Review Film 'Dragon Ball Super: Broly'

by - 5:36:00 PM

www.erycorners.com
Hallo, Kawans.. adakah di antara kalian semua yang sepertiku? Menyukai seri animasi kartun dari Jepang? Kalau generasi tahun 90-an tahulah, ya. Di mana masa kecil kita setiap hari Minggu menunggu animasi kesukaan, dan salah satu yang saya suka ialah Dragon Ball. Jangan tertawa, ini memang lebih ke anak laki-laki. Tapi entahlah, dari kecil saya memang sudah berbau tomboy.

Serial Dragon Ball dari zamannya Son Goku balita hingga ia punya cucu itu ada loh, dan baru selesai tahun kemarin dengan judul Dragon Ball Super. Di seri ini Goku dan teman-temannya, yakni Vegeta, Kirin, Picollo dan anaknya sendiri, Gohan, serta lainnya bertanding di ruang hampa udara untuk mempertahankan Alam Semesta VII. Dan beruntung mereka berhasil mengalahkan lawan-lawan yang sangat kuat dari Alam Semesta lainnya. Berhubung mereka baik hati, imbalan sebagai hadiah juaranya mereka meminta seluruh Alam Semesta yang telah dihapuskan, dibangkitkan lagi. Tring, berhasil, mereka semua yang sudah musnah bangkit lagi. Sebegitu simplenya dalam seri Dragon Ball, apapun bisa terjadi. Hahaha.

Nah, setelah mereka kembali ke bumi dan merayakan kemenangan, kisahnya itu dilanjutkan dalam bentuk film loh, Guys. Filmnya sudah rilis sejak 20 Februari 2019 dengan judul Dragon Ball Super: Broly. Di awali Goku, Vegeta, Bulma, Wish dan Beerus yang sedang menikmati liburan karena sudah bertanding mempertahankan Alam Semesta VII. Gaya Goku dan Vegeta untuk menikmati liburan tentu saja dengan berlatih adu kekuatan. Ya, kalau Goku dan Vegeta akur berarti ada yang genting, kalau tidak ada masalah ya mereka cakar-cakaran terus. Sampai keluarga mereka juga heran terhadap bangsa Saiya itu.

Baca juga : 17 Film Bioskop Tahun 2019 yang Wajib Ditonton

Sedang asyik menikmati liburan, tiba-tiba Bulma mendapatkan pesan video dari anaknya, Trunks yang ada di dalam rumah. Trunks mengatakan kalau radar Dragon Ball sudah dicuri oleh sekelompok makhluk yang jahat. Bulma tentu saja langsung memanggil Vegeta, suaminya, dan Goku, temannya itu. Mereka berdua seketika mendekat melihat video yang dikirimkan oleh Trunks. Mereka kaget karena melihat orang yang mencuri radar itu merupakan tentara dari Frieza; musuh bebuyutan Goku dan Vegeta.

www.erycorners.com
Bulma menerima video call dari anak sulungnya yang sedang di rumah, Trunks.

Frieza dari dulu memang mengincar tujuh Dragon Ball agar permintaannya terkabul. Dan sekarang dia sudah mengumpulkan enam bola itu, masih kurang satu. Dengan radar yang dicuri dari rumah Vegeta dan Bulma, Freeza memerintahkan tentaranya untuk melacak bola ke tujuh dengan radar itu. Sementara itu Bulma, Vegeta, Goku, dan Wish segera meluncur ke pegunungan salju di bagian utara. Menurut Bulma bola ke tujuh itu terdapat di dalam tumpukan es. Dalam perjalanan Goku iseng bertanya, mengapa Bulma terus mengincar tujuh bola itu. Dan jawaban Bulma bikin syok, “Permintaanku cuma satu, biar tampak lima tahun lebih muda,” aneh kan? Ngumpulinnya mati-matian hanya untuk tampak lebih awet muda.

