Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Energi Terbarukan dan Jenisnya

Mengenal energi terbarukan

Halo, para pejuang lingkungan. Apa kabar? Semoga selalu semangat dalam menjalankan tugas untuk bumi yang lebih baik. Para pejuang lingkungan ini adalah kita semua yang selalu bergerak dan berdaya dalam mencintai lingkungannya. Turut serta dalam mencegah krisis iklim meskipun tindakan kita masih sangat kecil.

Krisis iklim atau perubahan iklim ini kita sudah sering dibahas. Dari penyebab hingga akibat yang akan menimpa kita semua. Untuk itu, kita terus berupaya untuk mencegahnya. Salah satunya adalah hemat energi dan atau memanfaatkan energi terbarukan.

Energi terbarukan memang sedang santer-santernya dibicarakan, karena banyak pendapat yang mengemukakan bahwa dengan adanya energi terbarukan, bumi bisa menjadi lebih baik, dan perubahan iklim bisa dicegah.


Nah, beruntung banget nih, pada Jumat, 17 November 2023 saya mengikuti online gathering bareng Eco Blogger Squad yang menghadirkan narasumber dari Traction Energy Asia. Dia adalah Kak Refina Muthia Sundari selaku Research Manager at Traction Energy Asia. Topik yang dibahas juga sangat bagus, yaitu ‘Mengulik Tentang Energi Terbarukan yang Sedang Ramai Diperbincangkan’.



Mengenal Energi Terbarukan


Energi Terbarukan

Dalam online gathering tersebut, Kak Refina memaparkan pengertian tentang energi terbarukan. Kenapa juga kita harus memanfaatkan energi tersebut? Pasalnya, saat ini di negara kita, bahkan sebagian besar negara di dunia ini memanfaatkan energi fosil yang lambat laun akan habis.

Pemanfaatan energi terbarukan



Energi Terbarukan adalah energi yang berasal dari sumber daya alam yang sudah tersedia dan cepat dihasilkan kembali, sehingga tidak akan habis karena terbentuk dari proses alam yang berkelanjutan.

Selain itu, ketika kita terus-terusan menggunakan energi fosil, akan mengakibatkan pencemaran lingkungan di mana-mana, dan memiliki dampak buruk bagi lingkungan dan iklim. Sudah saatnya kita beralih ke energi terbarukan.

Macam-macam Energi Terbarukan yang Bisa Dimanfaatkan


Gambaran umum energi terbarukan

Sebetulnya, di bumi ini tak kurang-kurangnya sumber energy yang ada. Tinggal kita manusianya yang bisa mengolahnya atau tidak. Nah, berikut merupakan beberapa energi terbarukan yang bisa dimanfaatkan:

1. Tenaga Surya (Energi Matahari)


Negara kita yang merupakan beriklim tropis sudah sepantasnya menggunakan tenaga surya dalam memenuhi pasokan aliran listrik. Hal ini pun sudah mulai digunakan baik di rumah tangga maupun di perusahaan-perusahaan sektor industri yang banyak mengonsumsi energi listrik.

Energi matahari ini merupakan suatu teknologi yang dirancang dengan memanfaatkan panasnya sinar matahari yang masuk ke panel surya dan diproses secara langsung menjadi energi listrik.

Berhubung tenaga surya sangat sedikit menghasilkan efek gas rumah kaca, sehingga energi ini sangat cocok untuk lingkungan dan bumi kita. Selain itu, tenaga surya juga tidak membuat air menjadi tercemar.

2. Energi Angin (Wind)


Kalau melihat kincir angin di negeri Belanda rasanya takjub, ya. Banyak banget kincir angin di sana. Nah, di Indonesia juga bisa lho untuk memanfaatkan angin menjadi sumber energi. Di negara kita tidak kurang-kurang adanya angin, semoga bisa kita dapat memasang kincir angin dan menjadikan sumber tenaga listrik yang mencukupi kebutuhan negeri ini.

