Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7+ Manfaat Air Hangat Dicampur Garam untuk Jerawat

Manfaat air hangat dicampur dengan garam

Apa yang kamu lakukan ketika sedang berjerawat? Dibiarin aja, pakai acne patch, atau justru pengen mencet?

Memencet jerawat justru memperburuk peradangan. Tentu, kamu tidak mau kan, jerawat menjadi lebih merah dan membengkak.

Ada berbagai cara untuk menghilangkan jerawat di wajah, salah satunya dengan menggunakan air hangat garam. Mencuci atau mengompress wajah yang berjerawat menggunakan air hangat garam sudah dipercaya dapat mengatasi jerawat di wajah.

Lalu, apa saja ya, manfaat dari air hangat dicampur dengan garam? Efek samping apa saja yang timbul ketika menggunakan air hangat garam untuk wajah berjerawat? Untuk dapat jawabannya simak penjelasan berikut.



Manfaat Air Garam untuk Wajah


Manfaat air garam untuk wajah

Apakah air garam bisa menghilangkan jerawat? Tentu. Bukan hanya sebagai bumbu dapur saja, tapi, garam juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat.

Banyak yang mempertanyakan, “Apakah air hangat baik untuk kulit berjerawat?” dan “Apakah air garam bisa menghilangkan jerawat dan bekasnya?” Jawabannya adalah sudah pasti bisa. Bahkan, bahan kimia juga kalah efektifnya dari air hangat garam. Hal ini dikarenakan, garam mempunyai kandungan mineral, seperti magnesium, kalsium, kalium, natrium, dan juga sulfur. Dengan kandungan tersebut, garam dapat menjaga kesehatan kulit. Berikut manfaat dari air garam untuk wajah berminyak dan berjerawat:

1. Mengatasi Jerawat


Mengatasi jerawat adalah salah satu manfaat air hangat garam untuk wajah. Air hangat garam mempunyai sifat antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab timbulnya jerawat. Kandungan magnesium yang terdapat dalam garam juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada kulit yang terjadi saat jerawat muncul. Dengan demikian, jerawat pun akan lebih cepat teratasi dan mengering.


2. Mengangkat Sel-Sel Kulit Mati


Garam juga dapat digunakan untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah. Dengan cara garam dijadikan sebagai scrub wajah untuk mengeksfoliasi kulit wajah. Hal ini terjadi karena, garam memiliki tekstur berbentuk butiran-butiran kecil yang dapat digunakan untuk scrub yang nantinya akan mengangkat sel-sel kulit mati di wajah.

3. Mengurangi Minyak Berlebih


Selain menggunakan butiran garam, kamu juga dapat menggunakan air hangat garam sebagai sabun cuci muka. Air hangat garam mampu mengontrol produksi minyak (sebum) yang berlebih dan mengangkat kotoran di kulit wajah. Hasilnya, pori-pori wajah terbebas dari kotoran dan minyak yang berlebih di kulit.

4. Mencerahkan Kulit Wajah


Air hangat garam juga dapat bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah. Di saat kamu menggunakan air garam untuk scrub, sel-sel kulit mati di wajah akan terangkat. Saat itulah kulit akan terasa lebih halus dan tampak lebih cerah.

5. Mengurangi Komedo


Komedo terbentuk dari sel-sel kulit mati dan minyak yang menyumbat pori-pori. Jadi, air hangat garam dapat digunakan untuk membantu mengurangi komedo di wajah. Dengan rutin melakukan scrub wajah menggunakan air garam, nantinya sel-sel kulit mati dan minyak berlebih pun akan terangkat. Dengan inilah, pembentukan komedo akan berkurang.

6. Meningkatkan Produksi Kolagen


Penggunaan air hangat garam untuk wajah dengan teratur dapat meningkatkan kolagen. Hal ini berfungsi untuk mengurangi garis halus pada wajah dan mengatasi flek hitam atau bahkan bopeng.

