Kontribusi PT Freeport Indonesia untuk Memajukan Papua di Segala Bidang

Papua, suatu wilayah yang luas dan terdapat perusahaan tambang yang besar? Ya, itu benar. Kita sudah tahu bahwa di Papua terdapat perusahaan tambang tembaga, emas dan perak terbesar di dunia, yaitu PT Freeport Indonesia yang terletak di Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, Indonesia, yang berdiri sejak tanggal 07 April 1967.


PT Freeport Indonesia.
Sumber gambar: https://www.instagram.com/p/BzfgMlYDUYU/


Sekilas Tentang PT Freeport Indonesia.
Ialah perusahaan tambang mineral afiliasi dari Freeport-McMoRan (FCX) dan Mining Industry Indonesia (MIND ID). Freeport-McMoRan sendiri ialah suatu perusahaan tambang internasional terkemuka yang berkantor pusat di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat. Perusahaan ini mengoperasikan aset yang besar seperti emas, tembaga dan molybdenum. FCX ini merupakan perusahaan publik tambang tembaga terbesar di dunia.

Sebagai perusahaan terbesar yang mampu memasarkan produknya ke berbagai penjuru dunia, tentu pendapatan yang diperoleh juga besar. Dengan income yang diperoleh, tentunya bentuk kontribusi Freeport untuk masyarakat juga tidak tanggung-tanggung.

Bentuk Sumbangsih PT Freeport Indonesia bagi Negeri.
Sebagai bentuk kepedulian dan turut serta dalam mensejahterakan masyarakat, Freeport Indonesia telah memberikan bantuan untuk pengembangan masyarakat Papua. Dari tahun 1992 hingga 2018, total dana yang telah digelontorkan sebesar US$ 1,7 miliar (atau sekitar Rp 23,4 triliun). Selain itu, dengan berdirinya Freeport Indonesia di Mimika, menjadikan wilayah tersebut sebagai tempat migrasi terbesar di Indonesia. Padahal, sebelum adanya PT Freeport Indonesia, populasi masyarakat di Mimika jumlahnya masih kurang dari 1.000 orang.

Dari data tersebut, tentunya Freeport Indonesia merupakan penggerak utama ekonomi di Papua dan memberikan kontribusi yang positif, seperti: bidang kesehatan, pendidikan, perekonomian dan infrastruktur di Papua. Dan semua itu bisa dirasakan oleh masyarakat Papua dari dulu hingga sekarang.

www.erycorners.com
Sumber image: www.ptfi.co.id

Bentuk Kontribusi Freeport untuk Masyarakat.

  1. Kesehatan
    Sebagian besar kita sudah mengetahui bahwa di Papua masih memiliki masalah tentang kesehatan khususnya wabah malaria, TB (Tuberkulosis) dan penyakit lainnya. Penyebabnya juga bermacam-macam, dari cara hidup yang kurang sehat, atau juga dari fasilitas kesehatan yang kurang memadai.
    Untuk itu, Freeport Indonesia membantu dalam bidang kesehatan yang dibuktikan dengan membangun dan mengoperasikan 2 rumah sakit, 3 klinik umum dan 2 klinik spesialis. Dan semua biaya pengobatannya gratis.

    Kawasan Indonesia Timur yang sering terkena penyakit malaria.
    Sumber: https://www.instagram.com/p/BzQEyPCDgL6/

    Berdasarkan data yang ada, sampai tahun 2018 sudah tercatat sebanyak 126.825 pasien berobat ke rumah sakit, 46.900 datang ke klinik umum dan klinik spesialis. Ditambah juga turut membantu untuk menurunkan kasus malaria sebesar 70% dalam kurun waktu tiga tahun (2015-2018). Serta memberantas TB sebesar 75% yang dilakukan dengan cara bekerja sama dengan Puskesmas Timika.

