Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Serba-serbi PJJ yang Bikin Rempong

School From Home

Seperti yang sudah kita tahu sebelumnya, bahwa virus Corona membawa dampak ke mana-mana, termasuk ke kegiatan sekolah anak-anak. Karena mau tidak mau mengharuskan sekolah daring/online. Bagi yang tinggal di kota dan memiliki peralatan dan fasilitas yang cukup, saya rasa tidak ada hambatan. Hanya perlu fokus untuk mengikuti instruksi guru by online. Tetapi bagaimana dengan sekolah-sekolah yang ada di desa? Bukan hanya peralatan untuk sekolah secara online saja yang perlu disiapkan melainkan juga keadaan signal yang perlu diperhatikan juga.


Belum lagi ditambah kondisi psikis orang tua dan anak-anak yang tidak menentu. Sebagian orang tua mengeluh karena anaknya susah sekali diatur di dalam rumah. Hingga membuat mereka emosi dan berujung memarahi anak. Sungguh sangat disayangkan dengan adanya hal-hal seperti ini, karena hal itu terus berlanjut sampai nanti sekolah dibuka. Dan masih banyak lagi hal-hal yang terjadi adanya Pelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi.


Drama yang Terjadi Ketika Sekolah Harus PJJ


1. Susahnya Mencari Jaringan Internet

Karena kami di desa, tentu permasalahan jaringan internet itu menjadi hal utama. Kedua adik saya itu kalau sekolah suka mengeluhkan enggak ada internet. Membuka zoom katanya hanya 'uwer-uwer' terus tidak terkonek-konek. Al hasil, seringnya mereka PJJ di halaman rumah, kadang di samping rumah. Tergantung itu signal ada di mana.


2. Kuota Internet Cepat Habis

Ini juga menjadi persoalaan di rumah kami. Karena sering untuk zoom, terus melihat video yang dibagikan oleh guru, kemudian foto dan dokumen yang perlu dibuka melalui internet, tentu saja kuota yang dibutuhkan juga makin meningkat. Rasanya cepat sekali itu kuota yang 15 GB belum dua minggu sudah habis.


3. Anak-anak Menjadi Lebih Malas

Saya harap ini terjadi pada kedua adik saya saja yang memang mereka malas. Setiap pagi, pintu kamar mereka harus digedor-gedor agar masuk kelas secara online. Kita yang sebagai orang tua atau walinya itu sangat gregetan. Kita harus selalu tanya, sudah absen belum? Sudah baca instruksi guru untuk MaPel A, B, atau C, belum? Dan mereka hanya menjawab, "Iya, sudah."


Kemalasan mereka juga bukan hanya itu saja, tugas yang diinstruksikan oleh guru, seringnya mereka mengerjakannya mepet deadline. Pas siangnya mereka sibuk bermain atau bahkan ngegame di HP yang bikin Mama kami menjadi emosi tinggi karena anak-anak pada melototin HP buat main-main. Kalau sudah begini, kadang kami suka menjadi khilaf mencubit mereka, dan selanjutnya drama anak-anak jadi makin ngambek buat belajar. Asli, bikin ngelus dada.


School From Home

Dan itulah beberapa drama ketika anak-anak sekolah di rumah. Selain itu, permasalahan yang lainnya ketika anak-anak sekolah secara online ialah komunikasi dengan guru yang amburadul. Kebetulan saya masuk di seluruh grup mata pelajaran dan grup kelas VII untuk adik saya yang bungsu. Seharusnya Mama kami yang ikutan grup WA itu, tapi katanya rempong dan masih gaptek, jadi saya ikut join di situ. Dari pertama masuk grup sampai sekarang, saya bisa menyimpulkan bahwa anak-anak sekarang itu beda jauh dengan anak-anak zaman dulu, bahkan tutur kata meksipun melalui tulisan, mereka cenderung semena-mena. Dan menurut saya pribadi, prilaku atau sikap tersebut kurang baik, terlebih mereka ialah anak-anak sekolah yang dari kecil juga dididik oleh orang tua dan guru.


