Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Susu Formula untuk Bayi atau Anak

susu formula terbaik untuk bayi dan anak

Menjadi seorang ibu merupakan tantangan tersendiri. Dari mengurus, menyusui dan merawat buah hati dari bayi hingga tumbuh besar. Dibutuhkan support system yang luar biasa agar ibu selalu bahagia dan terus memberikan hal yang terbaik bagi anak dan keluarga. Dengan begitu, anak-anak juga tidak kekurangan kasih sayang dan juga kebutuhan gizinya.

Terlebih lagi anak-anak yang masih balita juga memerlukan susu tambahan agar tumbuh kembangnya berjalan dengan tepat dan seimbang.



Tips Memilih Susu Formula yang Bagus untuk Bayi dan Anak


Nah, buat para Moms yang akan memberikan susu formula bagi buah hatinya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Terutama susu formula bagi bayi, harus benar-benar diperhatikan agar pemberian susu formula tersebut tepat untuk sang buah hati.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Moms memilih susu formula yang bagus untuk bayi dan anak.

1. Harus Memperhatikan Kandungan Nutrisi


Sebelum membeli susu formula untuk bayi, Moms harus memperhatikan kandungan nutrisi yang terdapat pada susu formula tersebut. Di antara kandungan gizinya ialah mengandung protein, kalsium, vitamin, mineral, AHA & DHA, zat besi, probiotik, dan lainnya.


2. Memperhatikan Kondisi Bayi


Berhubung pemilihan susu formula merupakan hal yang vital untuk anak bayi, untuk itu Moms harus memperhatikan kondisi bayinya. Apakah cocok dengan susu formula yang akan dipilih atau tidak. Karena ada beberapa kondisi anak bayi yang ketika minum susu formula, BAB-nya jadi encer, atau bahkan keras.

Nah, kondisi seperti ini perlu dikonsultasikan dengan dokter anak, kira-kira apa yang cocok. Agar saluran pencernaan bayi tetap sehat, dan nutrisi dari susu formula terserap dengan baik.

3. Jenis Susu Formula


Susu formula mengandung jenis protein Whey atau Casein, atau bahkan gabungan dari keduanya. Untuk bayi yang umurnya di bawah 1 tahun, disarankan memilih susu formula dengan jenis protein Whey. Hal itu bertujuan agar saluran cerna pada bayi tetap sehat dan baik.


4. Memastikan Bayi atau Anak Tidak Alergi


Setelah mengonsumsi susu formula, Moms wajib memperhatikan kondisi bayi atau anaknya. Apakah setelah mengonsumi susu formula tersebut ada alergi? Biasanya gejala yang timbul ada bintik-bintik merah pada tubuh anak. Atau juga bisa langsung muntah, dan lain sebagainya sesuai dengan kondisi bayi atau anak masing-masing.

Jika bayi atau anak Moms mengalami gejala alergi tersebut akibat susu formula dari protein whey susu sapi, mungkin Moms bisa menggantikan susu formula soya.

5. Sebisa Mungkin Pilih Susu Formula yang Rasanya Mirip ASI


Tak jarang bayi di bawah umur 1 tahun kurang suka dengan susu formula, hal itu karena rasanya beda dengan ASI yang biasa diberikan. Untuk itu, Moms harus sangat teliti sebelum membeli susu formula untuk bayi.

Okay, itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih susu formula terbaik bagi bayi maupun anak. Sejatinya bukan dari merk apa yang dipakai, melainkan apa yang cocok dengan kondisi bayi, dan juga menyesuaikan dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan.

Penutup


Ketika Moms sudah mantap untuk memberikan susu formula yang bagus untuk bayi dan anak, tidak ada salahnya Moms tetap mencari rekomendasi susu formula yang tepat. Di situs ceklist.id ada banyak pilihan rekomendasi susu formula yang dibutuhkan. Dari merk, kandungan nutrisi, bahkan informasi harga susu formula tersebut juga ada.

Well, sampai di sini dulu. Semoga Moms yang sedang galau memilih susu formula bayi atau anak, dari informasi ini bisa membantunya. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat.
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

21 comments for "Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Susu Formula untuk Bayi atau Anak"

  1. Iya nih ada beberapa buah hati yg alergi susu, mungkin gak tawar sama laktosa yak, atau apa gitu, jadi harus siap sedia nih untuk pengganti susu agar nutrisi anak tercukupi

    ReplyDelete
  2. Terkadang ada kondisi terntentu yang membuat orang tua harus memberikan tambahan susu formula untuk anak, dan memang harus banyak pertimbangan dan hal yang harus diperhatikan dalam memilih susu formula untuk anak-anak, sebagaimana diuraikan dalam artikel ini. Karena setiap orang tua kan pastinya ingin yang terbaik untuk anak-anaknya.

    ReplyDelete
  3. Bener banget Mbak waktu dulu anakku minum susu formula itu aku memperhatikan dia ada gejala alergi makanya susunya juga khusus. Lalu Biasanya aku memperhatikan kandungan nutrisinya sebisa mungkin aku pilih yang bagus buat pencernaan.

