Lakukan 6 Langkah Ini Agar Blog Diminati Banyak Pengunjung

by - 12:59:00 PM

sumber : http://jomphp.com/wp-content/uploads/2009/07/blogboard.jpg
Hai, hai, apa kabar? Sudah berapa lama ya, saya enggak cuap-cuap mengenai artikel? Semoga siang ini berhasil menulis sesuatu yang bermanfaat. Ya, kalau terpaksanya tidak bermanfaat buat orang lain setidaknya untuk diri sendiri, atau apalah. Tulisan ini saya tujukan untuk para blogger atau yang mau membuat blog (ajiib, gile, padahal diri sendiri belum tahu apa-apa tapi nulis buat orang banyak yang jauh mahir).

Okay deh, sepertinya terlalu lama basa basi, langsung saja deh ke topik utama. Dalam kesempatan ini, saya ingin berbagi pengalaman, tentang ngeblog dan cara agar pengunjung berminat dan betah membaca tulisan kita.

Dan berikut adalah 6 daya tarik agar blog diminati pengunjung :

Pertama: Isi Artikel Harus Menarik
Sepertinya kita semua sudah tahu, bahwa hal utama untuk menarik pengunjung adalah dengan memosting artikel yang berkelas. Tulisan yang bisa bermanfaat bagi pembaca, baik itu untuk kesehatan, wisata, kuliner, curhatan dan lainnya. Dengan adanya artikel yang membuat mata pengunjung tidak bisa berpaling ke blog lain, maka kita sudah satu langkah berhasil menarik pengunjung ke blog. Saya sendiri memang belum sempurna dalam membuat artikel, masih banyak belajar. Tapi apa salahnya jika memberikan informasi kepada yang lain.


Kedua: Tulisan Tidak Typo
Setelah berhasil mengonsep artikel yang menarik, sebaiknya jangan buru-buru kita posting. Pasalnya, ketika sedang menulis, banyak hal-hal kecil yang tidak kita sadari, contohnya Typo, atau yang bisa disebut salah ketik, salah tulis. Sudah seharusnya sebelum mempublish tulisan ke blog, kita baca kembali tulisan tersebut dan teliti mana saja yang harus direvisi, agar tulisan kita lebih baik. :)

Ketiga: Tulisan Harus Rapi
Sebaik dan seapik apapun artikel yang kita posting, kalau tulisan tidak rapi juga pengunjung malas. Untuk mengakali hal ini, saya sering menulis di Ms. Word. Tujuannya adalah tulisan bisa terlihat lebih rapi dan mudah untuk mengeditnya. Meskipun di blog terdapat aplikasi untuk menyetting tulisan menjadi Justified, tapi sampai saat ini saya belum menemukan pengaturan Line Spacing (Jarak Baris) di blog (kalau teman-teman ada yang menemukan, please beri tahu aku :D). Agar tulisan terlihat lebih rapi, sebaiknya gunakan jarak baris 1.5 lines, jadi tidak terlalu mepet yang membuat tulisan seperti menumpuk, dan tidak terlalu arang (jauh jaraknya) jika menggunakan jarak baris 2 lines.


Keempat: Menggunakan Bahasa Yang Mudah Dipahami
Ini hal yang menarik, karena isi artikel yang menarik, tentu menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Bahasa kita yang sehari-hari. Bahasa yang digunakan tidak selalu menggunakan bahasa baku, tapi jangan menggunakan bahasa alay. Pangsa kita itu pembaca, tentunya mereka ingin menikmati bacaan yang sederhana dan mengandung isi yang bermanfaat.


Kelima : Pilih Gambar/Foto Yang Cetar
Aih dah, foto yang cetar? Foto yang bagaimana? Hiks, tentunya agar pengunjung blog banyak harus dibumbui dengan gambar atau foto yang sangat menarik, bisa unik, langka, dan foto heboh, bahkan foto yang lebay agar orang penasaran. Kalaupun kita tidak memiliki foto sebagus itu, bisa kok mengunduh dari google, namun, harus dicantumkan sumber foto tersebut, ya. :)

Keenam : Gunakan Template Yang Menarik
Biar bagaimanapun template atau yang sering kusebut dengan tampilan blog itu memang penting. Minggu lalu saya mendapatkan masukan dari teman juga di komentar, bahwa artikel di blog saya cukup menarik, hanya saja sayang templatenya tidak menarik dan kurang rapi, sehingga malas untuk berkunjung ke blog saya. Dan memang benar, template itu sesuatu yang penting agar tampilang blog terlihat cantik dan elegan.


Itulah yang bisa saya sampaikan, saya juga masih kurang sempurna. Tulisan ini ditujukan untuk kita semua terutama diri sendiri yang masih sering lupa. Semoga bermanfaat, dan tetap semangat untuk ngeblog. :) Terima kasih.

You May Also Like

6 comments

  1. Kira2 blog ku gmn ya? Apa sdh sesuai dgn yg mbak sarankan ni. Hehe

    ReplyDelete
  2. Gambar yg cetar dan template menarik itu bagi sy susyahhh bingits

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa.. saya juga sudah gonta ganti template beberapa kali :(

      Delete
  3. Sayangnya aku masih kurang bisa merangkai kalimat menarik, yang mengalir seadanya tapi tetap menyenangkan untuk di baca. Padahal mungkin masuk poin yang pertama ya mbak ? Ada saran nggak mbak ?

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)

Labels

Teman-teman Blogger

Member Of

Member Of