Dan di sisi lain, dua orang tentara Frieza menuju Planet Vampa yang sangat kecil dan aneh. Hampir tidak ada makanan di sini. Ternyata dihuni hanya dua orang saja, yakni Broly dan ayahnya. Mereka pun dibawa oleh tentara Frieza untuk menghadap Frieza. Dengan meluncurkan pesawat angkasa, mereka berhasil menemukan pesawat Frieza yang sedang bergerak menuju bumi. Frieza tertarik melihat Broly yang begitu lugu dan katanya sangat kuat. Frieza berencana untuk melakukan sesuatu terhadap Broly nantinya.

www.erycorners.com
Broly (bertubuh besar) dan kedua tentara Frieza sedang beristirahat di pesawat milik Frieza.

Di dalam perjalanan menuju bumi, salah satu asisten Frieza menanyakan tentang pencarian Dragon Ball terus yang selama ini dilakkan. Apakah untuk kehidupan abadi? Atau sangat kuat? Ternyata bukan itu yang diminta oleh Frieza. Hidup abadi itu katanya tidak enak, karena dia sudah pernah mati dan hidupkan lagi. Sedangkan sangat kuat juga tidak ingin, karena tidak menyenangkan. Namun permintaan Frieza, “Aku ingin tinggi 5 cm agar aku terlihat tumbuh dan berkembang seperti manusia pada umumnya,” mendengar jawaban itu, asistennya langsung kaget, termasuk saya yang langsung, what? Apakah in?, Mengumpulkan Dragon Ball dengan susah payah hanya untuk tinggi lima centimeter.

Tak lama kemudian mereka sampai di bumi tepat di pegunungan es di mana Dragon Ball ke tujuh ada di situ. Tentara Frieza yang sedang mencarinya di situ sebelumnya sudah ketakutkan karena di situ juga mereka bertemu dengan Goku, Vegeta, Bulma dan Wish. Dan akhirnya, Goku dan Vegeta bertatapan lagi dengan Freeza yang sudah mendarat di bumi. Dan Frieza berhasil merebut bola ke tujuh itu. Freeza tak banyak bicara dia langsung mengenalkan Broly, bangsa Saiya juga, sama seperti Goku dan Vegeta. Namun sayangnya, Broly ini hanya diperalat oleh Frieza. Dan akhirnya Broly bertarung melawan Vegeta terlebih dahulu.

Ayah Broly kaget melihat Vegeta masih hidup dan tampangnya sama persis dengan Raja Vegeta yang dulu. Dia ragu kalau anaknya akan berhasil mengalahkan Vegeta yang sudah berhasil menguasai manusia Super Saiya. Namun kejutan terjadi, Broly berkembang sangat pesat hingga Vegeta kewalahan dan berhenti bertanding. Selanjutnya Goku yang melawan Broly.

Awalnya Broly hampir kalah dengan melawan Son Goku, namun Frieza curang, dia membunuh Ayah Broly. Dan hal itu membuat Broly marah semakin besar dengan mengeluarkan kekuatan yang sangat dahsyat. Vegeta pun ikut membantu Goku karena Broly membabi buta dalam menyerang, bahkan serangannya tak terarahkan. Pegunungan es itu berubah menjadi lautan api. Iya, mereka bertempur hingga ke inti bumi di mana lava panas yang cair pun ikut nampak ke permukaan.

Vegeta sedang memeragakan langkah bergabung denga teknik Fusion.
Lihat adegan ini saya ngakak berat.

