Wisata Di Kota Purbalingga

Purbalingga, merupakan kota Kabupaten di salah satu Provinsi Jawa Tengah. Di Pertengahan tahun 2013 ini kota Purbalingga menjadi sorotan publik. Ya, karena Bupati Purbalingga, Bpk. Heru Sudjatmiko telah resmi menjadi Wakil Gubernur Jawa Tengah, untuk mendampingi Bpk. Ganjar Pranowo. Purbalingga yang merupakan kota sedang berkembang, pemerintah selalu memperbaiki tatanan kota ini. Beberapa diantaranya adalah sebagai kota tempat penanaman modal asing. Di Purbalingga, sudah banyak Perusahaan Manufaktur Asing (PMA) dan menjadi salah satu komoditas ekspor terbesar no. 3 di Indonesia, khusus untuk Bulu Mata Palsu (Eyelashes) – Versi Majalah Swa (Red).

Selain PMA yang berdiri di kota Purbalingga, tak ketinggalan pula objek wisata di Purbalingga juga tidak kalah bagusnya dengan objek wisata di kota-kota lain. Beberapa kota wisata di Purbalingga adalah sebagai berikut :

  1. Goa Lawa
Merupakan tempat wisata yang sudah terkenal dari jaman dahulu. Goa Lawa sudah ada dari berabad-abad yang lalu (mungkin dari jaman nenek moyang kita kali ya, sebab tanya ke mbah pun kurang tahu asal muasal wisata Goa Lawa ini). Goa ini terbentuk karena proses pendingan lava dari aliran lava gunung slamet sehingga batuannya keras dan hitam. Terletak di desa Sirawak, Kec. Karangreja, berjarak sekitar 27 km dari Kota Purbalingga . Goa Lawa ini memiliki ketinggian sekitar 900 m di atas permukaan laut. Fasilitas yang tersedia : tempat parkir, MCK, panggung terbuka, warung makan, kios cinderamata. Ada mitos yang mengatakan, bahwa kalau cuci muka di dalam Goa Lawa ini, maka akan awet muda (mudah-mudahan aku awet muda yach... :D). Untuk kebenaran mitos tersebut memang belum terbukti, tapi apa salahnya bercuci muka di dalam Goa Lawa, airnya begitu segar dan sangat jernih. :)
pintu gerbang Goa Lawa
  1. Owabong
Owabong, tempat ini disebut sebagai “Ancolnya” orang Purbalingga, meskipun tidak sebesar Ancol – Jakarta. Terletak di Jalan Owabang Bojongsari Purbalingga. Merupakan obyek wisata air terbesar dan termodern di Jawa Tengah dengan kolam yang sangat jernih dengan air langsung dari sumber mata air pegunungan, sejuk dan menyegarkan, terdapat luncuran sepanjang 70 m dengan tinggi menara 12 meter. Fasilitas yang tersedia : tempat parkir, MCK, kios cinderamata, warung makan, sirkuit gokart, kolam permainan, rest area, film 4 dimensi, mushola dan dari segi keamanan juga mendukung, karena lokasi ini dekat dengan Polsek Bojongsari.
water park Owabong

  1. Taman Reptil
Obyek wisata taman reptil dan serangga yang memiliki koleksi ratusan hewan dari dalam dan luar negeri ini berlokasi di Desa Karangbanjar, Kec. Kutasari, Kab. Purbalingga. Provinsi Jawa Tengah. Taman seluas sekitar 2 hektar ini memiliki koleksi ribuan serangga termasuk serangga yang unik. Dari jenis reptil, ada buaya, kobra, biawak dan kadal serta iguana. Tempat wisata ini sangat cocok untuk mengenalkan anak-anak/pelajar tentang dunia binatang. Di tempat ini mereka dapat melihat dan mempelajari leih dalam tentang dunia reptil dan serangga, melalui koleksi pustaka lengkap yang tersedia. Dengan cara ini mereka tidak akan takut lagi melihat langsung reptil. Bahkan jenis iguana dibiarkan berkeliaran bebas di halaman sehingga mereka dapat menyentuh langsung. Selain berisi beraneka ragaman reptil, disini juga terdapat museum seperti Museum Budaya Purbalingga, Museum Uang, serta Taman Batu.

Gambar salah satu hewan yang ada di taman reptil.

  1. Kebun Strawberry
Merupakan kawasan obyek wisata potensial yang berbasis masyarakat, artinya keberadaannya masih secara tradisional dikelola oleh kelompok tani setempat yang menawarkan hamparan kebun sayur-mayur dan buah strawberry seger. Wisatawan yang berkunjung akan diantar ke kebun untuk memetik sendiri baik sayur-mayur maupun buah strawberry. Dan setelah selesai wisatawan bisa beristirahat sambil menikmati pemandangan yang indah sejuk dan menawan. Sambil menikmati jenang dodol strawberry dan minum juice strawberry. Tempat ini terletak di desa Serang dan Kutabawa, Kecamatan Karangreja 25 km dari pusat kota Purbalingga. Dan bulan Juni 2013, desa Serang telah mendapatkan penghargaan dari pemerintah Purbalingga untuk desa yang bersih dan pemanfaatan lingkungan.

