Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Dia Tips Program Hamil Alami yang Tepat

Program Hamil

Buah hati adalah anugerah terindah yang selalu dinantikan pasangan suami istri, namun tidak semua pasangan mudah mendapatkan keturunan. Tidak heran jika banyak pasangan yang melakukan berbagai upaya program hamil baik secara alami maupun dengan konsultasi ke dokter.

Begitu pula saya dulu. Setelah dua tahun menikah saya baru berhasil hamil. Rangkaian beberapa program hamil (promil) kami coba. Dari cara alami hingga konsultasi ke dokter.

Salah satu promil alami yang bisa pasangan lakukan untuk mendapatkan keturunan adalah rutin melakukan hubungan suami-istri. Meskipun demikian, masih banyak cara alami lainnya yang bisa kita lakukan agar kita mendapatkan keturunan.




9 Tips Program Hamil Alami yang Tepat


9 tips program hamil alami

Bagaimana tips promil mandiri di rumah? Pastinya banyak yang penasaran dengan pertanyaan tersebut lantaran belum menemukan solusi. Ada beberapa tips promil alami yang bisa dilakukan sendiri sebagai berikut:

1. Hindari Stres


Tidak sedikit pasangan suami istri yang langsung mendapatkan keturunan setelah menikah, namun banyak juga yang kesulitan. Bahkan ada yang menantikan keturunan selama bertahun-tahun hingga merasa sangat ingin memiliki keturunan.

Jika ingin melakukan program hamil secara mandiri, setidaknya pasangan suami istri harus mengurangi atau bahkan menghindari stres berlebih. Terutama bagi wanita, karena tingkat kestresan pada wanita berkaitan dengan peluang kehamilan, sebab stres bisa mengganggu proses ovulasi.

Beneran deh, dulu saya memang gila kerja sampai stres, pas ke dokter, salah satu saranya untuk lebih rileks. Bahkan, pas saya sakit, saya sampai diledekin sama dokternya, "Makanya jalan-jalan jangan kerja mulu.!" Ya begitulah kalau dokter sudah tahu saya kerjanya di mana dan bagaimana porsi kerja saya.

2. Terapkan Pola Hidup Sehat


Perlu kita ketahui, tingkat stres bisa menjadi pemicu utama bagi wanita untuk bisa hamil atau memiliki keturunan. Akan tetapi, ada faktor lain yang bisa membuat wanita sulit hamil meskipun sudah menanti lama.

Kebiasaan hidup yang tidak sehat dapat mempengaruhi kualitas sperma pada pria dan sel telur wanita. Oleh karena itu, sangat penting menerapkan pola hidup sehat bagi pasangan suami istri yang tengah menjalani promil mandiri. Catat ya, pola hidup sehat itu untuk suami dan istri. Jadi bukan hanya istrinya saja.

3. Olahraga Teratur


Ada berbagai cara promil alami yang bagus untuk pasangan suami istri agar cepat mendapat momongan. Namun, menjalani program agar cepat hamil tentu tidak bisa sembarangan karena tidak akan berhasil.

Tips selanjutnya yang perlu diperhatikan ketika menjalani program hamil adalah rutin berolahraga setiap hari. Melakukan olahraga rutin minimal 15 menit per hari bisa memberikan manfaat secara menyeluruh baik untuk suami atau istri dan calon janin nantinya.

4. Deteksi Masa Subur


Selain melakukan olahraga, mengelola stres, dan menjaga pola hidup tetap sehat, kita juga harus memperhatikan hal lainnya. Salah satunya mendeteksi kesuburan terutama masa subur wanita dengan mengenali siklus haid.

Ini adalah solusi yang cukup alami, dengan mengetahui masa subur suami istri sangat penting ketika melakukan program agar cepat hamil. Masa subur adalah waktu yang tepat untuk suami istri melakukan hubungan intim karena peluang hamil lebih tinggi.

