#PesonaPangkalpinang dari Seni, Budaya, Agama dan Alam, Satukan Perbedaan Untuk Nusantara

sumber : wikipedia.org
Pangkalpinang, dari mendengar namanya saja, aku sudah tertarik. Ada medan magnet tersendiri untuk menyedotku mencari tahu di mana sih sebenarnya Pangkalpinang itu?

Sebagai orang Jawa yang belum pernah nyeberang ke pulau lain, rasa penasaran akan tempat lain itu semakin tinggi. Beruntungnya di zaman sekarang mudah mengakses internet untuk mencari sumber informasi yang lengkap dan akurat.

Dan ternyata, Pangkalpinang merupakan salah satu surga yang tersembunyi di Indonesia. Yang merupakan Ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Nah, berbicara tentang Bangka Belitung, tentunya kita tidak asing lagi, karena dulu pernah menjadi tempat syuting film Laskar Pelangi.

Sejarah Pangkalpinang terjadi pada tahun 1913, yang saat itu pemerintah kolonial Belanda memindah Ibukota Belitung Bangka dari Kota Muntok ke Pangkalpinang. Dimulai dari itu, statusnya terus berubah, yang pada akhirnya pada tanggal 14 November 1956 ditetapkanlah menjadi Kota Pangkalpinang. Dan saat ini menjadi Ibukota Bangka Belitung.

Berbicara Pangkalpinang, tentunya tidak akan pernah lepas akan pesonanya yang begitu luar biasa. Baik dari alam, arsitek, maupun kebudayaan yang patut untuk diabadikan dan dibanggakan. Dan berikut merupakan tempat terindah untuk menikmati #PesonaPangkalpinang :

1. Museum Timah
 
Museum Timah, sumber : http://bangkatour.com

Museum yang antik dan unik. Satu-satunya museum timah yang ada di Indonesia bahkan di Asia. Setiap harinya tidak pernah sepi pengunjung. Dalam sejarahnya, tempat ini pernah digunakan sebagai markas Perjanjian Roem – Royen pada tanggal 07 Mei 1949. Yaitu, perjanjian antara pemerintah kolonial Belanda dengan Indonesia. Perwakilan dari Indonesia saat itu diwakili oleh Nur Moh. Roem, sedangkan dari Belanda diwakili oleh H.J. Van Royen. 
Dan hingga saat ini naskah perjanjian tersebut masih tersimpan dengan rapi di Museum Timah


2. Masjid Jami'
 
Masjid Jami', sumber : http://wonderfulpangkalpinang.info
Di kota Pangkapinang ini, kita tidak perlu khawatir tentang travelling yang akan mengganggu ibadah. Karena di kota ini ada Masjid Jami' sebagai ikon wisata religi juga untuk umat muslim. Masjid yang dibangun pada tanggal 03 Syawal 1355 Hijriyah atau sama dengan tanggal 18 Desember 1936 Masehi, bisa dikunjungi kapanpun untuk beribadah dan wisata religi.

Yang lebih menariknya, masjid ini dibangun oleh masyarakat asli Pangkalpinang dari Kampung Tuatunu. Selain itu, arsiteknya begitu langka dan unik. Bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

3. Klenteng Kwan Tie Miaw
Klenteng Kwan Tie Miaw, sumber : http://wonderfulpangkalpinang.info

Di Indonesia, termasuk kota Pangkalpinang tidaklah lepas dari bangsa Asia Timur. Penyebaran budaya dan tradisi berbaur dengan khas Melaya sehingga menjadikan semua itu sempurna. Menjadikan #PesonaPangkalpinang begitu lengkap akan budaya, seni, dan budaya. Hal itu juga dibuktikan dengan konkret dengan adanya bangunan yang menjulang tinggi khas Tiongkok, di Pangkalpinang ini bernama Klenteng Kwan Tie Miaw.