  1. Monumen Tempat Lahir Jend. Sudirman
Siapa kira, Panglima Jenderal Besar Sudirman lahir di Purbalingga. Monumen Tempat lahir Jenderal Sudirman terletak di Desa Bantarbaran, Kec. Rembang, berjarak kurang lebih 26 km dari Kota Purbalingga kearah timur. Monumen ini diremikan pada tanggal 21 Maret 1979 oleh Jenderal Surono, monumen ini berbentuk duplikat rumah tempat lahirnya.
  1. Petilasan Ardi Lawet Panusupan
Ardi Lawet merupakan petilasan salah satu tokoh islam yang bernama Kyai Jambukarang. Terletak di desa Panusupan, Kec. Rembang, berjarak kurang lebih 30 km dari Kota Purbalingga kearah timur. Untuk mencapai petilasan tersebut harus melalui jalan setapak yang naik sekitar 3 km (2 jam jalan kaki, dan memang wajib jalan kaki, karena itu di daerah Bukit, tidak ada kendaraan yang lewat). Dan sebelum ke puncak Ardi Lawet, anda juga bisa menikmati buah salah di daerah Rajawana (merupakan penghasil buah salah terbesar di Jawa Tengah).

  1. Taman Curug Gringsing
Terletak di jantung kota tepatnya jalan Kompol Notosumarsono, merupakan taman bermain anak-anak yang dilengkapi dengan kebun binatang mini dan sarana sepeda air. Letaknya tidak jauh dari pusat kota, yaitu di sebelah selatan Alun-alun kota Purbalingga, atau tepat di depan Stadion Goentoer Dardjono. Fasilitas yang tersedia : Tempat parkir, MCK, warung makan.

  1. Bumi Perkemahan Munjuluhur
Bumi perkemahan dengan pemandangan yang masih alami, terletak di desa karangbanjar.

  1. Pendakian Gunung Slamet
Pendakian dengan berjalan kaki mulai dari gunung malang di desa serang dan gunung grumbul alur bambangan di desa kutabawa, jarak dari grumbul sampai ke puncak gunung slamet dapat ditempuh selama 6 jam perjalanan kaki. Terletak kurang lebih 30 Km dari pusat Kota Purbalingga kearah barat laut. Fasilitas yang tersedia : Tempat Parkir, MCK, pondok penampungan, pos-pos peristirahatan,

  1. Desa Wisata Karangbanjar
Di desa Wisata karang banjar ini, dapat melihat secara langsung proses pembuatan rambut palsu, bulu mata palsu, sapu lidi, sapu ijuk, sanggul. Telah tersedia fasilitas “homestay” di rumah penduduk dengan biaya yang sangat terjangkau. Suasana pedesaan yang sejuk, makanan khas daerah setempat, penduduk yang ramah membuat suasana yang semakin nyaman serta menikmati pertunjukan tradisional khas Purbalingga, yang dimainkan oleh para penduduk desa tersebut.

  1. Wana Wisata Serang
Merupakan Obyek Wisata dengan panorama alam yang indah dikelilingi oleh hutan pinus. Terletak sekitar 22 km dari Kota Purbalingga, untuk mencapai tempat tersebut melalui dua pintu yaitu pintu gerbang Baturaden dan pintu gerbang Serang di Kec. Karang Purbalingga.

  1. River World Purbasari Pancuran Mas
Merupakan sarana pendidikan dan rekreasi keluarga berupa aquarium raksasa yang menampung banyak berbagai jenis ikan langka dan dilindungi dari seluruh dunia. Setidaknya terdapat lebih dari 150 ekor ikan dari kurang lebih 30 jenis ikan air tawar. Diantara ikan-ikan langka dan dilindungi tersebut antara lain: arapaima gigas, ikan raksasa dari perairan amazone yang telah populer sebagai icon river world purbasari pancuran mas, belida dan palmas, spesies ikan purba yang lambat dalam berevolusi sehingga wujudnya sangat unik. Wahana bermain untuk anak-anak yang dapat memacu kreativitas anak-anak dengan segala aktivitas bermainnya pada berbagai wahana yang ada. Lokasi ini berdekatan dengan kantin makanan dan kios makanan kecil dan souvenir yang menjual berbagai pernak-pernik khas purbasari sebagai oleh-oleh atau kenang-kenangan. Taman unggas (bird park), terdapat sedikitnya 20 jenis unggas dari berbagai spesies. Mulai dari Merak sampai ayam bekisar. Danau buatan “Telaga Fulus” yang digunakan untuk lokasi wahana sepeda air. Telah dilengkapi pula Hall(pendopo) yan gasri dengan daya tampung 500 orang yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti arisan, gathering instansi, seminar/workshop, syukuran dll. Disediakan pula fasilitas pendukung lainnya Seperti Gazebo, Musholla Yang Representatif, Kios Makanan Kecil Dan Souvenir. 

  13. Curug Silintang dan Silawang Purbalingga
Tempat Wisata yang berupa air terjun, lokasinya berada di Desa Tlahab, Kecamatan Karangreja, Purbalingga. 

  14. Kelenteng Hok Tek Tjeng Sin Purbalingga
Tempat Wisata yang berupa kelenteng Tri Dharma yang berada di Jalan Gunung Kelir, Kelurahan Purbalingga Kulon, Kecamatan Kota, yang berdiri sejak 1972. 
  
  15. Kolam Pemandian Walik
Berada di Desa Walik, Kecamatan Kutasari, dan merupakan salah satu yang tertua di Purbalingga. Di tempat ini kita bisa berenang dan bermain water boom.

16. Batu Tulis Cipaku

Kenpaa disebut Batu Tulis, karena di batu tersebut terdapat tulisan/aksara Jawa / Sansekerta. Wisata ini terdapat di Desa Cipaku RT 02 RW 09, Kec. Mrebet, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. Dari rumah saya hanya 15 menit jalan kaki (karena memang harus jalan kaki untuk menuju kesana). Kalau mau kesana, jangan lupa  mampir rumah ku ya, nanti berwisata kolam ikan :D (Promosi dikit) hihihihi...

Dan itu hanya beberapa lokasi wisata di daerah Kabupaten Purbalingga. Masih banyak lokasi-lokasi wisata yang lain juga. Mudah-mudahan saya bisa jalan-jalan ke tempat wisata lainnya. :)

No comments

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)