Gara-gara Aldebaran dan Andini Kharisma Putri Saya Jadi Ngikutin Ikatan Cinta

Review Sinetron Ikatan Cinta - Fix, saya jadi emak-emak yang demen nonton Ikatan Cinta. Sinetron yang tayang setiap hari di RCTI di jam-jam sehabis makan malam. Awalnya saya tidak suka dengan sinetron ini. Meski banyak pemberitaan di mana-mana tentang netizen yang tersihir oleh pesona Aldebaran dan Andin, saya masih biasa-biasa saja. Masih sama responnya ke sinetron ini. Terlebih jam-jam tersebut saya lebih suka mengurung diri di kamar.

Berhubung saya sering main di Instagram, saya sering sekali melihat cuplikan pendek dari sinetron tersebut. Ditambah lagi screenshot-an dari Twitter yang sangat banyak dan lucu-lucu. Saya tertarik dong. Pas kebetulan lagi seru-serunya tayangan ini. Otomatis, beberapa minggu ini saya mengikutinya di highligths Instagram. Karena tidak bisa setiap malam saya nonton sinetron.

Profil Sinetron Ikatan Cinta

Judul: Ikatan Cinta
Penulis: Theresia Fransisca, Donna Rosamayna
Sutradara: Doddy Djanas
Stasiun TV: RCTI
Jam tayang: 19.45 WIB
Pemain:
Arya Saloka as Aldebaran Alfahri
Amanda Manopo as Andini Karisma Putri
Glencha Chysara as Elsa Anindita Prasetya
Evan Sanders as Elnino Prasetya
Rendi John as Ricky
Sari Nila Mama Rosa as (Mamanya Aldebaran dan Royano Alfahri)
Natasha Dewanti as Mama Sarah (Mama Kandung Elsa, Mama Tiri Andin)
Surya Saputra as Papa Surya (Papanya Andin dan Elsa)
Kevin Hillers as Angga
Mayang Yudittia as Michelle (Mici)
Nadya Arina as Catherine (Adiknya Angga)
Willy Felix as Papa Chan (Papanya Nino)
Ivanka Suwandi as Mama Chan (Mamanya Nino)
Ikabal Fauzi as Rendi (Asistennya Aldebaran di kantor)
Fiki Alman as Royano Alfahri (Adiknya Aldebaran)
Ariqa Farikha Shaila as Reyna

Sinopsi Sinetron Ikatan Cinta

Review Sinetron Ikatan Cinta
Sumber foto: ig @ikatancinta.mncp

Sebenarnya saya juga tidak nonton dari episode pertama. Mulai tertarik di episode 380-an. Ceritanya cukup menantang, karena saat itu sedang mencari bukti-bukti yang sebenarnya tentang kasus pembunuhan Roy (adiknya Aldebaran), yang dibunuh oleh Elsa (Adiknya Andin).

Ya, seperti yang kita tahu, bahwa Roy dibunuh oleh Elsa, tapi pada waktu itu yang dipenjara Andin, kakaknya Elsa. Setelah keluar dari penjara, ternyata Andin dinikahi oleh Aldebaran yang mana kakak dari Roy. Niat Aldebaran nikah sama Andin tentu untuk balas dendam. Karena di awal-awal, Aldebaran tahunya Andin-lah pembunuh adiknya.

Namun, setelah menikah selama 8 bulan, Aldebaran percaya bahwa bukan Andin yang membunuh. Sehingga mereka berdua mencari fakta dan bukti baru. Dan semua itu mengarah ke Elsa.

Perlahan bukti-bukti itu terkumpul, Al dan Andin ingin berkumpul dengan keluarga Elsa dan Nino untuk membahas pembunuhan Roy. Al membebarkan apa yang terjadi dengan Elsa 4 tahun silam, yang ternyata dia hamil anaknya Roy. Pas polisi datang, eh malah Mama Sarah (Mamanya Elsa) mengaku kalau dia yang membunuh Roy. Alhasil yang dibawa polisi Mama Sarah.

Tapi polisi tak tinggal diam dong. Terlebih Al dan Andin semakin yakin kalau Elsa pembunuh yang sebenarnya. Penggalian bukti-bukti semakin komplit. Dan di sisi lain, secara tidak sengaja Mama Sarah mengaku bukan pembunuhnya.