  1. Pendidikan
    Hal yang paling penting setelah kesehatan ialah pendidikan. Untuk itu, sebagai wujud kontribusi Freeport Indonesia untuk Papua, dalam hal ini memberikan bantuan pendidikan bagi masyarakat seperti hal-hal berikut ini:

    a. Mendirikan 5 asrama bagi anak-anak yang ingin bersekolah tetapi tidak memiliki tempat tinggal yang dekat dari sekolah atau mereka sama sekali tidak memiliki tempat tinggal.

    www.erycorners.com
    Salah satu Sekolah Asrma Taruna Papua untuk mereka yang ingin bersekolah tetapi jauh dari rumah.
    Sumber gambar: https://www.instagram.com/p/B0aFv8ujROo/

    b. Memberikan bantuan beasiswa kepada anak-anak Papua sejak tahun 1996 hingga sekarang. Dan di tahun 2018 sudah tercatat sebanyak 10.736 bentuk beasiswa dibagikan kepada anak-anak Papua.

    c. Mendirikan Institut Pertambangan Nemangkawi. Hal ini bertujuan agar generasi penerus Papua mendapatkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan memiliki ketrampilan untuk dunia usaha. Karena di institut ini juga terdapat Balai Latihan Kerja (BLK) yang memiliki program seperti Pra-Magang, Pendidikan untuk Dewasa, Magang dan Administrasi Niaga D3. Institut Pertambangan Nemangkawi terbukti benar-benar turut serta membantu pendidikan Papua, karena sebesar 91% siswa merupakan orang asli Papua. Sudah sebanyak 2.892 lulusan institut ini bekerja di PT Freeport Indonesia dan atau kontraktornya.

    www.erycorners.com
    Sudah banyak lulusan dari Institut Pertambangan Nemangkawi yang terserap kerja di PT Freeport Indonesia.
    Sumber gambar: https://www.instagram.com/p/B1DTsPnjupn/

    Dan sampai saat ini sudah ada 4.187 siswa yang magang di Institut Pertambangan Nemangkawi dengan pilihan berbagai jenis ketrampilan. Di institut ini memiliki 20 jenis ketrampilan yang bisa dipilih bebas oleh murid-muridnya.

  1. Ekonomi
    Hal berikutnya yang merupakan kontribusi Freeport Indonesia untuk Papua ialah dalam bidang perekonomian. Bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) mendirikan program ekonomi mandiri bagi masyarakat Papua. Total dana yang sudah diberikan hingga tahun 2018 sebesar Rp 256,7 miliar. Dana tersebut ditujukan untuk beberapa tujuan, seperti: pengembangan 6.683 kelompok usaha yang sudah ada, pendampingan usaha mikro, kecil dan menengah yang dikelola oleh 179 pengusaha yang 55% dimiliki oleh perempuan.

    www.erycorners.com
    Pemberdayaan masyarakat dengan usaha ternah ayam.
    Sumber gambar: https://www.instagram.com/p/BzACVwGDSCt/

    Selain itu juga dilakukan pengembangan masyarakat berbasis desa dengan memberikan lahan seluas 210 hektar (Ha) untuk perkebunan kakao dan 30,4 hektar (Ha) untuk perkebunan kopi. Serta tidak ketinggalan juga membagikan 80.000 ayam ternak kepada masyarakat Papua yang ingin usaha beternak ayam.

    Semua hal itu dilakukan agar ekonomi masyarakat Papua terus bergerak maju dan mampu berdaya saing dengan produk-produk unggulan mereka.

    www.erycorners.com
    Sumber gambar: www.ptfi.co.id

  1. Infrastruktur
    Perekonomian akan semakin maju dengan didukung adanya akses jalan atau transportasi lainnya yang semakin mudah, tempat tinggal yang layak dan layanan fasilitas umum yang memadai. Dan hal itu pun disadarinya, sehingga PT Freeport Indonesia turut membantu dalam membangun 3.200 unit rumah, fasilitas umum dan fasilitas sosial agar masyarakat ikut merasakan dampak positif dari adanya perusahaan tambang terbesar di dunia yang terletak di Mimika. Pembangunan infrastruktur tersebut mulai dibangun pada tahun 1997, dan hingga sekarang masih terus berlanjut.