Perilaku atau Sikap Anak-anak yang Kurang Baik Terjadi Ketika Belajar Online


Banyak sekali yang terjadi ketika belajar online terjadi, bahkan tak jarang membuat kesal ibu atau bapak guru yang memberikan pengarahan belajar online. Dan berikut beberapa hal yang seharusnya tidak terjadi ketika belajar online:


School From Home

1. Malas Membaca Apa yang Dishare Oleh Guru

Untuk mempermudahkan belajar online, setiap Mapel dan Kelas ada grup WA. Sehingga informasi bisa dikirim cepat oleh bapak atau ibu guru. Selain itu, wali kelas juga bisa dengan mudah mengirim jadwal kelas, jadwal piket, dan lainnya yang berkaitan dengan perwalian. Namun, kelas online tidak semudah yang dibayangkan, informasi yang telah disampaikan tidak dibaca dengan detail, seringnya anak-anak tanya untuk hal sama dan sudah dijelaskan. Sampai-sampai wali kelas mengatakan, "Kalau ada infornasi yang disampaikan dibaca dulu dengan baik, informasi itu sudah jelas, jangan menanyakan hal yang sama berulang-ulang,"


Saya yang melihatnya langsung di WAG kelas, tepok jidat. Kok ya anak-anak sekarang begitu? Enggak mau memahami dulu apa yang disampaikan dan langsung tanya, ini dan itu, padahal sudah ditulis dengan lengkap dan jelas.


2. Buru-buru Mengerjakan Tugas

Ini adalah buntut dari tidak mau membaca. Guru memberikan tugas di Google Classroom, isinya itu ada presensi kehadiran, materi mata pelajaran dan tugas yang harus dikerjakan melalui Google Form. Nah, kebanyakan dari mereka, setelah mengisi presensi kehadiran langsung menuju mengerjakan soal-soal dengan asal menjawab. Otomatis hasilnya jeblok dong, masa mengerjakan soal di rumah yang bebas baca buku atau baca materi yang sudah disediakan, nilainya itu masih banyak yang dapat 60 atau bahkan ada yang di bawahnya.Tentu hal ini membuat guru menegur siswa. "Kalau kalian mengerjakan tugas, materinya dibaca dulu, jangan langsung mengerjakannya, jadi nilainya tidak 40, 50,"


Saya mengernyitkan alis ketika membaca pesan di WAG salah satu mata pelajaran. Kok bisa sih ada anak-anak yang begitu malas membaca?


3. Ada yang Tidak Mengerjakan Tugas

Entah karena kelalaian dari murid atau saking malasnya, sampai-sampai tugas yang mudah pun tidak dikerjakan. Padahal itu tugas yang cukup mudah, yaitu Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Guru memberikan tugas hanya sekali di Google Classroom pada tanggal 26 Juli 2020. Masa ya mau sebulan sampai pertengahan Agustus 2020 masih ada yang belum mengerjakan tugasnya. Akhirnya guru tersebut melapor ke wali kelas untuk menegur anak kelasnya. Kan otomatis wali kelas langsung menasehati seluruh siswanya di WAG, agar tugas yang diberikan oleh guru mata pelajaran, dikerjakan jangan sampai terlambat.


4. Tidak Sopan Terhadap Guru

Di awal masuk WAG, wali kelas telah menyampaikan informasi tentang tata cara bertanya kepada bapak/ibu guru dengan baik dan benar atau sopan. Meskipun komunikasi hanya melalui Whatsapp, sopan santun harus tetap di jaga. Tapi nyatanya masih ada anak yang seenaknya sendiri di grup. Ada seorang anak yang kalau gurunya memberikan arahan, terus dia reply. Ketika guru tidak langsung membalasnya, dia reply lagi dengan hanya mengetik, "P," sampai berkali-kali. Teman-teman sudah banyak yang menegurnya tapi tetap saja diabaikan. Pada akhirnya guru tersebut marah dan mengeluarkannya dari WAG.


5. Masih Ada Anak-anak yang Share Informasi Tidak Jelas

Sepertinya hoby membagikan hal yang hoax sudah mengakar di kalangan masyarakat kita termasuk anak-anak. Ada beberapa dari mereka yang suka membagikan info tidak jelas seperti, share logo baterai yang katanya bisa membuat baterai HP full terus, share ulang tahun Whatsapp nanti dapat kuota, share tentang informasi yang meminta agar dibagikan ke minimal lima WAG, dan lainnya. Tentu infomasi yang dibagikan ialah hoax belaka hanya untuk spam.