Elsa kabur dari rumah, dia jalan kaki menghindari kejaran polisi, Papa Surya dan Nino. Tak ada tujuan jelas, yang akhirnya membawa dia ke rumah Ricky. Cowok yang tergila-gila dengan Elsa.

Singkat cerita mereka kabur ke Sukabumi. Namun, tim kepolisian tak tinggal diam. Ditambah lagi Al membuat sayembara, siapa yang menemukan Elsa, dapat hadiah Rp 500 juta. Itu masuk TV tersebar seantero jagad. Hahaha.

Polisi berhasil melacak keberadaan Elsa dan Ricky, mereka di salah satu hotel Sukabumi. Penyergapan pun terjadi. Tapi mereka mencoba kabur. Masuk ke semak-semak atau hutan. Terjadi kejar-kejaran yang akhirnya Elsa kelelahan karena sedang hamil muda. Polisi sudah memberikan peringatan untuk menyerah, tapi mereka tetap mencoba kabur. Di saat polisi menembakan pistolnya ke Elsa, dihadang oleh Ricky. Ah, dramatis ini. Ricky terluka demi melindungi Elsa. Bahkan Ricky tertembak sampai dua kali. Cinta memang membuat rela mati nih.

Karena mereka berdua sudah tidak kuat lari lagi. Tentu berhasil ditangkap. Berhari-hari menjalani hidup di sel Polsek Prajalima, Elsa tetap tidak mau sadar. Dia tetap mencoba menyalahkan orang lain.

Persidangan dimulai, semua saksi dihadirkan. Membuat Nino, suami Elsa makin nyesek, terlebih ketika Ricky bersaksi dan mengatakan kalau anak yang ada di dalam kandungannya Elsa, ialah anaknya. Kan, gimana enggak sakit hati tuh Nino. Sudah malu istrinya terbukti sebagai pembunuh. Eh, ini malah ada bukti baru kalau anak yang dikandung istrinya itu anak orang lain. Malu dan sakit hatinya makin menjadi.

Drama Elsa dipenjarakan sudah selesai. Dia dipenjara 5 tahun 9 bulan, dipotong masa tahanan. Namun, Aldebaran dan Andin belum hidup bahagia. Kini Nino ingin mencari tahu identitas Reyna yang sebenarnya. Apakah Reyna yang dulu lahir di penjara, adalah anak Andin dan Nino, atau bukan. Dengan kuasa hukumnya, Nino mengirimkan surat izin ke Aldebaran untuk tes DNA antara Reyna dan Nino. Tentu saja Al menolak, dia datang ke rumah Nino untuk tidak mengganggu anak dan istrinya lagi.

Sinetron Ikatan Cinta
Sumber foto: ig @ikatancinta.mncp



Sementara itu, Papa Chan membenarkan apa yang diucapkan oleh Al, karena Nino menceraikan Andin di saat Andin sedang hamil. Secara tidak langsung, Nino sudah tidak mengakui anak tersebut.

Di sisi lain, Angga dan Michael sedang berbahagia. Mereka melangsungkan pernikahan. Aldebaran dan keluarga tentunya datang, termasuk mengajak Reyna. Tak disangka juga, Nino datang karena diundang oleh adiknya Angga. 

Nah, Reyna mau tampil nih untuk hadiah om Angga dan tante Mici yang menikah. Tidak tahunya, lampu panggungnya tiba-tiba jatuh. Dan yang sadar itu ialah Nino. AkhirnyaNino terluka parah tertimpa tiang lampu sorot. Ya, dia mencoba melindungi putrinya. Naluri seorang bapak memang begitu. Nino segera dibawa ke rumah sakit, kondisinya parah.

Belum selesai masalah Nino, dia terbaring di rumah sakit. Keluarga Papa Surya dan Mama Sarah terkena badai lagi. Mama Sarah harus menjalani sidang, bahkan bisa masuk penjara. Karena Mama Sarah pernah melindungi Elsa menutupi kejahatan putrinya itu. Sampai-sampai waktu itu Mama Sarah rela ditahan karena mengaku dia yang sebenarnya membunuh Roy.

