4 Tempat Wisata Murah di Medan

by - 12:17:00 PM

www.erycorners.com

Medan, Sumatera Utara, salah satu tempat yang saya impikan untuk saya datangi. Karena selama ini saya hanya tahu tentang cerita kota tersebut dari teman-teman chating saya di MIRC. Mereka sering 'memanas-manasi' bahwa Medan itu apik, banyak tempat wisata alam, tempat sejarah, kebudayaan yang luhur atau tentang makanan yang enak-enak itu banyak sekali di Medan. Dan fix, kalau mereka lagi cerita begitu, saya langsung emosi dong, cuma dipamerin dan bikin sebel. Sontak langsung saya marah-marah ke mereka biar segera kirim tiket dan akomodasi untuk saya liburan di Medan.


Namun, sebelum saya ke Medan, ada perlunya untuk mencari tahu dulu tentang tempat wisata yang dekat dengan Kota Medan, terus murah dan ramah dengan anak-anak. Terlebih saat ini musim liburan sekolah, kan? Jadi, yang anak-anaknya sudah memasuki libur sekolah, bisa banget nih diajak untuk liburan. Selain itu, liburan yang saya mau juga yang tidak perlu menguras kantong, dong. Biar liburan tetap budget terkontrol gitu, atau bisa beli oleh-oleh untuk yang di rumah. Nah, berikut merupakan tempat wisata Medan dengan harga murah meriah.

1. Istana Maimun Medan
Saya rasa, siapa sih yang tidak ingin menengok peninggalan sejarah dari Kota Medan ini. Istana ini konon mulai dibangun pada tahun 1888 pada masa Kesultanan Deli, Sumatera Utara yang pada saat itu dipimpin oleh Sultan Mahmud Al Rasyid. Pembangunan istana tersebut juga didesain oleh arsitek dari Italia. Wah, zaman dulu banget, sudah ada arsitek Italia datang di Bumi Nusantara kita ini. Mantap ya Sultan Mahmud ini, bisa membangun istana dengan arstiek orang Italia. Dan pembangunan tersebut selesai pada tanggal 18 Mei 1891.

www.erycorners.com
Sumber: https://www.instagram.com/p/By2gUj-F4ie/

Hingga pada saat ini istana tersebut masih berdiri dengan megahnya di Kota Medan. Tak heran, saat ini bisa menjadi ikon Kota Medan yang wajib dikunjungi. Di dalam Istana Maimun kita bisa belajar tentang sejarah, kebudayaan dari zaman dulu, atau hanya sekadar melihat-lihat bangunan yang megah dan indah.

Nah, ini cocok juga mengajak anak-anak atau bersama keluarga untuk berkunjung ke Istana Maimun. Selain berwisata bisa juga belajar. Ditambah lagi, harga tiketnya yang sangat murah meriah karena per orang hanya dikenai Rp 5.000,00. Kurang murah apa lagi, coba? Untuk jam operasional mulai buka jam delapan pagi hingga jam lima sore, tetapi jam dua belas siang hingga jam satunya tutup. 

Istana Maimun ini beralamatkan di Jalan Sultan Ma’moen Al Rasyid Nomor 66, A U R, Medan Maimun, Medan, Provinsi Sumatera Utara, Kode Pos 20151.


2. Masjid Raya Medan Al Mashun
Setelah ke Istana Maimun, rasanya tidak afdol kalau tidak bertandang ke Masjid Raya Al Mashun. Selain sebagai tempat ibadah umat islam, masjid ini juga merupakan masjid yang bersejarah. Dibangun masih pada masa Kesultanan Deli, 21 Agustus 1906 dan selesai pada tanggal 10 September 1909. Kabarnya masjid ini sengaja dibangun lebih megah ketimbang istananya, dan biaya pembangunannya ditanggung sendiri oleh sang Sultan.

www.erycorners.com
Sumber: https://www.instagram.com/p/Bvj6LkOFfBO/

Menariknya Masjid Raya Medan Al Mashun ini merupakan salah satu masjid yang tertua di Kota Medan dan merupakan landmark di kota ini. Selain bangunannya yang megah, desain arsitekturnya juga sangat menawan dan elok. Jadi, yang liburan ke Kota Medan, wajib banget untuk singgah di Masjid Raya Medan Al Mashun yang terletak di Jalan Sisingamangaraja, Medan, Provinsi Sumatera Utara, Kode Pos 20212. 

