Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Peran Kurikulum Internasional dalam Pendidikan Indonesia yang Begitu Penting

Peran Kurikulum Internasional untuk menguasai kompetensi bekerja

Teringat puluhan tahun silam ketika masih sekolah. Materi hafalan merupakan musuh terbesar murid-murid, khususnya saya. Pasalnya dulu pembelajaran wajib menghafal semua materi yang disampaikan oleh Bapak/Ibu Guru. Tak jarang, hal itu membuat saya sering remidi pada saat ulangan. Padahal, metode penghafalan yang teksbook ini merupakan tingkat termudah dalam tahapan pembelajaran.

Hal utamanya tentu saja pada pemahaman apa yang disampaikan oleh guru. Ya, itulah yang terjadi pada saat kurikulum lama digunakan. Dan sekarang, Sistem Pendidikan di Indonesia sudah menggunakan Kurikulum 2013.

Pada Kurikulum 2013 siswa dituntut bukan hanya menghafal materi saja, melainkan juga harus bisa aktif bertanya, berdiskusi dan juga bersosialisasi, serta fleksibel dalam pengembangan sikap dan menyerap ilmu pengetahuan.

Namun, Pendidikan Indonesia masih tertinggal jauh dari negara-negara lainnya. Pada tahun 2020 Pendidikan Indonesia menempati urutan ke 55 dari 74 negara. Sedangkan di tahun 2021 naik satu peringkat menjadi urutan ke 54 dari 74 negara.

Artinya, perlu pembenahan dan lain sebagainya pada Sistem Pendidikan di Indonesia. Selain itu, perlu adanya Peran Kurikulum Internasional di Indonesia, agar nantinya di pendidikan internasional juga didapat dengan mudah di Indonesia.



Peran Kurikulum Internasional dalam Sistem Pendidikan Indonesia


Peran Kurikulum Internasional dan Pendidikan Internasional

Sebelum jauh membahas peran kurikulum internasional, tidak ada salahnya kita memahami dulu apa itu kurikulum internasional.

Kurikulum Internasional adalah sistem pendidikan yang diterapkan di sekolah-sekolah di berbagai negara, dengan menitikberatkan bahwa para siswa bisa memilih mata pelajaran yang diminatinya, serta pengantar materi menggunakan Bahasa Inggris.

Dari pengertian Kurikulum Internasional, kita bisa menyimpulkan beberapa Peran Kurikulum Internasional dalam Sistem Pendidikan Indonesia, di antaranya adalah:

1. Bisa Lancar Menggunakan Bahasa Inggris


Pendidikan Internasional, pengantar materi tentunya menggunakan Bahasa Inggris, mau tidak mau siswa akan sering berkomunikasi dengan Bahasa Inggris. Baik secara tulisan maupun lisan. Dengan begitu, siswa akan lebih fasih berbahasa Inggris dan siap menghadapi pasar global yang menggunakan bahasa internasional.

2. Memperoleh Pendidikan Modern dan Terbaru


Di era yang sudah serba modern, dalam proses belajar mengajar dipadukan dengan teknologi yang ada. Siswa bisa mencobanya dengan senang hati. Selain itu, metode belajarnya juga bisa mengembangkan rasa keingintahuan tentang hal-hal baru. Dan semua fasilitas itu sudah tersedia di lembaga pendidikan yang menggunakan Kurikulum Internasional.

Sehingga, siswa yang sudah terbiasa menggunakan teknologi modern terbaru, akan sangat siap ketika memasuki dunia kerja yang penuh persaingan dan dituntut untuk paham akan teknologi saat ini.

3. Para Siswa Memiliki Wawasan Internasional


Entah nantinya akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi di luar negeri, atau bekerja di luar negeri, para siswa sudah siap untuk menghadapinya. Dalam Kurikulum Internasional, bisa menantang para siswa untuk menaklukan hal-hal baru sesuai dengan minat dan bakatnya.