    Sementara itu untuk memudahkan transportasi, juga telah didirikan lapangan terbang perintis di Desa Tsinga dan Aroanop. Sehingga akses transportasi masyarakat Papua semakin mudah dan cepat.

    www.erycorners.com
    Lapangan terbang Aroanop.
    Sumber gambar: https://www.instagram.com/p/Bt47mBtDw5-/

    Dalam bidang olahraga Freeport Indonesia juga telah membangun komplek olahraga di Timika dengan biaya mencapai US$ 33 juta (atau sekitar Rp 454 miliar). Selain itu juga, sejak tahun 2012, Freeport Indonesia memberikan dana sponsor ke tim sepakbola Persipura Jayapura, dengan total Rp 65,8 miliar. Bahkan untuk kompetisi liga 1 tahun 2020, Persipura sudah mendapatkan dana dari Freeport sebesar Rp 7,5 miliar di bulan Desember 2019.

Dari berbagai hal yang telah disebutkan di atas, sangat jelas bahwa PT Freeport Indonesia turut memberikan sumbangsih bagi negeri, khususnya di Papua. Karena turut serta dalam pembangunan fisik maupun non fisik yang sangat berguna bagi masyarakat Papua.

Dan harapan saya tentunya semoga Papua semakin maju dan turut serta memberikan hal positif bagi Negara Republik Indonesia. Saya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada PT Freeport Indonesia atas kontribusinya yang selama ini telah dilakukan untuk masyarakat Papua. Semoga dari tahun ke tahun semakin besar dana atau sumbangsih yang diberikan untuk kesejahteraan masyarakat Papua.

Demikian ulasan ini saya buat, ditujukan untk mengikuti Freeport Indonesia Writing Blog Competition. Dan terima kasih sudah berkenan membaca. Salam hangat dari saya.

-

Sumber referensi:
https://ptfi.co.id/id/overview
https://ptfi.co.id/id/facts-about-feeport-indonesia
https://id.wikipedia.org/wiki/Freeport_Indonesia
https://bola.tempo.co/read/1280930/kompetisi-belum-usai-persipura-dapat-sponsor-arungi-liga-1-2020
https://www.instagram.com/freeportindonesia/ 

41 comments

  1. Banyak kontribusi Freeport untuk Papua dan Indonesia ya ternyata
    Semoga makin maju masyarakat Papua dengan kontribusi dari Freeport ini sehingga bisa bersaing pembangunan dan kualitas SDM nya dengan daerah lain:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Dian. Aamiin aamin.. semoga Papua semakin maju dan terus berkembang SDMnya.

      Delete
  2. Dari awalnya gunung dan sekarang jadi palung, bayangkan betapa kayanya tanah Papua. Semoga pribumi di sana mendapatkan haknya sebaik-baiknya karena mereka lah pemilik sah harta itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Tanah Papua sangat kaya raya. Semoga pribumi di sana semakin terjamin kualitas hidupnya. Aamiin aamiin..

      Delete
  3. Nah dengan adanya bloger kayagini nih, saya jadi tahu informasi lengkapnya. Terakhir tau csrnya cuma di pendidikan namun ada yang lain spt kesehatan dan ekonomi ya mba. Saya jadi ingin ke sana melihat langsung :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mba Marfa.. ternyata CSRnya bukan hanya di pendidikan saja, melainkan di berbagai bidang untuk kemajuan Papua.

      Delete
  4. Sebagai penggerak ekonomi tetbesar, berdasarkan tulisan ini Papua berkontribusi besar dalam bidang kesehatan, pendidikan, perekonomian dan infrastruktur, ya.

