Juguran Bareng, Ibu Mariam F Barata Sampaikan Membangun Desa dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Masih tentang Juguran Bareng yang diselenggarakan di Desa Karangtalun, Kecamatan Bobotsari, Purbalingga. Setelah sebelumnya saya menuliskan tentang 6 Nawa Cita yang disapaikan oleh Bapak Tri Gunawan selakuDinkominfo Purbalinga, kali ini akan membahas membangun Desa dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang disampaikan oleh Ibu Dra. Mariam F Barata, selaku Sisditjen Kominfo RI.

Saat ini, internet merupakan sebuah hal yang tidak asing lagi. Penggunanya semakin hari semakin bertamah. Bahkan di Indonesia, lebih dari lima puluh persen penduduknya menggunakan internet. Hal ini membuktikan bahwa sihir dari internet begitu kuat dan menyedot banyak orang. Dan berikut merupakan empat hal perubahan yang bisa atau akan dilakukan oleh internet :

1. Internet mengubah dunia
Dengan adanya akses internet yang mudah, saat ini banyak bermunculan sosial media yang bisa digunakan siapa saja. Kita semua tahu, bahwa saat ini media sosial atau social media menjadi trend terkini untuk memposting sesuatu yang ada di dalam pikiran kita.

2. Teknologi mengubah masyarakat
Seiring dengan munculnya sosial media untuk menge-share status maupun image dan atau video, masyarakat sekarang ini menjadi semakin narsis. Mereka berlomba-lomba untuk memposting sesuatu yang terkini dan aktual.

3. Menjadikan Indonesia digital ekomomi
Dalam era digital seperti sekarang ini, tentunya tuntan ekonomi semakin meningkat. Untuk mempermudah dan mempercepat perkembangan ekonomi, perlu adanya E-Commerce atau yang dikenal dengan paket digital ekonomi, dan salah satunya adalah membangun desa digital yang bisa melakukan perdagangan/usaha secara online.

4. Menuju dan menjual brand-brand lokal nasional
Kalau bukan kita yang membeli produk lokal, siapa lagi? Dengan adanya internet, diharapkan produk-produk lokal baik usaha kecil, menengah dan lainnya, mampu bersaing dengan sehat dan memberikan manfaat yang baik bagi perekonomiannya.

Dalam mewujudkan membangun desa digital, saat ini desa yang tertinggal masih 26% dari 74.00 desa. Dan dari 26% tersebut, 11% di antaranya telah memiliki jaringan atau broadbrand signal yang bagus. Saat ini pula, sedang dicanangkan akses di seluruh Indonesia secara sama rata. Yang terdiri dari Paket Barat, Tengah dan Timur.

Selain itu, untuk menunjang desa yang digitial disediakan 30.000 domain (dot) id. Dengan domain tersebut diharapkan setiap desa mampu untuk mempromosikan potensi-potensi yang ada di desanya. Sehingga masyarakatnya mampu mengakses dengan mudah apa yang ada di desa tersebut.

Untuk domain (dot) id sendiri ini bisa didapatkan untuk beberapa lembaga/organisasi/instansi, seperti : website untuk penjualan produk UMKM, untuk sekolah, untuk pesantren, untuk komunitas dan desa.



Dengan demikian, langkah-langkah menuju desa yang mandiri dan digital semakin nyata. Karena, sudah saatnya membangun dan mempromosikan apa yang ada di desanya masing-masing. Yang memang bertujuan untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.

8 comments

  1. era di gital sekarang sudah bisa di nikmati sampai ke pelosok desa ya, semoga cita-cita untuk membuka akses yg baik ini bisa mensejahterakan masyarakat pedesaan

    ReplyDelete
  2. Semoga desanya makin berkembang dan produknya dikenal luas

    ReplyDelete
  3. Keren kalau bisa membuat masyarakat melek dengan dunia digital tetapi tidak menyingkirkan budaya lokal

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mbak Myra, biar bagaimanapun, budaya lokal lah yang harus kita junjung dan lestarikan :)

      Delete
  4. Menuju desa digital 2017, keren abis...tempat asalku nlom deh keknya...,padahal potensi bengkoangnya besar tuh, cuma masih banyak yg jadi komoditi mentah

    ReplyDelete
  5. Sedaaap, masyarakat akan semakin melek tekhnologi. Masyarakat desa siap bersaing dengan masyarakat perkotaan

    ReplyDelete
  6. Senang mendengar kalau internet udah menjelah hingga ke pedesaan. Moga membawa kemajuan juga bagi masyarakatnya.

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)