiliki budaya membatik lho. Namun batik merupakan warisan budaya Indonesia yang sudah tercatat dalam daftar warisan dunia UNESCO. Rata-rata koleksi batik di museum ini merupakan batik-batik tua sejak jaman Belanda.

  sumber foto: danarhadibatik.com

Kekunoan budaya Jawa dan batik sungguh menarik ya. Tak heran berbagai hotel seperti Alila Solo pun menyambut tamu dengan interior yang lebih menonjolkan lokalitas. Belum sampai Solo rasanya kalau pengunjung hanya menemui interior modern yang bisa dijumpai di mana saja.

Puas mengunjungi museum, Anda tentu tidak akan lupa untuk mengunjungi Keraton Surakarta. Keraton ini masih ditinggali oleh keluarga sultan sehingga tidak banyak ruang yang dibuka untuk umum. Namun Anda bisa masuk ke Museum Sasono Sewoko yang menyimpan aneka peninggalan budaya Hindu Jawa seperti patung-patung dan aneka perkakas yang terbuat dari perak dan perunggu, senjata, barang antik, koleksi kereta kuda, dan pusaka kerajaan lainnya. Bagian atas dari Panggung Songgo Buwono keraton terdapat menara yang berdiri tegak yang dipercaya sebagai area suci sultan untuk bermeditasi dan berkomunikasi dengan Nyai Loro Kidul (Ratu Pantai Selatan).

  sumber foto: jalansolo.com

Yang khas saat melihat keraton-keraton Solo, termasuk juga Istana Mangkunegaran dan Keraton Kasunanan memanglah museum. Namun di Istana Mangkunegaran, wisatawan bisa berkunjung di paviliun yang merupakan tempat latihan musik gamelan, latihan menari tarian tradisional, dan juga menyinden tiap hari Rabu jam 10 pagi.

Nah, puas melihat-lihat keraton, jangan lupa pula untuk mengunjungi Taman Sriwedari yang memiliki banyak pertunjukan budaya, Masjid Agung yang memiliki gaya arsitektur jawa tradisional, Pasar Klewer yang merupakan pusat perbelanjaan kain batik rujukan para pedagang dari berbagai kota di pulau Jawa, beberapa candi seperti Candi Sukuh, Ceto, dan juga Taman Kota Bale Kambang yang merupakan tempat bergaul bagi anak-anak muda Solo.

Untuk yang dewasa, Anda bisa mengunjungi Alun-alun Kidul yang beranjak ramai di malam hari dengan berbagai aktifitas dan jajanan kuliner. Jika Anda berada di Solo pada hari Sabtu, maka di malam hari Anda akan menemukan Ngarsopuro Night Market yang membentangkan aneka dagangan layaknya pasar Malioboro di sebuah trotoar. Jika beruntung, biasanya ada pertunjukan musik di depan Pasar Triwindu saat pasar khusus Sabtu malam ini digelar.

  sumber foto: alilahotels.com


Menarik, bukan? Jangan lupa, jika Anda bepergian ke Solo maka Hotel Alila Solo siap menyambut Anda dengan lokalitas khasnya, untuk pemesanan lebih lanjut kamu bisa langsung klik traveloka.com.

Tidak Mudah Untuk Menumbangkan Anak Pertama

12:58:00 PM 18 Comments A+ a-

Kedengarannya tidak adil ya? Kenapa harus anak pertama? Emang anak yang kedua, ketiga, dan seterusnya, mudah ditumbangkan? Hmm, bukan begitu sih maksudnya. Namun, sebagai anak pertama itu memang sangat kuat dan jeli dalam hal urusan apapun. Iya, apapun. Ini memang pengalaman pribadi sebagai anak pertama. Mungkin juga, bisa berbeda dengan teman-teman, karena ini murni dari diri saya sendiri.

Dari dulu saya malas atau enggan untuk bercerita tentang keluh kesah apa yang saya hadapi. Namun, karena kemarin adik saya yang kedua tumbang alias sakit, saya jadi angkat bicara. Kadang heran juga, karena cuma sebentar kecapekan langsung sakit. Oh, mungkin dia berbeda denganku yang memang sok rajin olah raga dan sudah banyak makan asam garam di dunia yang sedikit kejam ini.

Bukan maksud untuk menyombongkan diri, selama in sebagai anak pertama saya lebih tahan banting. Baik di dalam urusan rumah, kerjaan atau dulu di zaman sekolah, bahkan urusan yang menye-menye dengan hati. Selama ini, ketika ada masalah, saya masih bisa fokus dan berkonsentrasi terhadap pekerjaan yang sedang dihadapi. Entah mengapa secara alami wajah ceria selalu ada meski di dalam hati sebenarnya tersimpan begitu banyak kegundahan hingga ke otak berjibun berbagai masalah untuk diatasi.

Anak pertama, masih bisa tersenyum bahkan tertawa riang meski himpitan masalah mendera. Teman-teman atau orang sekitar, mengenalnya sebagai orang tanpa masalah dan selalu ceria.ya, dimaklumi saja kalau ada yang menilai begitu. Karena mereka tidak tahu apa-apa yang sebenarnya terjadi.