Ya, sampai hal itu pun belum tamat juga ini sinetron. Semoga tidak sampai ribuan, karena membosankan tentunya. Eh, tapi tidak tahu ding kalau fans beratnya, pasti ingin terus ada. Karena banyak hal yang menarik dari Ikatan Cinta ini.

Hal-hal yang Disukai oleh Penonton dari Sinetron Ikatan Cinta

Elsa, Papa Surya dan Mama Sarah
Sumber foto: ig @abudheyrypastrana

Ada beberapa poin tentang hal-hal yang disukai oleh penonton untuk sinetron dibintangi Arya Saloka dan Amanda Manopo ini.

1. Adegan Aldebaran dan Andin yang Sweet

Bagi kaum yang mudah baper dan suka yang sweet manja tentunya suka sekali dengan adegan mereka. Andin yang seringnya nempel terus dengan Al, tapi Al yang lebih mementingkan gengsinya. Eh itu dulu ding, karena sekarang Al juga sudah mulai bucin ke Andin. Baru-baru ini juga Al beli bantal yang segede gaban buat Andin yang sedang hamil. Itu bantal dibawa ke mana-mana dipeluk sama Andin. Ya, kemesraan dan kemistri mereka selalu dinantikan. Bahkan nih ya, pernah Al dan Andin hanya kelihatan sebentar, netizen udah pada ramai-ramai protes kenapa mereka hanya kelihatan semenit doang. Hahaha, ada-ada saja.

2. Kelakukan Elsa yang Bikin Gregetan dan Totalitas Banget Aktingnya

Siapa nih yang suka marah-marah sendiri sama Elsa? Yang bilang ini Dakjalwati lah, perempuan kejamlah, ini dan itu ke Elsa. Karena peran Elsa ini benar-benar dibuat jahat, sadis gitu, ya. Bahkan, pada saat sehabis persidangan, Elsa minta maaf ke semuanya atas permintaan pengacaranya. Penonton pun langsung bilang, “Kan bener, ini minta maafnya gak tulus.”

Namun, terlepas dari semua itu, Glenca Chysara memainkan aktingnya totalitas banget. Dia rela potong rambut lho. Karena di adegan Elsa kabur bersama Ricky, dia memotong rambutnya agar orang-orang tak mengenalinya. Secara dia itu ceritanya model terkenal, Gengs.

3. Nino yang Selama Ini Terus Dibohongi Elsa

Pada kasihan enggak sih sama Nino? Banyak yang enggak. Padahal Nino itu selama ini dibohongi sama Elsa. Dari Andin yang dituduh selingkuh sama Roy, terus Andin hamil anaknya Roy, sampai anaknya Andin meninggal, padahal itu ditaruh di panti asuhan oleh Elsa. Dan Nino ini selalu menjadi sasaran emak-emak, karena dia tuh gampang banget percaya sama Elsa. Eh, giliran Elsa yang dipenjara, dia merasa dibohongi terus. Lah, kenapa dulu enggak cek and recheck dulu? Saya jadi ngegas nih. Hahaha

4. Ricky yang Rela Melakukan Apapun Demi Elsa

Elsa tuh cinta matinya sama Nino. Sampai-sampai di penjara pun, dia ngancam bunuh diri kalau diceraiin Nino. Tapi, di sisi lain, ada cowok yang beneran cinta mati sama Elsa. Yaitu Ricky. Dia rela membawa kabur Elsa dari polisi. Rela ditembak demi melindungi Elsa. Dan apapun itu, dia rela yang penting bisa sama Elsa. Namun, dari penjelasan Ricky di persidangan, membuat hidupnya Elsa hancur. Iya, sudah pasti Nino tidak mau mengakui anak yang ada di dalam kandungan Elsa.


Quotes yang Mengena

Selain alur ceritanya yang dibuat naik turun penuh drama. Sinetron Ikatan Cinta ini juga menyisipkan quotes yang mengesankan. Di antaranya ialah sebagai berikut:

"Kebohongan itu melelahkan, dan kalau dibiarkan berakibat penyesalah." Mama Rosa.

"Hukuman apa yang pantas untuk laki-laki yang sudah menghamili wanita tapi dia tidak mau bertanggungjawab?" Emosi Elsa ke Mama Rosa.