Merasa keberatan melawan Broly yang sedang marah, Goku berinisiatif mengajak Vegeta dengan ilmu teleportasi untuk pergi ke planet lain di mana Piccolo berada. Piccolo kaget karena melihat mereka berdua sampai terluka parah. Dan menyarankan mereka untuk menggunakan ilmu Fusion. Salah satu teknik penggabungan dua manusia menjadi satu agar kekuatannya tak tertandingi. Awalnya Vegeta tidak mau karena dia gengsi untuk bekerjasama dan bergabung dengan Goku. Tapi oleh Goku diledeki bagaimana jika bumi hancur dan Bulma kekasihnya juga ikut mati? Dengan ledekan begitu berhasil membuat Vegeta bergabung. Penggabungan dua manusia menjadi satu itu pun tak semudah yang dibayangkan. Pertama menjadi manusia yang sangat gendut. Kedua menjadi manusia yang sangat kerempeng. Dan ketiga baru kekar dan dinamakan Gogeta. Penggabungan itu otomatis akan berakhir selama tiga puluh menit.

www.erycorners.com
Okay, teknik Fusion berhasil dilakukan!

Gotega segera melakukan teleportasi dan kembali bertarung melawan Broly. Sementara itu, asisten dan dua tentara Frieza pergi terlebih dahulu dengan pesawat angkasa milik Frieza. Salah satu tentara Frieza itu seorang wanita, dia dari tadi terus memperhatikan dan mengkhawatirkan Broly. Ya, dia berempati terhadap Broly karena dia salah satu orang yang menemukan Broly di Planet Vampa. Kekhawatiran dia semakin menjadi, terlebih lagi Gogeta itu sangat kuat, bisa-bisa Broly bisa mati kalau bertarung terus. Tak pikir panjang dia memiliki inisiatif untuk membangkitkan naga dari tujuh bola Dragon Ball yang sudah dikumpulkan semuanya. Dia menodong asisten Frieza bagaimana cara menggunakannya. Dan akhirnya dia berhasil menggunakan itu tepat di mana Broly sedang diserang habis-habisan oleh Gogeta. Broly tiba-tiba kembali ke planet di mana tentara Frieza itu menemukannya. Frieza marah mengetahui hal itu, dia berencana menyerang pesawat angkasa yang dinaiki oleh tentaranya itu, tapi Gogeta melarangnya.

Beberapa hari kemudian Goku berteleportasi untuk datang menemui Broly, dan dua tentara Frieza di Planet Vampa. Dia membawakan bekal yang banyak, seperti rumah dan seisinya termasuk makanan. Sehingga mereka bisa bertahan hidup di planet yang tidak ada makanan apapun selain pohon dan binatang aneh.

www.erycorners.com
Goku datang ke Planet Vampa

Okay, pertandingan yang tidak ada sehari itu selesai hanya untuk pertarungan yang tidak jelas. Dan selama puluhan tahun saya nonton Dragon Ball baru mengerti apa yang mereka minta dari naga yang keluar dari bola itu. Saya kira kekuatan, kekuasaan ataupun kehidupan abadi, tetapi permintaan mereka sangat aneh-aneh. Si Bulma rela membuat radar Dragon Ball dan mengumpulkannya hanya ingin terlihat awet muda. Sedangkan Frieza mencari bola-bola itu sampai melakukan pertarungan dari zaman dulu hingga sekarang hanya untuk ingin terlihat tumbuh. Sebegitu recehnya Dragon Ball tapi selalu menegangkan dan membuat gregetan. Ya begitulah, kisah yang ditulis oleh Akira Toriyama selalu menghadirkan kisah dan ending yang apik.

Untuk hikmah di film ini nyaris tidak ada karena memang untuk seru-seruan. Tapi yang pasti di film ini mengajarkan kita untuk mencintai bumi dan mempertahankannya dari serangan manapun. Selain itu juga cinta bisa mengubah segalanya. Seperti halnya Vegeta yang memiliki gengsi sangat tinggi, bahkan dia dijuluki ketika lahir, 90% terbuat dari harga diri karena selalu gengsi dan selalu mengedapankan harga diri. Tetapi ketika diledek soal Bulma-istrinya, mati, dia jadi panas dan akan melakukan apapun untuk melindunginya.