Apakah anak pertama tidak pernah bersedih? Pertanyaan semacam itu kerap kali muncul ketika terlihat begitu tenang menjalani hidup, tidak ada kesedihan dan rasa was-was di dalam diri anak pertama. Padahal anak pertama juga memiliki kesedihan yang begitu mendalam hingga ia sendiri tak mampu untuk mengungkapkanya. Hanya ketika sepi di gelapnya malam dengan tetesan hujan yang begitu deras mengguyur bumi, ia mampu menguraian butiran air dari matanya. Di situlah puncak kesedihannya, semua masalah dan beban hidup bermunculan di otaknya tanpa ia sadari.

Dari hal terkecil pun terpikirkan oleh anak pertama, yang lebih dikenal orang sebagai orang yang tidak peduli atau acuh tak acuh.

Kadang kita pun seperti daun kering, rapuh

Dan, untuk urusan hati, anak pertama hanya menjatuhkan air matanya hanya untuk orang yang teramat penting di hidupnya. Tak mudah untuk meluluhkan hatinya, terlebih jika hanya sebuah bas-basi tanpa kepastian. Anak pertama akan luluh ketika ada seseorang yang mau berjuang dengan sungguh-sungguh untuknya. Mungkin terkesan egois, ya? Tapi itu lebih baik, dari pada menerima begitu saja dan hancur di kemudian hari.

Dari semua itulah, anak pertama sulit untuk ditumbangkan. Memang bukan berarti anak pertama tidak pernah kalah atau gagal. Tapi, ketika down, pasti akan dengan mudah untuk merangkak kembali tanpa harus menyesali apa yang terjadi. Dia akan fokus terhadap apa yang saat ini dihadapi, dan dijlani. Namun, jangan salah mengira, bahwasannya anak pertama tidak akan mudah lupa kepada seseorang atau siapapun yang telah membuat dia hancur. Selamanya dia akan mengingatnya, siapa yang berbuat baik kepadanya, siapa yang pernah menusuknya dari belakang.

Wow, dendam, dong? Tidak, ia tidak dendam. Untuk apa mendendam, hal itu hanya membuat hidupnya resah dan tidak tenang. Dia mengingat semua itu untuk memotivasi diriya sendiri, bahwa dulu pernah dijatuhkan. Juga untuk pelajaran agar tidak jatuh di lubang yang sama.


Semua pengalamannya diingat,apa, siapa dan bagaimana setiap detiknya, tertata rapi dalam ingatan. Terlebih bagi mereka yang pernah merantau, sebuah nilai yang tinggi untuk disematkannya. Karena, sebagai anak pertama saja dia sudah cukup memahami arti dari kehidupan secara alami, ditambah dengan kehidupan di tanah rantau. Dia akan belajar dari kehidupan yang berbeda, tempat, lingkungan dan sosial. Semuanya ia cermati dengan jeli tanpa ada satu yang terlewati.

Ia mampu memandang dari segala sisi kehidupan, baik dari rakyat jelata yang tinggal di kolong jembatan atau dari golongan orang-orang yang hidup di ‘tanah basah’ tanpa kekurangan apapun. Ia mampu menyikapi kedua hal yang sangat berbeda dengan baik. Bisa hidup di tempat dengan perbedaan segala suku, ras, agama dan pandangan politik sekalipun. Ia mampu beradaptasi tetapi tidak mengikuti kehidupan mereka. Ya, seperti pepatah lama, ‘Di kandang kambing ia ikut mengembek, tapi dia tidak ikut menjadi kambing’.

Semua perkataan yang masuk menjadikannya pembelajaran secara alami dan menguatkan diri. Menjadikan anak pertama berubah sosok menjadi orang yang tak mudah tersinggung, tidak mudah mengecap orang bersalah dan tidak mudah menyalahkan orang.

Dengan sikap yang seperti itu, sering kali orang mengatakan kalau saya sudah mati rasa bahkan tak puya hati lagi. Segala macam sindiran atau kata yang kurang berkenan yang ditujukan hanya ditanggapi dengan seulas senyum tanpa membalas menyinyir. Mungkin karena saya tidak pernah iri atau merasa bagaimana terhadap orang lain, sehingga membuat mental saya cukup kuat meski belum sekuat baja.

Sesungguhnya anak pertama juga masih punya hati, rasa, dan sebagainya, sama seperti manusia lain. Hanya saja, kita sudah kebal dengan cibiran-cibiran yang miring. Karena anak pertama peranh mengalami hal yang jauh lebih buruk dari pada hanya sebuah omongan belaka. Kita pernah terperosok bukan hanya ke sebuah lubang tetapi jatuh dan tenggelam ke dalam sebuah jurang yang sangat curam. Namun, kegigihan, keuletan dan semangat serta percaya diri itu mampu membawa anak pertama kembali ke atas tebing. Memang tidak mudah untuk kembali lagi, terkadang, nyaris terjatuh lagi karena tebing itu sangat curam dan terjal, tetapi semangat dalam dirinya selalu ada dan tidak mudah untuk menyerah. Itu yang menjadikan anak pertama kembali ke puncak (tidak dalam waktu singkat).