Ditambah lagi, para siswa juga akan mendapatkan pembelajaran tentang perbedaan budaya (multikultural) dengan bangsa lain. Hal ini bertujuan agar siswa mampu mengenali dan memperluas wawasan internasionalnya. Sehingga ketika siswa melanjutkan sekolah ataupun bekerja di luar negeri akan cepat dan mudah untuk beradaptasi.


4. Peserta Didik Siap Menjadi Pemimpin Masa Depan


Kurikulum Internasional, menuntut para siswa untuk kreatif, inovatif, dan mengembangkan diri. Mereka bisa dengan bebas mengeluarkan pendapat, ide, dan gagasan yang bisa dikembangkan. Saling menghargai ide atau pendapat lainnya, serta bertanggung jawab atas ide atau pendapat yang diusulkannya.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena mereka disiapkan untuk menjadi calon pemimpin masa depan yang andal, berwawasan luas, penuh ide dan kreativitas, serta tanggung jawab. Mereka siap dan memiliki kompentensi bekerja yang unggul dan terdepan.

5. Potensi Kemampuan Peserta Didik Lebih Diolah


Metode pembelajaran pada Kurikulum Internasional sangat mendukung kreativitas peserta didik. Mereka juga mendapatkan fasilitas yang memadai, sehingga mereka bisa bebas mengembangkan ide dan kreativitasnya.

Dengan begitu, sistem pembelajarannya bisa sangat dinikmati oleh siswa tanpa merasa bosan dan jenuh karena tidak dengan metode pembelajaran hafalan. Melainkan mereka menggunakan metode assessment, sebuah metode pembelajaran yang menuntut siswa harus aktif dalam kelas.

Mereka harus berpikir kritis, belajar mengembangkan ide, mengerjakan apa yang menjadi proyeknya, mengevaluasi hasil dan lainnya. Mereka bisa belajar mandiri atau berkelompok dengan teman-temannya. Pada akhirnya mereka terbiasa berpikiran terbuka, dan mampu menemukan jalan keluar ketika menghadapi setiap masalah. Sehingga setelah lulus, mereka memiliki kompetensi bekerja di atas rata-rata.

Itulah beberapa Peran Kurikulum Internasional dalam Pendidikan Indonesia.

Sampoerna University, Kampus Terbaik dengan Sistem Pendidikan Unggul


Sampoerna University

Sebelum lebih jauh membahas Sampoerna University, yuk, kita kenalan dulu. Sampoerna University merupakan kampus di Indonesia yang sudah menggunakan standar internasional. Sudah terakreditasi penuh, serta satu-satunya universitas yang fakultas, fasilitas, dan operasionalnya, menggunakan standar sama dengan Amerika Serikat.

Sampoerna University bekerja sama dengan University of Arizona, Amerika Serikat. Dan hal ini sangat memungkinkan para mahasiswa nantinya akan mendapatkan gelar ganda hanya dengan kuliah dalam kurun waktu 4 tahun.

Gelar Sarjana dari University of Arizona, Amerika Serikat, dan Gelar Sarjana (S1) dari Sampoerna University.

Nah, buat adik-adik yang saat ini sudah memasuki bangku SMA/SMK/Sederajatnya, enggak usah bingung lagi mau kuliah di mana, ada Sampoerna University yang bisa jadi pilihan terbaik.

Fakultas yang tersedia juga banyak pilihannya. Dari Ilmu Pengetahuan Umum, Fakultas Bisnis, Fakultas Teknik dan Teknologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, dan terbaru Fakultas Arts & Science.

Dengan berbagai macam pilihan fakultas yang tersedia, mahasiswa dengan mudah memilih jurusan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya. Selain itu, mereka belajar secara aktif, bukan hanya metode hafalan, melainkan langsung terjun untuk praktek. Hal ini mendorong mereka untuk berpikir kritis, berkomunikasi dengan baik, kreatif, dan bisa bekerja sama dengan team maupun bekerja individu.


Tak heran dengan sistem pendidikan yang bagus, Sampoerna University, 94% lulusannya memiliki kompetensi bekerja dan langsung diterima bekerja setelah 3 bulan lulus.