Untuk menghasilkan energi listrik dari angin memang perlu pembuatan turbin angin yang cukup besar dan banyak. Sehingga ketika terdapat angin kencang mampu menggerakkan turbin tersebut dan dimanfaatkan menjadi energi listrik.

3. Tenaga Ombak


Rasanya memang agak aneh pas mendengar bahwa ada tenaga ombak dijadikan pembangkit listrik. Tapi itu kenyataannya lho. Mengingat negara kita yang merupakan negara kepulauan dan banyak memiliki lautan, tidak ada salahnya kalau mencoba energi terbarukan dari gulungan ombak.

Pembangkit listrik dengan ombak ini bisa dibangun di lepas pantai. Cara kerjanya dari energi kinetik yang terdapat pada gelombang air laut diubah menjadi tenaga listrik.

Ombak laut ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Karena kenyataannya ombak juga mampu menggulung kapal-kapal besar, untuk itu, enggak ada salahnya kalau dimanfaatkan sebagai energi terbarukan.

4. Tenaga Air


Air merupakan sumber daya yang bisa menghasilkan energi listrik, dan hal ini sudah tidak asing lagi. Karena negara kita juga sudah memanfaatkannya sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Salah satu PLTA yang saya tahu ada di Banjarnegara, Jawa Tengah, tepatnya di Waduk Mrica.

Dengan memanfaatkan derasnya aliran sungai, air bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik yang kita butuhkan. Berhubung di negara kita juga banyak sungai, semoga saja makin banyak PLTA yang tumbuh dan berkembang untuk menyuplai listrik ke seluruh pelosok negeri.

5. Energi Panas Bumi


Tanah yang mengandung unsur-unsur vulkanik pasti panas dan akan mengeluarkan asap. Seperti halnya di daerah Dieng, Banjarnegara, banyak sekali uap panas yang dihasilkan. Nah, dari uap panas ini bisa juga dimanfaatkan untuk energi terbarukan untuk menghasilkan listrik.

Dengan memanfaatkan uap panas bumi, maka akan dapat mengurangi penggunaan energi fosil, bahkan mampu mengurangi emisi karbon dan efek gas rumah kaca.

6. Biomassa


Salah satu energi terbarukan yang sedang digadang-gadang adalah biomassa. Dengan memanfaatkan limbah organik dedaunan kering/sampah dari pohon yang kering kemudian dibakar untuk menciptakan energi ramah lingkungan yang terbaru.

Dari biomassa ini banyak sekali energi yang dihasilkan, misal ketika berbentuk cair makan bisa menghasilkan bahan bakar nabati. Ketika dalam bentuk gas biomassa tersebut bisa dimanfaatkan untuk gas, dan juga biomassa bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar transportasi atau industri.

Namun, hal ini perlu digaris bawahi, bahwa pembakaran tersebut merupakan hasil limbah/sampah, bukan dari penebangan pohon yang dijadikan bahan bakar. Karena ketika memanfaatkan dari pohon-pohon yang ditumbangkan, sama saja ujungnya akan merusak lingkungan, malah semakin parah.

Belum lagi kalau penebangan terus-terusan akan merusakan hutan dan bisa mengganggu masyarakat ada yang tinggal di sekitarnya.


7. Biodiesel


Merupakan alternatif pengganti solar yang terbuat dari minyak, tumbuhan, atau hewan. Salah satu bahan baku biodiesel adalah minyak sawit mentah.Namun, ada bahan baku lain yang mudah dicari dengan harga yang sangat rendah yaitu minyak jelantah. Menurut Refina, Indonesia sudah bisa mengekspor minyak jelantah ke negara-negara lain tapi belum bisa memanfaatkannya di dalam negeri.