Jadi, saya pun masih sama dengan teman-teman semua. Masih merasakan sedih dan bisa menangis, bahkan di dalam hati ini, jauh lebih rapuh dari pada orang lain, hanya saja tak sanggup untuk menumpahkan semua unek-unek.

Anak pertama juga bisa mengalami sakit. Kan, manusia biasa juga. Tetapi sebagian masih ada yang shock kalau saya sakit, “Eri sakit? Sakit apa? Kok bisa sakit?”

Ya Tuhan, aku pun manusia yang terlahir dari rahim seorang ibu. Makan pun sama dengan kalian, tentunya aku bisa sakit. Bahkan pernah mengalami sakit parah yang mengharuskan beristirahat total hanya untuk makan dan tidur.


Ya begitulah. Anak pertama selalu ceria, riang, dan terlihat bahagia, itu bukan berarti tidak punya masalah, tetapi ia tidak ingin berbagi kesedihan. Bukan tidak percaya kepada teman-temannya untuk menampung keluh kesahnya, tetapi ia sendiri tidak tahu bagaimana cara mengutarakannya.

Ketatnya Persaingan Bisnis Penjual Pulsa

2:00:00 PM 9 Comments A+ a-

Di zaman sekarang segala sesuatunya pasti memiliki namanya saingan. Dan namanya saingan tentu tidak mengenakan bagi diri kita. Karena itu akan membuat diri kita terancam baik itu fisik maupun non fisik. Lingkungan seperti apapun pasti ada saja namanya persaingan. Di lingkungan keluarga pasti ada saja persaingan antar anak, di masyarakat ada saja persaingan kerja, persaingan antar usaha dan masih banyak persaingan lainnya. Yang pada intinya itu semua akan kembali kepada diri kita sendiri akan bagaimana ingin menyikapinya. Namun sekarang yang menjadi pertanyaan apakah kita harus menyingirkan saingan kita demi mendapatkan ketenangan atau kesuksesan. Tentu tidak perlu dan tidak dianjurkan karena sama saja Anda tidak suka dengan usaha orang lain meskipun sejenis. Apalagi anda menyingkirikannya dengan berbagai cara tentu ini sangat tidak dianjurkan. Jadi, alangkah lebih baiknya anda memperbaiki dan menambah kualitas usaha atau bisnis anda hingga akhirnya anda berada di posisi terartas.

Karena namanya persaingan tentu wajar dan bukan hal yang baru. Tentu dengan adanya persaingan akan menambah semangat anda untuk terus menjalankan usaha atau bisnis yang anda punya dengan lebih baik. Percaya atau tidak dengan adanya saingan tentu akan menambah kuat mental Anda. Karena bisa saja saingan Anda berbuat curang. Tentu mental anda di sini sedang diuji. Jadi jangan pernah menyalahkan saingan anda. karena dia berhak untuk ada dan juga membangun sebuah usaha. Yang terpenting terus kembangkan usaha atau bisnis anda sebaik mungkin. Karena nantinya itulah yang membuat anda menjadi lebih hebat dari saingan anda.

Peluang bisnis yang menjanjikan karena trasaksinya mudah

Salah satu persaingan yang terbilang unik yaitu para penjual pulsa. Karena kita tahu di zaman sekarang sudah banyak sekali penjual pulsa. Yang pastinya penjual pulsa ini nantinya akan memberikan pelayanan kepada orang yang ingin membeli pulsa. Memang kebutuhan pulsa terus berkembang namun apa jadinya jika penjual pulsa juga terus bertambah. Di sinilah anda para penjual pulsa diuji. Peluang bisnis pulsa murah memang sangat menjanjikan namun jangan melupakan saingan – saingan yang ada tentunya.

Transaksinya pun cukup mudah. Menyediakan seluruh pulsa dari berbagai operator dan kebutuhan. Yang lebih menjamin lagi, mudah diakses kapan saja dan di mana saja. Tanpa pembeli harus antri untuk mengisi pulsa karena bisa dilakukan secara online. Jadi, bagaimana? Sudah saatnya kita melirik Peluang bisnis pulsa murah agar pulsa kita tercukupi dengan baik dan cepat.

#PesonaPangkalpinang dari Seni, Budaya, Agama dan Alam, Satukan Perbedaan Untuk Nusantara

8:33:00 PM 14 Comments A+ a-

sumber : wikipedia.org
Pangkalpinang, dari mendengar namanya saja, aku sudah tertarik. Ada medan magnet tersendiri untuk menyedotku mencari tahu di mana sih sebenarnya Pangkalpinang itu?

Sebagai orang Jawa yang belum pernah nyeberang ke pulau lain, rasa penasaran akan tempat lain itu semakin tinggi. Beruntungnya di zaman sekarang mudah mengakses internet untuk mencari sumber informasi yang lengkap dan akurat.