Karena di sini merupakan tempat ibadah, jadi masuk ke sini gratis, dan buka selama dua puluh empat jam. Tapi, saya pesan satu hal kalau kita ke sini, tidak boleh terlalu bising, takutnya ada yang sedang beribadah malah keganggu kita yang ambil foto-foto (kayak saya, kalau datang ke mana yang nomor satu foto-foto).


3. Graha Maria Annai Velangkanni
Setelah tadi ada bangunan masjid, di Medan juga tak ketinggalan ada bangunan gereja yang sangat megah. Namanya Graha Maria Annai Velangkanni, yang merupakan Gereja Umat Katolik sekaligus tempat wisata. Bangunan ini dibangun pada tahun 2005 dengan desain arsitek yang bernuansa India-Mughal. Tak heran, meskipun ini sebuah gereja, tapi bangunannya mirip candi-candi hindu di India. Nah, kita yang mau berwisata bisa banget datang di sini untuk mencari tahu tentang sejarah, asal-usul dan melihat-lihat keindahan arsitektur yang tersematkan.

www.erycorners.com
Sumber: https://www.instagram.com/p/Br70bNJlR3r/

Graha Maria Annai Velangkanni ini terletak di Jalan Sakura III Nomor 7, Tanjung Selamat, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, Kode Pos 20135. Untuk masuk ke sini juga gratis ya, Guys, tidak dipungut biaya, karena tempat ini merupakan tempat ibadah. Jadi, ketika kita berkunjung ke sini jangan sampai menganggu mereka-mereka yang sedang beribadah.


4. Tjong A Fie Mansion Medan
Rumah milik Tjong A Fie ini juga wajib dikunjungi ketika kita jalan-jalan di Medan. Karena apa? Karena kita bisa melihat bangunan tua yang penuh misterius namun tetap cantik dan elegan meski sudah termakan oleh zaman. Tjong A Fie sendiri ini merupakan pengusaha dari Tionghoa yang juga hidup di masa Kesultanan Deli. Bahkan Tjong A Fie juga kenal dengan dengan Sultan Mahmud Al Rasyid, dan juga turut berperan dalam pembangunan Masjid Raya Medan Al Mashun. Tjong A Fie juga seorang yang kaya raya, ahli politik dan tentunya merupakan pemimpin Etnis Tionghoa (menggantikan kakaknya yang meninggal) di Medan. Dan Tjong A Fie meninggal pada tahun 1921.

www.erycorners.com
Sumber: https://www.instagram.com/p/0X0SHqvhJ9/

Untuk mengenang kemegahan dan sepak terjangnya yang malang melintang di dunia perekonomian, rumahnya kini menjadi tempat wisata sejarah. Dari rumah tersebut kita juga bisa belajar tentang kebudayaan masa lampau tentang perekonomian di Kota Medan di tangan orang Tionghoa serta kita bisa belajar tentang kemajemukan budaya dalam berbangsa. Bahkan, rumah ini juga bisa dikatakan sebagai lambang keberagaman, yang saat ini juga sudah masuk dalam cagar budaya di Kota Medan.

Bangunan rumah tersebut konon misterius namun tetap eksotis, karena terdapat sentuhan khas Melayu dan nuansa Eropa bersatu padu. Tak heran, tempat itu menjadi salah satu wisata hits di Kota Medan yang diburu pelancong. Harga tiketnya juga cukup terjangkau, sebesar Rp 35.000,00. Dan dari harga tersebut terbayar lunas dengan keelokan bangunan yang banyak menyimpan sejarah.

Tjong A Fie Mansion Medan ini terletak di Jalan Jend. A. Yani No. 105, Kesawan, Medan Barat, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, Kode Pos 20236.

Okay, itu tempat wisata murah meriah yang wajib dikunjungi ketika kita berkunjung ke Kota Medan. Dan soal kita akan menginap di mana juga tidak perlu khawatir, karena banyak sekali hotel di Medan yang dekat dengan lokasi wisata tersebut. Sehingga kita tidak perlu khawatir dengan budget yang kita sediakan untuk liburan di Kota Medan.

www.erycorners.com
Mencari hotel murah di Medan via online

Cara pemesanannya juga sangat mudah, tinggal buka saja Pegipegi baik melalui website ataupun aplikasi. Di pegipegi, pencarian hotelnya sangat memudahkan kita yang akan booking. Berbagai fitur juga terdapat di dalamnya seperti:

1. Filter pencarian hotel
Ini sangat berfungsi sekali ketika kita mencari sebuah hotel via online. Karena akan membantu kita untuk menyesuaikan budget yang kita punya.