Kesimpulan


Dari berbagai kelebihan peran kurikulum internasional dalam pendidikan Indonesia, rasanya saya ingin segera menyekolahkan anak nantinya di sekolah yang berstandar internasional. Dan, pada masa kuliah nanti masuk ke Sampoerna University. Dari segi biaya juga jauh lebih ringan ketimbang langsung kuliah di luar negeri.

Sedangkan dari segi kualtias, Sampoerna University sudah membuktikan sebagai universitas unggul dan menjadi pilihan terbaik. Satu-satunya universitas yang sudah menggunakan standar Amerika Serikat, dan bekerja sama dengan University of Arizona.


Sumber referensi:

https://www.sampoernaacademy.sch.id/id/kurikulum-internasional-yang-ada-pada-sekolah-di-indonesia/

https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/mengapa-sampoerna-university/

Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

42 comments for "5 Peran Kurikulum Internasional dalam Pendidikan Indonesia yang Begitu Penting"

  1. Memang perlu ya sisitim internasional untuk membuka wawasan anaknya. Sayangnya sekolah demikian juga perlu pembiayaan yang cukup mahal

    ReplyDelete
  2. Tadi siang baru ngurut lihat video di channel youtube guru gembul yang konsern ke pendidikan. Ngmongin pendidikan di Indonesia memang masih jauh dari harapan yaaa...even dibandingkan dengan negara2 tetangga dekat pun masih ketinggalan. Ketimpangan pendidikan juga masih sangat terasa. Aku jadi ceki2 biaya kuliah di Sampoerna University dong. Kalau untuk levelku, jelas mesti nabuuuung buat kuliah di situ. Tapi kalau emang uda rezeki anak sih ga bakalan kemana ya...

    ReplyDelete
  3. kurikulum internasional ini bisa jadi pertimbangan juga dalam memilih sekolah yaa. banyak keuntungannya nih soalnya :D

    ReplyDelete
  4. Zaman sekarang bersaingnya anak-anak Indonesia sudah bukan cuma sesama Indonesia tapi persaingan internasional ya, mak. Akhirnya, orangtua perlu banyak pertimbangan untuk memilih kampus, nah, kehadiran Sampoerna University ini jadi salah satu alternatif buat anak yang mau kuliah di level internasional tanpa perlu jauh ke luar negeri, kerenlah..

    ReplyDelete
  5. Metodenya beda ya mba, terasa jenuh memang pas sekolah dulu tuh, banyak hafalan tapi ketika aku di SMK swasta rada beda walau bukan internasional. Penginnya yg langsung praktik gitu ya seru hihi dasar aku... bahasa inggris salah satu bahasa yg sekarang mah general ya, jadi kudu bisa gitu. Pas SMK di swasta jadi waktu di sekolah lebih banyak dan nggak les. Nah ini apalagi Sampoerna punya.. ^^ kurikulumnya bagus, bisa langsung kerja gitu ya

    ReplyDelete
  6. Menurutku kurikulum internasional pun perlu jika memang kita sudah memiliki goals pendidikan untuk anak-anak kita. Karena ini untuk menyiapkan goalsnya itu. Kan misal ya mau jadi kayak Maudy Ayunda berarti kita sudah tau nih jalur pendidikannya.

    ReplyDelete
  7. Kurikulum internasional emang lengkap dan modern. Sayangnya di indonesia masih mahal sekolahnya. Solusinya gimana ya? :(

    ReplyDelete
  8. Kurikulum internasional dengan pengajar internasional dan tema
    sekolah yang biasanya dari luar negri maka kemampuan anak makin meningkat karena bisa sharing pengalaman dengan guru

    ReplyDelete
  9. kurikulum indonesia ini terutama di jaman kita dulu kayaknya memang termasuk sangat kuno ya karena terlalu fokus pada hafalan. jujur saya setiap kali melihat film barat yang menampilkan sekolah anak-anaknya itu merasa iri karena kurikulumnya keren banget kelihatannya

    ReplyDelete
  10. setuju banget mba, dengan bersekolah di sekolah yang memiliki kurikulum internasional membantu anak-anak untuk mendapatkan bekal yang cukup dan bisa bersaing dengan skala internasional

    ReplyDelete
  11. Ketika anak saya lulus SMA, sempat juga mempertimbangkan kuliah di Sampoerna University. Sudah baca-baca tentang kurikulumnya yang memang menarik bagi kami.