Dan ternyata, Pangkalpinang merupakan salah satu surga yang tersembunyi di Indonesia. Yang merupakan Ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Nah, berbicara tentang Bangka Belitung, tentunya kita tidak asing lagi, karena dulu pernah menjadi tempat syuting film Laskar Pelangi.

Sejarah Pangkalpinang terjadi pada tahun 1913, yang saat itu pemerintah kolonial Belanda memindah Ibukota Belitung Bangka dari Kota Muntok ke Pangkalpinang. Dimulai dari itu, statusnya terus berubah, yang pada akhirnya pada tanggal 14 November 1956 ditetapkanlah menjadi Kota Pangkalpinang. Dan saat ini menjadi Ibukota Bangka Belitung.

Berbicara Pangkalpinang, tentunya tidak akan pernah lepas akan pesonanya yang begitu luar biasa. Baik dari alam, arsitek, maupun kebudayaan yang patut untuk diabadikan dan dibanggakan. Dan berikut merupakan tempat terindah untuk menikmati #PesonaPangkalpinang :

1. Museum Timah
 
Museum Timah, sumber : http://bangkatour.com

Museum yang antik dan unik. Satu-satunya museum timah yang ada di Indonesia bahkan di Asia. Setiap harinya tidak pernah sepi pengunjung. Dalam sejarahnya, tempat ini pernah digunakan sebagai markas Perjanjian Roem – Royen pada tanggal 07 Mei 1949. Yaitu, perjanjian antara pemerintah kolonial Belanda dengan Indonesia. Perwakilan dari Indonesia saat itu diwakili oleh Nur Moh. Roem, sedangkan dari Belanda diwakili oleh H.J. Van Royen. 
Dan hingga saat ini naskah perjanjian tersebut masih tersimpan dengan rapi di Museum Timah


2. Masjid Jami'
 
Masjid Jami', sumber : http://wonderfulpangkalpinang.info
Di kota Pangkapinang ini, kita tidak perlu khawatir tentang travelling yang akan mengganggu ibadah. Karena di kota ini ada Masjid Jami' sebagai ikon wisata religi juga untuk umat muslim. Masjid yang dibangun pada tanggal 03 Syawal 1355 Hijriyah atau sama dengan tanggal 18 Desember 1936 Masehi, bisa dikunjungi kapanpun untuk beribadah dan wisata religi.

Yang lebih menariknya, masjid ini dibangun oleh masyarakat asli Pangkalpinang dari Kampung Tuatunu. Selain itu, arsiteknya begitu langka dan unik. Bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

3. Klenteng Kwan Tie Miaw
Klenteng Kwan Tie Miaw, sumber : http://wonderfulpangkalpinang.info

Di Indonesia, termasuk kota Pangkalpinang tidaklah lepas dari bangsa Asia Timur. Penyebaran budaya dan tradisi berbaur dengan khas Melaya sehingga menjadikan semua itu sempurna. Menjadikan #PesonaPangkalpinang begitu lengkap akan budaya, seni, dan budaya. Hal itu juga dibuktikan dengan konkret dengan adanya bangunan yang menjulang tinggi khas Tiongkok, di Pangkalpinang ini bernama Klenteng Kwan Tie Miaw.

Dibangun pada ratusan tahun yang lalu tepatnya tahun 1841 Masehi. Dan ini merupakan klenteng tertua di Pangkalpinang. Arsitek dan seni ukir yang begitu mempesona menjadi daya tarik sendiri agar wisatawan berkunjung. Tak heran, klenteng ini selalu ramai dan dipadati pengunjung dari berbagai agama dan kalangan. Di Klenteng Kwan Tie Miaw juga sering dijadikan sebagai tempat upacara atau pusat kebudayaan Tiongkok seperti Hari Raya Imlek, Cap Go Meh, dan lainnya.

4. Gereja Maranatha
 
Gereja Maranatha, sumber : http://wonderfulpangkalpinang.info
Rasanya tidak komplit jika tidak ada tempat ibadah lain. Di Pangkalpinang ini pun tersedia tempat ibadah atau wisata religi bagi umat Kristiani. Adalah sebuah Gereja Maranatha yang dibangun pada masa pemerintahan Residen J.E. Eddie pada tahun 1927. Sebelumnya gereja ini bernama Kerkeraad der Protestansche Gemeente to Pangkalpinang. Namun, setelah masa kemerdekaan, namanya diubah menjadi Gereja Protestan Indonesia Barat (GPIB) Maranatha Pangkalpinang.

Yang menjadi ciri khas unik nan menarik dari gereja ini, terdapat adanya menara jam yang besar. Selain itu, di lingkungan gereja dibangun pula Pastori atau rumah pendeta. Bangunan yang begitu unik ini mampu menyedot wisatawan dari berbagai wilayah. Selain bisa melakukan ibadah, di tempat ini juga bisa sebagai refreshing. Sehingga tak heran jika Gereja Maranatha menjadi salah satu #PesonaPangkalpinang yang harus tetap dijaga.

