Ngobrol Bersama Juguran Bareng, Bapak Tri Gunawan Sampaikan 6 Point Penting Nawa Cita

7:30:00 AM 20 Comments A+ a-

Hello guys,

Dewasa ini penggunaan internet kian menambah. Dunia maya semakin digemari banyak kalangn dari berbagai usia. Baik usia muda, dewasa, anak-anak dan usia lanjut. Tak sedikit dari mereka yang mengakses sosial media dan menyebarkan berita-berita. Ketika berita yang disebarkan merupakan kebenaran dan mengandung energi positif, tentunya hal itu membuat damai di dunia maya bahkan bermanfaat bagi khalayak ramai. Tetapi, ketika yang disebarluaskan merupakan berita bohong atau hoax, yang ada hanyalah malapetaka. Perang di jagat maya pun tak terhindari lagi.

Untuk itu, perlu adanya sosialisasi penggunaan internet dan sosial media dengan bijak. Dan pada hari Sabtu, 04 Febuari 2017, sejumlah aktifis mengadakan acara ‘Juguran Bareng : Desa, Medsos dan Hukum’. Acara tersebut diadakan oleh Relawan TIK Purbalingga dan Agen Perubahan Informasi (API) di Desa Karangtalun, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga.

Diskusi tersebut diikuti dari berbagai pihak, hingga Developer, Blogger dan aktifis-aktifis yang mencintai dunia teknologi dan informasi. Sejumlah pejabat desa pun ikut hadir seperti Kepala Desa Katangtalun Bapak Bambang S, Camat Bobotsari atau yang mewakilinya, Kepala Dinkominfo Purbalingga Bapak Tri Gunawan, Kepala Bidang Elektronik Bapak Sigit, dan tentunya acara ini dihadiri oleh pemateri yang sangat andal di bidangnya, yaitu Ibu Dra. Mariam Fatima Barata, selaku Sesditjen Aptika Kominfo Republik Indonesia.

Seluruh peserta sangat antusias mengikuti jalannya acara tersebut dari awal pembukaan. Dan menyimak dengan baik dari sambutan-sambutan yang diberikan. Mulai dari sambutan ketua paitia, Bapak Ibrahim Sukman, dilanjutkan Kepala Desa Bambang S. dan Kepala Dinkominfo Purbalingga Bapak Tri Gunawan.
Kepala Dinkominfo Purbalingga, Bapak Tri Gunawan

Dalam sambutannya, Tri Gunawan menyampaikan point-point penting untuk membangun bangsa Indonesia yang berkaitan dengan bidang teknologi. Pasalnya, kemajuan teknologi tidak bisa dihindari dan terus berkembang. Untuk itu, beliau pun menghimbau agar penggunaan teknologi bersinergi dengan visi misi Presiden Republik Indonesia yang tertuang dalam Nawa Cita. Yang merupakan hal-hal penting untuk diterapkan di berbagai elemen lapisan masyarakat dan pemerintahan Indonesia. Nawa Cita tersebut terdiri 6 point yang terdiri dari :

1. Tata kelolaan pemerintahan yang bersih, rapi dan efisien
2. Membangun Indonesia dari Desa
Dalam hal ini, dititikberatkan, bahwa perlu adanya pembangunan mental di bindang informasi dan komunikasi di setiap desa.
3. Mewujudkan masyarakat Indonesia pintar dan sejahtera
Dalam hal ini, diharapkan pembangunan karakter dan pembelajaran teknologi dan informasi mampu memberikan kesejahteraan bagi masyakarat. Contohnya penggunaan internet bisa dimanfaatkan untuk menjual produk lokal yang mampu menunjang kesejahteraan.
4. Mewujudkan kemandirian ekonomi melalui ekonomi domestik
Sudah sepantasnya kita warga Indonesia untuk saling mendukung UMKM yang diproduksi oleh masyarakat kita. Agar perekonomian kita juga semakin kuat dan semakin mandiri. Untuk di Purbalingga, memiliki program yang bagus dalam mendukung gerakan produk lokal yaitu ‘Bela Beli Purbalingga’. Sebuah program yang bertujuan untuk membeli produk-produk lokal dari Purbalingga dan ikut membantu memasarkan ke wilayah lainnya.
5. Melakukan resolusi mental dan perubahan pola pikir
Hal ini menjadi tanggungjawab bersama, bagaimana kita melakukan resolusi mental dan melakukan perubahan pola pikir di dunia digital. Untuk hal ini, diharapkan sistem-sitem yang tradisional-dalam artian yang kurang cepat, efektif dan efisien harus segera diganti dengan cara yang modern atau digital.
6. Mempertahankan Kebhinekaan Indonesia
Kita semua tahu, bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang majemuk yang terdiri dari berbagai suku, ras, agama dan sebagainya. Dengan adanya teknologi informasi yang kian memadai dan canggih, diharapkan mampu menjaga Kebhinekaan yang ada. Bukan berita-berita yang memancing satu sama lain untuk saling bermusuhan. Namun, era digital ini harus digunakan sebagai sarana atau media untuk berdiskusi memecahkan masalah, bukan menambah masalah yang baru.