"Kalaupun kamu punya kembar yang identik, kami berdua tetap pilih kamu, Mas." Andi ke Al, cerita tentang dia dan Reyna yang akan selalu cinta ke Aldebaran.

"Dariku yang tak mampu melawan restu, ke aku beruntung semesta mendukung." Angga di saat menikahi Michelle.

"Satu yang pasti, aku akan tungguin kamu terus, aku gak akan ke mana-mana." Papa Surya ke Mama Sarah yang sudah dijatuhi hukuman 5 bulan.

Penutup

Akhir kata, Sinetron Ikatan Cinta ini masih menjadi sinetron favorit sebagian banyak orang. Khususnya emak-emak. Selain itu, alur ceritanya kini mulai merambah tentang siapa sebenarnya ayah Reyna. Benar anak Nino atau bukan? Karena dulu, Al sudah melakukan tes DNA Reyna dengan Roy, hasilnya tidak sama. Jelas Reyna bukan anaknya Roy, karena Andin tidak pernah selingkuh dengan Roy. Semoga saja akhir sinetron ini tidak terlalu panjang. Sudah 400-an episode loh sekarang.

Okay, terima kasih sudah mampir ke blog saya tentang Sinetron Ikatan Cinta. Apakah teman-teman juga menggemari sinetron tersebut? Share di kolom komentar.

Terima kasih.

23 Comments

  1. Jujur sih aku sudah lama tak menonton sinetron, jadi gak ngikutin banget tentang si Ikatan Cinta ini tapi suka lihat di instagram beberapa teman yang bikin cerita ala Ikatan CInta.

    ReplyDelete
  2. sejujurnya mak, akutuh termasuk yang pemalas buat nonton sinetron gitu, termasuk ikatan cinta, padahal lagi happening banget kan ya, karena banyak yang suka sama jalan ceritanya

    ReplyDelete
  3. Hahhaaa, mamaku yang suka nonton Ikatan cintaa, aku ga pernaah.
    Cuma suka tahu kalo pas nginep di mama, duh ngefans banget,,
    Beneran Sinetron fenomenal.
    Dan bener banget quotes2nya yang relate sama keseharian ya.

    ReplyDelete
  4. Trus sekarang udah masuk episode ke berapa? Berarti gak harus lihat dari awal, tetap bisa ngikutin jalan ceritanya, ya?

    ReplyDelete
  5. Meski kata banyak orang sinetron ini bagus, ntah kenapa aku kok blm tertarik buat nonton ini ya mbaa, hihi. Aku lebih suka nonton film yang sekali main selesai, jadi nggak harus menunggu-nunggu utk sampai ke akhir cerita

    ReplyDelete
  6. Rame banget ya ini sinetron.
    saya sering diceritain mba pijet langganan.
    tapi ya gitu deh, daku blm tertarik buat mantengin

    ReplyDelete
  7. Duh aku kudet gak pernah nontin TV, sinetron juga gak pernah, paking tontonan aku film-film dari aplikasi aja.
    Ikatan Cinta banyak pengikutnya ya, ini udah berapa episdoe sih mbak perasaan udah lama banget ya.
    Jadi sinetron favorit banyak orang bener banget nih

    ReplyDelete
  8. Waktu masih awal tayang, aku termasuk penggemar berat Ikatan Cinta lho, Mbak. Cuti ngedrama berbulan-bulan dan nonton. Sekarang nyawanya udah gak kaya dulu. Lumayan jauh bedanya, tapi kadang bolehlah buat ditonton

    ReplyDelete
  9. pasangan lagi hits nih Arya dan Manopo, hehehe. saya belum pernah liat langsung sinetronnya, tapi iklannya di medsos baik dramanya maupun iklan pasangan ini, mau gak mau yah gak bisa gak dikaitan ama sinetron ikatan cinta ya.