Pola pengumpulan minyak jelantah



Nah, hal ini perlu banget deh dukungan dari pemerintah untuk melakukan riset, terobosan dan sejenisnya agar minyak jelantah bisa dimanfaatkan sebagai biodiesel. Selain untuk dijadikan bahan bakar, minyak jelantah juga tidak asal dibuang. Karena limbah minyak jelantah ada di mana-mana. Dari rumah tangga, pedagang, dan restaurant, banyak sekali menghasilkan minyak jelantah.

Alasan lainnya mengapa memilih minyak jelantah adalah:


Pemanfaatan minyak jelantah


  • Minyak jelantah memiliki komposisi kimia yang menyerupai minyak sawit sebagai bahan baku biodiesel.
  • Minyak jelantah adalah limbah dan harganya murah, serta rendah emisi efek gas rumah kaca.
  • Adanya kenaikan minyak goreng di sektor rumah tangga sebesar 2,32% dari tahun 2015 - 2020 (data BPS).

"Total Potensi minyak jelantah dari rumah tangga dan unit usaha mikro di level nasional adalah sebesar 1,2 juta kilo liter." - Traction Energy Asia, 2022.

Hal yang Bisa Kita Lakukan untuk Hemat Energi


Sadar dan hemat energi


Untuk mendukung gerakan hemat energi, kita dapat melakukan hal-hal kecil terlebih dahulu.
  1. Menggunakan kendaraan ramah lingkungan sekaligus berolahraga.
  2. Menggunakan transportasi publik.
  3. Memasang panel surya atap jika financial mendukung.
  4. Merencanakan perjalanan dengan efisien.
  5. Mengganti lampu biasa dengan jenis lampu LED.

Penutup


Untuk menciptakan energi terbarukan memang cukup panjang prosesnya. Belum lagi harus melakukan cek dan ricek terlebih dahulu. Akan tetapi, kalau tidak dimulai sekarang, kapan lagi? Tidak mungkin kita harus menunggu kehabisan energi fosil baru kita memikirkan energi lainnya.

Selain itu, minyak jelantah yang sering kita pandang sebelah mata karena sudah tidak bagus lagi untuk menggoreng makanan, rupanya memiliki manfaat lain, yakni bisa dijadikan biodiesel. Semoga ke depan akan ada penampung atau pengepul minyak jelantah di tiap daerah agar kita semua tidak asal membuang minyak jelantah yang bisa merusak alam.

Well, itulah sekelumit tentang energi terbarukan yang dibahas dalam online gathering Eco Blogger Squad bareng Kak M.. semoga bisa menambah wawasan kita tentang energi terbarukan yang sedang gencar-gencarnya dibahas.

Dan kita sebagai muda-mudi bumi, selama belum bisa menggunakan energi terbarukan, hal yang bisa kita lakukan adalah hemat energi. Yuk, dimulai dari sekarang.
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

30 comments for "Mengenal Energi Terbarukan dan Jenisnya"

  1. Di lingkungan perumahan saya juga sudah mulai ada penampung atau pengepul minyak jelantah. Jadi minyak jelantahnya tidak dibuang sembarangan. Dikumpulkan dulu baru kemudian dijual pada pengepul.

    ReplyDelete
  2. Halo Mak. Aku sepakat sekali bahwa untuk melakukan hemat energi, harusnya dilakukan dengan cara-cara sederhana dan dari sekarang tak perlu menunggu waktu lagi. Misalnya gunakan transportasi umum itu memang penting sekali

    ReplyDelete
  3. yuk hemat yuuk. Energi terbarukan, menunggu cara pemakaian minyak jelantah nih ya mba untuk biodiesel. Karena minyak jelantah kan paling dekat dengan keseharian, pengin bisa mengolah sendiri. Di dekat rumah ada pengepul minyak jelantah, banyak bgt, tapi belum tau untuk apa, cuma belum pernah tanya hehe. Aku tertarik belajar tentang energi terbarukan ini mba.. makasih tulisannya yaa^^

    ReplyDelete
  4. Kalau teknologi bisa mengolah, sebenarnya banyak sumber energi terbarukan di negara kita ini ya mbak.
    Membaca ini saya jadi ingat cerita kepala sekolah salah satu SMK di Makassar, setelah pasang panel surya, setiap bulan bisa menghemat puluhan juta untuk biaya listrik.