Dan untuk tentara Frieza yang perempuan (lupa namanya) karena dia cinta, dia tidak ingin melihat orang yang cintainya (Broly) mati, jadi dia mengembalikan dia ke tempat asalnya meskipun tempat itu menjijikan yang penting dia hidup. Dan si perempuan itu dengan temannya juga menyusulnya ke sana untuk menemani Broly.

Okay-lah, terima kasih. Dan saya menunggu kelanjutan film atau serial ini. Saya yakin ada kelanjutannya karena Frieza merencanakan sesuatu juga terhadap Broly yang masih hidup. Semoga segera rilis kelanjutannya.

Terima kasih.

You May Also Like

52 comments

  1. wak wak wakkkk aku kudu komen apa yaa, dari awal ga ngerti hihihiii
    padahal ini bukunya anak anakku yang cowo baca, film kartunnya juga dia nonton. oke fain, kudu dipantengin

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalah enggak nonton dari awal memang enggak tahu, Mbak. Kebetulan saya dari kecil suka nonton, eh udah nikah gini, ternyata suami juga suka, jadi kadang nonton kartun bareng, wkwkwkwkw

      Delete
  2. Hi..hi... Sama kayak mak tanti aku gak ngerti filmnya cuma sesekali tapi pesan film yanyg sederhana untuk mencintai bumi dan seisinya boleh juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, yang bisa diambil pesannya cuma itu, jaga bumi dan jaga orang yang kita cintai. lainnya mah seru-seruan aja. hihihi

      Delete
  3. Kemahamehaaaaa. Aku jadi inget mesti rebutan antara aku sama kakakku yang cowo kalau hari Minggu. Satunya dragon ball, satunya apa ya lupa yang di RCTI 😂 sekarang udah nonton di hape masing masing, kangen rebutan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkkwkwk dirimu kenal sama Kamehameha juga. Dulu RCTI masih Doraemon, dan sampai sekarang tetap Doraemon, ihhiih

      Delete
  4. yang kuingini adl tampak lebih muda lima tahun...hahaha, keinginan bulma ini representasi banyak emak2 kayaknya yaa. aku sih cm tau ada film dragon ball tapi ga tau ceritanya mbak hahaha. anakku nih yg skrg kadang nonton anime2 beginian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau emak-emak emang jarang yang tahu. Kalau anak muda sebagian besar memang suka. Haa, iya itu si Bulma permintaannya aneh banget. Ngumpulin bola dengan susah payah, permintaannya hanya ingin tampak awet muda lima tahun. Kan Kzl kzl hahaha

      Delete
  5. Wahahah kartun kesukaan tayang di indosiar waktu jamannya. Jam 10 ampe set 11 wkwk hari mingguku dulu bahagia. Tapi ini difilmkan mak? Nah kalo film sih aku ga nonton wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, tontonan jaman kecil kita sama, Mak. Iya, kemarin ada filmnya. Setelah ratusan episode, kelanjutannya dibuat film, dan itu pun belum tamat beneran, alias masih menunggu kelanjutannya.

      Delete
  6. Kartun jaman saya kecil, dari Goku masih kecil sampai ada anaknya. Kalau yg sekarang malah belum pernah nonton lagi mbak sayanya ehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh, iya, dulu Goku kecil imut-imut, sekarang udah gede udah punya cucu. Tetep imut tapi banyakan berantemnya. Saya juga sesekali, aja Mba Lina, kalau Pak Suami donwload ya saya nonton. Terus kebetulan kemarin ada filmnya juga. Ya jadi nonton.

      Delete
  7. Kikikk aku dulu penggemar Dragon Ball tapi bete sama kakek mesumnya hihi siapa lagi ya nama gurunya itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh itu, si Muten Roshi Sama. Si kakek penunggang kura-kura, hahaha iya itu mesum banget. wkwkwkwkwk

      Delete
  8. Aku dulu cuman sering nonton opening Dragon Ball mbak, itu pun pas masih SD. hahaa. Tapi belum pernah nonton sama sekali dari awal sampai akhir anime ini mbak, jadi nggak terlalu paham jalan ceritanya ehheee
    Cuman pas ada dragon ball update ini, sekilas aja nontonnya pas anaknya bos yang nonton, jadi lihat sebentar hehehe,
    Makasih sharingnya mbak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke, Mbak, sama-sama.

