Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Staycation di Braling Grand Hotel
Menikmati Staycation di Braling Grand Hotel untuk Liburan Makin Seru dan Ceria

Sejak adanya pandemi Covid-19, saya menjadi ragu ketika keluar rumah. Rutinitas hanya rumah - kantor - rumah. Setiap hari di hari Senin sampai Jumat. Sisanya di hari Sabtu dan Minggu hanya rebahan terus di rumah. Ngebosenin banget, kan? Sampai-sampai libur panjang lebaran juga hanya dibuat untuk leyeh-leyeh, baca buku dan nonton wisata secara virtual.

Berbicara tentang wisata, waduh, kayaknya sudah hapir dua tahun lho enggak traveling. Pagebluk memang bikin rencana gagal total. Padahal rencana mau liburan bareng My Baby - Ican untuk vacation, tidak pernah terlaksana. Ya sudahlah, mungkin belum momen yang pas buat refreshing.

Akan tetapi, tetiba kepikiran untuk staycation di hotel. Tidak perlu jauh-jauh harus ke kota besar karena di Purbalingga juga sudah ada hotel bintang 4. Senangnya diri ini, ketika kota tercinta sudah memiliki hotel yang berbintang, yang bisa sebagai tempat staycation atau pun menginap bagi para tamu dari luar daerah Purbalingga.

Menikmati Staycation di Braling Grand Hotel by Azana Hotel

Loby Braling Grand Hotel
Loby hotel yang nyaman

Yuhu, finally, bobok
cantik lagi di hotel. Lebih menyenangkannya kali ini di kota sendiri, jadi tidak perlu transportasi yang jauh dan memakan waktu. Meski menginap di Braling Grand Hotel itu sebuah rencana dadakan. Karena sudah terlalu galau di rumah terus menghabiskan waktu libur. Akhirnya pas Senin, 17 Mei 2021 kemarin memantapkan hati untuk membawa anak tidur di hotel. Yang excited malah Ican, dari wajahnya tahu kalau mau diajak jalan. Iya, anak saya kalau diajak jalan-jalan itu bahagia banget. Kata suami saya, "Ya sama lah kayak emaknya." 😀

Persiapan tidak begitu banyak, hanya baju-baju satu tas yang kata orang bisa seperti tentara mau perang. Lah ya, isi tas itu baju ganti saya, suami saya dan anak. Baju ganti anak itu enggak cukup satu atau dua stel, gaes. Ditambah lagi bawa baju badminton suami, karena Selasa malam ada jadwal main badminton. Plus yang tidak ketinggalan, laptop buat emaknya biar tetap eksi jari-jarinya.

Berangkat dari rumah jam satu siang dengan sepeda motor. Perjalanan santai karena bawa anak kecil, sehingga kami hampir satu jam baru sampai di hotel. Istirahat sejenak di loby, sambil menghapus lelah di perjalnaan. Kemudian ke resepsionis untuk proses booking dengan menyerahkan KTP yang kemudian difotcopy oleh Mba Resepsionis yang cantik jelita dan manis. Kemudian dikasih kunci kamar yang di dalamnya juga ada password wifi-nya. Ihiir, senengnya.

Terus di hotel ngapain saja? Yuk, simak terus sampai habis.

Menikmati Playground di Padi Restaurant

Playground Padi Restaurant

Sebelum masuk kamar, kami ke Padi Restaurant dulu yang deket dengan loby. Ternyata di situ ada playground-nya, ya sudah anak saya bahagia banget. Bisa main kuda-kuda an, mewarnai - walau aslinya corat-coret tidak jelas, malah parahnya lagi matahain crayon. Duh, maaf banget, yaa. 😞

Ditambah lagi, ada juga jungkat-jungkit, prosotan dan rumah-rumahan. Ya sudah, makin betah deh Ican ini. Makin enggak mau digendong. Maunya main terus. Emaknya yang sudah gempor ingin tidur menikmati kasur yang menul-menul.

Selain itu, jendela kaca ruangannya luas, langsung melihat pemandangan di luar, ada burung-burung yang lagi terbang. Makin bahagia kan jadinya. Ya sudahlah, kami mengalah, menemani bocil sampai puas bermain di playground hingga jam 3 sore.

