Asyiknya Lebaran Bersama Keluarga Besar

Setiap tahun, umat muslim di seluruh dunia merayakan Idul Fitri. Seperti halnya juga di Indonesia, kita sebagai umat muslim merayakannya atau yang sering disebut sebagai hari 'Lebaran'. Momen lebaran ini sangat istimewa bagi kita. Terlebih, persiapannya cukup membuat rempong seperti saya ini.
Rela deh, desak-desakkan di pasar tradisional

Baca juga : 7 Tips Nikmati Lebaran Seru Namun Tetap Hemat

Jelang lebaran, saya dan mama selalu pergi untuk belanja keperluan dapur dan lainnya. Kalau urusan baju, enggak begitu terpikirkan buat diriku, meski sebenernya ngarep buat belanja baju. Tapi apa daya, kebutuhan dapur jadi hal penting di keluarga kami. Dengan naik kendaraan bermotor, saya dan mama ke pasar tradisional Pasar Sega Mas, Purbalingga. Bermacet-macetan di jalan dan berhimpit-himpitan sudah tidak kaget lagi karena ini mau lebaran jadi pasti ramai.
Baju baru gak masuk list belanjaan :D
Belum lagi, daftar belanjaan pun penuh, seperti mau buka toko sembako saja di rumah. :D Tapi ya sudahlah, pasrah, karena mau lebaran, jarang-jarang juga belanja sama mama. Lagian, kalau kebutuhan dapur kurang, gimana coba, kan keluarga besar suka kumpul di rumah.
Rendang masakan saya, menu wajib saat lebaran :D

Ya begitulah persiapan lebaran kami, tapi keseruan ini belum berakhir begitu saja sampai setelah lebaran. Karena setelah lebaran kami mengadakan silaturahmi keluarga besar Bani San Basri, pada Jumat, 08 Juli 2016.

Dalam kesempatan itu, kami bisa saling bersilaturahmi dan mengenal saudara-saudara yang jauh. Lebih dari itu pula, saling memaafkan orang yang pernah salah pada kita. Pun bagaimana diri ini meminta maaf dengan ikhlas dan tulus untuk semua salah dan khilaf.

Momen seperti ini sangat menyenangkan tentunya. Pasalnya selama ini sok sibuk di kantor dan jarang bertemu dengan keluarga besar. Sehingga di kesempatan halal bihalal kemarin saya sangat antusias untuk berbaur dengan mereka. Dengan acara tersebut, saya bisa mengenal lebih banyak dan dekat akan saudara-saudara. Ya, maklum kami keluarga besar, bahkan ada saudara yang baru saya temui di acara tersebut.

Selain itu, ada banyak keceriaan di antara kami semua, seperti :

1. Keluarga semakin erat
Tujuan dari silaturahmi tak lain dan tak bukan memang untuk mempererat tali persaudaraan. Dengan begini, kami saling mengenal lebih dekat dan memberitahu bahwa kami harus saling tolong menolong dan memaafkan sesama saudara.

2. Bersenda gurau
Tante, Sepupu, dan Keponakan-keponakan :)
Jujur saja, hal ini sangat jarang saya temui bersama keluarga besar. Momen silaturahmi ini sangat menyenangkan untuk bercanda dan bersenda gurau bersama saudara-saudara seperti sepupu, keponakan, tante, bude, dan lainnya.

Rela deh, HP-ku dipinjam kalian :D
Akhirnya nyelfie juga, hihihihi
3. Berbagi informasi
Acara silaturahmi juga bisa untuk memberikan informasi yang tentang salah satu atau beberapa keluarga. Dengan begini, jika ada keluarga yang sedang mengalami musibah, kita semua bisa gotong royong untuk membantunya. Pun ketika mereka akan mengadakan hajatan, tentu kita bisa datang ke acaranya.

Itu serangkaian acara lebaran bersama keluarga, melihat tawa dan kebahagiaan keluarga, merupakan hal yang sangat mendamaikan hati. Sangat bersyukur saya merupakan bagian dari keluarga ini. :) *Orang-nya gokil-gokil, hihihihi...


Itulah keceriaan saya bersama keluarga besar dalam melewati lebaran tahun 1437 H. Semoga amal ibadah puasa kita diterima ya ^_^. Saling memaafkan dan tiada dendam, indahnya kebersamaan. :)

Oh ya, buat teman-teman yang ingin tampil cantik di acara silaturahmi apa pun, saya ada info nih dari www.diaryhijaber.com. 

Upcoming event dari Diaryhijaber yaitu Hari Hijaber Nasional, dengan detail sbb:
Nama Acara: Hari Hijaber Nasional,
Tanggal: 07 Agustus 2016 – 08 Agustus 2016
Tempat: Masjid Agung Sunda Kelapa,  Menteng, Jakarta Pusat

15 comments

  1. makin bertambahnya usia, aku makin ngerti arti kebahagiaan tersendiri akan makna silaturahim :D
    lebarannya seru mb, apalagi moment pas belanja buat makan-makan hari rayanya

    ReplyDelete
  2. momne lebaran itu momen kumpul keluarga besar ya, kapan algi kalau bukan lebaran yang semuanya pasti libur panjang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. karena keluarga banyak yang berjauhan, jadi pas lebaran itu, momen yang pas buat ngumpul bareng keluarga :)

      Delete
  3. Replies
    1. hehehe, makasih, Mbak.. perjuangan dan sesuatu banget masak rendang :D

      Delete
  4. setelah berumah tangga gini, makin terasa ingin meningkatkan silah ukhuwah, sewaktu kecil jelas gak kepikiran begini, senang maen2nya dan makan2nya saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, betul, Mbak... dulu pas kecil, senengnya juga cuma main, banyak temen2 seumuran.. terus dapat THR :D

      Delete
  5. Asyik ya, sibuk blanja & masak2... Saya mah jarang ikut :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru looh.. ya meskipun berdesak-desakkan dan mencium aroma tak sedap di pasar :D

      Delete
  6. Iya banget. Kalau menjelang lebaran pasar penuh plus harganya mahaaal. Tapi ya dibela2in juga ya mbak belanjanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mbak.. tetep dibela-belain. ada kepuasan tersendiri berdesak-desakkan di pasar.. hahaha

      Delete
  7. Bisa aja mbae, apa aja bisa jadi artikel heee...

    Jadi terinspirasi kiye haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, makasih makasih :D
      dari pada ora ana tulisan jane, hihihih

      Delete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)