      Kalau ngikutin dari awal memang panjang banget ceritanya. Karena sudah ratusan episode. Ya, untung aja ini difilmkan. Wah, anaknya bos suka anime juga toh. Kebanyakan emang anak-anak dan remaja yang suka anime begini.

      Delete
  9. Film favoritnya om dari kecil. Kebanyang udah beribu seri yang udah dibuat. Ada film terbarunya ya. Kalo ngga salah liat, terakhir rambutnya si Goku ini bewarna kuning, kok sekarang jadi hitam lagi ? Lupa udah lama ngga nonton.hehe

    Herannya si Goku ini kok kelihatan muda terus ya, nggak bisa tua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya..

      Rambutnya Goku itu berubah-ubah sesuai dengan kekuatan yang dikeluarkan. Pernah nonton seri terakhirnya tahun kemarin, rambutnya ijo toska. Wkwkwkwkw ada-ada aja emang ini film.

      Goku dan lainnya enggak pernah tua, padahal udah beranak pinak. Haa

      Delete
  10. Saya masih suka nonton animasi anak loo. Dan masih ngikuti kartun tiap minggu pagi. Sayangnya sekarang pilihannya cuma bisa diitung jari. Kalau dragon ball ini kesukaan suami. Kabari beliau dulu deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, wah, suami kita kesukaannya sama nih. Suka nonton anime begini.

      Sekarang di tv memang jarang yang menayangkan kartun begini, padahal seru.

      Delete
  11. Ini film favorit suamiku mbak. Kalo aku sih cuma suka sama si toranku alias trunks, soalnya unik rambutnya warna ungu. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Film ini memang favorit dari sebagian kaum Adam, Mbak.

      Walah Mba Arry tahu juga sama Trunks. Iya itu, lucu rambutnya Trunks. Cerdas juga masih kecil. Hihihiih

      Delete
  12. Aku jarang nih nonton film ini dulu. Sesekali aja kalau gak ada kartun lain lagi. Soalnya perasaan panjang banget episodenya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, episodenya tidak pernah habis-habis. Eh sebenernya sih habis cuma berkelanjutan lagi. Sampai difilmkan juga. Hehehe

      Delete
  13. Mbak, anakku seneng banget waktu aku tunjukin tulisan ini.Terus dia nanya, "kenapa mama nggak pernah nulis tentang film kartun?"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaa, anak-anak memang suka nonton film kartun. Nulis film kartun saya ini juga baru pernah karena memang difilmkan, sebelumnya saya hanya nulis film-film yang box office aja. Itu pun kalau sempet nulis. hehehe Salam buat anak Mba Nanik.

      Delete
  14. Ya ampun ini film jaman kapan, hehehe sekrang ada lagi
    Mau ajak kakak sama suami ah yang demen banget sama dragon ball
    semoga ada kesempatan buat nonton penasaran ceritanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, masih ada Mbak. Dan film ini pun belum berakhir. Bisa jadi tahun depan ada kelanjutannya. Dan entah sampai kapan film ini akan benar-benar tamat.

      Delete
  15. Film kartun yang super panjang ceritanya, pas ceritanya masih zamannya Son Goku kecil, masih suka nonton. Tapi kala sudah besar, mulai jarang lihat.

    Dan baru tahu kalau sekarang ada versi the movie.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga mulai suka pas masih kecil dulu,eh keterusan. Giliran pas udah nikah saya kira udah enggak bisa nonton yang beginian lagi, ternyata malah sebaliknya. Suami saya suka sekali anime-anime macam begini. Ya sudah, saya ikut nonton juga.