    ReplyDelete
  12. Wah iya ya mbak.. kalo bs pilih kurikuy internasional dg biaya yg terjangkau knp enggak.. aku pun pengen anakku kelak bs demikian.. semoga tercapai

    ReplyDelete
  13. Sekarang bahasa inggris kyknya bukan wow lagi tapi emang udah semestinya bisa ya anak2 hehe.
    Kurikulum internasional biasanya dicari karena gak terlalu membebani anak dengan pembelajaran yang tradisional, jd pelajarannya lebih aplikatif, plus kyk membuka networking yg lbh luas jg sih #imho

    ReplyDelete
  14. Persaingan dunia kerja juga makin ketat ya, sehingga penting juga kuliah di kampus yang kurikulumnya sudah menggunakan kurikulum internasional seperti sampoerna university ini

    ReplyDelete
  15. Kerjasama yang dibangun oleh Sampoerna University ini luar biasa ya..
    Sehingga mmeberikan kesempatan bagi mahasiswanya untuk merasakan menempuh pendidikan double degree, di Indonesia menggunakan kurikulum internasional dan di Universitas Arizona, Amerika.

    ReplyDelete
  16. Ternyata kurikulum internasional memiliki banyak peran dalam sistem pendidikan di Indonesia ini ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan pengaruhnya kepada kompetensi diri si peserta didik juga ya kak.
      Sehingga memang perlu belajar di lembaga pendidikan yg punya kurikulum ini

      Delete
  17. Ternyata kalo kuliah di Kampus Sampoerna bisa dapat gelar dobel ya, dari kampus Arizona juga. Mantap lah ini, sistem kurikulum menganut dari Amerika juga.

    ReplyDelete
  18. Di masa sekarang ini kurikulum international tidak bisa dilepaskan dari pendidikan nasional. Terutama untuk skill bahasa asing sangat membantu dalam karir pekerjaan kelak

    ReplyDelete
  19. Bagus ya kurikulum internasional ini. Lulusannya nanti bisa bersaing dengan orang-orang dari negara lain. Aku udah lihat mahasiswa Sampoerna University ini, jago-jago bahasa Inggrisnya.

    ReplyDelete
  20. Iya banget, zaman kita sekolah dulu tuh hafalan segambreng. Di pelajaran Sejarah, aku lemah banget kalau harus mengafal nama, tempat, tanggal kejadian beserta tahunnya. Saat itu aku tahu bahwa aku butuh metode belajar yang lebih visual, misalnya dengan video. Tapi tahun itu kan akses ke sana juga susah, ya.

    Dengan kurikulum internasional, pasti bisa mengakomodir anak-anak dengan kebutuhan seperti yang kurasakan dulu, deh. Karena metode belajarnya modern, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi.

    ReplyDelete
  21. Memang kurikulum ini menentukan ke arah mana pendidikan anak goalnya nanti. Memang bagus ya menyajikan kurikulum internasional di sekolah, tentu harus dibarengi dengan kearifan lokal, karena nanti anak-anak juga tetap akan bergaul dan beradaptasi di dunia kerja secara global, bisa di luar dan dalam negeri. tidak terlalu tinggi mendongak dan tidak lupa menunduk.

    ReplyDelete
  22. aku punya sepupu yang lulusan Uni ini mba.. memang oke ya dan kurikulum internasional yang menjadi bagian di sini membuat lulusannya mumpuni dan siap kerja

    ReplyDelete
  23. Dukung banget deh kalo sistem kurikulum international diterapkan di negara kita. Itu memungkinkan anak-anak makin berkembang kemampuannya.