7. Mengatasi Iritasi Kulit


Garam dapat juga digunakan untuk masker alami. Caranya, dengan mencampur garam dengan madu. Hal ini karena garam dan madu memiliki sifat antiradang yang berguna untuk meredakan iritasi pada kulit.

8. Meningkatkan Sirkulasi Darah


Air hangat garam dapat digunakan untuk meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini dikarenakan garam mengandung zat elektrolit untuk tubuh, yaitu natrium dan kalium. Jadi, kulit yang terkena paparan air hangat akan mengendurkan otot-otot halus di sekitar pembuluh darah.

Cara Pemakaian Air Garam untuk Wajah


Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa air garam dapat memberikan manfaat untuk kulit wajah. Lalu, apakah garam dapur bisa menghilangkan jerawat? Ada beberapa jenis garam yang digunakan untuk mencuci wajah yang berjerawat, salah satunya kamu bisa menggunakan garam laut murni atau garam dapur. Air garam laut murni dipercaya bisa mengangkat atau membersihkan sel-sel kulit mati karena air garam laut dapat meningkatkan pH kulit.


Bagaimana cara menghilangkan jerawat pakai garam? Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan jerawat menggunakan air hangat garam, di antaranya dengan cara cuci muka dengan air garam, kompres pada area yang berjerawat, dijadikan scrub atau masker eksfoliator, dan juga masker untuk melembapkan.

Kalau kamu berencana untuk memasak air terlebih dahulu untuk mendapatkan air hangat, cobalah pertimbangkan untuk menggunakan water heater Ariston. Tidak perlu menunggu lama, air hangat langsung tersedia dengan cepat.

Campurkan air hangat dengan beberapa sendok garam, kemudian aplikasikan air garam tersebut untuk menghilangkan jerawat dengan waktu 3-4 menit saja. Janganlah terlalu lama menggunakan air garam. Sebab, wajah yang terpapar oleh air garam dalam waktu yang lama dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan.

Efek Samping Menghilangkan Jerawat dengan Air Garam


Efek samping air garam untuk wajah

Sangat banyak manfaat yang diberikan oleh air hangat garam untuk wajah. Tapi ingat, air hangat garam juga memberikan efek samping yang pastinya dapat merugikan wajah. Berikut efek samping yang akan terjadi pada kulit kamu:

1. Kulit Kering


Air hangat garam akan mengakibatkan kulit terasa kering terutama jika penggunaannya terlalu berlebihan. Selain itu juga wajah yang tidak dibilas dengan bersih setelah menggunakan air hangat garam akan membuat kulit kering sehingga sisa garamnya akan membuat kesehatan kulit wajahmu akan menurun.

2. Alergi


Teruntuk kamu yang memiliki kulit sensitif, apalagi penderita alergi, tidaklah aman ketika menggunakan air hangat garam untuk wajah. Reaksi alergi akan terjadi ketika kamu menggunakan air hangat garam untuk mencuci muka. Biasanya, reaksi yang akan terjadi adalah seperti ruam, gatal, kulit kemerahan, atau bahkan sulit bernafas.

3. Jerawat Lebih Parah


Meskipun penggunaan air hangat garam dapat membantu dalam mengatasi jerawat, tetapi ada beberapa orang yang justru jerawatnya bertambah. Hal ini bisa terjadi ketika kamu menggunakannya terlalu berlebihan, dan tidak bersih ketika proses pembilasan.


4. Iritasi Kulit


Iritasi pada kulit akibat air hangat garam juga bisa terjadi. Hal ini terjadi ketika kamu menggunakannya untuk mengangkat sel kulit mati tetapi dengan cara yang terlalu keras dan pastinya akan menyebabkan iritasi kulit.

Kesimpulan


Air hangat garam memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah. Hal ini dikarenakan garam memiliki kandungan yang penting untuk kesehatan kulit. Kandungan itulah yang bermanfaat untuk menghilangkan jerawat, mengangkat sel-sel kulit mati, mengurangi minyak berlebih, mencerahkan kulit wajah, mengurangi komedo, meningkatkan kolagen pada kulit, mengatasi iritasi kulit, dan meningkatkan sirkulasi darah.