    ReplyDelete
  5. dari pendidikan, kesehatan hingga ekonomi turut berkontribusi ya mba mantab deh freeport semoga bisa terus menjamin kualitas hidup orang sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, luar biasa banget. Jumlahnya juga sudah sangat besar, ya.

      Delete
  6. Semoga kontribusi Freeport ini terus berlanjut ya. Sehingga masyarakat di sana bisa terus mendapatkan apa yang menjadi haknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. semoga ya, Mba Andy. Dengan adanya kontribusi yang terus menerus dari Freeport Indonesia untuk Papua. Masyarakat di sana ikut merasakan dampak positif secara berkelanjutan.

      Delete
  7. Menyeluruh ya mbak, dan kontinyu. Artinya tanpa putus dan akan trs berkembang hingga nanti2. Kaya gini nih jadinya freeport sudah kaya keluarga bagi papua ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mba Ruli. Menyeluruh di berbagai sektor. Semoga akan mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat Papua di berbagai bidang juga. Dan mereka mampu berdaya saing dengan lainnya secara positif.

      Delete
  8. Sebenarnya keberadaan freeport untuk tanah papua bagus juga. Semoga kedepannya semakin ditemukan solusi untuk masalah diplomatik perusahaan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. semoga makin baik di segalanya. Untuk keberlangsungan perusahaan juga untuk tanah Papua.

      Delete
  9. Tampaknya banyak memang kontribusi Freeport utk Papua tp Tetap tak seberapa dibanding yg diambil Freeport dr Tanah Papua.
    Semoga masyarakt lokal bs dg bijak memanfaatkan yg disediakan Freeport utk bs memberdayakan diri lebih baik lg.
    Semoga ke depan kebijakan di bidang pertambangan kita lebih baik dan mempertimbangkan aspek2 jangka panjang terutama bg warga setempat

    ReplyDelete
  10. Sejak dulu aku penasaran sama freeport ini. Apalagi sejak ramai diberitakan beberapa waktu lalu
    Terlepas dari segala pro dan kontranya, baca artikel ini aku aku tahu bahwa freeport cukup banyak berpeean dalam pemberdayaan dan pelayanan fasilitas bagi masayarakat lokal. Semoga kedepannya semakin baik

    ReplyDelete
  11. transfer of knowledge and transfer of technology are some of the important aspects that need to be ensured here. Semoga keberadaan PT ini benar - benar bawa manfaat nyata untuk semua, tidak hanya sekelompok kecil orang saja

    ReplyDelete
  12. Wahh ini nih yang perlu di ketahui banyak orang juga, jadi memang harus melihat satu kejadian dari berbagai sudut pandang

    ReplyDelete
  13. Banyak kontribusi Freeport untuk Papua, semoga masyarakat Papua makin cerdas, sejahtera dan banyak karyanya untuk daerah mereka sendiri..

    ReplyDelete
  14. Wow banget memang PT Freeport ya, Kak. Dengan penghasilan besar, tapi kembali juga sebagian hasilnya yang didapat untuk pembangunan dan kepentingan Masayarat Papua.
    Apalagi Papua akan jadi tuan rumah PON 2020 ini. Jadi pastinya PT Freeport akan mendukung juga.

    ReplyDelete
  15. Freeport memberikan sumbangsih yang positif untuk Papua ya. Hampir semua sektor krusial seperti pendidikan, ekonomi dan kesehatan dibantu oleh Freeport. Semoga tanah Papua lebih indah kedepannya..

    ReplyDelete
  16. Banyak juga ya mba sumbangsih Freeport untuk negara ini. Jadi tidak hanya eksploitasi hasil alam saja, tapi ada juga perhatian terhadap kesejahteraan masyarakat.

    ReplyDelete
  17. Bagus sekali ini program PT Freeport Indonesia, memang harus seperti ini sih yang disasar untuk warga sekitar terlebih dahulu. Jadi biar masyarakat disana ikutan maju juga.