Saya miris melihat hal-hal yang begitu. Karena anak-anak yang terdidik pun masih suka seenaknya sendiri dan belum mampu mencerna informasi yang didapat. Dan saya jadi bertanya-tanya sendiri, "Apakah memang tingkat minat baca anak-anak di daerah kami sangatlah rendah?"


Melihat kejadian-kejadian yang ada di WAG, anak-anak sekarang, sebagian besar suka melakukan apa-apa seenak hatinya. Tidak peduli benar atau salah. Tak heran para guru juga sebenarnya jauh lebih lelah mengajar secara daring begini, pun sama dengan para orang tua siswa.


Semoga pandemi segera berakhir, karena saya juga sudah sangat stress kalau menemani adik saya belajar daring. Jadinya malah ribut.


Terima kasih teman-teman yang sudah mau membaca curhatan saya. Tetap semangat dan jaga kesehatan, ya.

Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

24 comments for "Serba-serbi PJJ yang Bikin Rempong"

  1. Anak saya belum usia sekolah, tapi kebetulan suamiku guru. MUngkin orang akan melihat enaknya saja jadi guru, nggak kerja tapi digaji. padahal yang suamiku malah merasa lebih berat tanggung jawabnya, mengajar secara PJJ. Belum lagi soal penilaian, penilaian itu kan tanggung jawab dunia akhirat:)

    ReplyDelete
  2. hehehe... iyah, belajar daring ini memang butuh effort yang sangat besar dari anak maupun orang dewasa yang mendampinginya.

    Semoga pandemi ini segera berlalu ya, anak-anak bisa sekolah lagi secara tatap muka

    ReplyDelete
  3. Selamat dan semangat mendampingi adik-adiknya PJJ ya, Mbak
    Memang mesti ekstra sabarnya biar enggak jadi singa kita hahaha
    Anakku yang sulung dah bisa jalan sendiri karena dah SMA
    Yang bungsu ini, SD, aduh....kadang pakai jurus apalagi sampai bikin keki emaknya

    ReplyDelete
  4. Nah iya nih PJJ bikin banyak anak termasuk anak2ku kelimpungan. Apalagi anak2ku kan madrasah jadi ada tambahan mapel 6 buah termasuk hapalan ayat Al Qur'an. PR buanyak jd merasa dikejar2 Senin hingga Minggu ga ada matinya. Mau berteriak di pantai deh untuk melepas stres.

    ReplyDelete
  5. Eeerryyy ini semua keluhan yang ada nyata di sekitar kita semua!

    Alhamdulillah kalau anak anak sih engga sampe males belajar, malah ngotot belajar ya tapi bener temen temennya pada ga ada yang ngumpulin tugas bahkan ada yang tidak ikutan ulangan!

    ReplyDelete
  6. Wah sampai ada yang dikeluarkan dari WAG. Jadi penasaran gimana cara belajarnya kalau gak bergabung di WAG

    ReplyDelete
  7. Semoga pandemi ini segera berlalu yaa. Emang PJJ tuh adaaa aja suka dukanya. Hahah. Lebih banyak dramanya sih. Ealah malah curhat nih saya~

    ReplyDelete
  8. Hahaha..
    Benar mbak...
    Hampir semua yg ditulis disini juga ku alami.
    Pjj oh pjj

    ReplyDelete
  9. belakangan aku rada keteteran nemenin anak PJJ, karena abis pindahan juga, jadi banyak tugas anak yang ke sekip.

    ReplyDelete
  10. Di awal-awal PJJ, Keponakan juga malas-malasan. Lama-lama akhirnya mau juga. Untungnya gak pakai ad absen karena dari sekolah menyadari bahwa gak semua punya hp. Jadi ngerjain tugas ya sehari batas waktunya

    ReplyDelete
  11. Huhu ... etika dalam berkirim pesan melalui daring ini perlu diperhatikan. Kemarin hal ini terjadi juga di PJJ tempat les temanku. Anak lesnya itu pinter tapi kata-katanya kurang sopan :(

    ReplyDelete
  12. Iyes, banyak hal dalam literasi digital yang masih kurang , terlihat dalam PJJ. bebrapa di antaranya dituliskan di atas, seperti dalam memberikan informasi. Saya pun melihatnya. Jika kita sebagai ibu mampu melihatnya maka bisa memperbaikinya kepada anak. Yang kasihan jika tidak menyadarinya.

