Dampak Teknologi Bagai Pisau Bermata Dua

Gaya berteknologi saat ini sudah booming
Gambar dari www.pixabay.com
Selamat siang, teman-teman,
Semuanya sudah tahu kan, saat ini zamannya teknologi? Berbagai macam produk dan aplikasi saat ini berkembang pesat akibat teknologi yang kian tenar dan canggih. Secara tidak sadar, saya dan temen-teman sudah menjadi pecandu teknologi. Ya lah, kita sering memposting tulisan di blog tentunya perlu alat, yang berupa komputer atau laptop dan atau pun note book bahkan smartphone. Dan, semua itu merupakan hasil kecanggihan teknologi.

Namun, dalam perkembangannya, saat ini dampak teknologi bagi kehidupan sehari-hari bukan hanya hal-hal yang positif, melainkan ada beberapa yang menjadi negatif karena kecanduan teknologi atau lebih tepatnya, tidak bisa memanfaatkan teknologi dengan baik dan bijak. Dari sekian banyak dampak buruk teknologi, saya ambil dua point utama sebagai berikut :

1. Banyak orang yang sibuk dengan dunianya sendiri
Iya, karena mereka dan saya memegang gadget, jadi lebih mementingkan untuk mengobrol di sosial media, chat sana, chat sini. Kadang masih ada orang yang yang tidak mempedulikan teman yang ada sekitarnya. Hal ini tentunya tidak baik, meski di sosial media kita juga harus tetap dan peduli terhadap mereka, tetapi lingkungan nyata juga hal yang harus diutamakan. Kita jangan menjadi zombie karena kecanduan gadget yang ke mana-mana hanya menatap gadget, seolah-olah dunia milik sendiri. Lah, pas meleng di jalan raya melihat gadget terus gimana? Bisa fatal kan akibatnya?

Bersama-sama tapi sibuk sendiri-sendiri
Gambar dari www.techno.id

2. Tindakan/Kenakalan Kian Meningkat
Dengan adanya teknologi kian pesat yang didukung dengan harga yang terjangkau, saat ini banyak anak-anak seusia remaja sudah memegang gadget. Namun sayangnya, penggunaan gadget tidak diiringi dengan pengawasan oleh orang tua, sehingga banyak anak-anak remaja yang suka mengupload foto/video yang melanggar etika. Baik video-video yang berbau konten larangan (maaf dalam hal ini seperti video/photo porno), bahkan ada juga yang mengunggah foto yang memperlihatkan menghina foto/patung pahlawan.
Berita yang hangat akibat ulah anak di bawah umur
mengunggah foto tidak senonoh terhadap foto Pahlawan
Screenshot dari www.kabarebralink.com

Tentunya hal itu sangatlah tidak baik dalam memanfaatkan teknologi canggih saat ini. Selain itu, mereka juga bebas melihat video dan membaca artikel-artikel yang berbau negatif baik kekerasan maupun kenakalan remaja dari smartphone. Tentunya hal itu sangatlah buruk bagi generasi penerus bangsa dan harus segera diberi pengarahan, agar anak-anak mampu dengan bijak memanfaatkan teknologi.

Nah, itu dua point utama akibat kecanggihan teknologi yang tidak dimanfaatkan dengan baik. Tetapi, hal-hal positif dari teknologi juga banyak. Bahkan lebih banyak lagi ketika kita mampu menggali informasi lebih lanjut dan memahami arti penting dari sebuah teknologi untuk kemajuan dan mempermudah manusia. Karena sesungguhnya, teknologi diciptakan untuk memudahkan kita semua dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Memang, apa saja hal positif dari kecanggihan teknologi? Tentunya sangat banyak, dan saya akan menginformasikan lima hal utama tentang manfaat teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Yuk, simak berikut :

1. Dengan teknologi kita ciptakan peluang bisnis
Tentunya teman-teman tidak asing lagi, bahwasannya saat ini banyak yang berjualan secara online. Baik dari akun media sosial seperti facebook, instagram, atau BBM, bahkan ada beberapa yang membuat situs resmi untuk jualan secara online. Salah satunya eliska shop yang mempromosikan barang dagangannya melalui blog dan akun sosial media. Hal itu merupakan hal yang baik dari kecanggihan teknologi, karena bagi pembeli tidak perlu repot-repot untuk pergi ke toko untuk berdesak-desakan apalagi di momen jelang lebaran seperti ini.
Jualan online, salah satu peluang bisnis
Screenshot dari www.eliska.id

Untuk mencari baju gamis dengan model yang pas dan cocok, jika harus datang ke toko rasanya juga tidak mungkin karena menyita waktu, sedangkan pekerjaan masih banyak. Selain tidak perlu repot-repot ke toko, belanja online juga lebih mudah dan praktis. Untuk informasi harga juga sudah jelas tertera di situsnya.