Cara menggunakannya pun mudah. Kamu bisa gunakan air hangat garam dengan cara menjadikannya sebagai kompres, untuk cuci muka, dan juga bisa dijadikan scrub ataupun masker.

Siapkan air garam yang hangat kemudian aplikasikan dan diamkan selama 3-4 menit di wajah. Hal ini dikarenakan jika wajah terlalu lama terpapar oleh garam akan berakibat buruk untuk kulit. Jadi, untuk mendapatkan manfaat yang maksimal kita harus berhati-hati dalam menggunakannya. Karena tidak semua kulit cocok dengan kandungan yang ada pada garam.

Untuk mendapatkan pengalaman yang menyenangkan saat mencuci muka dengan air hangat, kamu bisa menggunakan water heater Ariston sebagai penyedia air hangatnya. Sebab, pemanas air tersebut tidak hanya bisa memanaskan air dengan cepat, praktis, dan efisien, tetapi juga meminimalisir pengeluaran. Kamu tidak perlu khawatir akan merogoh kocek yang dalam karena harganya yang terjangkau dan hemat energi.

Tunggu apa lagi? Dapatkan pengalaman terapi air hangat garam untuk kulit berjerawat yang nyaman bersama Ariston water heater. Raih semua manfaat air hangat garam untuk kesehatan kulit wajahmu. Jangan lewatkan kesempatan pengalaman terapi yang tak terlupakan bersama Distributor Ariston.
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

39 comments for "7+ Manfaat Air Hangat Dicampur Garam untuk Jerawat"

  1. Aku pernah baca juga tentang garam untuk menghilangkan komedo. Baru nyoba sekali sih...
    Ternyata engga boleh lama-lama ya kalau kompres garam. Lagi banyak nih komedoku. Mau nyoba rutin deh...

    ReplyDelete
  2. dulu tahunya air garem dipake untuk kumur kumur jika mengalami gusi bengkak dan banyak sariawan. Ternyata bisa juga digunakan untuk melawan jerawat pada wajah. BAnyak sekali fungsi dan manfaat air garam ini

    ReplyDelete
  3. Kalau untuk eksfoliasi wajah, porsi garam dan airnya seberapa, Kak? Ini semua jenis garam bisa dipakai ya, Kak? Ataua hanya merk garan tertentu? Lumayan juga kan kalau bisa perawatan dengan garam plus air.

    ReplyDelete
  4. Kalo ada jerawat, bisanya saya diemin aja, nanti juga ilang sendiri hehehe.. Meski prosesnya agak lama sih. Bisa juga ya diobati dengan menggunakan air hangat plus garam. Baru tau sih. Tapi ternyata ada efek sampingnya juga ya. Jadi mikir dua kali nih antara mau cobain atau enggak. But anyway, sangat menambah wawasan seputar kesehatan wajah

    ReplyDelete
  5. Saya baru tahu, kalau air garam hangat bisa untuk menghilangkan jerawat, Mbak. Ibu saya pakai air garam panas untuk merendam tangannya kalau pegal-pegal. terus saya pernah sakit gigi lalu kumur-kumur dengan air garam hangat. Tapi tetap diperhatikan juga ya, karena tidak semua orang cocok dengan air garam hangat untuk wajah.

    ReplyDelete
  6. Aku baru tahu khasiat air hangat plus garam utk mengobati bbrp penyakit, bahkan jerawat. Malah aku tahunya hanya utk mengobati sakit gigi tuh. Cukup dikumur2 doank.

    Ah ntar aku cari ah water heater Ariston ini. Biar ga repot hrs merebus air dulu demi mendapatkan air hangat. Bisa praktis nih kalo pake water heater Ariston.

    ReplyDelete
  7. Wah baru tahu nih bisa menggunakan air hangat garam buat mengatasi jerawat. Cara yang murah dan lebih sehat. Bisa juga buat scrub dan eksfoliasi wajah nih. Tapi hati-hati juga buat yang alergi yah, tetep waspada.