Dibangun pada ratusan tahun yang lalu tepatnya tahun 1841 Masehi. Dan ini merupakan klenteng tertua di Pangkalpinang. Arsitek dan seni ukir yang begitu mempesona menjadi daya tarik sendiri agar wisatawan berkunjung. Tak heran, klenteng ini selalu ramai dan dipadati pengunjung dari berbagai agama dan kalangan. Di Klenteng Kwan Tie Miaw juga sering dijadikan sebagai tempat upacara atau pusat kebudayaan Tiongkok seperti Hari Raya Imlek, Cap Go Meh, dan lainnya.

4. Gereja Maranatha
 
Gereja Maranatha, sumber : http://wonderfulpangkalpinang.info
Rasanya tidak komplit jika tidak ada tempat ibadah lain. Di Pangkalpinang ini pun tersedia tempat ibadah atau wisata religi bagi umat Kristiani. Adalah sebuah Gereja Maranatha yang dibangun pada masa pemerintahan Residen J.E. Eddie pada tahun 1927. Sebelumnya gereja ini bernama Kerkeraad der Protestansche Gemeente to Pangkalpinang. Namun, setelah masa kemerdekaan, namanya diubah menjadi Gereja Protestan Indonesia Barat (GPIB) Maranatha Pangkalpinang.

Yang menjadi ciri khas unik nan menarik dari gereja ini, terdapat adanya menara jam yang besar. Selain itu, di lingkungan gereja dibangun pula Pastori atau rumah pendeta. Bangunan yang begitu unik ini mampu menyedot wisatawan dari berbagai wilayah. Selain bisa melakukan ibadah, di tempat ini juga bisa sebagai refreshing. Sehingga tak heran jika Gereja Maranatha menjadi salah satu #PesonaPangkalpinang yang harus tetap dijaga.

5. Pantai Pasir Padi
Pantai Pasir Padi, sumber : http://pangkalpinangkota.go.id/wisata-pantai/
Pangkalpinang merupakan kota yang terletak di Kepulauan Bangka Belitung, tentunya tidaklah sah kalau tidak ada tempat wisata dari pantai. Salah satunya adalah Pantai Pasir Padi yang menjadi #PesonaPangkalpinang dengan ciri khas ombak yang tenang dengan menghadap Laut China Selatan. Karena ombak yang tenang tersebut, maka banyak wisatawan yang menghabiskan waktu untuk berenang hingga senja menyapa. Hal yang unik dari pantai ini adalah ketika terjadinya air laut surut, yang menjadikan wisatawan merasa bak di tengah-tengah pulau terpencil.

6. Pantai Matras
Pantai Matras, sumber : www.utiket.com
Sebuah pantai yang terletak di Pangkalpinang dan berjarak 7 Km dari kota. Keindahan dan eksotismenya  menjadikan pantai ini begitu tenar di kalangan wisatawan. Baik dari dalam negeri maupun dari mancanegara. Pantai dengan pasir putih dengan hiasan bebatuan di pinggir yang menjulang tinggi menjadikan siapapun betah untuk berlama-lama di tempat ini. Selaini itu terdapat bungalaw sederhana di sekitar pantai dan akses menuju ke lokasi mudah, sehingga membuat Pantai Matras menjadi incaran para turis dan menjadi daya tarik tersendiri dari #PesonaPangkalpinang.

7. Pantai Tikus
Pantai Tikus, sumber : www.utiket.com
Dari nama memang membuat kita terkejut, tapi jangan berprasangka buruk. Karena di pantai ini kita pun akan terkejut, ya terkejut dengan keindahan #PesonaPangkalpinang dari Pantai Tikus. Pantai ini sangat menakjubkan terlebih berjejer dengan sebuah bukit yakni Bukit Rebo. Dengan perpaduan alam yang indah dan sejuk, menjadikan pantai ini sangat cocok untuk dikunjungi. Terlebih untuk melepas penat dan kejenuhan. Dan yang terpenting, di sini tidak ada tikus. Pantai yang bersih dan berseri. Sungguh indahnya, jadi pengen liburan yang lama di tempat ini.