6 point itu merupakan hal terpenting dalam penggunaan internet di masa sekarang. Di mana dunia maya diharapkan menjadi salah satu sumber perubahan menuju Indonesia semakin maju dan baik, bukan sebaliknya. Dengan perkembangan dunia teknologi dan informasi yang pesat diharapkan semakin mudah untuk mengakses seluruh informasi-informasi yang memberikan energi positif dan kenyamanan bagi seluruh rakyat Indonesia.

20 comments

Write comments
Mas Broh
AUTHOR
February 6, 2017 at 9:02 AM delete

Akhirnya jadi tau juga ya seluk beluk desa dengan segala peraturanya. Hehe...thank you Mbak Ery. Tetap semangat...

Reply
avatar
Eri Udiyawati
AUTHOR
February 6, 2017 at 9:22 AM delete

Inggih, Pak Sukman, jadi kita tahu bagaimana desa dan tentang penggunaan internet untuk kemajuan desa :)

Reply
avatar
fika anaira
AUTHOR
February 7, 2017 at 2:31 PM delete

mempertahankan kebhinekaan Indonesia ini yang sepertinya mulai pudar ya :(

Reply
avatar
haqi
AUTHOR
February 7, 2017 at 3:02 PM delete

iya seharusnya emang gitu, internet untuk perubahan indonesia menjadi lebih baik lagi. tapi sekarang ini internet di salah gunakan..

Reply
avatar
Ery Udya
AUTHOR
February 7, 2017 at 3:15 PM delete

iya, saat ini udah miris banget :(

Reply
avatar
Ery Udya
AUTHOR
February 7, 2017 at 3:24 PM delete

iya, banyak kasus yang terjadi gegara salah dalam penggunaan internet :(

Reply
avatar
Sukadi
AUTHOR
February 7, 2017 at 4:38 PM delete

Semoga saja dukungan dari Dinkominfo Purbalingga nyata untuk kemajuan teknologi informasi dan komunikasi di Purbalingga, sehingga mampu mewujudkan 6 poin dari Nawa Cita seperti disampaikan Bp Tri Gunawan diatas. :)

Reply
avatar
Eri Udiyawati
AUTHOR
February 8, 2017 at 6:50 AM delete

Aamiin.. Semoga, ya, Pak. Biar Purbalingga semakin maju dengan internet sehat :)

Reply
avatar
Lia Lathifa
AUTHOR
February 8, 2017 at 7:52 AM delete

memang penting menresolusi mental dan pola pikir dlm berinternet ya, spy tdk mudah menimbulkan konflik

Reply
avatar
Irly -
AUTHOR
February 9, 2017 at 7:43 AM delete

Harapan yang sama oleh kita pengguna media internet, semoga lebih didukung lagi oleh pemerintah untuk mewujudkan energi positif dan kenyamanan bagi seluruh masyarakat Indonesia. :)

Reply
avatar
February 9, 2017 at 10:24 AM delete

Wow dimulai dari lingkup terkecil dulu yakni desa ya, jadi klo semua desa uda terkoordinasi, bersih sistim birokrasinya dari awal juga berdaya dengan masyarakat terdidik, niscaya sistem2 ke atasnya bakal keatur dengan baik. Mumpung lagi anget2nya mau pilkada nih, semoga semua harapan rakyat tercapai ya biar kondisi juga kondusif

Reply
avatar
Mirwan Choky
AUTHOR
February 9, 2017 at 2:10 PM delete

Mempertahankan Kebhinekaan Indonesia itu sangat penting tu mbak.

Reply
avatar
Eri Udiyawati
AUTHOR
February 9, 2017 at 2:19 PM delete

iya, bener banget, Mbak.. biar dengan adanya internet Indonesia semakin bersatu, bukan seperti saat ini

Reply
avatar
Eri Udiyawati
AUTHOR
February 9, 2017 at 2:20 PM delete

iya, aamiin... semoga Indonesia merasakan internet positif, bukan untuk saling menghujat

Reply
avatar
Eri Udiyawati
AUTHOR
February 9, 2017 at 2:22 PM delete

Iya, mulai dari desa ke desa, agar tersusun rapi, dan memanfaatkan internet positif serta sehat, bukan untuk saling menghujat dan mencela :)

Reply
avatar
Eri Udiyawati
AUTHOR
February 9, 2017 at 2:26 PM delete

iya, biar Indonesia gak kececer dan saling menjatuhkan hanya karena perbedaan :)

Reply
avatar
Nathalia DP
AUTHOR
February 10, 2017 at 3:25 PM delete

keren banget...
di tempat saya aja ga ada tuh sosialisasi penggunaan internet & sosmed, pdhl kan penting ya

Reply
avatar
Amanda Ratih
AUTHOR
February 18, 2017 at 11:23 AM delete

Tapi sayangnya internet sekarang mulai dimanfaatkan utk hal2 yg nggak baik.

Reply
avatar
February 20, 2017 at 4:39 PM delete

Iya semoga dengan adanya internet, bisa menambah wawasan dan bisa bikin kita jadi produktif ya. Bukan malah mudah termakan hoax.

Reply
avatar

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)