    ReplyDelete
  24. masyaAlloh keren banget ya kurikulumnya apalagi program Sampoerna university.. bahasa pengantar yg di pakai full English mungkin aku belum tentu mampu hihi

    ReplyDelete
  25. Cocok banget Mak kurikulumnya Sampoerna University ini bisa buat yang prospeknya mau lanjut lagi di pendidikan lebih tinggi lagi :))

    ReplyDelete
  26. Keren nih Sampoerna University sudah menerapkan kurikulum internasional yang mana lulusannya telah siap bekerja dan bersaing secara global. Sudah saatnya sih pendidikan di Indonesia bebenah ke arah yang lebih baik dengan menerapkan kurikulum internasional

    ReplyDelete
  27. dengan kurikulum internasional di perguruan tinggi seperti di Sampoerna University membantu mahasiswa memiliki keterampilan internasional dan siap berdaya saing ya

    ReplyDelete
  28. Ternyata sepenting itu ya kurikulum internasional. Mesti kuliah di universitas begini biar kompetensi meningkat

    ReplyDelete
  29. Salah satu keunggulan menerapkan kurikulum internasional adalah tuntutan bisa menguasai bahasa inggris. Dan inilah skill wajib yang harus dikuasai, agar bisa nantinya bersaing di dunia kerja secara global.

    ReplyDelete
  30. banyak sekali manfaat kurikulum internasional untuk meningkatkan kualitas SDM yaa. Asyik nih kalau bisa kuliah di Sampoerna University

    ReplyDelete
  31. Semoga kurikulum internasional dapat diaplikasikan dengan baik pada prosesnya sehingga dapat menciptakan lulusan-lulusan terbaik yang dapat menjadi pemimpin mumpuni di masa depan

    ReplyDelete
  32. Tapi jika diperhatikan dengan seksama memang dampak kurikulum internasional ini benar-benar positif. Anak jadi lebih luas wawasannya dan pastinya lebih supel juga

    ReplyDelete
  33. Menariknya sekolah di lembaga yang sudah menerapkan kurikulum internasional tuh ya kitanya jadi lebih mudah menguasai bahasa asing pengantarnya. Apalagi kalau kuliah di Sampoerna University, kita juga bisa mendapatkan gelar ganda. Mantep banget tuh.

    ReplyDelete
  34. kurikulum internasional memudahkan peserta didiknya untuk memasuki dunia kerja atau pendidikan di level dunia, karena dari awal sekolah dengan standar ini sudah mengarahakan semua peserta didiknya untuk bisa masuk dengan mudah ke dunia internasional

    ReplyDelete
  35. kurikulum internasional emang bagus dan penting kalau mau mengejar akselerasi standar pendidikan dengan luar negeri ya kak.. apalagi SU ini mengambil dari kurikulum arizona university, makin mantab kan

    ReplyDelete
  36. aku belum pernah sekolah yang pakai sistem kurikulum internasional. cuma pernah ngerasain program RSBI setahun waktu SMA dan semua pelajaran emang pakai bahasa inggris. jadi berpikir kayaknya seru ya nyekolahin anak kita pakai kurikulum internasional, selain bikin fasih bahasa inggris, poin utamanya tuh mengasah potensi bukan cuma hafalan aja.

    ReplyDelete
  37. Banyak juga ya peran pendidikan internasional buat anak didik kita. Perlu disupport nih

    ReplyDelete
  38. Manfaatnya banyak ya kalau bersekolah atau kuliah yang sudah menerapkan kurikulum internasional. Lulusan nya lebih siap menghadapi tantangan globalisasi saat ini

    ReplyDelete
  39. Kurikulum internasional bisa jadi pilihan nih untuk calon mahasiswa yang mau bersaing di kancah internasional karena kurikulum ini membuat kualitas pendidikan semakin meningkat

    ReplyDelete
  40. Kurikulum zaman dulu cocok untuk zaman dulu ya. Kalau sekarang yang cocok dengan tantangan dunia kerja global masa kini ya kurikulum internasional seperti di Sampoerna University ini.

    ReplyDelete
  41. Jaman sekarang lembaga pendidikan seperti ini yang diburu masyarakat. Lokasi di dalam negeri namun menghadirkan kurikulum dunia. Pastinya lebih irit biaya namun target kompetensi global bisa dicapai.

    ReplyDelete