    ReplyDelete
  8. Ternyata bagus juga ya manfaat air hangat dicampur sama garam. Ada catatannya ya. Nggak boleh terlalu lama. Okelah. Mau nyoba kalau pas muka lagi jerawatan.

    ReplyDelete
  9. Air hangat garam memang banyak banget manfaatnya, aku merasakan sendiri soalnya biasanya untuk kumur2 kalau gigi terasa sakit. Baru tahu nih kalau bisa buat jerawat juga. Nggak usah pakai skincare mahal2 yaa jadinya, hihi.

    ReplyDelete
  10. Baru tahu kalau air garam ini juga bisa untuk menghilangkan komedo. Saya mau mencobanya. Secara iya nih komedo di wajah saya ampun banyak banget... Semoga bisa diatasi dengan air garam ini ya

    ReplyDelete
  11. Weeehh aku baru tahu banget lhoo kalo air hangat dicampur garam ini bisa untuk jerawat. kalo bisa pake cara kayak gini, ga perlu beli cream jerawat 500ribuan huuhuhu

    ReplyDelete
  12. Banyak sekali ya manfaat dari garam ini namun saya belum pernah menggunakannya pada wajah karena wajah saya sensitif jadi mesti ektra hati-hati menggunakannya

    ReplyDelete
  13. Kaget aku gitu baca judulnya, ahaha.. dan makin kaget lagi, ternyata bisa buat wajah berminyak! Ya ampun, auto cobain ah entat, xixixi..

    ReplyDelete
  14. Wah aku baru tahu kalau air garam bisa buat jerawat juga.. tapi sepertinya kalau sudhah meradang sebaiknya diperiksakan ke dokter yaa

    ReplyDelete
  15. Ya ampun, selama ini belum pernah terpikir dan mencoba menggunakan garam untuk wajah. Ternyata banyak sekali manfaatnya.

    ReplyDelete
  16. wah baru tau deh, memang air garam kan bikin kering ya, kalau kulitnya cenderung kering, kayanya kudu dihindari bgt deh

    ReplyDelete
  17. Wah, kalau untuk jenis kulit tertentu, apakah bisa juga pakai metode air hangat ini?

    ReplyDelete
  18. Terapi air hangat ini ternyata banyak manfaatnya ya. Cusss lah kita mulai ikuti, membuat kegiatan selama puasa.

    ReplyDelete
  19. Setiap hari berkutat dengan air dan garam tapi baru tahu kalau perpduan keduanya ternyata membawa manfaat yang banyak sekali. Terima kasih sharingnya mbak..

    ReplyDelete
  20. Baru tau, ternyata air garam hangat bisa meredakan jerawat ya. Nanti coba saya kasih tau anak bujang yang lagi suka muncul jerawatnya. Biar dicobain.

    ReplyDelete
  21. Ya ampun.. Diriku kemana aja... Kok
    bisa-bisanya ha tahu kalau air hangat garam pnya manfaat bejibun untuk kulit. Ntar mo nyobain ah, perawatan pakai air hangat garam.

    ReplyDelete
  22. air garam banyak banget ternyata manfaatnya untuk kesehatan apalagi kulit ya Mbak, baru tau nih kalau bisa mengatasi jerawat dan juga mencerahkan.
    tapi harus hati-hati juga sih ya dan harus membilasnya dengan bersih biar gak terjadi efek samping yang parah.

    ReplyDelete
  23. Bener sih ini, garam itu kan punya fungsi buat antibakteri ya, itu makanya bisa untuk perawatan kulit berjerawat atau bahkan perawatan luka. Cuma emang gak boleh sering sih pakenya

    ReplyDelete
  24. Ternyata ada banyak yaa khasiat air garam, gak hanya bagus buat ngilangin acne tapi juga bisa bikin tambah cantik.


    Eh aku juga pake water heater di rumah, biar praktis langsung ada air panas.