    ReplyDelete
  4. Benar banget pilih sufor gabisa sembarangan apalagi kalau anak ada alergi, kadang suka bikin cranky kan pilih susu apa yang cocok untuk anak, kadang kalau menurut kita cocok belum tentu bayi bisa cocok juga, bagaimana sih bund cara kita mengerti sufor yang rasanya mirip dengan ASI, apakah bisa dilihat dari kandungannya?

    ReplyDelete
  5. Memang harus hati-hati milih sufor ya Mba, karena setiap anak punya karakteristik kesehatan pencernaan masing-masing. Sufor paling mhala pun gak jaminan yang paling bagus untuk anak. Intinya harus observasi dulu

    ReplyDelete
  6. Belum lagi kalau anaknya ada alergi, susunya khusus. Karena kebetulan waktu itu anakku sempat alergi dairy jadinya minum susu khusus yang khusus tapi bukan yang soya. Setelah setahun baru di mix susunya akhirnya bisa minum yang biasa lagi.

    ReplyDelete
  7. sepakat banget. sebelum membeli emang harus baca kandungan nutrisi pada sufor, mbak. yaa pinginnya yang terbaik buat anak yaaa. coba ke ceklist.id ah. pingin lihat ragam susu formula di sana.

    ReplyDelete
  8. Setuju banget, Mak... Jadi inget 11 tahun lalu waktu aku masih jadi ibu 1 anak, aku cukup pusing juga cari susu yang tepat buat sulungku. Dia gampang bosen, bahkan sempet diare gara-gara minum satu merek susu. Padahal merek susu itu direkomendasikan sama kakakku, karena dua anaknya cocok pakai merek itu. Eh, di anakku malah bikin diare. :(

    ReplyDelete
  9. Jadi ingat dulu anak saya pernah diare berat, Kata dokternya kalau anak saya minum sufor sebaiknya hentikan dulu. Kecuali sufornya mengandung prebiotik.

    Tapi, dulu setahu saya cuma ada 1 brand yang mengandung prebiotik. Kalau sekarang sih udah banyak ya sufor yang kandungannya komplit, Memang penting deh memperhatikan kandungan gizi pada sufor

    ReplyDelete
  10. Setuju sekali sm semua poinnya kak. Terpenting memang lihat kondisi anak, kalau memang membutuhkan tambahan sufor atas saran DSA ya kenapa enga.

    ReplyDelete
  11. Bener banget memilih susu formula untuk anak terutama batita bukanlah hal mudah, selain harus memperhatikan komposisi kandungan vitaminnya juga kecocokan dengan anak, soalnya pengalaman aku yang memiliki tiga anak dengan riwayat alergi susu sapi bukanlah hal mudah. Tapi memang asupan susu penting untuk membantu asupan kalsium anak agar lebih maksimal.

    ReplyDelete
  12. penting banget ini kita memberikan susu formula harus memperhatikan kondisi anak, dan untuk melihat kondisi alerginya si anak juga ya mba. Semoga semua ibu diberikan kesehatan dan jug kewarasan dalam membersamai si Kecil

    ReplyDelete
  13. kalau mau ngasih anak sufor memang harus ngecek anaknya ada alergi atau nggak ya, mbak soalnya kalau ada alergi malah bisa bikin repot

    ReplyDelete
  14. Sesungguhnya, aku dulu pernah ada di masa-masa akan combo menggunakan ASI dan sufor.
    Alasannya karena sesekali ingin merasakan bisa santai, tinggal aduk-aduk sufor. Ternyata memilih yang cocok itu gak semudah yang aku bayangkan.

    Perut bayi yang masih rentan, bakalan ada masa-masa penolakan ketika gak cocok, bukan hanya dari segi rasa, tapi perutnya juga ada yang gak kuat kalau komposisi pembuatan susunya kurang tepat.

    ReplyDelete
  15. Kalau ASI banyak fokus ASI sama makanan tambahan aja menurutku ya makk.
    Susu formula buat yg butuh nutrisi tambahan dr susu (gusti yeni)

    ReplyDelete
  16. Ternyata memilih susu formula itu nggak bisa sembarangan, ya. Banyak hal yang harus dipertimbangkan. Ilmu baru buatku, nih.

    ReplyDelete
  17. Anak sulung aku dulu alergi susu sapi, jadi akhirnya diganti dengan susu soya. Memang ya anak anak bisa beda gitu, yang bungsu tuh susu apa aja nggak masalah

    ReplyDelete
  18. Memastikan anak tidak alergi adalah yang paling penting ya mbak. Kalau anakku dulu juga ada yang pas MPASi minum sufor juga tapi atas konsul dokter gitu soalnya ada problem gizi jd menyesuaikan kebutuhan. Yg pasti sih jgn pilih yg banyak gula spy anak gk obes #imho

    ReplyDelete
  19. Kondisi pencernaan anak jadi pertimbangan utama saat memilih susu formula. Kadang kan ada juga yang sensitif terhadap laktosa, maka pilih susu formulanya pun harus menyesuaikan.

    ReplyDelete
  20. Pemberian susu formula pada bayi memang perlu mempertimbangkan banyak hal ya Mba. Anakku juga dulu cocok-cocokan minum sufor. Buat anak, ortu pasti ingin kasih yang terbaik pastinya.

    ReplyDelete
  21. Benar sekali mbak, memang dalam memilih nutrisi untuk buah hati harus hati-hati
    Menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan anak

    ReplyDelete