5 Penerbit Indie Terbaik Yang Sering Menyelenggarakan Event Menulis

by - 3:18:00 PM

Penerbit, merupakan hal yang tidak bisa lepas dari seorang penulis. Karena dengan adanya penerbit, karya tulisan kita bisa dipublikasikan kepada khalayak umum. Selain dibaca oleh pecinta literasi, penulis juga bisa mendapatkan royalti dari buku-buku yang diterbitkan. Namun, beberapa bulan terakhir ini, saya mendapatkan adanya penipuan di beberapa penerbit. Mungkin mereka sebenarnya tidak ingin menipu, tetapi karena ada masalah internal yang terjadi di penerbit tersebut. Sehingga, adanya masalah intern, berimbas ke beberapa penulis yang sudah menunggu bukunya untuk segera diterbitkan tapi belum juga terealisasi.

Untuk mencegah karya kita tertunda, alangkah baiknya kita memilah-milah Penerbit Indie yang terbaik. Dan berikut adalah lima penerbit indie terbaik versi saya. Bukan maksud untuk mengatakan penerbit lain tidak baik, tetapi ini berdasarkan pengalaman pribadi saat mengikuti event-event menulis yang diselenggarakan oleh beberapa Penerbit Indie.


1. Rumahkayu Publishing
Siapa yang tak kenal dengan Penerbit yang satu ini. Selain di group facebook yang ramai, Rumahkayu juga sudah memiliki sistem organisasi yang baik. Pengurusnya merupakan penulis-penulis andal yang berkecimpung di dunia sastra. Mereka adalah orang-orang ahli di dalam kesastraan. Hasil terbitan dari Rumahkayu juga bagus-bagus, event yang diselenggarakan selalu menantang, yang terkadang tidak diduga oleh calon pesertanya. Selain di group facebook dan atau sosial media lainnya, Rumahkayu juga memiliki website resmi yang berisi tentang informasi dunia kepenulisan, www.rumahkayuindonesia.com.
Rumahkayu dalam group facebook


2. Penerbit Hanami
Dari namanya seperti berbau-bau aliran jepang. Beberapa buku terbitannya juga dengan sampul karakter anime khas Jepang. Penerbit Hanami ini juga sangat aktif mengadakan event-event dalam dunia kepenulisan. Beberapa karya yang dibukukan dalam antologi cerpen maupun puisi, hasilnya sangat bagus. Penerbit yang tergabung dalam group facebook Antologi Hanami ini juga bisa menerima naskah dari berbagai penulis, baik cerita pendek maupun novel.
Antologi Hanami dalam group facebook



3. AE Publishing
Sekarang, siapa tak kenal dengan AE Publishing? Sebuah penerbit yang diracik oleh seorang blogger juga, Mbak Anis. Event yang diselanggarakan oleh AE Publishing ini sangat diminati oleh sebagian besar penulis. Penerbit yang tertuang dalam group facebook Antologi Es Campur ini sering membuat kelas menulis seperti kelas puisi, bedah karya, flash fiction, dll. Hal tersebut sangatlah baik, karena bisa mengasah kemampuan seorang penulis agar lebih baik.
AE Publishing dalam group facebook


4. Ruang Pustaka
Dari namanya saja sudah terkesan bahwa penerbit ini cocok bagi para pustakawan ataupun penulis. Event-event yang diselenggarakan juga berbobot, selain itu di group facebook diadakan seperti kelas puisi dan bedah karya, bahkan disedikan juga waktu untuk bincang kreatif bersama narasumber terpercaya. Hal-hal itulah yang bisa memacu semangat bagi penulis.
Ruang Pustaka dalam group facebook



5. Mazaya Publishing House
Sebuah rumah publishing yang mampu terus berkarya dengan menghasilkan karya-karya terbaik dari berbagai punulis, Mazaya Publishing House. Di penerbit ini, aktif juga aktif mengadakan event-event literasi yang bisa memacu semangat bagi penulis. Mereka semua tergabung dalam group facebook Mazaya Publishing House.
Mazaya Publishing House dalam group facebook



Nah, itulah 5 Penerbit Indie terbaik yang aktif mengadakan event menulis menurut saya. Mengapa saya menempatkan 5 penerbit tersebut, karena dilihat dari cara mereka menyampaikan event, mengupdate peserta, dan yang paling penting adalah dalam penilaian, yaitu layak atau tidaknya seorang penulis lolos menjadi pemenang atau kontributor. Selain itu, juga dalam ketepatan waktu dalam pengiriman hasil karya kepada penulis (buku yang diorder).

You May Also Like

2 comments

  1. Wah ... terima kasih sudah mengapresiasi Mazaya Publishing House. Saya jadi terharu. :(
    Semoga ini menjadi meotivasi agar kami terus memperbaiki diri agar lebih baik lagi melayani para pecinta literasi. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, Mbak :) semoga lebih baik dan terus maju.

      Delete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)

Labels

Teman-teman Blogger

Member Of

Member Of