5. Tingkatkan Frekuensi Hubungan


Rutin melakukan hubungan intim bisa menjadi peluang hamil, namun tidak boleh terlalu sering atau jarang melakukan. Sebaiknya pasangan suami istri melakukan hubungan intim 2 hingga 3 kali dalam seminggu agar kualitas sperma tetap terjaga.

Pasalnya, sperma pria matang dalam waktu dua atau tiga hari serta lebih baik lagi jika berhubungan ketika pagi hari. Suami istri yang sedang menjalani program hamil bisa berhubungan dua atau hari sekali untuk memperoleh peluang kehamilan lebih tinggi.


6. Hubungan Tanpa Alat Kontrasepsi


Sering kali ada pasangan suami istri yang belum ingin memiliki momongan setelah menikah sehingga menggunakan alat kontrasepsi. Akan tetapi, penggunaan tersebut terjadi bisa memberikan dampak sulit memiliki keturunan.

Jika ingin mendapat keturunan secara alami tentu saja tidak perlu menggunakan alat kontrasepsi dalam bentuk apa pun. Lebih baik berhubungan suami istri tanpa harus menggunakan pil kb, kondom, atau alat kontrasepsi lainnya. Ya bagaimana mau bisa hamil, kalau dihalangi oleh kontrasepsi?

7. Jaga Berat Badan Ideal


Mengapa banyak wanita yang sulit hamil? Sebenarnya ada beberapa faktor yang bisa menghambat suami istri memiliki keturunan. Bahkan faktor tersebut tidak hanya karena masalah kesehatan atau adanya penyakit tertentu tetapi bisa karena berat badan.

Berat badan berlebih bisa menghambat wanita untuk hamil sehingga sangat penting menjaga berat badan tetap ideal. Terutama ketika sepasang suami istri sedang menjalankan program hamil agar kondisi hormon berproduksi secara semestinya.

8. Berhenti Merokok


That's right! Dulu, sebelum saya hamil, suami saya adalah seorang perokok. Setelah menikah satu tahunan, tanda-tanda hamil belum muncul, akhirnya waktu itu kami ke dokter. Dicek okay semua. Nah, akhirnya kami berdiskusi agar suami berhenti merokok. Alhamdulillah, salah satu ikhtiar ini berhasil. Setelah beberapa bulan (sekitar 6 bulanan) suami berhenti merokok, saya bisa hamil.


Usut punya usut, kandungan zat berbahaya dalam rokok yang bisa mempengaruhi kualitas sel sperma serta sel telur menjadi menurun sehingga sulit hamil. So, buat teman-teman yang sedang menanti buah hati, apabila suaminya masih merokok, sebaiknya diskusikan secara baik-baik agar suami berhenti merokok.

9. Periksa kesuburan


Tips terakhir yang perlu dicoba agar program untuk hamil berhasil adalah melakukan pemeriksaan kesuburan ke dokter. Dengan berkonsultasi ke dokter ahli bisa memudahkan pasangan suami istri dalam menentukan jenis promil alami yang cocok dan langsung mendapat penanganan lebih tepat dan cepat ketika mengalami masalah.

Penutup


Demikian sekilas ulasan tentang tips program hamil secara alami yang sangat cocok bagi pasangan suami istri terutama pengantin baru. Dengan begitu, harapan untuk memiliki buah hati atau keturunan secara alami dan lebih tepat bisa terwujud.

Namun, kembali lagi, selain usaha jangan lupakan doa. Karena doa adalah pintu langit yang bisa mengubah segala bentuk takdir. Intinya kita manusia harus tetap semangat berusaha dan berdoa. Insya Allah, apa pun hajat atau immpian bisa terwujud.

Tetap semangat ya, pejuang garis dua.
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

16 comments for "Ini Dia Tips Program Hamil Alami yang Tepat"

  1. Emang bener kak kalau mau promil kudu jaga kesehatan lahir batin dan meminimalisir stress. Ada kerabatku baru bisa hamil pas dia pindah (dari rumah mertuanya).

    ReplyDelete
  2. Anak adalah anugerah besar. Jadi bila belum diberi momongan, terus berikhtiar. Salah satunya dengan program hamil. Dan untuk berhasil suami istri harus disiplin menjalankannya. Harus menghilangkan ego. Salah satunya kalau suami perokok, berhenti merokok dulu.