      Delete
  16. Aku nggak gitu ngikutin cerita dragon ball nih mba, karena waktu dulu jadwal tayang di tv pas banget sama Ninja Hatori di tv sebelah hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya.. dulu ada Ninja Hatori di tv sebelah. Hahaha, masa kecil kita memang seru. Banyak kartun yang menemani kita. Hihihi

      Delete
  17. Ya ampuuun jadi inget koleksi komik aku mbaaa.. Goku dan teman-temannya plus their adventures! Tapi aku belum pernah nonton yang ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, punya koleksi komiknya juga. Kalau komiknya saya malah enggak punya, hanya ngikutin serial yang udah tayang di tv atau donwload di internet. Hihihi

      Delete
  18. Dragon ball aku cuma kenal goku, aku gg ngikutin mbak. Suamiku yg hafal bgt ceritanya. Aku mah tontonanya chibi maruko chan sama sinchan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebanyakan memang bapak-bapak menyukai film ini. HIhihi

      Delete
  19. Inget jaman dulu baca review ini . Sy ga ngikutin tp adik2 laki2 sy rajin banget dulu nonton film inin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak cowok memang menyukai film ini, Mbak. Entahlah, mungkin ada 'magnet' tersendiri di film ini. Sehingga kaum Adam menyukainya.

      Delete
  20. Aku penggemar Dragon Ball dari kecil, tapi dah lama ga onton lagi. Kalau conan aku masih rajin baca komiknya. Pengen ah nonton film ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama,Mbak. Saya juga suka Conan, tapi malah saya udah enggak baca komiknya lagi.
      Terakhir Conan juga ada filmnya, pas tahun 2018. Bagus juga filmnya.

      Delete
  21. Udah lama ga nonton Dragon Ballz
    Baca komiknya juga sudah jarang
    Lihat ini kok jadi pengen ngulang masa kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, Mbak, nonton lagi. Biasanya suami saya nyari di website samehadaku(not)net atau anoboy(dot)org. Di situ banyak anime-animenya, Mbak.

      Delete
  22. Wakakaka... Aku ngakak duluan sebelum komen. Hobimu sama dengan suamiku mbak, nonton dragon ball. Kalo aku ga pernah berhasil memahami cerita dragon ball ini, mgkn karena ga nonton dg lengkap ya, jadinya bingung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkw, dan suami Mbak Merida juga sama hobynya dengan suami saya. Saya juga sebenernya enggak nyangka aja udah tua begini masih suka nonton anime. Tapi ya itu, semenjak sudah menikah, ternyata suami juga suka anime, ya sudah.. suami istri hobynya nonton kartun. wkwkwkwk

      Delete
  23. Waktu kecil, di hari mminggu aku ga boleh kelewatan ini film. Tapi sekarang ga pernah nonton lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak, zaman kita kecil kartun ini seperti tontonan yang wajib. Nunggunya seminggu, terus kalau ada pertandingan tinju langsung kecewa. wkwkwkwk

      Delete
  24. Hahaha...aku tau sih film ini, tapi emang gak pernah nonton karena gak ngerti jalan ceritanya. Tapi suami dulu awal2 suka nonton sih.

    ReplyDelete
  25. Dibioskop tempat saya kok tidak ada ya, ini kan film kesukaan saya banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah berakhir sekarang. Terus hanya tayang di bioskop CGV. Memang enggak semua bioskop menayangkannya.

      Delete
  26. wah, dragon ball ini kartun favoritku.. beberapa hari ini malah lagi seneng nonton cuplikan dragon ball super di youtube.. pengen ngikutin lagi filmnya dari dragon ball z trs dragon ball super..

    itu kasian amat ya brolly cuma diperalat doang..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dragon Ball super emang kece banget. Coba aja search di samehadaku(dot)net atau anaboy(dot)org. Di situ ada anime-anime keren.


      Iya, Brolly hanya diperalat oleh Freeza.. Kasihan dia :(

      Delete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)

Labels

Teman-teman Blogger

Member Of

Member Of