    ReplyDelete
  18. Wah bagus nih ada kontribusi dari freeport dibidang2 yang memang sangat dibutuhkan penduduk Papua. Jangankan yang kota jauh dari terjangkaunya fasilitas, di kota yang serba adapun saya rasa bantuan kesehatan ekonomi dan pendidikan sangat dibutuhkan.

    ReplyDelete
  19. Waah Terima kasih infonya kak. Selama ini aku seringnya baca berita negatif tentang Freeport di Papua. Tapi setelah baca artikel ini, ternyata ga semuanya tentang hal negatif, banyak hal positif juga dari dampak adanya PT Freeport Indonesia di Papua.

    ReplyDelete
  20. Betul banget, semoga dari tahun ke tahun semakin besar sumbangsih Freeport untuk masyakarat Papua. Baru tahu nih kalo berdirinya Freeport udah lama juga. TFS, Mbak :)

    ReplyDelete
  21. setelah membaca ini, jadi tahu CSR Freeport bergerak di beragam bisang. Semoga dengan beragam sumbangsih freeport untuk Papua, semakin meningkatkan SDM & kesejahteraan teman teman sebangsa di Papua

    ReplyDelete
  22. Benar sekalii...
    Malaria ini harus sangat diwaspadai bila tinggal di Papua.
    Bapak dulu pernah bertugas ke Papua dan harus makan makanan yang bergizi. Sekalinya drop, harus segera ditangani, karena bisa jadi virus malaria.

    Freeport memberikan feedback yang baik untuk kehidupan masyarakat Papua.

    ReplyDelete
  23. Semoga semakin banyak maayarakat Papua yang mendapatkan manfaat Dari keberadaan PT Freeport ini ya, Mbak

    ReplyDelete
  24. jadi ada pembagian ayam untuk warga agar bs jadi usaha yak. waaah baiknyaaa. mana disiapkan pula lahan untuk bercocok tanam kakao, bs bantu perekonomian penduduk

    ReplyDelete
  25. Kontribusi Frepoort untuk Papua memang tidak tanggung-tanggung ya. Di segala aspek ada baik di bidang kesehatan, ekonomi, pendidikan maupun infrastruktur.

    ReplyDelete
  26. selama ini aku banyak denger kabar miring tentang freeport, dan ternyata banyak kontribusi yang sudah mereka lakukan untuk papua
    semoga semakin banyak masyarakat yang bisa merasakan manfaatnya

    ReplyDelete
  27. Malaria memang merupakan salah satu masalah kesehatan khas di wilayah tropis seperti Papua dan Indonesia tentunya. Senang membaca informasi bahwa Freeport banyak membantu masyarakat Papua dengan membangun fasilitas kesehatan.

    ReplyDelete
  28. Sudah sepatutnya PT. Freeport hadir untuk nensejahterakan masyarakat papua dalam berbagai hal misalnya kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan pastinya. Maju terus papua dan Freeport.

    ReplyDelete
  29. Hebat memang ya Freeport ini, dengan segala pro kontranya, namun tak henti membangun Papua. Semoga Papua semakin maju dan berkembang.

    ReplyDelete
  30. Sejak berdirinya PT. Freeport Indonesia di Papua ternyata sudah memberikan kontribusi yg besar untuk Indonesia umumnya dan Papua khususnya. terbukti banyaknya kemajuan disegala bidang

    ReplyDelete
  31. Biar bagaimana pun keberadaan Freeport di tanah Papua pasti membawa perubahan. Tapi meski demikian baik kita maupun pemerintah haris tetap aktif untuk memajukan tanah Papua, tidak bergantung pada 1 Freport saja.

    ReplyDelete
  32. Aq sih acungin jempol untuk Freeport walaupun sering banyak kabar negatif tapi terus berusaha menjadi yang terbaik.

    ReplyDelete
  33. Ternyata CSRnya ada di beberapa bidang ya, tadinya kukira hanya di bidang pendidikan saja. Begitulah kalau minim info hehhee btw thanks for share ya mbak

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)