    ReplyDelete
  3. Kalau inget ada yang berjuang keras untuk dapat momongan gini bikin pengen sayang anak terus, deh. Moga para pasangan yang merindukan buah hati segera dikabulkan harapannya ya

    ReplyDelete
  4. Memang kalau mau hamil itu harus menerapkan pola hidup sehat. Soalnya kualitas telur dan sperma ditentukan oleh kesehatan kita.

    ReplyDelete
  5. Wawasan yang menambah semangat untuk para pejuang harus dua serta untuk yang sebentar lagi menikah ya sehingga punya persiapan. Semangat semua, insyaAllah banyak kemudahan dan keberkahan dari-NYA.

    ReplyDelete
  6. Beberapa bulan setelah pernikahan, istri tak kunjung hamil membuat kami berpikir banyak hal, salah satunya mandul. Meskipun tidak ada genetika mandul.

    Maka hal pertama gang saya dan istri lakukan,langsung konsul ke dokter kandungan. Alhamdulillah ga ada masalah dan akhirnya mencoba dengan menenangkan diri, konsumsi madu promil. Alhamdulillah 9 bulan pernikahan positif. Tips-tips di atas memang sangat bermanfaat. Selain itu, pastinya tetap berdoa

    ReplyDelete
  7. boleh banget diterapkan buat yang mau mengejar garis dua nih. Cara alami tentu memiliki efek yang baik bagi kesehatan. Tanpa efek samping. Yang penting kita berusaha dan ikhtiar tak lupa dengan berdoa supaya hasilnya baik dan maksimal

    ReplyDelete
  8. Nomor terakhir ini yg kadang nggak banyak pasangan lakukan. Salah satu biasanya mengklaim msh subur. Pdhl harus cek barengan. Temenku udh 15 thn menikah jg blm dikasih keturunan. Emg sih suaminya perokok berat. Tp yg jd mslh, dia ga mau periksa kesuburan. Jd kan ga th nih mana yg bermasalah, suaminya atau istrinya.

    ReplyDelete
  9. Meski udah lewat usia tapi saya juga masih pejuang harus dua lho. Semoga aja menerapkan semua point nya dari artikel ini ada keajaiban saya bisa diberi kesempatan Nya untuk kembali memiliki buah hati. Aamiin...

    ReplyDelete
  10. Baca ini jadi pengen hamil lagi wkwkwk, tapi masih agak trauma sama keguguran kemarin. Semoga dapat rezeki anak lagi kalau memang jalannya hihi

    ReplyDelete
  11. Pas banget nih untuk aku si pejuang garis dua untuk anak kedua, hihi.. Bookmark dulu yes, kak. Thankyuu..

    ReplyDelete
  12. Wah, bermanfaat sekali tips-nya, mba. Apalagi untuk pasangan sah yang masih baru-barunya. Edukasi seperti ini pasti sangat membantu untuk program hamil alami yang tepat. Buat pasangan baru menikah, yuk lah baca artikel ini, worth to read!

    ReplyDelete
  13. Setuju, doa itu membuka pintu langit. Segala sesuatu memang haris diiringi oleh doa agar bisa berhasil..

    ReplyDelete
  14. Betul yaa..
    Di sela-sela ikhtiar, jangan lupakan bahwa kekuasaan terbesar tetap ada di takdir Allaah.
    Semoga yang sedang progmil bisa disegerakan memiliki momongan yang sehat dan lucu.

    ReplyDelete
  15. kalo boleh tahu utk periksa kesuburan itu apakah harus di klinik atau rumah sakit ya kak? kira-kira biayanya berapa ya,

    ReplyDelete
  16. Bulan depan insya allah bakal jadi pasutri nih. Dan ini bisa banget aku jadikan sebagai tips program hamil karena memang gak mau menunda.

    Ohya, aku bookmark dlu yah Mba. Terima kasih udah berbagi informasinya Mba...

    ReplyDelete