2. Fitur penentuan tanggal menginap
Fitur ini merupakan salah satu fitur yang penting bagi kita. Karena di sini kita bisa memilih dan menentukan tanggal untuk menginap.

3. Fitur tentang info hotel
Di sini banyak sekali pihannya, dari mau pilih hotel yang berbintang satu hingga berbintang lima. Kemudian ada menu juga tentang pilihan hotelnya seperti apa? Ada banyak pilihan fitur hotelnya seperti kolam renang, kamar menggunakan AC, wifi, dan lain-lain. Dan yang terakhir, tipe hotel. Mau menginap di hotel yang bagaimana? Seperti Villa, Bungalow, Cottage, atau bahkan hotel budget. Semuanya ada dalam fitur pencarian hotel di Pegipegi.

4. Fitur lokasi penginapan
Setiap kali kita booking hotel, tentunya tidak ingin jauh-jauh dari lokasi yang akan kita tuju. Dengan booking via Pegipegi, tentunya kita dimudahkan dengan adanya fitur lokasi penginapan di dekat mana.

5. Adanya fitur urutukan pilihan hotel
Selama melakukan pencarian hotel, kita dihadirkan pilihan hotel yang seperti apa. Kalau saya lebih suka dengan urutan hotel sesuai rekomendasi dari Pegipegi, namun yang menginginkan lainnya, ada pilihan urutkan berdasarkan harga terendah ke tinggi, atau sebaliknya. Dan ada juga berdasarkan urutan dari nilai ulasan. Wah, semakin mudah saja, kan?


Selain kelima fitur tersebut, menginap di hotel menggunakan Pegipegi juga cara pembayarannya mudah sekali. Ada banyak pilihan cara pembayaran baik melalui ATM, internet banking, dan lainnya.

Okay, itulah tentang beberapa tempat wisata yang murah dan info penginapan murah di Medan. Semoga bermanfaat ya, Guys. Selamat berlibur dan have fun ^_^.

You May Also Like

25 comments

  1. Duh aduh, baca artikel ini aku jadi ingin balik ke Medan lagi. Dah lama banget. Sayang pas aku ke Istana Maimun nggak bisa nyobain pakai bajunya karena udah sore bgt. Btw jangan lupa mampir ke Taman Lumbini sama Curug Sipisopiso mbaa keren loh 😎🤩

    ReplyDelete
  2. jadi kangen ke Istana Maimun, pernah ke sana bertahun-tahun yang lalu mungkin ada 18 tahun silam hehe...

    ReplyDelete
  3. Aku belum pernah ke Medan nih mbak, semoga segera bisa berkunjung ke sana ya. Banyak tempat wisata di Medan yang mau aku kunjungi

    ReplyDelete
  4. Aku juga pengen banget ke Medan. Di luar pulau jawa yang aku pernah datangi cuma di Batam. Itupun seringnya cuma transit aja kalau mau ke Singapore. Efek tiket pesawat lokal mahal jadi makin males lah jalan-jalan ke dalam negeri.

    Per hari ini katanya harga tiket mau diturunkan. Ntar mau ngecek ah di pegi-pegi

    ReplyDelete
  5. Medan ini menariiikk banget.
    Kulinernya juga super endolitaaa
    Aku mau ah, cek pegi2 demi dapat promo TERBAIK :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  6. Ya ya yay aku bintangin dulu ya buat itinerary

    Kagum sama istana Maimun eeeh masih ada lagi mesjid Al Mashun dan Graha Maria Annai Velangkanni

    Kalau Tjong A Fie pernah baca di beberapa blog, and so interesting buat tahu lebih jauh, dan rasanya pengen kecebur di era itu ya heheheheh

    ReplyDelete
  7. Aku lagir di Medan, kak..tapi sungguh gak ingat lagi kenangan tentang kota kelahiranku ini.
    Ini mungkin pertanda yaa..
    Harus ke sana lagi, menginjakkan tanah kelahiran.