5. Pantai Pasir Padi
Pantai Pasir Padi, sumber : http://pangkalpinangkota.go.id/wisata-pantai/
Pangkalpinang merupakan kota yang terletak di Kepulauan Bangka Belitung, tentunya tidaklah sah kalau tidak ada tempat wisata dari pantai. Salah satunya adalah Pantai Pasir Padi yang menjadi #PesonaPangkalpinang dengan ciri khas ombak yang tenang dengan menghadap Laut China Selatan. Karena ombak yang tenang tersebut, maka banyak wisatawan yang menghabiskan waktu untuk berenang hingga senja menyapa. Hal yang unik dari pantai ini adalah ketika terjadinya air laut surut, yang menjadikan wisatawan merasa bak di tengah-tengah pulau terpencil.

6. Pantai Matras
Pantai Matras, sumber : www.utiket.com
Sebuah pantai yang terletak di Pangkalpinang dan berjarak 7 Km dari kota. Keindahan dan eksotismenya  menjadikan pantai ini begitu tenar di kalangan wisatawan. Baik dari dalam negeri maupun dari mancanegara. Pantai dengan pasir putih dengan hiasan bebatuan di pinggir yang menjulang tinggi menjadikan siapapun betah untuk berlama-lama di tempat ini. Selaini itu terdapat bungalaw sederhana di sekitar pantai dan akses menuju ke lokasi mudah, sehingga membuat Pantai Matras menjadi incaran para turis dan menjadi daya tarik tersendiri dari #PesonaPangkalpinang.

7. Pantai Tikus
Pantai Tikus, sumber : www.utiket.com
Dari nama memang membuat kita terkejut, tapi jangan berprasangka buruk. Karena di pantai ini kita pun akan terkejut, ya terkejut dengan keindahan #PesonaPangkalpinang dari Pantai Tikus. Pantai ini sangat menakjubkan terlebih berjejer dengan sebuah bukit yakni Bukit Rebo. Dengan perpaduan alam yang indah dan sejuk, menjadikan pantai ini sangat cocok untuk dikunjungi. Terlebih untuk melepas penat dan kejenuhan. Dan yang terpenting, di sini tidak ada tikus. Pantai yang bersih dan berseri. Sungguh indahnya, jadi pengen liburan yang lama di tempat ini.

8. Pantai Teluk Uber
Pantai Teluk Uber, sumber : www.utiket.com
Masih dengan #PesonaPangkalpinang dari pantai. Dan, pantai ini rasanya spesial banget. Kenapa tidak? Pantai yang berpasir warna keemasan dengan dikeliling batuan granit, tentu saja akan memanjakan mata kita. Kanan dan kiri terdapat pepohonan yang menjadikan pantai ini teduh dan jauh dari keriuahan kota. Terlebih airnya begitu jernih bak di kolam hotel berbintang lima. Siapapun yang ke sini, pastinya ingin berenang melihat air yang begitu bening.

9. Kuliner Khas Bangka : Minuman Tai Fu Sui
Tai Fu Sui, sumber : http://pangkalpinangkota.go.id/wisata-kuliner/
Rasanya kurang komplit ketika kita berbicara tentang wisata namun tidak dengan kulinernya. Di Pangkalpinang, ada sebuah minuman yang khas dan legendaris, memang namanya sedikit unik, yaitu Tai Fu Sui. Sebuah minum yang terbuat dari kacang dan kedela ini begitu bergizi dan menyehatkan. Sekilas memang minuman ini menyerupai susu. Hal itu karena kacang kedelai yang berwarna putih. Dan yang membuat minuman ini biasanya orang China atau Melayu. Kita bisa menemukannya di sekitar alun-alun kota Pangkalpinang.

10. Makanan Otak-otak Khas Bangka
Otak-otak khas Bangka, sumber : http://pangkalpinangkota.go.id/wisata-kuliner/
Untuk makanan yang sangat terkenal adalah Otak-otak khas Bangka. Otak-otak ini bisa dinikmati menggunakan sambal dan ataupun saus. Ada tiga varian sambal yang disajikan seperti saus sambal asam, saus sambal biasa dan saus sambal terasi yang dipadukan dengan jeruk nipis. Bahan dasarnya terbuat dari ikan dan cara memasaknya dibungkus dengan daun pisang kemudian dibakar sehingga rasa ikannya masih terasa. Berbentuk kecil tapi rasanya begitu menggoda. Tak heran jika Otak-otak khas Banka selalu menjadi menu pilihan bagi wisatawan.

Selain tempat wisata dan kuliner yang begitu khas, di Pangkalpinang juga terdapat hotel atau penginapan dari kelas melati hingga hotel berbintang. Semua itu ditujukan agar wisatawan yang datang mendapatkan keindahan dan kenyamanan serta ketenteraman ketika berlibur di Pangkalpinang.

