Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Menulis Bagi Penulis Pemula


www.erycorners.com

Bagi saya, menulis adalah cara terbaik untuk berkomunikasi saat lisan kita tidak bisa berkata apa pun. Kita bisa memberitahu kepada seseorang atau semua pembaca apa maksud dan tujuan dari tulisan kita. Menulis juga bisa mengobati rasa kegundahan hati, seperti galau, cemas, khawatir dan lainnya. Karena dengan menulis kita bisa mengeluarkan semua yang ada di dalam hati. Selain itu, tulisan yang baik juga akan menjadi sebuah inspirasi bagi pembaca.

Dengan tulisan kita bisa mengubah dunia, dengan tulisan kita bisa memberikan informasi, dan dengan tulisan kita bisa saling berbagi. Untuk hal ini, kita harus menitikberatkan bahwa apa yang kita bagikan adalah hal-hal kebaikan bukan untuk merendahkan atau menjelek-jelekan sesuatu. Dalam tulisan kita juga tidak boleh saling menyinggung atau mengandung tentang unsur SARA agar tulisan kita bisa diterima oleh pembaca dengan baik.

Waktu dan tempat untuk menulis juga sangat mudah. Kita bisa menulis kapan saja di saat kita senggang atau luang. Saat kita tidak ada pekerjaan lain dan kita hanya bisa berdiam diri, alangkah baiknya kita gunakan waktu tersebut untuk menulis. Sedangkan tempat untuk menulis juga sudah banyak tersedia, kita bisa menulis di jejaring sosial, blog atau buku catatan harian kita.

Selain bisa berbagi, menulis juga bisa menjadikan kita terkenal. Menjadi penulis yang hebat dan terkenal itu adalah impian dari pecinta dunia literasi, termasuk saya sendiri. Karena memang dunia tulis-menulis itu memiliki seni yang indah. Kita bisa menuangkan semua ide dan segala aspek pikiran, rasa dan aura tersendiri pada saat menulis. Tak jarang ketika saya menulis sebuah cerita yang sedih, terkadang saya juga ikut menangis, hal itu menunjukkan bahwa menulis itu memiliki medan magnet dengan sebuah perasaan.


www.erycorners.com

Agar tulisan kita mendapat respon atau banyak yang membaca, kita juga harus menulis dengan cara yang baik dan benar. Dan ini adalah tips yang sederhana untuk menulis bagi penulis pemula seperti saya. Tips tersebut adalah sebagai berikut :

1. Tuangkan ide dalam bentuk tulisan, jangan ragu untuk menuliskan segala sesuatu yang ada di benak kita.

2. Baca kembali tulisan yang telah kita ketik, kita pahami dan perbaiki apa yang telah kita ketik agar tulisan kita memiliki alur yang jelas dan beraturan.

3. Perhatikan penggunaan tata bahasa, perbanyaklah majas agar tulisan itu lebih menarik dan disukai oleh banyak pembaca.

4. Setelah itu, kita perhatikan penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) pada tulisan tersebut, jika masih ada tulisan yang belum menggunakan EYD, maka kita wajib mengganti kata/kalimat yang telah tertulis dengan kata/kalimat lain yang sesuai EYD.

5. Setelah selesai menulis, kita bagikan tulisan kita kepada pembaca. Dalam hal ini, kita harus memperhatikan kalangan pembaca, untuk usia berapakah tulisan yang kita ketik? Kita jangan sampai salah membagikan tulisan kita kepada khalayak yang tidak sesuai pada porsinya. Contoh : ketika kita menulis sebuah cerpen tentang anak SMA, tentu saja target pembaca kita adalah usia 15 sampai 19 tahun.

6. Tahap selanjutnya setelah kita membagikan tulisan adalah kita menulis lagi dengan tema yang lain. Ide akan datang dengan sendirinya, ketika kita sering menulis. Maka dari itu, jangan ragu untuk mulai menulis dari sekarang, karena menulis itu sangat mudah alias gampang.

7. Kemudian, setelah kita aktif menulis, ikutilah kontes-kontes menulis. Hal ini sangat baik, karena bisa mengukur sejauh mana kita menulis. Jangan mengharapkan untuk menang, tapi kita ikut kontes menulis dengan tujuan untuk mengembangkan ide yang kita miliki.

www.erycorners.com

Mudah bukan mengikuti tips menulis dari saya? Saya membuat tips menulis dengan sederhana, karena pada dasarnya saya sendiri orangnya sederhana. Saya sendiri belum bisa menjadi penulis yang hebat, untuk itu saya belajar dari cara yang mudah.

Kita tidak boleh ragu-ragu dalam menuangkan sebuah pendapat dalam bentuk tulisan. Semakin sering kita menulis, maka otak kita akan terbiasa dan dengan cepat akan mampu mengolah kata-kata untuk ditulis. Namun, kita juga harus mengingat saat kita membagikan tulisan kita kepada pembaca, jangan sampai tulisan kita menyinggung atau menimbulkan hal tidak baik. Sekiranya tulisan itu sangat pribadi, cukup saja kita simpan di harian kita sendiri.


Ayo, mulai sekarang semangat untuk menulis, karena menulis itu mudah dan penuh kreasi. Karena menulis itu menggambarkan dunia dengan cara menggunakan tata bahasa yang menarik dan penuh inspiratif. Dan menulis bisa membuat kita tetap dikenang. Orang yang tidak menulis akan mudah dilupakan, tetapi orang yang menulis, mereka akan selalu dikenang karena karya-karyanya.

Mari berkarya dalam sebuah tulisan! Semangat!
 ---------------------------------------------------------------------------------

BIODATA PENULIS
  
Eri Udiyawati, seorang penulis pemula yang lahir dua puluh enam tahun silam di kota Purbalingga. Berawal dari kegemarannya yang suka menulis di buku harian, kini penulis telah mempunyai blog sendiri untuk menuangkan segala aspirasi dan idenya. Sebagai seorang penulis pemula tentunya sangat perlu dukungan, dorongan, saran dan kritik yang membangun. Untuk hal itu bisa dikirim melalui jejaring sosial akun facebook Ery Espania Udya, Twitter @espaniaudya dan email eri.udiyawati@gmail.com. Dan jangan lupa follow akun Instagram di @eryudya.

Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

5 comments for "Cara Mudah Menulis Bagi Penulis Pemula"

  1. Menulis pada awal-awalnya memang agak sulit karena bingung mau menunjukan diri seperti apa, tapi lambat laun jadi terbiasa dan karakter menulis muncul sendiri.
    Menulis jadi lebih mudah dan makin asyik....

    ReplyDelete
  2. Kata pertama dalam tulisan rasanya yang paling sulit. Setelah itu akan mengalir begitu saja.

    ReplyDelete
  3. pelajaran dan ulasan yang bermanfaat seperti ini, karena banyak dari blogger yang baru, belum bisa menulis dengan baik dan benar.

    ReplyDelete
  4. poin 4 yang jarang banget aku perhatiin.. hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk poin ini, coba waktu nulis draft pakai Google Docs mbak. Karena pengalaman saya, dia bisa detect typo dalam berbagai bahasa.

      Memang kita masih perlu proofread dan edit kata-kata yang kita gunakan, tapi setidaknya menggunakan Google Docs sudah mengurangi beban memeriksa kesalahan penulisan 😊

      Delete