    ReplyDelete
  5. Aku percaya manfaat energi terbarukan ini mampu mendorong pertumbuhan ekonomi secara signifikan karena dengan terciptanya masyarakat yang mandiri energi bisa berdampak juga pada peningkatan belanja masyarakat di sektor lain.

    ReplyDelete
  6. Makasih sharingnya. Butuh usaha ya dan peran lembaga oenelitian dihqrapkan punya banyak terobosan yang bisa diaplikasikan bukan hanya dipajang di jurnal saja

    ReplyDelete
  7. wah harusnya bisa nih pemerintah menjadikan minyak jelantah buat energi baru soalnya penduduk indonesia kayaknya banyak banget pakai minyak goreng dari sawit

    ReplyDelete
  8. Ternyata minyak jelantah bisa dijadikan bahan bakar pengganti untuk energi terbarukan ya mbak. Kalo tenaga air sudah tahu tapi tenaga ombak memang belum terlalu familiar yaa. Terima kasih untuk artikel bermanfaatnya mba.

    ReplyDelete
  9. Biomassa dan biodiesel yang paling marak digalakkan belakangan ini sebagai energi terbarukan. Semua pihak harus bersinergi supaya hal ini bisa terealisasi seoptimal mungkin. Gaya hidup untuk mendukung gerakan hemat energi harus kila lakukan setiap hari, dari hal2 kecil mencapi tercapai tujuannya.

    ReplyDelete
  10. Nomor 3 aku mau, kudu nabung dulu euy tapinyaa 😁 Di dekat rumah ada yg kelola jelantah tapi nggak tau untuk apa. Jadi dari resto di mall, dikumpulin gitu ke 1 tempat.. minyak jelantah bisa jadi manfaat cukup banyak ya.

    ReplyDelete
  11. Ah lega rasanya di rumah semuanya sudah pakai lampu LED. Yah walau baru itu upaya kami setidaknya sudah ikut berkontribusi dalam menjaga kelestarian energi ya...
    Semoga hal lainnya bisa segera dilakukan juga seperti menggunakan transportasi umum meski di Cianjur Selatan ini angkot saja belum ada hehehe

    ReplyDelete
  12. Alhamdhulilah di kmpungku ada bank sampah yg menerima minyak jelantah dr warga sekitar mak.nanti minyaknya diambil sama perusahaan yg bikin biodiesel. Alhamdhulilah bisa ikut berpartisipasi walaupun cuma sekedar urun minyak jelantah hehe

    ReplyDelete
  13. Minyak jelantah ternyata banyak manfaatnya ya, selain bia dibikin kyk sabun gtu ternyata bisa juga dijadikan sumber energi.
    Memang yang namanya energi terbarukan kudu segera dipakai dan dipikirkan kira2 apalagi yang bisa dipakai, krn energi dari bahan fosil udah makin menipis dan emisinya juga gk baik buat lingkungan.

    ReplyDelete
  14. Aku jadi inget temenku skripsinya mau menjernihkan Minyak jelantah.
    Namun karena ada banyak sekali parameternya dan kemungkinan penelitian ini membutuhkan penelitian lanjutan. Semakin besar manfaat Minyak jelantah untuk energi pengganti dan memungkinkan untuk kebermanfaatan yang terus berkelanjutan sehingga minim sampah.

    ReplyDelete
  15. Bagus ulasannya bun. Informatif dan mudah dipahami

    ReplyDelete
  16. Di daerahku minyak jelantah sudah ada yang mengumpulkan. Jadi nggak repot mendatangi tempatnya, krn mrk juga ada sistem jemput berkala. Semoga setiap upaya kita hemat sumber daya energi ini bisa memberikan harapan lebih baik ke depannya.