Tidur Nyaman di Deluxe Room Lantai 6

Braling Grand Hotel
Deluxe Room | Sumber: https://bralinggrandhotel.com/

Anak puas bermain di Playground, saatnya emak harus istirahat. Diantar oleh Mbak Ayu, salah satu tim Marketing dari Braling Grand Hotel, kami memasuki lift. Jeng jeng... ternyata, untuk naik ke lantai atas, harus sudah punya kunci kamar (id-card) ditempelin ke simbol wifi di lift-nya, terus tekan angka yang dituju. Baru lift mau naik. Canggih banget (he, aslinya begini ya hotel bintang 4, sayanya saja yang baru pertama kali ngerasain begini).

Sampai di lantai lantai 6, kami menuju kamar nomor 619 yang menjadi tempat menginap. Buka pintunya pakai card yang tadi ya, ditempelin, terus handle pintu dibuka. Cetek-cetek saklar, lampu dinyalain. Wah, lihat pemandangan kasur yang empuk, depannya ada kursi kerja, TV LED, satu set teko listrik lengkap dengan air mineral 2 botol dan pilihan minuman seduh serta tempat sampah tertutup di sampingnya. Kemudian di samping - dekat jendela ada kursi memanjang yang nyaman banget. Ada kulkas mininya, terus di dekat pintu ada lemari baju yang cukup besar. Uenak tenan iki.

Deluxe Room Braling Grand Hotel

Langsung, incaran pertama kasur. Anak saya langsung minta turun dari gendongan, terus gegoleran di kasur. Emaknya ingin pepotoan aja susah, kasur yang tertata rapi sudah diacak-acak, huhuhu. Sedih.

Main di hotel

Ruangan seluas 26 m² ini cukup lebar untuk mondar-mandir anak saya, terlebih ada cermin yang gede banget. Dia senang melihat dirinya sendiri dari ujung kaki hingga atas. Sering melet-melet ke pantulan dirinya sendiri di cermin.

Kamar Mandi Braling Grand Hotel

Foto di kamar mandi

Fix dah
ini ruangan beneran asyik banget. Belum lagi kamar mandinya yang mewah dan elegan. Ada hair dryernya juga lho di dalam kamar mandi. Jadi kalau mau ngeringin rambut, mudah tanpa ribet.

Bobo di hotel

Sore harinya kami ke lantai 4 untuk menikmati pemandangan sunset dari rooftop. Ada juga kolam renang. Niatnya mau renang tapi hujan, jadi enggak jadi lah. Dan jam 7 malam kami turun ke ground flour, menuju Padi Restaurant untuk makan malam.

Work From Home

Kemudian malam hari ketika mau tidur, anak saya masih mau ngajak bermain. Jumpalitan terus di kasur, bercada sama papa-nya. Alhasil, kami tidur kemalaman dan nyenyak, kemudian melewatkan sunrise. Niat hati itu mau melihat arunika dari ufuk timur. Eh, lah, malah udah jam 5 pagi saja.

Good Morning

View Cantik dan Kolam Renang di Rooftop Lantai 4

Kolam renang Braling Grand Hotel

Sore hari, kami rencana mau menikmati sunset dan berenang. Tapi lagi hujan, beruntungnya masih bisa menikmati view sunset yang cukup menawan.

Rooftop Braling Grand Hotel

Kemudian di pagi hari sebelum sarapan, kami juga ke sini lagi. Suasana di sini itu nyenengin banget, cocok banget buat pepotoan.

Makan Malam dan Sarapan Pagi di Padi Restaurant
Padi Restaurant

Jam setengah delapan malam kami turun ke bawah menuju Padi Restaurant. Menu makan malam itu sudah siap sejak jam 5 sore. Tapi saya masih betah di kamar jadi turunnya agak maleman. Hidangan lezat menuju kami, yaitu Spaghetti Rawon dan Pasta Penne, serta minuman Virgin Shangria (kombinasi jeruk dan strawberry), Orange Juice, dan Virgin Cucumber Mojito. Dan seperti biasa, kami makannya secara bergantian. Pertama saya makan dulu, suami dan anak saya main.

Virgin Shangria
Nyesss.. nyegerin banget

Dengan senang hati saya menikmati sajian lezat ini. Terutama Spaghetti Rawon-nya. Asli, ini enak banget. Daging sapinya diolah dengan sempurna. Empuk dan juicy, serta dipadukan dengan kuah rawon yang kaya rempah-rempah. Hmm, sungguh benar-benar menggoyang lidah. Setelah saya puas makan malam, gantian dong saya yang ngejar-ngejar bocil keliling resto ini.