    ReplyDelete
  13. Aamiin...semoga anak2 bisa kembali ke sekolah lagi. Sebagai ortu, aku ngrasain banyak drama pula mba... Anak2 yang dulunya bisa bangun pagi, jam belajar tertib, sholat juga tertib...sekarang bangun jadi siang...sholat harus dibilangin dulu..di oyak2...itu juga seringnya masih bilang nanti...keasyikan nge game

    ReplyDelete
  14. Dengan pjj ini ortu makin sadar tugas guru itu berat, hehe, anakku Alhamdulillah lumayan disiplin. Pagi hingga pukul 12 waktunya belajar dan nugas, habis itu baru acara bebas hehe

    ReplyDelete
  15. Hahaha perjuangan emang ya mba selama PJJ ini. Apalagi bagi anak yang masih kecil. Semangat ya semoga kita bisa lalui ini dengan baik. Aamiin

    ReplyDelete
  16. Kalau tugas kami gak ada masalah krn emang ada target sendiri, supaya anak paham dia sekolah gk liburan selamanya hahaha.
    Terus terang yang bikin mumet adalah ketika menemani anak trus anak susah fokus, rasanya kok ikutan sekolah dan merasakan capeknya hhuhu. Moga pandemi lekas berakhir Ya Allah :(

    ReplyDelete
  17. PJJ jalan keluar terbaik untuk masa seperti sekarang ini ya...dengan segala kekurangan dan kelebihannya semoga kita dimudahkan menemukan solusi dalam setiap ksulitan...

    ReplyDelete
  18. Semua hal-hal yang ditulis Mbak di atas saya mengalami semuanya. Duuh memang membuat rempong. Kadang anak saya nggak baca detail apa yang diperintahkan gurunya sehingga terus saja bertanya ini itu. Saat saya suruh baca baik-baik kata per kata kalimat per kalimat itu pun dengan sedikit ancaman baru deh dia faham. OOh iya ya jawabnya. Hahaha bikin sewot kalau diturutin.

    ReplyDelete
  19. Wah drama PJJ emang enggak cuma aku aja ya mengalami, emang seru banget hahahah... aku juga mbk merasakan rempongnya. Mengerjakan terburu-buru juga ada

    ReplyDelete
  20. aku puyeng kalo bayangin PJJ, sekarang rasanya lega banget kalo weekend, bebas dari PJJ.. selain anak-anaknya yang rentan stress, mamanya juga rentan stress kayanya ya.. huhuhuhuhu. Semoga pandemi ini segera berlalu ya mak.. Aamiin..

    ReplyDelete
  21. Merasakan banget Mbak kerempongan apalagi ada kelas Zoom yang berdekatan antara Kakak dan adiknya

    ReplyDelete
  22. Banyak kejadian ajaib selama PJJ.
    Aku yang sedih tu kak...ada temennya anakku yang kelas 2, kalau belajar gak pernah di dampingi oleh orangtuanya sama sekali karena bekerja.
    Kerennya, si anak ini gak pernah bolos zoom meskipun sakit dan pernah pas ulangan Arabic, dia gak paham sama sekali.

    Hiuhuuu~
    Kok mau nangis liatnya...tapi anaknya bageuurr...gak nangisan.
    MashaAllah yaa...

    Pandemi oh..pandemi.

    ReplyDelete
  23. Kalau anakku malah kebalikannya. Di awal PJJ dai rajin banget, nah 2 bulan terakhir ini mulai malas dan bosan banget. Sama sih, saya juga bosan tiap hari motret gitu-gitu. Saya berpikir mending dikasih tugas mingguan aja, begitu selesai langsung setor semua, hehe. Nah, untuk urusan komunikasi dengan guru, saya ajarkan anak saya mengikuti bahasa WA saya pada gurunya. Jadi dia tahu SOP-nya. MUlai salam, izin bertanya, sampai terima kasih. Ini lumayan juga untuk mengajari anak berbahasa dengan baik.Meskipun nggak sama persis dengan saya. Misal, kalau saya yang WA saya gunakan kata Ananda. Kalau anak saya, dia langsung sebut namanya.

    ReplyDelete
  24. Repot itu kalo pas pjj mati lampu, sinyal langsung hilang huhuhu. Mau protes tetep ga bisa

    ReplyDelete