Dan, saat ini bukan hanya baju yang dijual, tetapi keperluan wanita seperti tas, dompet cantik nan trendy dan lainnya bisa didapatkan secara online dengan harga terjangkau.

Tentunya hal ini merupakan pemanfaatan teknologi dengan cara yang baik dan sangat bermanfaat. Bagi penjual merupakan tempat untuk mencari rezeki, sedangkan bagi pembeli mempermudahkan dalam mencari barang yang ingin dimiliki tanpa harus rempong.

2. Informasi penting cepat tersiarkan
Dengan adanya teknologi yang canggih, kita bisa memanfaatkan untuk menyebarkan informasi yang bermanfaat ke khalayak ramai. Baik tentang kesehatan, kecantikan, berita nasional, tips dan atau pun resep makanan. Bahkan, bisa mempertemukan seorang anak dengan ayah kandungnya yang sudah lama tidak berjumpa. Berkat kecanggihan teknolgi, gadis yang akan menikah itu berhasil menemukan ayahnya yang dari kecil tidak pernah ia jumpai.
Gadis yang mencari ayahnya akhirnya ketemu
Screenshot dari FB Kabare Bralink

3. Dengan teknologi, mampu memangkas jarak untuk bersilaturhami
Saat ini,jauhnya jarak yang membentang tidak lagi menjadi penghalang kita tetap bisa berkomunikasi baik melalui panggilan telepon maupun video call. Bagi yang memiliki keluarga atau handai taulan yang jauh, tentunya hal ini sangat membantu dan bermanfaat sekali. Ya, seperti saya dengan Uwa (Bude) yang bekerja di Taiwan. Tentunya dengan kecanggihan teknologi ini sangat membantu untuk berkomunikasi dan bersilaturahmi, terlebih sebentar lagi hari raya, tentu kami sangat memanfaatkan teknologi untuk berkomunikasi.
Video Call salah satu cara komunikasi jarak jauh yang menyenangkan
Gambar dari : www.sooperboy.com

4. Berbagai aplikasi yang mendukung kinerja mudah didapat
Sudah diakui memang, perkembangan teknologi bukan hanya isapan jempol saja, tetapi telah masuk ke segala aspek yang sudah saya sebutkan sebelumnya (penjualan), transportasi dan jasa pengiriman. Saat ini banyak aplikasi tersebut mudah didapatkan karena bisa diinstall pada smartphone berbasis Android, IOS, dan Microsoft. Untuk mendapatkan aplikasi yang diperlukan juga sangat mudah, karena bisa didownload secara kilat melalui ponsel pintar. Bahkan untuk donload premium pun mudah didapatkan bersama IDCopy.

Dari empat point tersebut, bisa disimpulkan bahwa dampak kecanggihan teknologi bagi kehidupan sehari-hari sangatlah bermanfaat. Kita adalah manusia yang memiliki akal, budaya, dan pikiran, sudah sepantasnya memanfaatkan teknologi untuk kemudahan dan penunjang usaha. Teknologi ada itu untuk mempermudahakan manusia, bukan untuk menjadikan manusia sebagai zombie.

Dengan adanya dampak teknologi memang seperti pisau bermata dua. Di sisi lain ada hal-hal kejahatan/kriminal yang terjadi, tapi di sisi lain ada hal kebaikan dan menjadikan berkah bagi yang pintar memanfaatkannya. Sekali lagi, mari kita manfaatkan teknologi dengan bijak untuk memberikan informasi kekinian yang bermanfaat.

Terima kasih.



Lomba ini diselenggarakan olehIDCopy.net dan Eliska.id.

6 comments

  1. setuju! harus pandai menyikapi dan memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan bijak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, betul banget, Mbak Dewi, harus bijak dalam menggunakan teknologi :)

      Delete
  2. wah penak pisaune ora mungkin ngiris tangan soale wes nduwe mata ngerti tangan ngerti brambang

    ReplyDelete
  3. Sepakat, emang bagai dua mata pisau. Sama-sama tajam, harus tahu mana yang terasah dengan baik, harus pintar milah. Dan pilih lah sisi yang membawa kebaikan dan kemanfaatan
    Semoga berhasil juga mbak ya tuk lomba ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, harus bener2 bijak memanfaatkan teknologi.

      Amiin, makasih mba Lidha :)

      Delete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)