Pasta Penne Braling Grand Hotel
Penne Pasta

Mie Rawon Braling Grand Hotel
Spaghetti Rawon

Setelah kenyang, kami langsung balik ke kamar lagi. Kemduian esok paginya jam setengah delapan pagi, kami ke Padi Restaurant untuk sarapan. Sajian menu sarapan itu sangat komplit. Berbagai menu itu ada. Dari nasi biasa, nasi goreng, kwetiau, soto, salad buah, kopi, teh, bahkan telur dadar juga ada serta lainnya. Bahkan aneka gorengan dan pastry juga tersedia.

Breakfast di braling grand hotel

Sarapan di braling grand hotel

Berhubung saya sarapannya terbiasa makan berat, jadi nasi putih, capcay dan ayam saus Thailand. Sedangkan Ican, saya suapi dengan telur dadar sosis plus buah-buahan. Sarapan kami cukup singkat karena anak maunya lari-larian terus, jadi saya takut dia mengambil peralatan makan seperti piring dan gelas terus jatuh dan pecah. Bahaya, kan? Jadi ya sudah, kami memutuskan untuk kembali ke kamar, menonton acara di TV sambil tiduran.

Braling Grand Hotel

Well
, itulah pengalaman menarik yang membuat kami bahagia selama staycation di Braling Grand Hotel. Bahkan ketika anak saya mulai jenuh di kamar, kami turun lagi ke bawah jam sepuluh pagi, mengelilingi hotel dan sampai di halaman utamanya. Melihat jejeran mobil unik dan antik serta beraneka macam tanaman hias di sini. Sungguh, sangat memanjakan mata sekali.

Semoga ada kesempatan lain untuk bisa menginap lagi di Braling Grand Hotel, selain fasilitasnya yang sangat komplit, hotel ini juga sudah memenuhi standar di New Normal Pandemi Covid-19. Telah terbukti dengan adanya memiliki sertifikat CHSE dengan Nomor Sertifikat I Do Care: IL.04.02/663/M-K/2020. Seperti kita ketahui, sertifikat tersebut bukan sekadar sertifikat lho, karena diterbitkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, yang diberikan kepada pelaku wisata atau ekonomi kreatif yang telah menggunakan standar protokol kesehatan dengan ketat di musim pandemi.

Harga Kamar di Braling Grand Hotel

Untuk harga kamar tentunya berbeda-beda menyesuaikan dengan tipenya. Tapi dimulai Rp 400.000 an per malam juga bisa lho menginap di Braling Grand Hotel. Pemesanan bisa melalui e-ticket dari berbagai aplikasi.

Okay, semoga informasi ini bisa bermanfaat buat teman-teman yang mau ke Purbalingga tapi bingung mau ngapain di sini karena sedang musim pandemi. Lebih baik, staycation saja di Braling Grand Hotel yang memberikan kenyamanan dengan setulus hati.

Braling Grand Hotel by Azana Hotel

Jl. Letjen S Parman No.50, Kedung Menjangan, Kec. Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53315.
Website: https://bralinggrandhotel.com/
Instagram: @bralinggrandhotelbyazana
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

25 comments for "Menikmati Staycation di Braling Grand Hotel by Azana Hotel untuk Liburan Makin Seru dan Ceria"

1. Memang asik nih bosa work from hotel. Bisa produktif meski kerjanya sambil liburan.

ReplyDelete
  2. Menyenangkan sekaliii bisa staycation bareng keluarga di Braling-grand-hotel ini.
    Fasilitasnya lengkaapp
    anak pasti enjoyy banget yha

ReplyDelete
  3. Sayapun kayaknya masih terkagum-kagum kalau masuk hotel berbintang bintang mbak, belum pernah wkwkw.. Selain tinggal di daerah pinggiran, memang belum ada kesempatan buat Staycation :D. semoga bisa nanti next time, Aamiin haha..

4. Staycation gini tuh emang jadi pilihan banget deh jadi alternatif liburan keluarga. Ini juga hotelnya bersih dan nyaman banget ya mbak. Kemarin akhir bulan kebetulan aku juga baru staycation dan pilih hotel yang memang menjalankan protokol kesehatan dengan baik dan benar.

5. Wih tetep ya emak mesti bawa laptop biar ngeksis hehehe. By the way, view rooftop-nya keren yaa.

ReplyDelete
  6. Wah, ternyata di Purbalingga ada hotel sebagus ini. Bisa jadi rekomendasi saat berkunjung ke Purbalingga. Suka sama interior hotel, makanan, ada playground anak. View kolam renangnya juga bagus

7. wah asyik mba, view kolam renangnya cakeeep ih. Kalau sapaan pegawai hotelnya hangat kan jadi gimana gitu, damai dan kayaknya diramahin orang tuh menyenangkan ya. 400ribuan ya, ih asyiiik.. kapan ya ke Purbalingga..