Demikianlah tulisan ini untuk mengupas #PesonaPangkalpinang yang sebenarnya tidak akan ada habisnya karena begitu indah dan menawan. Semoga suatu saat nanti saya bisa menikmati kemesraan dari keelokan alam, seni dan budaya yang ada di Pangkalpinang.

--

Sumber referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Pangkal_Pinang
http://pangkalpinangkota.go.id/wisata-pantai/
http://pangkalpinangkota.go.id/wisata-sejarah-peribadatan/
http://pangkalpinangkota.go.id/wisata-kuliner/
http://www.utiket.com/id/obyek-wisata/pangkal_pinang/26-pantai_matras.html
http://www.utiket.com/id/obyek-wisata/pangkal_pinang/231-pantai_tikus.html
http://www.utiket.com/id/obyek-wisata/pangkal_pinang/232-pantai_teluk_uber.html

 

Bertepuk Sebelah Tangan

11:50:00 AM 12 Comments A+ a-

BERTEPUK SEBELAH TANGAN

Oleh : Eri Udiyawati

Hujan masih deras mengguyur kota di pagi hari. Rasa malas menghampiri untuk bangun tidur dan beraktivitas. Tak terkecuali Agung, dia masih meringkuk dalam selimut tebalnya. Dia enggan masuk ke kantor. Ia masih ingin menyambung tidur untuk bermimpi indah. Dia mencoba menyadarkan diri bahwa dia harus bangun dan membuang rasa malas. Huaahhh.... Bangun sudah siang..!

Mandi, sarapan, dan cek beberapa dokumen penting perusahaan, setelah itu Agung langsung pergi dengan motor gedenya menuju kantor. Beruntung dia memiliki jabatan penting di kantornya, meskipun sudah telat 65 menit tidak ada yang berani menegurnya. Ucapan selamat pagi berderetan dari staf-staf yang bekerja di kantor tersebut.

Selamat pagi, Pak Agung.” Sapa salah seorang HRD kantor tersebut.

Ya, selamat pagi, Pak Yunus.” Balas Agung.

Maaf, Pak, saya bermaksud untuk menyerahkan beberapa berkas-berkas pelamar kerja untuk menjadi asisten bapak.” Terang Pak Yunus ke Agung.

Baik, mari kita ke ruangan saya.”

Mereka berdua langsung menuju ruang kerja Agung. Mereka langsung mengecek dan mempelajari beberapa pelamar kerja yang sudah lolos seleksi tahap awal (psikotest).

Apakah Bapak sudah ada keputusan siapa yang akan diterima sebagai asisten Bapak?” tanya Pak Yunus.

Hmmm,,, “ Agung masih memilah-memilah berkas itu. “Menurut Bapak, yang mana yang cocok untuk menjadi asisten saya? Tentunya dia harus memiliki mental yang kuat dan memiliki pengalaman di dunia kerja.” Lanjutnya.

Kalau dilihat dari pengalaman, ada dua orang yang cocok, mereka berdua hasil testnya juga cukup bagus. Yang ini, Pak.” Pak Yunus menunjukan dua berkas kandidat yang tepat sebagai asisten Agung.

***

Esok harinya perempuan yang bernama Prita mulai berangkat ke kantor. Dengan bekal pendidikan yang mumpuni dan pengalaman kerja di tempat sebelumnya, Prita cukup elegan untuk menjawab beberapa pertanyaan ketika diinterview langsung oleh Agung. Dengan senang hati Agung menerima Prita sebagai asistennya. Agung sangat yakin keputusan ini sangatlah tepat, bahwa Prita sangat pantas untuk menjadi seorang Asisten Brand Manager.


Detik, menit, jam, hari, minggu dan bulan telah berganti. Tak terasa Prita sudah bekerja selama 6 bulan. Sebagai asisten brand manager tidaklah mudah, apalagi memiliki atasan seperti Agung, yang maunya menang sendiri, terkadang dia tak mau tahu apa yang dilakukan Prita, yang penting pekerjaannya selesai. Dengan hati yang kuat dan otak yang cerdas, selama ini Prita tidak pernah menghadapi rintangan-rintangan yang berarti. Dia juga menjadi banyak teman dari semua kalangan, dari teman-teman sekantornya, teman di kantin perusahaan, bahkan dari para klien pun mengenal Prita. Ya, Prita merupakan perempuan yang cukup ulet serta memiliki sikap yang ramah. Dia seorang yang riang, tidak mudah tersinggung, dan pokoknya Prita ini perempuan yang memiliki hati dan mental sekuat baja.

Waktu 6 bulan, adalah waktu yang sangat cukup untuk saling mengenal satu sama lain bagi siapa saja. Begitu juga dengan Agung dan Prita, diantara keduanya sudah saling akrab, bahkan mereka saling meluangkan waktu untuk bersama.

Eh, Prita, kenapa nama kamu Prita?” celetuk Agung bercanda di saat mereka sedang makan siang di sebuah restaurant dekat kantor.