8. Pantai Teluk Uber
Pantai Teluk Uber, sumber : www.utiket.com
Masih dengan #PesonaPangkalpinang dari pantai. Dan, pantai ini rasanya spesial banget. Kenapa tidak? Pantai yang berpasir warna keemasan dengan dikeliling batuan granit, tentu saja akan memanjakan mata kita. Kanan dan kiri terdapat pepohonan yang menjadikan pantai ini teduh dan jauh dari keriuahan kota. Terlebih airnya begitu jernih bak di kolam hotel berbintang lima. Siapapun yang ke sini, pastinya ingin berenang melihat air yang begitu bening.

9. Kuliner Khas Bangka : Minuman Tai Fu Sui
Tai Fu Sui, sumber : http://pangkalpinangkota.go.id/wisata-kuliner/
Rasanya kurang komplit ketika kita berbicara tentang wisata namun tidak dengan kulinernya. Di Pangkalpinang, ada sebuah minuman yang khas dan legendaris, memang namanya sedikit unik, yaitu Tai Fu Sui. Sebuah minum yang terbuat dari kacang dan kedela ini begitu bergizi dan menyehatkan. Sekilas memang minuman ini menyerupai susu. Hal itu karena kacang kedelai yang berwarna putih. Dan yang membuat minuman ini biasanya orang China atau Melayu. Kita bisa menemukannya di sekitar alun-alun kota Pangkalpinang.

10. Makanan Otak-otak Khas Bangka
Otak-otak khas Bangka, sumber : http://pangkalpinangkota.go.id/wisata-kuliner/
Untuk makanan yang sangat terkenal adalah Otak-otak khas Bangka. Otak-otak ini bisa dinikmati menggunakan sambal dan ataupun saus. Ada tiga varian sambal yang disajikan seperti saus sambal asam, saus sambal biasa dan saus sambal terasi yang dipadukan dengan jeruk nipis. Bahan dasarnya terbuat dari ikan dan cara memasaknya dibungkus dengan daun pisang kemudian dibakar sehingga rasa ikannya masih terasa. Berbentuk kecil tapi rasanya begitu menggoda. Tak heran jika Otak-otak khas Banka selalu menjadi menu pilihan bagi wisatawan.

Selain tempat wisata dan kuliner yang begitu khas, di Pangkalpinang juga terdapat hotel atau penginapan dari kelas melati hingga hotel berbintang. Semua itu ditujukan agar wisatawan yang datang mendapatkan keindahan dan kenyamanan serta ketenteraman ketika berlibur di Pangkalpinang.

Demikianlah tulisan ini untuk mengupas #PesonaPangkalpinang yang sebenarnya tidak akan ada habisnya karena begitu indah dan menawan. Semoga suatu saat nanti saya bisa menikmati kemesraan dari keelokan alam, seni dan budaya yang ada di Pangkalpinang.

--

Sumber referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Pangkal_Pinang
http://pangkalpinangkota.go.id/wisata-pantai/
http://pangkalpinangkota.go.id/wisata-sejarah-peribadatan/
http://pangkalpinangkota.go.id/wisata-kuliner/
http://www.utiket.com/id/obyek-wisata/pangkal_pinang/26-pantai_matras.html
http://www.utiket.com/id/obyek-wisata/pangkal_pinang/231-pantai_tikus.html
http://www.utiket.com/id/obyek-wisata/pangkal_pinang/232-pantai_teluk_uber.html

 

10 Comments

  1. Huwa, barusan banget baca artikel tentang wisata di pangkal pinang di blog mbak Desni ternyata di Mbak Ery pas banget juga lagi bahas wisata ke Pangkalpinang.
    Semoga bisa kesana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, pengen banget emang, pantainya itu loh yang bikin ngiler, pengen banget buat berenang

      Delete
  2. duh penasaran banget sama minuman Tai Fu Sui ini... kapan ya bisa jalan2 ke sana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya itu, saya juga pengen banget, kayaknya manis dan hangat di tubuh

      Delete
  3. aku penasaran dengan wisata religinya eri, terutama yang klenteng

    otak otaknya wow, maknyus, kayak makassar dong ya terkenal dnegan otak otak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, otak otak memang maknyus. untuk wisata religi memang sangat keren, berbeda agama, suku dan ras, tetapi di Pangkalpinang tetap utuh dan rukun. itu yang buat salut.

      Delete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)