8. Saya bayangin mbak Ery sibuk ngejar bocah, kosentrasi mau foto buat konten jadi banyak ambyar haha

Dari penampakan di foto, layanan dan fasilitas memang sudah sesuai dengan standar hotel bintang 4 ya. Terlihat juga dari beragam menu sarapan, juga playground dan kolam renang (infinity kah?). Jadi gak sempat nyebur di kolam ya karena hujan?

Terima kasih ulasannya mbak. Insha Allah bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan info hotel.

ReplyDelete
  9. Kalo staycation aku baru sekali. Itupun duluuuu waktu belum aktif ngeblog. Jadi pengen lagi deeeh. Entah kapan. Proposal ke suami ke gak nembus² nih hehehe.

10. Seru juga ya staycation selama pandemi jadi bisa ganti suasana tidur juga biar gak bosan di rumah. Braling Grand Hotel tempatnya nyaman juga ya apalagi ada kolam renangnya nih

11. Seru juga ya staycation selama pandemi jadi bisa ganti suasana tidur juga biar gak bosan di rumah. Braling Grand Hotel tempatnya nyaman juga ya apalagi ada kolam renangnya nih

ReplyDelete
  12. Bilang kata "RAWON" aja udah terbit air liur, eh pakje spagheti pula!
    Tambah mak nyuuuss pastinya ya Erry

Btw suka deh sama view dan anglemu saat difoto sama si ganteng kecil ini!

ReplyDelete
  13. senang deh baca ulsana liburannya, senang juga keliatannya. kalo kami sekeluarga sejak pandemi belum ada liburan ke luar, bepergian juga hanya dalam provinsi saja dan belum pernah nginap. masih betah di rumah aja

14. Wah...estetik banegt yaah..Braling Grand Hotel.
    Anak-anak pasti suka. Tapi suka rada was-was gak sih...kalau hotelnya banyak vas bunga kacanya?

ReplyDelete
  15. Asyik banget mbak bisa staycation . Aku pandemi ini juga udah beberapa kali staycation buat refreshing. Asal hotelnya nerapin prokes dah aman dan berani nginap deh

16. Ah seru yaa staycation saat pandemi, jadi bisa menikmati suasana hangat bareng keluarga. Family time yang bikin hepi, apalagi hotelnya juga komplit nih fasilitas nya. Bahkan ada mobil tua bisa untuk foto foto

17. wah nyaman banget suasananya mbak
    harga hotelnya juga cukup murah,
    pas banget buat pilihan staycation bersama keluarga

ReplyDelete
  18. Wowww! Cocok bangettt buat staycation bareng anak2, nih. Asli, jadi pingiin aaah. ��

19. Seru banget ya mbk staycation di hotel. Rasanya seperti dimanjakan banget ahahaha..apalagi kalo hotelnya bagus dan fasilitas komplit. Makin bikin betah

20. Sebelum covid rutinitas aku antar jemput anak sekolah terus di rumah aja. Setelah covid rutinitas aku jd di rumah terus. Hr libur jg di rumah. Wkwk. Bener2 dah butuh staycation jg nih spy rada warasan dikit.

21. Wah spageti rawon gmn rasanya ya? hehe
    Seru banget staycationnya. Anak2 pasti hepi ya bisa dapat suasana baru di luar rumah.
    Eh krn hujan akhirnya gak jd berenang atau nunggu hujannya redaan mbak? :D

ReplyDelete
  22. Asyik Ican jalan-jalan dan nginap di hotel. Seneng ya kalau di hotel ada playgroundnya gitu, pilihan mainannya juga banyak. Apalagi kalau pas sepi, beneran deh si bocah nggak mau diajak pergi, betah di situ

23. Aku pikir ini tadi di ibu kota, rupanya di Purbalingga ya?! Wah mantaaaap..

Kayaknya bukan cuma Mbak Ery deh yang baru tahu soal kartu hotel. Aku pun pasti plonga-plongo kalau dapat kartu hotel gitu! Wkwkk.

24. Allhamdulilah hepinya ya mba bisa staycation begini
    refresh dari pekerjaan yang ada di rumah. Aku belum pernah nginep di sini jadi pengen mba

25. Asyik nih de bisa halan halan ke hotel keren, suka dengan dekorasi hotelnya nyaman terlihat