Memang kenapa dengan nama saya, Pak? Apakah ada masalah dengan nama saya?” Prita membalasnya dengan candaan, dia tahu kalau atasannya itu sedang mengajaknya untuk bercanda.

Tidak, tidak ada masalah dengan nama kamu, hanya saja nama kamu itu sangat jelek untuk seorang asisten brand manager.” Ucap Agung sambil tertawa. Prita pun membalasnya. “Memang yang bernama jelek itu hanya saya saja? Bapak namanya lebih jelek, nama ‘Agung’ tapi orangnya kurus, kering hanya tinggi seperti ini. Harusnya nama ‘Agung’ itu orangnya tinggi besar seperti raksasa.” Mereka berdua pun tertawa menikmati canda tawanya.

Eh, satu lagi Prita, yang ini serius.” kata Agung sambil mengangkat alisnya yang tebal itu

Apa itu?”

Tolong jangan panggil saya dengan sebutan ‘Pak’, dan gak usah pakai bahasa formal kalau kita di luar kantor seperti ini,” pintanya.

Tapi, Pak..” belum selesai bicara Agung sudah memotongnya, “Gak ada tapi-tapian, aku mau kita berteman, kamu mau berteman denganku?”

Prita mengangguk tanda ia menyetujui pertemanan itu. Agung mengulurkan tangan kanannya untuk berjabat tangan dengan Prita. Mereka berjabat tangan sebagai tanda bahwa mereka sudah berteman, menjadi sahabat.

Sejak saat itulah, mereka berdua makin akrab. Di luar jam kerja mereka menjadi teman. Mereka saling berbagi cerita, berkeluh-kesah, bahkan keduanya saling curhat tentang pasangan yang mereka idam-idamkan. Saking akrabnya, teman-teman kantornya mengira mereka berpacaran, tapi dari keduanya membantah hal itu. Teman-teman kantor mengira mereka berpacaran bukan karena tidak ada alasan, tapi mereka sering melihat Agung dan Prita sering meluangkan waktu bersama, di mana ada Agung, di situ tentu saja ada Prita.

Tidak jarang mereka menghabiskan waktu setelah jam kerja di taman dekat kantor (tepatnya di belakang gedung kantor adalah taman kota, di mana di situ bisa duduk-duduk bersantai menikmati sore). Agung sering bertanya ke Prita, kapan dia menikah. Tapi, jawaban Prita selalu tidak pasti. Seperti ada sesuatu yang disembunyikan. Padahal, Agung ingin tahu, apakah Prita sudah memiliki kekasih atau belum, karena diam-diam Agung sangat mengagumi Prita. Karena diam-diam Agung memang sudah jatuh hati ke Prita, bukan hanya sebuah gosip di kantor, tetapi memang benar adanya yang terjadi di dalam hati Agung.

Waktu terus berganti, dan sebenarnya sudah terjadi sesuatu di antara mereka. Semua orang sudah melihat mereka, melihat tatapan dari kedunya. Tapi tetap saja mereka mengelak dan tetap menutupi hati mereka yang sesungguhnya.

***

Malam mulai menyapa dengan diiringi belaian angin, Agung belum bisa tidur. Dia mondar-mandir saja di kamar, kemudian menonton siaran tv, tetapi tidak ada yang pas di hati. Dia memutuskan untuk mencari hiburan di malam hari, siapa tahu ada yang lucu atau bisa membuat dia nyaman. Dia menyusuri keindahan malam di tengah keramaian kota dengan motor gedenya. Kerlap-kerlip lampu malam sepanjang jalan mengiringi perjalanan Agung yang tanpa arah. Hanya mengikuti kata hati, dan saat hatinya merasakan sesuatu Agung mulai menurunkan kecepatannya.

Dia berhenti di sebuah rumah, dengan pintu gerbang yang sudah terbuka. Terlihat ada sebuah mobil yang terpakir di depan rumah itu. Agung memarkirkan motornya di dekat pintu gerbang. Dia berjalan menuju rumah yang tidak asing lagi baginya. Saat ia hendak mengetuk pintu, Agung melihat ada seorang pria yang duduk di ruang tamu. Agung paham, bahwa ini bukan tamu orang tuanya, tetapi tamunya Prita. Ya, seorang pria yang dilihat dari wajah, dan tinggi badannya, tentu usianya tidak jauh dari usia Agung. Dengan langkah mundur dan sangat pelan, Agung mengurungkan niatnya masuk ke rumah itu, dia memutuskan untuk segera naik motor dan pulang ke rumah.

Pagi hari yang cerah untuk Prita, dia masuk kerja lebih awal dari biasanya. Sinar bahagia terpancar dari rona wajahnya yang cantik itu. Berbeda dengan Agung, dia berwajah kusut, lesu, kelopak mata hitam. Hari ini Agung tidak bisa berkonsentrasi baik untuk melakukan pekerjaan. Hampir 75% semua pekerjaan dilakukan oleh Prita, Agung hanya menandatangani tanpa dia cek ulang terlebih dahulu. Tidak seperti biasanya yang selalu mengecek semua berkas-berkas sebelum ditandatangani.