    ReplyDelete
  17. Sebenarnya banyak sekali jenis energi terbarukan yang bisa dikembangkan ya mbak
    Dengan energi terbarukan ini kita bisa mencegah dampak perubahan iklim agar tidak semakin meluas

    ReplyDelete
  18. Sebenarnya banyak sekali jenis energi terbarukan yang bisa dikembangkan ya mbak
    Dengan energi terbarukan ini kita bisa mencegah dampak perubahan iklim agar tidak semakin meluas

    ReplyDelete
  19. Kenapa PLTS di Indonesia tidak digalakkan sejak lama? Padahal itu yg paling minim polusi

    ReplyDelete
  20. Di Indonesia ini potensi energi terbarukan ini besar banget. Tapi memang secara teknologi dan sumber daya manusianya masih belum banyak yang mumpuni dan tampaknya jadi kendala yang semoga segera teratasi. Sementara ini yang bener² eye catching adalah pemanfaatan minyak jelantah sebagai sumber energi. ❤️❤️

    ReplyDelete
  21. Pengen banget bisa ngolah sisa makanan dan limbah untuk dijadikan sumber energi. Kayanya perlu dicoba belajar bareng sekeluarga biar ngerti caranya ngelola limbah dengan maksimal.

    ReplyDelete
  22. semoga ke depannya negara kita bisa lebih memanfaatkan energi terbarukan ini ya, mbak ketimbang energi fossil jadi bisa turut menjaga kelestarian lingkungan

    ReplyDelete
  23. sudah banyak yang nowel-nowel nih soal isu energi ramah lingkungan, semoga kita semua mudah tergerakkan ya, bergerak bersama supaya impact nya lebih kerasa, untuk kehidupan yang lebih baik bagi kita dan bumi tercinta

    ReplyDelete
  24. Ombak di Indonesia tuh bagus banget lho dan kuat. Semoga ada ya investor yang bikin pembangkit tenaga ombak. Kalo air, surya, angin sepertinya sudah ada di beberapa desa.

    ReplyDelete
  25. Harus support banget energi terbarukan ini. Sudah mulai juga untuk ngumpulin minyak jelantah sih

    ReplyDelete
  26. Wahh terobosan terbaru nih jika minyak jelantah bisa dipakai sebagai Biodiesele nergi terbarukan. Tapi perlu dilakukan penjernihan dulu dalam pemanfaatannya atau bagaimana, ya kak?

    ReplyDelete
  27. Jujur aku tuh baru tahu kalau linyal jelantah ada manfaatnya pantesan blm.lama ada mobil keliling yang khusus cari minyak jelantah dan dihargainya juga lumayan mula8 sekarang aku dah gak mau main buang aja minyak jelantahnya

    ReplyDelete
  28. Banyak variasi energi terbarukan yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan kita. Dan ini sebisa mungkin diterapkan secara rutin ya. karena biar kita tidak terpaku ketergantungan dengan energi fosil

    ReplyDelete
  29. Energi terbarukan di Indonesia sudah cukup banyak dan diaplikasikan oleh perusahaan besar. Kita juga bisa mendukung energi terbarukan dari rumah tangga, seperti tidak membuah limbah minyak dapur atau bekas masak, karna ini bisa dijadikan bahan untuk pengolahan energi terbarukan.

    ReplyDelete
  30. Aku sangat setuju jika energi terbarukan bisa diimplementasikan di Indonesia semaksimal mungkin. Cuma masalahnya, setting awalnya membutuhkan biaya yang mahal dan tenaga ahli yang betul2 menguasai teknologinya serta tahan banting menghadapi alam yang dijadikan sumber energinya.
    Saat ini kita masih banyak import peralatan aplikasi energi terbarukan ini. Tapi kita memang bisa berkontribusi dengan cara hidup hemat

    ReplyDelete