    ReplyDelete
  10. wah mbak pecinta mas Al juga nih
    emang sinetron favorit ya Ikatan cinta ini
    mamaku pun suka nonton ini

    ReplyDelete
  11. Kalau boleh jujur, aku nggak ngikutin sinetron ikatan cinta hehe.. udah panjang banget ya episodenya. Banyak yang suka sama sinetron ini termasuk keluarga saya di kampung hehe

    ReplyDelete
  12. Yang aku kaget, anaknya temanku yg masih 10 tahun suka bgt nonton sinetron ini. Sampai kepo, apa menariknya. Dan ternyat mbak sudah menjabarkan sedetail ini

    ReplyDelete
  13. Dulunya sy penasaran waktu Aldebaran viral, aq nanya it siapa sih kok banyak yg ngefans gitu, maklum gk pnh nton sinetron, brulah saat di rumah mama yg sring nton Ikatan Cinta baru tahu oh ternyata Aldebaran emang ganteng haha

    ReplyDelete
  14. Terima kasih sudah menuliskan ini Mbak. Sudah lama enggak nonton sinetron
    Aku cuma ngikuti trending-nya aja di sosmed dan media online, karena aku pakai TV kabel (& internet)First Media yang ga ada channel RCTI-nya. Karena, kompetititor jadi untuk hak siar MNC Group ga didapatkan.
    Tapi salut, Ikatan Cinta bisa mempersatukan banyak warga Indonesia di saat pandemi

    ReplyDelete
  15. Kesimpulannya mereka ini agak free lifestyle yaaaa

    Kok bisa Andin itu anaknya ga tau anak siapa? Hah? Ciyus?

    Terus adegan yang bikin kzl ya kayak Aldebaran yang sengaja datang ke rumah Nino... Kan udah tau ya kalo dah suami istri ga usah ada hubungannya lagi!

    Aaaah jadi marah kaaaaan

    ReplyDelete
  16. Wah aku jadi tahu awal cerita Ikatan Cinta nih soalnya terus terang aku ngak ngikutin soalnya ngak ada channel RCTI di TV aku dan kebetulan jarang nonton TV, tapi sejak suami pasang antene biasa buat nonton bola, aku sempat nonton beberapa episode dan agak bingung dengan ceritanya. Sudah 400 episode dan ngak ada tanda-tanda selesai...duh lama juga ya.

    ReplyDelete
  17. Ya ampun makkkk pecinta ikatan cintaa
    setiap ikatan cinta pasti trending lohh di twitter
    walau ga pernah nonton tapi mas al ini emang kebanggaan ibu-ibu se Indonesia
    sempurnah

    ReplyDelete
  18. Oh ternyata belum selesai ya episode Ikatan Cinta?
    Itu keren dong Glenca bisa mendapat sebutan kejam yang disematkan penonton, ada dakjalwati segala. Ya ampung penontonnya fans garis keras Andin yaa

    ReplyDelete
  19. Saya juga mengikuti mbak, tapi sejak elsa masuk penjara udah jarang nonton lagi. Dulu setia ngikuti pengen tahu gimana akhirnya kejahatan elsa terbongkar, setelah terbongkar saya jadi nggak tertarik lagi.

    ReplyDelete
  20. Wah lengkap banget ulasan nya mbak. Baru tahu aku kalo episode nya udah ratusan. Jadi inget tersanjung di zamannya. Hehe. Seru sih kalau baca sinopsis dari artikel ini

    ReplyDelete
  21. Kalau lagi gabut saya mampir ke sinetron ini. Awalnya suka karena ada misteri-misterinya tapi lama-lama jalan ceritanya terkesan diulur-ulur gitu. Makanya sudah tidak mengikuti lagi. Oh yah, sampaikan pesan ke emak-emak pencinta Ikatan Cinta garis keras, "tolong dong bedakan dunia sinetron dengan dunia nyata, emak-emaknya suka pada halu, sampai menjodoh-jodohkan Al dengan Andin sebagai Arya dan Amanda." hahaha.

    ReplyDelete
  22. Aku sampai sekarang tidak tertarik nonton Ikatan Cinta. Karena, memang gak ada waktu buat nonton sinetron. Astaga so sibuk banget, aku.
    Quote-quotenya menarik ya, Mba. Walau sinetron Indonesia kadang alurnya bertele-tele, pasti selalu ada poin-poin penting yang bisa kita ambil hikmahnya.

    ReplyDelete
  23. Seru..ya..ternyata pantas mamak2 oada tergila2 pada sinetron ikatan cinta..swtelag baca jni aku jadinya ikutan jatuh cinta hahaha

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)