    Keindahan Istana Maimun dan Masjid Al-Mashun memang menghipnotis wisatawan yaa...terutama wisatawan muslim.

    ReplyDelete
  8. Catet semua objek wisatanya. Mudah-mudahan berkesempatan ke Medan dan bisa berkunjung ke destinasi-destinasi favorit di Medan.

    ReplyDelete
  9. Dari ke empat tempat tersebut, belumada satupun yang pernah saya kunjungi. Pernah ke Medan 2 kali, tapi cuma transit aja, nggak sempat berkeliling kotanya.
    Saya juga suka pakai aplikasi pegipegi kalau mau pesan tiket pesawat, kalau untuk hotel belum pernah nyoba

    ReplyDelete
  10. Aku kalau berkesempatan ke Medan sih penginnya ke Istana Maimun, Mbak. Suka mupeng lihat rang-orang pepotoan di sana, hehe. Mudah-mudahan aja nanti ada promo dari pegipegi, ya. Mayan banget kan, kalau bisa irit-irit di akomodasinya. Entah itu tiket pesawat atau hotelnya? Sisanya bisa buat jajan di sana, hehe.

    ReplyDelete
  11. Dari ke 4 nya cm masjid raya yg blom per nah ku sambangi
    Pdhal dah bbrp kali ke medan...
    Serasa blom sah nih hahaha

    ReplyDelete
  12. Wah..jadi ikutan pengen main ke Medan. Ingin bisa berkunjung ke istana Maimun dan ke Masjid Al Mashun. Asyiknya bisa menikmati kedua bangunan yang bersejarah dan artistik.

    ReplyDelete
  13. Wih asiknya.. blm pernah ke medan nih.. siapa tau suatu saat bisa kesana dan main2 ketempat wisata diatas ��

    ReplyDelete
  14. Banyak bangunan bersejarah ya di medan, tujuan dibuka untuk umum juga supaya para pengunjung terinspirasi ya dengan tokoh yang pernah atau alasan dibuatnya bangunan tersebut. Saya belum pernah ke Medan, tapi selalu suka dengan Bika Ambon, eh, gimana sampai nyasar ke camilan enak ini ya

    ReplyDelete
  15. saya sudah sekitar sepuluh tahun di sumut dan tepatnya mau tiga tahun di medan tapi baru dua minggu lalu mengunjungi istana maimun :D. ayo mb ery ke medan :)

    ReplyDelete
  16. Sama deh mba, aku juga pengen banget ke Medan dan Aceh masih jadi wishlistku semoga ada waktunya kesampaian dan bisa ke istana Maimun yang indah ini

    ReplyDelete
  17. Belum pernah ke medan jadi tempat rekomendasi nie kalau ke medan...

    ReplyDelete
  18. Aku cuma kenal istana Maimun aja nih karena banyak blogger yang nenuliskannya. Sekarang jadi tau yang lainnya juga. Semoga pan kapan bisa ke sana.

    ReplyDelete
  19. Dari ke 3 wisata di atas. Aku pertama kali tahu tuh sama Istana Maiimun Medan dari buka RPUL aku hheee. Selain wisata tersebut baru tahu deh mbak.
    Makasih yah mbak

    ReplyDelete
  20. Bakalan jadi referensi nih kalau besok ke Medan karena sudah ada tempat untuk ajak anak dan pastinya ramah di kantong

    ReplyDelete
  21. Kpingin bngt k Medan mba Blum pernah soalnya selain gk punya saudara sih,, next hrs ini explore kesana kopdaran yuks mba..

    ReplyDelete
  22. Aku belum pernah ke Medan nih mbak. Baru diimingi fotonya aja smaa pak suami yg udah pepohonan di istana Maimon

    ReplyDelete
  23. Kapan ya bisa ke sana.. Pengen ngerasain masakan sumatera langsung dari asalnya.. Hihi..semoga bisa terwujud... Aamiin...

    ReplyDelete
  24. Wisata impian ku juga nih, padahal aku kelahiran Medan, hihihihi. Selama ini, baru 4 kali mudik ke Medan.
    Penasaran sama Tjong A Fie Mansionnya.

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)

Labels

Teman-teman Blogger

Member Of

Member Of