Saat makan siang, mereka bersama lagi. “Ada apa denganmu hari ini? Kenapa kamu berantakan seperti ini?” tanya Prita yang melihat Agung hari ini seperti mayat hidup.


Gak ada apa-apa. Aku lagi gak enak badan aja.” Agung menutupi hatinya yang sedang terluka. “Dan hari ini kamu semangat banget, ada apa? Tumben banget kamu kerja itu pakai senyum-senyum, biasa kamu itu kalau dapat kerjaan tambahan dikit aja dah teriak-teriak kayak kena potongan gaji.” Imbuhnya.

Lagi seneng aja.” Jawab Prita sambil tersenyum yang menigsyaratkan bahwa dia sedang sangat bahagia.

Cerita lah, bahagia kenapa?” Agug pura-pura tidak tahu.

Semalam dia datang ke rumahku, dan dia melamarku, kami akan segera menikah.” Agung tersedak mendengarnya. Secepat itukah mereka akan menikah? Agung bertanya-tanya dalam hatinya.

Apa kamu benar-benar mencintainya? Kamu sudah yakin bahwa dia laki-laki yang pantas buat kamu?” Tak sadar Agung emosi ketika mendengar Prita akan menikah dengan pria lain.

Dia masa laluku, dan dia kini datang lagi memenuhi janjinya. Kenapa kamu bertanya seperti itu? Apakah kamu gak suka kalau aku menikah? Bukankah kamu sering menanyakan padaku kapan aku menikah?” Prita ingin tahu apa maksud kata-kata Agung, tidak biasanya Agung seemosi ini.

Bukan begitu, Prita, aku hanya tidak ingin kamu salah dalam memilih pasangan hidup. Kamu teman terbaikku, sahabatku dalam suka dan duka. Kita sering melewati hal-hal tidak nyaman, bahkan kadang kita sangat-sangat sering keluar dari zona nyaman. Tapi kita masih tetap berteman dan saling percaya. Kita kadang bertengkar karena kerjaan, tapi kita tetap tersenyum di saat luang seperti ini. Aku hanya tidak ingin kamu bersedih. Aku sangat paham kamu itu orangnya yang ceria dan pandai menutupi hati. Kamu itu orang yang mencitai kebebasan dan menyukai hal-hal menantang. Jangan nanti kamu menikah dengan orang yang salah, yang membuatmu tidak bisa berkembang. Tapi apa pun itu, aku senang akhirnya temanku akan menikah.” Dari semua kalimat yang tersirat, dalam hati Agung teriris kepedihan yang mendalam karena harus merelakan Prita.

Mereka tersenyum, Prita tak pernah tahu betapa hancurnya hati Agung. Selama ini diam-diam dia mengagumi asistennya sendiri, dan di saat dia akan mengungkapkan semuanya, ternyata Agung kalah beberapa menit saja. Sudah kedahuluan pria lain yang mengungkapkan rasanya. Agung dengan berat hati harus menerima, salahnya dia tidak pernah mengatakan hal ini pada Prita, jika Prita tahu Agung mencintainya, mungkin keadaannya tidak seperti ini. Mungkin cinta Agung tidak bertepuk sebelah tangan.

Hari yang ditunggu pun datang, pernikahan Prita dengan Yudha. Pria yang merupakan anggota Tentara Angkatan Udara,. Pantas saja selama ini Prita menelan kesedihan sendiri, karena Yudha-lah yang selama ini membuat hati Prita tak menentu. Kadang Yudha mengabarinya, kadang hilang tidak ada kabar. Selama 3 tahun Prita hidup menjalani hubungan yang tidak pasti.

Namun, semua doa-doanya terjawab sudah. Bahwa penantian yang sabar dan penuh keikhlasan telah membawanya ke pelaminan. Meskipun harus ada hati yang terluka karena dia mencintai seorang diri, yaitu Agung. Bahkan Prita tidak pernah mengetahui bahwa Agung mencintainya. Prita hanya benar-benar menganggap Agung sebagai teman. Tapi bagi Agung, Prita adalah lebih dari sekedar teman biasa. Baginya, Prita adalah wujud dari semua bentuk keindahan dan kesempurnaan di dunia ini. Meski tahu dan sadar bahwa di dunia ini tak ada yang sempurna.

Agung harus menerima semua ini, dan akan menjalani hidup dengan seperti biasa, tetap akan mengagumi Prita sampai ada seseorang yang mampu membuat lupa tentang Prita. Bukan hal mudah bagi Agung, ketika wanita yang dicintainya telah menjadi milik orang lain. Memang hal ini tak pernah disangkanya, bahwa dia akan jatuh cinta pada sahabatnya sendiri, tapi dari seringnya kebersamaan dan saling berbagi, di situlah tumbuh rasa cinta, karena cinta datangnya tidak pernah ia sadari. Sering kali kita menyadari bahwa kita mencintai sesuatu saat hal itu telah lepas dari genggaman kita.
    

--------TAMAT-------