    ReplyDelete
  25. dulu sewaktu SMA-Kuliah wajahku lumayan berjerawat, sampai diledekin terus katanya aku full jerawat gitu huhu. Dan pernah dikasih saran untuk pakai air garam ini, karena ngga rutin karena mikirnya agak ribet hihi, sekarang udah ada air hangat garam pakai Ariston Water Heater yang recomended buat dikepoin trus di checkout

    ReplyDelete
  26. Saya kalau muncul jerawat di wajah, risih mbak, pengennya segera mencet saja.
    Wah padahal dengan air hangat di campur garam pun ampuh ya buat mengatasi berbagai masalah yang ada di wajah.
    Saya tuh kenalnya, pemanfaatan garam selain buat masak, cuma buat oralit saja

    ReplyDelete
  27. ini berasa perih gak sih pas diaplikasikan ke wajah mak, sepertinya patut dicoba di kala jerawat hormonal tumbuh

    ReplyDelete
  28. Owalaaa ternyata banyak manfaatnya ya mbaa
    aku baru tahu loh ini.
    kukira selama ini air garam cuma cocok utk yg lagi gejala flu, buat kumur2 gitu.
    makasi sharingnya ya

    ReplyDelete
  29. Aku baru tau ini untuk menghilangkan jerawat dengan menggunakan air hangat dan garam. Selain itu juga manfaatnya untuk kulit banyak juga ya, tapi harus waspada juga dengan efek sampingnya ya.

    ReplyDelete
  30. Boleh juga nih mba..kebetulan adiiku jerawatan belum pernah coba sih terapi air garam .. kalau dikamar mandi menggunakan water heater Ariston. Bener sih gak perlu menunggu lama, air hangat langsung tersedia dengan cepat. Kepikiran mau masang juga

    ReplyDelete
  31. aku pernah pake air hangat dengan garam ini untuk wajah. dulu karena kena cacar sih ternyata bisa untuk wajah berjerawat juga ya.

    ReplyDelete
  32. Saya baru tahu sekarang loh ternyata air hangat garam bisa membantu mengatasi jerawat ya... Pengen coba deh untuk menghilangkan komedo...

    ReplyDelete
  33. Wah baru tau aku kalo air hangat dikasih garam bisa mengobati jerawat. Biasanya saat pmS jerawatku bermunculan keknya wajib nyobain deh cara simple ini semoga bwrhasil. Makasih tipsnya mak

    ReplyDelete
  34. Wah, baru tahu aku
    Ternyata air hangat dan garam bisa jadi cara alami merawat kulit y

    ReplyDelete
  35. Penambahan garam dalam air yang digunakan untuk scubbing wajah ini ada takarannya gak, ka Ery?
    Karena garam kan larut dalam air degan cepat yaa..

    Tetanggaku dulu rajin banget pakai masker dari putih telur.

    ReplyDelete
  36. Wah baru tahu kalau air dicampur garam manfaatnya ok buat membasmi jerawat. penasaran ini garamnya garam biasa atau perlu garam kyk garam laut, himalaya atau apapun itu?
    Btw kalau punya water heater di rumah emang enak yaa, gak perlu rebus2 air lagi nungguinnya lama hehe

    ReplyDelete
  37. Baru tahu life hack seperti ini
    Jadinya kalau ada masalah kulit seperti yang disebutkan di atas, solusinya air garam dulu sebelum panik mau melakukan hal yang lebih kompleks

    ReplyDelete
  38. Saya baru tahu lho kalau air garam hangat bisa dipakai untuk perawatan wajah. Bisa murmer banget ya. Memang harus bijak memakainya, dan setelahnya diberi banyak-banyak pelembab ekstra agar tidak kering.

    ReplyDelete
  39. Jujur sih, aku baru tahu kalau garam bisa dipakai buat atasi jerawat. Karena garam itu, biasanya aku pakai buat tenangkan atay melemaskan otot kaki setelah seharian jalan.

    ReplyDelete